Contoh Iklan Layanan Masyarakat
Marketing & Advertising

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Mengamati contoh iklan layanan masyarakat dapat membantu orang-orang yang ingin menciptakan media serupa. Mengingat bujet pembuatan iklan relatif mahal, penting bagi mereka yang terlibat untuk mematangkan konsep agar tidak melampaui anggaran.

Mengamati contoh iklan layanan masyarakat dapat membantu orang-orang yang ingin menciptakan media serupa. Mengingat bujet pembuatan iklan relatif mahal, penting bagi mereka yang terlibat untuk mematangkan konsep agar tidak melampaui anggaran.
Iklan layanan masyarakat biasanya diproduksi pemerintah untuk menyampaikan pesan atau mengimbau sesuatu kepada publik. Berbeda dengan jenis iklan lain yang biasanya dibuat untuk memperoleh untung. Berikut ini beberapa tema iklan layanan masyarakat yang beredar di Indonesia.

  • Kesehatan
    Kesehatan menjadi salah satu tema yang sering disampaikan melalui iklan. Misalnya tentang HIV dan AIDS yang sampai sekarang sosialisasinya dianggap belum merata di Indonesia. Ada pula topik-topik yang lebih ringan seperti imunisasi atau hingga pemeriksaan kesehatan rutin. Tema lain seperti dampak pemakaian produk tertentu terhadap kesehatan pun sering dikampanyekan.
  • Narkoba
    Menyusul kesehatan, narkoba jadi topik kedua yang semakin gencar dibahas di berbagai forum. Efek samping pemakaian narkotika dan obat terlarang rupanya belum disadari banyak pihak. Maka, supaya pesan dari iklan sampai tepat sasaran, dibutuhkan tim solid yang mampu mengemas iklan layanan masyarakat tentang narkoba sebaik mungkin.
  • Rokok
    Berbeda dengan narkoba, kebiasaan merokok terus mengundang pro-kontra. Walaupun menimbulkan dampak buruk nyata, tetapi sebagian masyarakat tampak tidak jera. Untuk meningkatkan kewaspadaan, para produsen rokok telah menyertakan konten berupa foto-foto grafis pada kemasan rokok mereka agar masyarakat berpikir dua kali sebelum membelinya.
  • Global warming
    Pemanasan global atau global warming adalah isu nyata bagi penduduk di seluruh dunia. Menanganinya pun dibutuhkan kerja sama utuh. Iklan layanan masyarakat adalah salah satu hal termudah yang dapat dibuat untuk meningkatkan kewaspadaan publik. Seperti pembuatan sebelumnya, contoh iklan layanan masyarakat pada topik ini bisa digunakan sebagai rujukan atau referensi.
  • Bayar pajak
    Selama beberapa tahun belakangan, Direktorat Jenderal Pajak tampak giat mengampanyekan bayar pajak—baik untuk individu maupun perusahaan. Mereka bahkan membuat iklan layanan masyarakat secara maksimal hingga terjun ke bangku sekolah demi menaikkan kesadaran sejak dini. Dengan begitu, masyarakat tak abai lagi terhadap pajak.
  • Keselamatan berkendara
    Kematian akibat kecelakan lalu lintas adalah salah satu faktor penyebab tertinggi di Indonesia. Para pengemudi yang terkena kecelakaan biasanya sedang melakukan pantangan seperti berkirim pesan, menelepon, hingga tidak memakai atribut keselamatan. Melihat angkanya kematian yang terus berubah, pihak kepolisian pun tampak makin sering membuat iklan layanan masyarakat seputar safety riding.
  • Keluarga Berencana
    Jenis iklan layanan masyarakat ini termasuk yang berumur panjang, karena sebagian lapisan masyarakat di Indonesia masih memegang prinsip banyak anak banyak rezeki. Sementara pertumbuhan penduduk di Tanah Air belum diimbangi dengan pengelolaan Sumber Daya Manusia yang optimal. Maka pemerintah terus mengolah iklan ini dengan kemasan yang kian persuasif untuk menekan laju kepadatan penduduk.

Berikut Contoh-Contoh Iklan Layanan Masyarakat terbaik yang dipilih oleh Tim Kami :

Sayangnya, beberapa konsep iklan layanan masyarakat tampak kurang efektif, padahal pesan yang akan disampaikan sangat penting. Sekarang, dengan teknologi yang kian canggih, tim yang menangani iklan dapat bekerja sama dengan pihak lain untuk menciptakan iklan dengan kemasan tak biasa, tetapi dekat dengan masyarakat.
Di sinilah Arfadia-Advertising-Agency mengambil peran sebagai partner periklanan. Dengan pengalaman selama bertahun-tahun, perusahaan ini mampu memberikan konsep iklan sesuai kebutuhan audiensi. Tak sedikit pula yang menjadikannya contoh iklan layanan masyarakat modern yang mampu menyentuh berbagai lapisan masyarakat Indonesia yang sangat kompleks.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments