Tips Optimasi Google Bisnisku (Google My Business)
SEO

Tips Optimasi Google Bisnisku (Google My Business)

Bingung optimalkan bisnis bagaimana lagi? Gunakan Google My Business dan lakukan optimasi Google Bisnisku agar lalu lintas jualan lancar, transaksi ngebut.

Bingung optimalkan bisnis bagaimana lagi? Gunakan Google My Business dan lakukan cara optimasi Google Bisnisku agar lalu lintas jualan lancar, transaksi ngebut.

Memunculkan bisnis di Google Maps dan melakukan optimasi Google Bisnisku (Google My Bussiness Optimation) ternyata bisa mempengaruhi grafik penjualan Anda. Mengapa demikian?

Sumber.www.envanto.com
Tips Optimasi Google Bisnisku 

Saat seseorang mencari bisnis lokal di dekat tempat tinggalnya, cara paling mudah yaitu memanfaatkan Google.

Secara tidak sadar hasil pencarian ini juga mempengaruhi nilai pendapatan dengan cara profil bisnis Anda muncul di SERP dan diklik oleh calon pelanggan.

Lantas, bagaimana cara terbaik untuk melakukan GMB optimization sehingga mendatangkan banyak pembeli baru?

Jawaban paling tepat yaitu melakukan optimasi SEO lokal atau strategi marketing menggunakan Maps.

Sudahkah Anda melakukannya? Jika belum, tuntaskan rasa penasaran Anda di sini.

Langkah Mudah Optimasi GOOGLE BISNISKU

Optimasi Google My Business, Perlukah?

Dengan mendaftarkan bisnis Anda di dalam Google Maps dengan cara menggunakan Google My Business. Anda sudah membantu calon pelanggan lebih mudah menemukan Anda.

Bukan hanya itu, algoritma Google juga akan melihat bahwa usaha Anda menarik dan menampilkannya di peringkat utama pencarian.

Fitur pencarian lokalnya ini juga mengarah pada bisnis yang lokasinya berada di dekat Anda. Calon pelanggan Anda juga bisa mendapatkan alamat, layanan, dan informasi lainnya terkait bisnis Anda.

Tak lupa kekuatan ulasan yang membuat peringkatnya makin melambung. Dan di sini, Anda akan menemukan informasi betapa hebatnya kekuatan dari Google My Business. Untuk itu, Anda harus tepat mengoptimalkannya.

Pentingnya Menggunakan Google My Business

Ada tiga alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Google My Business dan memunculkan usaha Anda di Maps.

  • Cara ini bisa membuat usaha Anda lebih terlihat menarik di mesin pencarian
  • Memberikan trafik tambahan untuk website
  • Memberikan pengalaman yang berbeda pada pelanggan untuk usaha Anda,       lebih mudah dan lebih terpercaya

Google Bisnisku membuat calon pelanggan bisa mendapatkan informasi apa saja layanan, di mana lokasinya, dan jam operasional usaha Anda.

Dengan informasi ini, algoritma Google bisa menaikkan rank Anda untuk beberapa kata kunci pencarian.

Saat seseorang mencari bisnis Anda, Google akan menampilkan daftar Google Bisnisku milik Anda dan tak sedikit disertakan ulasan yang didapatkan dari pelanggan sebelumnya.

Siapa pelanggan yang tidak suka jika melihat suatu usaha dengan banyak ulasan positif? Hal ini menjadi daya pikat sendiri untuk calon pelanggan. Apalagi dengan sajian informasi yang lebih mudah didapat.

Ini juga menjadi salah satu metode bagus untuk mendapatkan pelanggan potensial untuk bisnis Anda. Perlu digaris bawahi juga dengan adanya ulasan, calon pelanggan tengah membandingkan usaha Anda dengan GMB lainnya.

Apa itu Google Bisnisku?

Google Bisnisku atau My Business adalah sebuah alat yang diluncurkan Google pada bulan Juni 2014.

Tujuan diciptakannya Google My Business atau GMB adalah untuk membantu pemilik usaha mendapatkan listingan secara cuma-cuma dari Google.

Listingan ini akan membantu calon pelanggan menemukan usaha Anda dengan mudah.

Apakah Anda sudah memiliki listingannya tetapi belum optimal? Jika ya, Anda membutuhkan beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini.

Sebelum menggunakannya, coba pahami terlebih dahulu terkait alat dari Google yang satu ini.

  • Gratis
  • Akun GMB akan melengkapi profil website bisnis Anda dan membantu         menjelaskan secara singkat dan jelas bisnis yang Anda miliki. Tentunya, bisnis Anda akan muncul di Google Maps.

Google Bisnisku sudah bukan sesuatu yang asing lagi. Saat Anda mencoba mengetikkan suatu bisnis di perangkat Anda, Anda akan menemukan hasil pencarian atas beberapa GMB.

Baik itu menggunakan PC atau ponsel, Anda bisa dengan mudah menemukan hasil GMB di sekitar Anda atau kata kunci yang diketikkan. Selain itu, ada juga beberapa informasi relevan lainnya yang menarik untuk Anda lihat.

Apabila Anda perhatikan, ada beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan.

  • Kategori Bisnis
  • Nomor Kontak
  • Tautan ke Website Marketing
  • Jam Operasional
  • Ulasan Pengguna
  • Tautan Google Maps
  • Gambar
  • Waktu Kunjungan Terpopuler
  • Keseluruhan Rating yang diberikan Pengguna
  • Bisnis yang Sama

Calon pelanggan yang membaca informasi ini akan mudah memahami kategori bisnis yang Anda miliki dan pelayanannya. Pengunjung juga bisa memutuskan, tertarik atau tidak dengan bisnis ini sehingga menggerakkan untuk diklik.

Inilah fungsi Google My Business di mana menyajikan data informasi dengan cepat dan relevan sebelum mereka meng-klik bisnis yang diinginkan.

Cara Mendaftar Google My Business

Tertarik untuk menggunakannya juga? Berikut langkahnya.

1. Akses Google Bisnisku

Untuk mendaftarkan bisnis Anda dan membuatnya masuk ke Google Maps, Anda harus mendaftarkannya terlebih dahulu.

Cara pertama yaitu mengakses Google My Business atau di sini. Anda akan langsung diarahkan step by step membuatnya.

2. Mengisi Data yang Dibutuhkan

Pertama, isi data diminta seperti memasukkan nama bisnis, alamat, dan lain sebagainya. Isilah dengan benar dan akurat.

Perlu diperhatikan jika Anda harus mengikuti pedoman yang diberikan Google. Jangan sampai Anda membuat daftar spam Google Bisnisku dan merugikan untuk bisnis Anda.

Spam ini sangat merugikan karena pelanggan Anda akan mendapatkan informasi salah.

3. Tambahkan Informasi yang Relevan dengan Bisnis

Anda bisa menambahkan informasi yang relevan dengan bisnis Anda. Pastikan jika semuanya relevan, jangan sampai ada kategori tambahan yang tidak sesuai dengan bisnis Anda.

4. Verifikasi

Setelah selesai, langsung verifikasi melalui email.

5. Pop up!

Ya, bisnis Anda akan terlihat di Google Maps. Anda bisa mencoba mencarinya dengan kata kunci sesuai dengan bidang bisnis Anda atau nama bisnis Anda.

Tips Optimasi Bisnis dengan Google Bisnisku

Apakah bisa mendaftarkan bisnis ke GMB?

Tidak semua bisnis bisa didaftarkan. Berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetapkan Google, hanya bisnis fisik atau bisnis yang mengarahkan customeruntuk membeli atau menggunakan jasa yang bisa didaftarkan atau ada lokasi yang jelas untuk mengarahkan dan bertemu dengan pelanggan.

Anda juga harus berada di lokasi saat Anda mengarahkan pelanggan untuk bertemu, membeli, atau menggunakan jasa. Anda juga bisa memasukkan lokasi presisi di mana Anda tinggal.

Berikut, ada sembilan langkah untuk mengoptimasi bisnis menggunakan GMB.

1. Lengkapi Profil Bisnis Anda

Informasi ini sangat penting untuk memudahkan pelanggan menemukan Anda. Semakin lengkap informasi yang disediakan, semakin mudah menemukan Anda.

Informasi yang diberikan tergolong umum tetapi cukup krusial, seperti nama bisnis, alamat, nomor kontak yang bisa dihubungi, kategori bisnis atau layanan, dan jam operasionalnya.

Bayangkan jika ada pelanggan yang meng-klik profil bisnis Anda dan menemukan Anda telah tutup. Apa yang akan dilakukannya?

Pertama, pelanggan akan mendapat first impression atau kesan buruk dan memberikan cap pada nama bisnis Anda kurang baik. Selanjutnya, dia akan beralih ke kompetitor lainnya.

Terakhir, dia tidak akan melirik dua kali atas nama bisnis Anda karena awal mengunjungi bisnis Anda first impression yang didapat kurang enak.

Untuk itu, penting sekali memberikan informasi yang akurat dan relevan sama seperti informasi di website Anda. Kroscek dan ulangi pengecekan untuk memastikan jika informasi yang disediakan menarik untuk menggaet customer potensial.

Kategori bisnis juga cukup penting untuk Anda cantumkan dalam profil. Ini akan membantu Google menentukan bisnis apa yang Anda geluti dan mempermudah pelanggan menemukan Anda.

Kategori bisnis harus spesifik dan akurat. Hal ini akan menguntungkan bisnis Anda saat ada yang mengetikkan kata kunci umum maupun spesifik di mesin pencarian.

Catatan:

  • GMB hanya mengizinkan Anda untuk mencantumkan satu jenis kategori bisnis utama saja dan ini adalah bidang utama pelayanan Anda.

Pelanggan yang mengetikkan pencarian atas bidang utama bisnis Anda akan memudahkan menemukannya.

  • GMB juga memungkinkan Anda untuk mencantumkan 10 tambahan kategori bisnis.

Keuntungan Anda yaitu memudahkan pelanggan menemukan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Yang perlu diperhatikan, cantumkan informasi yang relevan dengan bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda bisa menarget pasaran yang lebih luas.

Kemudian jelaskan sedikit tentang bisnis Anda. Dengan menambahkan deskripsi singkat, pelanggan mendapatkan gambaran seperti apa bisnis yang Anda jalankan.

GMB memberikan kolom deskripsi sebanyak 750 karakter sehingga kemaslah deskripsi dalam bahasa yang singkat, padat, dan jelas tetapi menerangkan secara singkat bisnis Anda.

2. Verifikasi Listingan Anda

Setelah mengisi detail bisnis yang dijalankan sesuai area domisili, Anda bisa melanjutkan ke verifikasi listingan Anda untuk mendapatkan kontrol penuh terhadap listingan.

Hal ini akan membantu listingan bisnis Anda terlihat calon mata pelanggan dan menjadi jawaban atas apa yang dicarinya.

Cara paling efisien untuk memverifikasinya adalah menggunakan email. Ini akan memberikan bukti pada Google bahwa lokasi bisnis Anda berada di sana. Karena nantinya email akan dikirimkan ke tujuan yang tercantum.

Alhasil, informasi yang disajikan Google merupakan informasi yang valid dan terhindar dari informasi palsu yang memberikan arah yang salah pada calon pelanggan. Tanpa verifikasi maka listingan Anda tidak akan ditampilkan.

Seminggu setelahnya. Google akan mengirimkan kartu pos yang di dalamnya berisi kode rahasia yang menjadi langkah terakhir verifikasi listingan.

3. Gunakan Insight

Insight adalah cara orang untuk mengakses atau menghubungi Anda dari listingan bisnis. Beberapa informasi yang harus terangkum di insight Anda adalah:

  • Bagaimana Customer Dapat Menemukan Listingan atau Bisnis Anda

Pelanggan Anda bisa menemukan Anda melalui pencarian langsung dan tidak langsung atas produk yang Anda tawarkan atau jenis bidang utama bisnis Anda.

Anda juga bisa ditemukan melalui Google Maps atau Google Penelusuran, baik dengan nama bisnis maupun bidang bisnis yang Anda jalankan.

Bukan hanya itu, Anda yang mencantumkan kategori pelayanan tambahan pun akan mendapatkan dampak lebih karena sasaran target yang lebih luas.

  • Reaksi Customer

Setelah pelanggan menemukan listingan Anda, tanggapan atau reaksi apa yang diberikan?

Beberapa pilihan yang akan dilakukan oleh calon pelanggan adalah mengunjungi web, meminta petunjuk arah, melihat gambar, atau meninggalkan begitu saja tanpa melakukan aksi apa pun.

  • Foto yang Dilihat

Manfaatkan fitur grafik untuk mengetahui frekuensi dan jumlah foto tersebut dilihat berapa kali.

Anda juga bisa melihat foto serupa dengan bisnis Anda dari kompetitor lain. Dengan begitu, Anda bisa memutuskan tindakan seperti apa untuk mengatasi kesenjangan antara foto yang banyak dilihat dan tidak.

Evaluasi kekurangan lalu perbaiki.

  • Petunjuk Arah

Anda juga bisa melihat siapa saja yang meminta petunjuk arah menuju lokasi ke alamat bisnis Anda. Tentunya ini sudah dipermudah karena nantinya bisnis Anda yang terdaftar akan tampil di Google Maps.

Anda bisa melihat dari arah mana mereka datang dan mulai membuat konten yang menarik untuk makin menarik mereka menyukai bisnis Anda.

  • Panggilan Telepon

Cantumkan nomor ponsel yang aktif dan bisa dihubungi. Dari sini, Anda bisa melihat grafik frekensi panggilan yang masuk melalui GMB.

Perhatikan di mana waktu-waktu dengan frekuensi tinggi sehingga Anda sudah siap sedia menerima lonjakan panggilan tersebut.

Pastikan jika Anda atau tim Anda melayani dengan baik, ramah, dan selalu sigap membantu setiap lontaran pertanyaan pelanggan.

4. Berikan Pelayanan Terbaik

Ada fitur di Google My Business untuk Anda menambahkan produk, layanan, dan harga atas penawaran Anda. Fitur ini mencakup bidang kesehatan, makanan, kecantikan, dan beberapa bidang jasa lainnya.

Benefit yang Anda dapatkan adalah pelanggan lebih cepat tahu apa bisnis atau layanan yang Anda miliki.

Perlu Anda ketahui jika pengguna internet atau akrab disapa warganet memiliki rentang waktu yang terbilang pendek.

Sehingga mereka akan segera meninggalkan website Anda jika bisa menemukan informasi terkait Anda dengan cepat dan mudah.

Alhasil, mereka jadi bisa lebih cepat memutuskan, jika tertarik maka akan lanjut ke website untuk mencari produk-produk atau jasa yang disediakan oleh Anda dengan informasi lebih lengkap.

Ibaratnya, ini adalah blurb sebuah buku yang berada di cover belakang yang kadang bisa memikat calon pembeli untuk membelinya.

5. Unggah Gambar yang Berkualitas

Ini adalah salah satu aspek vital dalam penjualan online karena dari tampilan yang bagus dan berkualitas mampu memikat calon pembeli untuk melakukan aksi membeli.

Fakta menunjukkan bahwa gambar yang baik dan berkualitas (tidak blur dan menjelaskan singkat produk) memiliki pengaruh hingga 42% terhadap atensi calon pelanggan.

Bukan hanya itu, dari tampilannya yang menarik bisa memungkinkan trafik websitemendapat kunjungan lebih dari 35%.

Fakta ini membuktikan bahwa gambar yang bagus bisa menjadi kekuatan penjualan.

Mudahnya, bayangkan jika Anda berada di situasi seperti ini.

Bisnis seperti apa yang ingin Anda kunjungi dan lihat sebaik apa pelayanannya? Bisnis yang memiliki gambar logo dan etalase, ataukah profil bisnis dengan gambar jalan sekitar tempat bisnis Anda, produk, dan gambar staf yang bekerja?

Siapa pun akan memilih yang kedua. Ini akan membuktikan kredibilitas Anda sebagai pemilik bisnis. Dari GMB, pembeli juga bisa memberikan ulasan beserta mengunggah gambar saat bersama Anda atau sekitar Anda.

Foto seperti ini bisa mempengaruhi pikiran pengguna lain untuk turut merasakan sensasi pelayanan dari Anda.

Pelanggan yang seperti ini juga memiliki kecenderungan untuk menunjukkan kepuasannya di media sosial lalu merekomendasikannya kepada pengikut medsos-nya ditambah dengan penandaan akun Anda.

Namun, Anda juga perlu untuk menyortir pelanggan yang mengunggah foto. Sebaiknya, pilih gambar yang paling relevan dengan bisnis Anda.

6. Selalu Respons Ulasan yang Diberikan

Ulasan adalah satu hal penting dalam optimasi Google Bisnisku. Hal ini juga membuktikan bahwa pelanggan juga terlibat dalam bisnis Anda.

Fakta yang Ada, pembeli online lebih mempercayai ulasan sama seperti mereka mempercayai rekomendasi pribadi dari teman dekat.

Salah satu tujuan E-commerce adalah memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pengalaman yang baik seperti yang diharapkan. Sebagian pelanggan akan terus menulis ulasan betapa puasnya berbelanja di tempat Anda.

Bahkan, mereka yang terbiasa memberikan ulasan tidak akan sungkan mencetuskan hal negatif jika dirasa ada yang tidak disukainya.

Selain memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dan memuaskan, Anda juga perlu untuk menanggapi setiap ulasan yang diberikan.

Dengan meresponsnya, menunjukkan bahwa Anda peduli akan apa yang mereka pikirkan dan sangat memperhatikan serta peka terhadap bisnis yang dijalankan dan kebutuhan pelanggan.

Saat seseorang membaca ulasan, sebenarnya mereka tengah mencari tahu apa yang didapat orang lain dari tempat Anda.

Jika Anda mendapatkan banyak jejak yang buruk dan negatif, apakah calon pelanggan tetap akan bertahan?

Jawabannya tentu mereka akan meninggalkan Anda.

Dalam konteks ini, sebaik apa pun Anda memberikan pelayanan pasti ada segelintir pelanggan Anda yang tetap merasa kurang puas.

Ini menjelaskan bahwa sebagai manusia tidak bisa memberikan kesenangan terhadap semua orang karena pemikiran dan keinginan orang berbeda-beda. Namun, asas pelayanan baik tetap diperlukan.

Perlakukan pelanggan dengan baik, ramah, dan sopan. Sebisa mungkin bantu mereka menentukan pilihan kalau tempat Anda adalah terbaik.

Lalu, bagaimana saat Anda mendapatkan ulasan yang negatif?

Sebisa mungkin tetap tanggapi dengan baik, nada tenang, dan ujaran yang positif untuk menciptakan image yang baik pula. Cara ini membuat ulasan tersebut seimbang.

Di sisi lain, Anda  begitu perhatian hingga mempedulikannya meski memberikan ulasan buruk. Anda tetap menanggapi keluhannya.

Alhasil, pelanggan baru tidak akan terpaku pada ulasan yang negatif tetapi lebih ke bagaimana cara kerja bisnis Anda.

7. Google Post untuk Promosi

Google Posts Tutorial | Google My Business

Tahu apa itu Google Post?

Itu adalah alat pendukung untuk pemilik e-commerce untuk meringankan Anda untuk mengiklankan atau mempromosikan apa yang ingin Anda tawarkan. Jika dulu, cara paling efektif adalah menggunakan media sosial.

Saat ini, Anda bisa menjangkau lebih luas lagi sasaran pemasaran Anda dengan Google Post.

Jenis konten yang bisa Anda berikan seperti:

  • Konten Blog
  • Unduh E-book
  • Hot Promo
  • Informasi Produk Baru dan lain sebagainya.

Sederhananya, Anda bisa memanfaatkan alat ini untuk membagikan penawaran atau informasi baru terkait bisnis Anda.

8. Unggah Video

Mulanya, internet adalah bagian informasi yang berupa teks. Namun, penelitian menunjukkan bahwa menggunakan video menjadi strategi paling efektif dibandingkan menggunakan gambar diam.

Ini hanya untuk memberikan gambaran pada pelanggan seperti apa produk atau jasa yang ditawarkan. Sebagian besar warganet juga melihat video tersebut dengan suara dimatikan.

Dari video bisa mempengaruhi pelanggan karena sudah mendapat gambaran akan barang atau jasanya. Tidak perlu bingung, saat ini sudah ada begitu banyak pilihan aplikasi untuk mengedit video tanpa adanya tanda air.

Anda dapat memanfaatkannya untuk menambah jumlah trafik pengunjung ke web Anda.

9. Gunakan Nama Pendek

Terakhir ada fitur terbaru yang ditambahkan ke Google untuk mempermudah seseorang dalam menemukan apa pun di Google Maps dan di Google Penelusuran.

Fitur tersebut adalah nama pendek atau short names. Dengan nama pendek, Anda bisa memberi pelanggan tautan singkat yang memungkinkan siapa saja untuk mengikuti bisnis Anda dengan mudah melalui Google Bisnisku.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps dan memanfaatkan tab ‘Untuk Anda’ dan Anda akan mendapatkan postingan dan informasi terbaru.

Manfaat utamanya adalah makin banyaknya pelanggan lokal yang turut terlibat dalam bisnis dan meningkatkan transaksi.

Pelanggan bisa dengan mudah menemukan nama pendek di antara nomor kontak dan tautan situs web pada bagian info bisnis.

Tips Tambahan Pengoptimalan Google My Business

Selain tips di atas, ada juga beberapa tips tambahan yang bisa Anda terapkan.

1. Rajin Update Postingan Listingan

Update postingan pada listingan bisnis secara berkala, kalau bisa ya sehari sekali agar semua informasi yang tersedia up to date.

Dalam postingan GMB ada empat jenis postingan, yaitu:

  • Postingan yang baru
  • Postingan acara
  • Postingan penawaran
  • Postingan produk

Postingan ini bisa Anda jadikan mini blog dan mini blog sangat bagus untuk optimasi Google Bisnisku.

2. Adakan Maintenance

Setelah memiliki tempat, Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Tetap monitoring kinerja listingan Anda agar bisa bersaing dengan saingan Anda dengan bisnis serupa.

Sebagai pengguna, Anda juga harus selalu update akan fitur-fitur terbaru yang dimiliki oleh Google My Business. Ini bisa memberikan Anda wawasan baru guna kelancaran pemanfaatan alat Google ini gratis.

Yang perlu Anda perhatikan adalah jam operasional yang bisa berubah-ubah kapan saja menyesuaikan momentum, seperti saat hari raya Islam, libur nasional, dan lain sebagainya.

Ini akan memberikan kesan baik terhadap pelanggan Anda karena selalu memberikan pelayanan terbaik dan peduli terhadap pelanggan.

Pelanggan juga tetap mengetahui jam operasionalnya sehingga menghindari datang ke lokasi pada saat jam tutup.

3. Konsisten Nama, Alamat, dan Profil

Sebagai pemilik bisnis, usahakan jika Anda memiliki nama, alamat, dan profil atau sering disingkat dengan NAP yang konsisten dan tidak berubah-ubah. Usahakan NAP ini sama dengan profil media sosial Anda yang lainnya.

Sebut saja Website, daftar direktori, dan jejaring sosial Anda lainnya untuk memudahkan identifikasi Google dan pelanggan menemukan Anda.

4. Memiliki Halaman Website Terpisah untuk Masing-masing Produk

Apabila Anda menjual produk, ada baiknya jika Anda memiliki halaman untuk masing-masing produk. Gunanya adalah untuk memaksimalkan kata kunci di setiap konten yang dibuat.

Sebagai contoh produk baju, rok, dan celana memiliki masing-masing halamannya tersendiri.

Alih-alih membuat satu konten dengan banyak kata kunci, Anda bisa lebih terfokus membuat satu konten dengan optimasi kata kunci relevan. Anda juga bisa menautkannya ke listingan GMB.

Pelanggan juga bisa lebih fokus dalam mencermati setiap produk yang dimiliki.

5. Gunakan Alamat URL dengan Kata Kunci dan Cantumkan Maps

Bagi Anda yang ingin mengoptimasi akun bisnis, lengkapi profil dengan alamat Website. Buatlah alamat URL yang mengandung kata kunci lalu cantumkan Maps di dalamnya.

Selain mendongkrak trafik Google Bisnis, ini juga bisa untuk SEO. Website yang mengandung kata kunci juga lebih cepat terindeks di mesin pencarian.

Keuntungan Menggunakan Google My Business

Sudah menerapkannya? Pasti sedikit banyak Anda merasakan bagaimana untungnya menggunakan GMB. Lalu, ada keuntungan apa saja yang didapat jika menggunakannya?

  • Alat pemasaran yang gratis
  • Menampilkan informasi penting terkait bisn
  • Memudahkan klien menemukan lokasi bisnis
  • Tampilan hasil pencarian lebih baik
  • Metode komunikasi baru
  • Mudah berinteraksi dengan konsumen
  • Mendapat tambahan ilmu insight
  • Mendeteksi lalu lintas visitor website
  • Mendorong pengunjung untuk memberikan ulasan
  • Google My Business saling berkaitan

Secara tidak langsung, Google Bisnisku membantu mengoptimalkan pemasaran Anda menjadi lebih luas lagi. Usaha Anda pun makin dikenal, tentunya branding makin melejit.

Dengan mengikuti dan menerapkan tips paling laku dalam GMB optimization untuk situs web pemasaran Anda, Anda akan membantu pelanggan menemukan bisnis Anda dengan mudah. Ini dapat menghasilkan banyak interaksi dan pada akhirnya menjadi lebih banyak pemasukan.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments