[Update] Ini Alasan SEO Adalah Investasi Berharga Di Tahun 2024
SEO

[Update] Ini Alasan SEO Adalah Investasi Berharga Di Tahun 2024

Sudah tau betapa pentingnya SEO saat ini ? bisa dikatakan saat ini SEO merupakan investasi yang sangat berharga

Di dunia digital, search engine optimization (SEO) adalah hal yang sacral. Barangsiapa yang merajai bagian teratas dari kata kunci tertentu yang akan memenangkan pertarungan. Keampuhan SEO bukan sihir, dan ini adalah serangkaian alasan mengapa SEO menjadi investasi berharga bagi setiap perusahaan di tahun ini:

Iklan yang lebih tertarget

SEO memudahkan penargetan calon pembeli yng mencari produk atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan. Keputusan pembelian lebih banyak terjadi di Google dibandingkan di Facebook, karena Facebook menjadi medium untuk pengalaman mereka terhadap barang atau jasa yang dibeli.

Konsumen potensial berharap menemukan brand Anda di mesin pencari

Konsumen akan mencari produk atau jasa perusahaan Anda di mesin pencari seperti Google. Jika perusahaan Anda tidak muncul di halaman pertama mesin pencari, situs Anda akan tak berguna.

Lebih mudah dan tidak menguras biaya

Banyak orang yang beranggapan SEO itu rumit dan memakan biaya. Hal ini memang berlaku bagi situs tradisional, namun Google telah mempermudahnya bagi bisnis-binis lokal. Jauh lebih mudah dari yang bisa Anda bayangkan untuk berada di halaman teratas di kota Anda. Jika Anda tidak mengincar posisi nasional, tak dibutuhkan SEO dengan enam hingga tujuh digit!

SEO tak hanya milik Google

Anda dapat memasarkan bisnis Anda di platform manapun karena SEO tidak terbatas pada satu mesin pencari saja. Walau SEO sering diasosiasikan sebagai milik Google, SEO juga dapat bekerja dengan baik di Facebook, Amazon, YouTube, dan situs pencari lainnya. Hal ini dikarenakan situs-situs ini juga menggunakan sistem ranking seperti yang dilakukan oleh Google. Hal yang perlu diingat adalah mengoptimalisasikan konten yang dimiliki untuk ranking yang lebih tinggi di situs-situs mesin pencari ini.

Pencarian terus berkembang

Dengan semakin meningkatnya penggunaaan perangkat mobile, kini orang-orang lebih mudah dan nyaman untuk mencari sesuatu kapanpun dan dimanapun. Konsumen potensial akan menggunakan perangkat mobile mereka untuk mencari tahu mengenai perusahaan Anda.

Traffic yang terus menerus ke situs Anda

Saat Anda telah meningkatkan ranking pencarian perusahaan, Anda dapat mengharapkan traffic yang terus menerus walaupun Anda tidak memeliharanya sesering mungkin. Jika sistem iklan pay-per-click membuat traffic meningkat hanya jika Anda telah membayar, dengan SEO trafficbertumbuh secara alami tanpa mengeluarkan uang.

Ranking dapat berubah

Mendapat ranking atau urutan yang bagus di situs pencari tak berarti Anda dapat tenang. Tak ada yang bisa mengasumsikan bahwa hal ini akan berlangsung selamanya.

SEO terus menerus berkembang, dan jika Anda tak terus berinvestasi, Anda akan menjadi pihak yang kalah dari kompetisi.

Return on Investment (ROI) yang baik

SEO telah terbukti menjadi return on investment yang ampuh dibandingkan bentuk lain dalam marketing daring. Walau Anda dapat membuat profit yang lebih besar dengan sistem iklan pay-per-click, Anda juga harus membayar lebih untuk mendapatkan manfaat ini. SEO adalah jalan yang lebih pasti untuk mendapat hasil yang berkelanjutan dalam jangka panjang.

Ini waktunya berinvestasi dengan SEO

Bagi bisnis, tahun ini adalah waktu yang paling tepat untuk mulai berinvestasi dengan SEO. Ada banyak kasus dimana konsumen menghabiskan banyak waktu untuk mencari sesuatu sampai mereka mendapatkan apa yang mereka cari. Jika situs Anda tak nampak oleh mereka, Anda akan kalah dalam pertarungan ini.

Berikut informasi pekerjaan Arfadia dari 2 klien untuk jasa SEO.

1. Sandholiday

Perusahaan ini baru mulai beroperasi di akhir tahun 2017. Mereka membutuhkan calon customer secara online, saat ini cara pemasaran perusahaan hanya melalui word of mouth, teman dan saudara, membagikan brosur dan mengunjungi sekolah, organisasi, instansi pemerintah, tempat ibadah, dan perusahaan.

Dapat dilihat bahwa laporan Ahrefs untuk website sandholiday.co.id di bawah ini :

Pada informasi di atas, hampir semua data masih kosong. Jadi suatu tantangan besar bagi Arfadia untuk membuat website ini memiliki nilai tinggi baik itu DA, PA, UR, DR, traffic, dsbnya.

Selain optimasi website, Arfadia juga ditantang untuk mengoptimasi blog dan Google Maps (Google Maps Citations For Local Business SEO) untuk kata kunci "Sewa bus hiace pariwisata murah di Bali"

Klien ingin Sandholiday mendominasi di kata kunci diatas, sehingga bukan hanya website yang berada di halaman 1 Google, tetapi segala informasi terkait Sandholiday, sebagai contoh antara lain :

Dalam 3 bulan pengerjaan kami, berikut hasil pekerjaan di Ahrefs.

Berikut Laporan Social Signal dari SharedCount.com

Berikut Laporan On-page SEO dari Website Sandholiday

Berikut Laporan Hosting dari Sandholiday

2. Ardena

Ardena food adalah sebuah merek makanan beku olahan yang diproduksi oleh PT Ardena Artha Mulia. Berfokus pada olahan seafood, Ardena Food percaya, memproduksi makanan berkualitas yang sehat, lezat, bergizi, mudah disajikan, dan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh keluarga di Indonesia.

Selama Ardena berdiri dari tahun 2013, saat itu website adalah hal yang mereka prioritaskan untuk dibangun, namun hingga saat ini, website mereka tidak pernah ada potensial pelanggan dan partner yang menemukan mereka melalui media online. Dapat dilihat juga berikut adalah informasi website www.ardena.co.id melalui Ahrefs.

Sama seperti Sandholiday, sebagian besar data masih kosong. Kata kunci yang diinginkan klien antara lain :

Arfadia SEO Services Indonesia

Arfadia Jasa SEO Profesional di Jakarta

Arfadia Bali SEO Services, Jasa SEO Bali, SEO Services in Bali.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments