Kelebihan dan Kekurangan Radio
Marketing & Advertising

Kelebihan dan Kekurangan Radio

Radio merupakan media komunikasi massa yang digemari oleh masyarakat dari dulu hingga kini. Ini adalah anak teknologi yang cara kerjanya didominasi suara yang secara serempak di transmisikan oleh gelombang di udara. Berikut kelebihan dan kekurangan radio.

Radio merupakan media komunikasi massa yang digemari oleh masyarakat dari dulu hingga kini. Ini adalah anak teknologi yang cara kerjanya didominasi suara (bunyi) yang secara serempak di transmisikan oleh gelombang di udara.

Beberapa fungsi radio antara lain adalah, mendidik, menghibur, menyampaikan pesan kepada pendengar dan sebagai media promosi. Cara penyampaian pesan tersebut bisa jadi satu arah (dari penyiar saja) atau dua arah yang melibatkan dialog intens antara penyiar dan pendengar.

Menurut Triantanto, radio yang merupakan media komunikasi massa memiliki kriteria sebagai berikut :

  • Imajinatif
    Radio adalah media audio yang artinya hanya bisa didengar saja tanpa bisa dilihat. Para pendengar menangkap bunyi tersebut dengan persepsi yang berbeda. Radio berpotensi menciptakan theater of mind dimana para pendengar terbawa perasaannya saat mendengarkan drama yang disiarkan.

  • Auditori
    Seperti disinggung sebelumnya bahwa sifat dari radio adalah audio. Siaran radio hanya bisa ditangkap oleh indra pendengar yang kemampuannya terbatas. Konsekuensinya, penyiar harus menginformasikan segala sesuatu dengan jelas, sepintas lalu, dan singkat agar mudah dipahami pendengar.

  • Akrab
    Dibandingkan dengan media massa yang lain, radio cukup akrab dengan para pendengarnya. Penyiar menyiarkannya seorang diri dan mungkin dalam beberapa kesempatan ber-partner dengan satu atau dua orang penyiar yang lain. Mereka menyampaikan informasi yang sifatnya mendidik, menghibur, persuasif seperti halnya mengiklan, dan informatif kepada para pendengar yang begitu banyak di luar sana. Walau demikian, masing-masing pendengar merasa penyiar hanya sedang bicara dengannya saja. Siaran tersebut begitu private, dan begitu akrab, cocok sekali didengarkan saat sedang ingin sendiri. Tidak heran, jika radio berfungsi sebagai teman setia pada saat sedih maupun gembira melalui request lagu yang merupakan representasi perasaan pendengar. Pendengar merasa dekat dengan penyiar sebab suara yang bersangkutan langsung hadir di rumah atau di dekat posisi pendengar. Interpersonal Communication pun terjalin karena pembicaraan dalam siaran yang sifatnya personal. Kata-kata, suara, dan musik yang disiarkan berpengaruh pada perasaan pendengar dan sering kali mereka merasa bahwa penyiar radio tertentu adalah teman akrabnya.

  • Gaya Percakapan
    Radio adalah media audio. Suara yang diperdengarkan oleh penyiar dan ditangkap oleh pendengar adalah dalam bentuk dialog sehari-hari yang sifatnya friendly dan trendly. Lain halnya dengan bahasa tulis yang kaku dan harus taat grammar. Gaya berbahasa penyiar yang unik, lucu, dan kekinian, sangat mungkin menjadi trendsetter berbahasa bagi para pendengarnya.

Kekuatan Radio

Bunyi adalah kekuatan radio. Sumber bunyi di radio dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  • Musik
    Musik adalah alasan kenapa para pendengar gemar mendengarkan radio. Musik adalah bagian yang identik dengan radio apapun format radionya, mulai dari talkshows, sampai pada diskusi formal dan sharing informasi. Adapun lama tidaknya porsi pemutaran musik bergantung dari prioritas program yang diusung oleh tim managemen radio tersebut.

  • Voice/Words
    Voice/ words tidak lepas dari penyiar. Adapun style penyiar dipengaruhi oleh program radio yang diusung. Penyiar favorit adalah mereka yang mampu mengambil hati pendengar dan akrab dengan mereka.

  • Special Effect
    Special effect adalah bunyi yang dikelola untuk membangkitkan suasana atau mood pendengar, dan memberikan efek teatrikal. Biasanya, ini dipakai pada saat iklan dan sandiwara di radio. Tujuannya adalah untuk mendramatisasi dan juga untuk membuat ilustrasi atas pesan yang ingin disampaikan kepada pendengar.

Keunggulan Radio

Kenapa radio begitu hits hingga kini? Alasannya adalah karena radio memiliki banyak kelebihan. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Sifat Radio yang Portable dan Mobile
    Radio yang kali pertama muncul dengan ukuran menyerupai lemari mini tentu berbeda dengan radio yang ada saat ini. Radio saat ini sifatnya portable dan mobile. Media ini bisa dibawa kemana-mana dengan mudah dan tidak merepotkan. Sekarang, radio menjadi bagian dari benda-benda teknologi yang bersinggungan dengan manusia dalam kesehariannya. Sebut saja mobile dan smartphone dimana radio nyaman di dengar dengan menggunakan headset, loudspeaker, atau dengan pengaturan volume sesuai dengan kebutuhan. Dari segi harga jangan ditanya. Radio bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

  2. Berpotensi Membidik Khalayak yang Spesifik
    Radio memiliki kapasitas untuk membidik pendengar yang spesifik sesuai dengan kebutuhan. Ini berarti radio mampu untuk fokus pada pendengar berdasarkan skop demografis tertentu. Ini karena para penyiar yang berkesempatan untuk menyiarkan sesuatu seperti halnya pengumuman yang ditujukan pada obyek tertentu.

  3. Bersifat Instrutif
    Radio memanfaatkan gelombang udara dalam proses penyiaran. Fakta tersebut berhubungan dengan kemampuan radio untuk menembus ruang manapun yang tidak bisa dijangkau oleh media yang lain. Ini adalah salah satu keunggulan radio yang tidak tertandingi.

  4. Bersifat Fleksibel
    Fleksibilitas radio sangatlah tinggi. Fleksibilitas tersebut meliputi proses menciptakan program sederhana dengan cepat, disiarkan saat itu juga, mengirim pesan dengan cepat, dan mampu mengadakan perubahan dengan cepat.

  5. Bersifat Sederhana
    Radio adalah media massa yang sederhana. Kesederhanaan tersebut tampak dari proses pengoperasiannya yang mudah, cara mengelolanya yang mudah, dan cara mengisi program radio yang mudah.

Kelemahan Radio

Ada keunggulan, ada pula kelemahan. Beberapa kelemahan radio seperti yang diutarakan Meeske (2003) antara lain adalah :

  1. Audio Only
    Lain halnya dengan TV yang memberikan gambaran visual yang jelas di samping bunyi yang menyertainya, radio hanya mengandalkan satu elemen saja, yaitu bunyi. Ini adalah salah satu kelemahan radio dimana pesan yang disampaikan hanya melalui sound atau bunyi yang menjadi andalan radio.

  2. Sifat Siaran Tidak Dapat Ditarik Ulang
    Salah satu kriteria penyiar berkualitas yang paling mendasar adalah sikap hati-hati dan tanggung jawabnya terhadap apa yang disiarkan. Kenapa? karena sifat pesan yang disampaikan melalui radio adalah searah, sekilas saja, dan tidak bisa ditarik lagi jika telah disiarkan.

  3. Mendengarkan Radio Rentan Mengalami Gangguan
    Radio adalah media audio yang hubungannya hanya dengan indra pendengar saja. Jadi, mendengarkan radio berhubungan dengan keoptimalan fungsi indra pendengar yang jika dilakukan terus-menerus sangat mungkin menyebabkan distraksi atau gangguan pendengaran. Tidak ada lagi cerita mendengarkan radio jika indra pendengar bermasalah. Selain itu, banyak orang yang gemar beraktivitas sambil mendengarkan radio. Tentu saja ini akan memecah konsentrasi dan memperlambat selesainya pekerjaan yang di-handle.

Jika Anda ingin melakukan marketing melalui media massa, seperti yang bisa Anda lakukan melalui radio, percayakan hanya kepada Arfadia Advertising Agency. Arfadia adalah penyedia jasa marketing terbaik yang berpengalaman dan telah menjalin kerjasama dengan banyak klien terkemuka, sebut saja perusahaan nasional dan pihak kementerian.

Tidak perlu ragu! Reputasi Arfadia Advertising Agency terbukti bagus. Dengan slogan "Spark Creativity and Innovative Solution", Anda akan mendapatkan kepuasan karena penyedia jasa ini memberikan pelayanan maksimal di bidang marketing mulai dari iklan offline, cetak, elektronik, hingga online.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments