10 Cara Pemasaran Produk Secara Online dan Keunggulannya
Digital Marketing

10 Cara Pemasaran Produk Secara Online dan Keunggulannya

Strategi Pemasaran Produk Secara Online dan Keunggulannya dari Perusahaan berpengalaman membantu klien meningkatkan penjualan bertumbuh secara eksponensial.

Mengaplikasikan cara pemasaran online dianggap sebagai strategi ampuh dalam memperkenalkan produk baru. Sebagian pebisnis memakainya sebagai opsi pendamping pemasaran offline, sementara sebagian lagi mengandalkannya selaku metode utama.

Entah sebagai strategi utama atau alternatif, pemasaran online menyimpan sejumlah keunggulan yang berdampak positif terhadap produk Anda, antara lain:

  • Pengumpulan data terukur

Beberapa alat pemasaran online seperti Ahrefs, Google Ads dan Analytics memudahkan pebisnis dalam mengumpulkan data hingga analisis. Dengan menggunakan kedua alat ini, Anda dapat mengamati pengaruh strategi pemasaran yang diaplikasikan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berbeda dengan strategi offline yang belum menyediakan tingkat keberhasilan terukur sebagai cara pemasaran produk baru.

  • Paparan dalam jangka waktu panjang

Sejumlah strategi marketing online untuk meningkatkan penjualan melibatkan proses berkelanjutan dengan paparan dalam jangka waktu panjang. Dengan begitu, Anda akan menjangkau audiensi yang tepat sekaligus meningkatkan untung secara signifikan. Benefit ini tak ditawarkan metode pemasaran offline yang rata-rata berlangsung dalam jangka waktu pendek. Apalagi Anda harus mengeluarkan bujet cukup besar saat hendak memperpanjang kontrak pemasangan iklan.

  • Penargetan audiensi lebih mudah

Benefit selanjutnya yang akan Anda peroleh dari pemasaran online adalah penargetan audiensi yang lebih mudah. Anda tak perlu menghampiri calon konsumen secara langsung, karena strategi yang efektif seperti SEO akan mempercepat penjaringan apabila dilakukan dengan tepat. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar mengenali pasar dan kebutuhan konsumen, sehingga penargetan jatuh ke kelompok yang sesuai.

  • Memperlihatkan hasil real-time

Kecepatan pada pemasaran online tak hanya meringankan beban Anda saat menempatkan konten hingga pengambilan data. Akses yang lebih praktis memungkinkan Anda untuk mendapatkan data dan informasi secara real-time. Lain cerita saat Anda mempromosikan produk melalui televisi, radio, maupun media cetak lain. Untuk memperoleh hasil, Anda harus menunggu beberapa waktu, entah dalam hitungan hari maupun minggu.

Alternatif Google Analytics untuk Web Analytics and Conversion Optimization Tool Gratis - https://matomo.org/

Strategi Pemasaran Online Untuk Produk Baru

Apakah pemasaran produk secara online adalah strategi yang akan Anda gunakan? Setelah mempelajari manfaat dan kelebihannya, Anda dapat lanjutkan cara pemasaran online dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Adakan Giveaway Sebelum Peluncuran

Jika Anda ingin produk cepat dikenal dan terjual, bangun antusiasme dan ekspektasi dari audiensi beberapa minggu atau bulan sebelum peluncuran produk. Salah satu langkah populer yang sering dilakukan pebisnis adalah mengadakan giveaway.

Ada banyak konsep yang dapat Anda gunakan. Antara lain kontes fotografi, penghargaan untuk ide slogan paling kreatif, membagi produk limited edition, dan lain sebagainya. Pastikan jenis giveaway yang Anda pilih mempunyai aturan sistematis dan mudah diikuti audiensi.

Contoh Giveaway dari BPJS Ketenagakerjaan yang dikelola oleh Arfadia Digital Agency
Contoh Giveaway dari BPJS Ketenagakerjaan yang dikelola oleh Arfadia Digital Agency

2. Tingkatkan Visibilitas Organik pada Konten

Dengan kata lain, perbarui SEO yang Anda pasang. Sekarang, mesin pencari seperti Google lebih mempertimbangkan konten-konten organik. Maka untuk mengoptimasi platform yang dipakai untuk promosi, fokuskan pengaturannya pada fitur-fitur ini:

Keywords. Untuk mendapatkan kata kunci atau keywords yang sesuai, berpikirlah seperti konsumen yang Anda incar. Kalau Anda ingin menemukan produk yang dibutuhkan, kira-kira kata kunci apa yang akan dimasukkan ke dalam mesin pencari?

Meta deskripsi. Meta deskripsi merupakan ringkasan dari konten yang dimunculkan pada hasil pencarian. Karena singkat, pastikan meta deskripsi yang Anda tayangkan bisa mengundang rasa penasaran dari audiensi.

Paragraf pembuka. Seperti meta deskripsi, paragraf pembuka sebaiknya dibuat menarik sekaligus informatif. Pasalnya konsumen sering kali meninggalkan konten apabila pembukanya sarat basa-basi atau berbelit-belit.

3. Unggah Konten yang Bisa Dibagikan

Cara pemasaran produk baru berikutnya adalah dengan mengunggah konten yang bisa dibagikan dengan mudah. Bukan rahasia lagi kalau konten kini berperan penting dalam penentuan keputusan di tangan konsumen. Dalam hal ini, fokus Anda tak hanya terletak pada desain konten.

Pastikan konten, entah dalam bentuk teks, gambar, atau video, yang akan ditampilkan dapat dibagikan di berbagai media sosial. Langkah ini akan membantu Anda memperoleh Traffic lebih tinggi berkat promosi cuma-cuma dari audiensi.

Contoh Traffic pada Konten Artikel Klien dari Arfadia
Contoh Traffic pada Konten Artikel Klien dari Arfadia

4. Ciptakan Sistem Rekomendasi (Referral Marketing)

Walau cara pemasaran online mempunyai berbagai keunggulan, metode tradisional seperti word of mouth rupanya masih memberikan efektivitas tinggi terhadap penjualan produk. Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkannya untuk menguatkan strategi online.

Caranya? Siapkan sistem dengan menyediakan Sistem Referral, kupon, diskon, atau ongkos kirim gratis untuk pembelian tertentu. Metode ini dinilai ampuh untuk mendorong konsumen merekomendasikan produk yang dibeli kepada teman-temannya.

Source : Amazon.com

5. Optimasi Kecepatan Website untuk Bisnis

Seperti yang disinggung, kecepatan menjadi kunci sukses dalam pemasaran online. Konsumen tak akan menghabiskan waktunya menunggu laman website termuat secara menyeluruh. Mereka justru bakal pindah ke tempat lain yang lebih cepat.

Supaya calon konsumen tidak ‘kabur’, optimasi kecepatan pada website agar waktu memuatnya tak terlalu lama. Misalnya memakai gambar atau foto dengan resolusi yang tak terlalu tinggi, tetapi tajam dan tak pecah saat diperbesar.

6. Jaga Hubungan dengan Konsumen

Selain memfokuskan strategi pada SEO dan metode online lainnya, jangan lupa untuk menjaga hubungan dengan konsumen. Bukan hanya terhadap pelanggan lama yang dipastikan tak mudah berpaling ke kompetitor, melainkan juga mereka yang masih meragukan produk Anda.

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan mereka adalah memberikan kontak yang bisa dihubungi. Jadi, saat mereka akhirnya memerlukan produk Anda, mereka bisa segera mengontak Anda.

Customer Relation Arfadia
Customer Relation Arfadia

7. Bangun Hubungan dengan Influencer

Bisa dikatakan influencer adalah ‘raja dan ratu’ dalam strategi pemasaran online shop / digital. Jasa mereka pun sudah sering dipakai dalam cara pemasaran produk baru. Hal ini disebabkan influencer mempunyai pengikut setia yang akan mematuhi saran dan rekomendasinya.

Sumber : https://iconreel.com/
Sumber : https://iconreel.com/

Jika Anda berencana memakai jasa mereka, jalin hubungan dengan impresi baik. Misalnya lewat perkenalan disertai pemberian sampel gratis. Pastikan pula influencer yang Anda butuhkan memiliki niche yang cocok dengan produk yang akan diluncurkan.

Referensi Influencer :

https://blog.arfadia.com/top-10-influencer-indonesia-untuk-bisnis-anda/

8. Jangan Abaikan Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan atau customer service tak jarang diabaikan dalam pemasaran online, padahal di sinilah konsumen akan menilai profesionalitas Anda sebagai pebisnis. Lambat merespons atau tidak bisa bersikap ramah adalah salah dua faktor yang akan membuat konsumen pindah ke tempat lain.

Dalam cara pemasaran online, Anda harus mampu memberikan layanan pelanggan terbaik. Caranya bisa dengan menyediakan lebih dari satu kontak yang bisa dihubungi. Gunakan pula chatbot yang akan membantu Anda dalam pelayanan 24 jam.

Chatbot yang akan membantu Anda dalam pelayanan 24 jam
Chatbot yang akan membantu Anda dalam pelayanan 24 jam

9. Siapkan Daftar FAQ Sebelum Peluncuran Produk

Ketika produk diperkenalkan ke pasar, calon konsumen biasanya akan mengajukan macam-macam pertanyaan. Beberapa di antaranya acap kali sama dan membuat Anda kelelahan saat menjawab. Untuk mengatasinya, Anda bisa siapkan daftar Frequently Asked Question atau FAQ.

Sesuai namanya, daftar ini memuat pertanyaan-pertanyaan yang sering dilontarkan konsumen. Anda bisa mulai dengan informasi dasar seputar produk, lalu tambahkan saat konsumen bertambah dan datang bersama pertanyaan-pertanyaan baru.

Contoh Halaman FAQ
Contoh Halaman FAQ

10. Perkenalkan Produk Lewat E-mail Marketing

Tak kalah efektif dari SEO, e-mail marketing akan mengoptimalkan promosi produk. Selain itu, metode ini membantu Anda mengumpulkan database konsumen yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk baru hingga evaluasi penjualan.

Supaya e-mail yang Anda kirimkan dibaca dan tidak masuk Spam, susun konten yang terasa personal dan dirancang dengan desain eye-catching. Berikan judul seakan-akan e-mail yang akan masuk ke kotak surat mereka datang dari teman dekat.

Contoh E-Mail Marketing
Contoh E-Mail Marketing
Contoh Laporan Email Marketing Arfadia
Contoh Laporan Email Marketing Arfadia

Memaksimalkan Pemasaran Online dengan Arfadia

Dalam praktiknya, cara pemasaran produk baru memang tak selamanya berjalan sesuai harapan. Ada kalanya Anda bertemu hambatan, terutama kalau Anda belum berpengalaman dalam berbisnis. Kabar baiknya, ada banyak agensi yang siap mendampingi Anda dalam menyusun strategi hingga konsultasi pemasaran profesional.

Arfadia adalah salah satu agensi terpercaya yang menawarkan macam-macam layanan untuk membantu klien mendirikan bisnisnya. Sebut saja perancangan pada website yang berdampak besar pada optimasi pemasaran digital. Menurut Arfadia, arsitektur website yang kokoh dan sesuai adalah faktor vital dalam promosi produk, karena akan mempengaruhi pengunjung hingga memuaskan keinginan mereka setelah berkunjung.

Strategi-strategi yang ditawarkan Arfadia sudah mencakup integrasi yang terfokus pada Traffic yang akan memudahkan Anda mencapai berbagai tujuan lewat website. Adapun layanan yang diberikan Arfadia untuk menerapkan cara pemasaran online mencakup:

  • Communication Strategy
  • Digital Blueprint Strategy
  • Channel Strategy (360 degree)
  • Content Pillar
  • Visual Style and Guideline
  • Campaign Theme
  • Digital Activity (with Influencer)
  • Visibility In Social Media
  • KOL / Influencer Marketing Activity
  • Search Engine Optimization All In One (Google Search Domination)
  • Google Maps Optimization and Local Citation
  • Online Reputation Marketing
  • Article (Content Marketing) Production
  • Graphic / Motion Design
  • Media Press Release, Distribution, and Monitoring
  • Email Marketing
  • Paid Advertising
  • Native Advertising
  • Social Media Maintenance, Campaign and Advertising
  • Data Management Platform (DMP)
  • Video Marketing Production and Distribution
  • Interactive Video (HTML5) Production
  • Web Design

Beberapa layanan utama yang akan Anda dapatkan dari Arfadia untuk strategi pemasaran online mencakup:

  • Search Engine Optimization

Sampai sekarang, SEO masih menjadi taktik pemasaran digital efektif, bahkan saat dibandingkan dengan promosi lewat media sosial atau menggunakan jasa influencer. Arfadia pun menghadirkan layanan optimasi terkini yang akan meningkatkan traffic website lewat mesin pencarian. Dengan begitu, website Anda muncul di laman pertama hasil pencarian dengan keyword relevan.

Hasil Kerja Jasa SEO Terbaik Arfadia
Hasil Kerja Jasa SEO Terbaik Arfadia

  • Pay Per Click

Jika Search Engine Optimization fokus terhadap kenaikan traffic dalam waktu cepat, maka Pay Per Click berjalan lebih lambat. Traffic yang Anda terima biasanya baru muncul dalam hitungan hari sampai bulan. Pay Per Click biasanya dimanfaatkan sebagian besar pebisnis yang mengelola kata kunci yang sudah ditargetkan.

  • E-mail Marketing

Tertarik menggunakan e-mail marketing? Arfadia menyediakan software khusus untuk mengirimkan e-mail ke banyak orang untuk mendapatkan konsumen secara efektif. Selain itu, Anda bisa memakai cara pemasaran produk baru dengan mengundang audiensi yang mempunyai minat terhadap niche yang sesuai. Arfadia sendiri memiliki sekitar 200,000 alamat e-mail aktif.

  • Web Analytics

Web Analytics merupakan alat yang digunakan untuk mengukur hasil yang diperoleh dari website dengan program promosi. Dalam hal ini, Anda harus memahami dulu dari mana Traffic datang dan pergi hingga ROI (Return of Investment) yang muncul. Mempelajari Web Analytics secara tidak langsung akan menyelamatkan Anda dalam manajemen keuangan.

Demikian informasi seputar strategi pemasaran online untuk memperkenalkan produk baru serta layanan Arfadia untuk mendampingi Anda. Semoga setelah mempelajari artikel ini, Anda dapat lebih cepat memahami cara pemasaran online sebelum berbisnis. Jika membutuhkan bantuan, segera kontak Arfadia untuk mengkonsultasikan layanan yang tepat untuk Anda.

Tags : strategi pemasaran online pdf, strategi pemasaran online ppt

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments