Contoh Iklan Komersial
Marketing & Advertising

Contoh Iklan Komersial

Iklan bisa memfasilitasi atau mendampingi usaha perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang contoh iklan komersial untuk produk atau jasa.

Anda pasti sudah tidak asing dengan iklan. Ya, periklanan memang mempunyai fungsi yang penting. Tujuan iklan tidak hanya mempromosikan produk atau jasa tetapi juga memberikan informasi kepada konsumen tentang produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan tersebut. Selain itu, iklan juga bersifat persuasi atau memberikan bujukan kepada konsumen untuk mencoba jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Bahkan iklan dapat berfungsi sebagai pengingat dengan cara memberikan stimulus kepada konsumen agar selalu ingat dengan produk tersebut. Iklan juga dapat mempengaruhi konsumen dan memberikan nilai tambah untuk produk tersebut. Iklan bisa memfasilitasi atau mendampingi usaha perusahaan. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang contoh iklan komersial untuk produk atau jasa.

Pengertian Iklan

Sebelum mengetahui contoh apa saja yang termasuk iklan komersial, sebaiknya anda memahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan iklan. Intinya, iklan adalah proses untuk menyampaikan pengetahuan tentang sesuatu, biasanya berupa produk atau jasa dari perusahaan, kepada khalayak umum melalui media tertentu dan diperlukan sejumlah biaya untuk memasang iklan tersebut. Pertama kali iklan diperkenalkan oleh Jan Pieterszoon Coen. J.P. Coen yang menjabat sebagai Gubernur Jenderal Hindia-Belanda periode 1619 hingga 1629.


Photo by Cris Tagupa / Unsplash

Syarat-Syarat Iklan

Pembuatan iklan harus memenuhi beberapa persyaratan agar iklan tersebut efektif dan sesuai dengan tujuan utama. Syarat pertama adalah bahasa iklan. Iklan harus menggunakan pilihan kata yang logis, sopan, menarik, dan tepat. Majas atau ungkapan yang digunakan pada iklan harus bersifat sugestif atau memikat. Bahasa tersebut harus dapat menonjolkan bagian-bagian yang penting dan disusun dengan singkat. Syarat kedua adalah isi iklan. Iklan harus jelas, singkat, jujur, dan objektif. Iklan juga tidak boleh menyinggung produsen lain atau golongan tertentu. Terakhir iklan harus dapat menarik perhatian orang sebanyak mungkin.

Pengertian dan Jenis Iklan Komersial

Ini adalah iklan yang berfungsi untuk mendukung kampanye pemasaran jasa atau produk. Iklan ini terdiri dari beberapa macam. Pertama adalah iklan strategis. Iklan ini berfungsi untuk membangun merek. Caranya adalah mengomunikasikan manfaat produk dan nilai merek. Iklan ini dapat meyakinkan bahwa merek ini selalu ada untuk para konsumen. Selain itu, iklan ini juga dapat mengundang calon konsumen untuk menikmati merek ini. Kedua adalah iklan taktis. Ini adalah iklan dengan tujuan mendesak yang dibuat untuk mendorong calon konsumen agar melakukan kontak dengan merek tersebut dengan cepat. Biasanya iklan ini berupa penawaran khusus dalam jangka pendek agar konsumen dapat memberikan respond di hari yang sama.

Struktur Iklan Komersial

Struktur untuk iklan komersial harus menggunakan naskah yang tepat, storyline yang sesuai dengan urutan, kata pengantar yang menarik, dan jelas. Menurut para ahli, iklan komersial akan lebih menarik dengan menggunakan gambar. Iklan yang bersifat cerita terkadang kurang menarik minat masyarakat untuk membaca iklan tersebut.

People walk quickly around the Theater District of Times Square in New York City at night
Photo by Joe Yates / Unsplash

Contoh Iklan Sukses

Sebenarnya sudah banyak contoh dari iklan komersial yang dapat dijumpai di berbagai media. Bahkan iklan komersial juga dapat menggunakan berbagai bahasa seperti Inggris, Sunda, Jawa, dan sebagainya. Jenis iklan ini dapat digunakan untuk mempromosikan keperluan niaga, jasa, minuman, layanan masyarakat, makanan, dan lain sebagainya. Penyampaian iklan ini dapat melalui berbagai media seperti radio, televisi, YouTube, dan koran untuk menarik konsumen. Berikut ini beberapa contoh yang mungkin dapat menjadi referensi untuk anda yang ingin membuat iklan komersial.

Indomie Seleraaku

Semua orang pasti setuju tagline Indomie tersebut. Tagline tersebut memang mudah diingat. Apalagi untuk generasi 90an yang sempat menonton jingle hits dari produk ini. Bahkan banyak orang yang hafal liriknya. Iklan ini sangat kreatif dan menarik. Produsen berhasil menyampaikan pesan yang indah melalui jingle “Dari Sabang sampai Merauke” yang mengajar agar semua suku di Indonesia membeli produk ini. Gambar yang menampilkan beragam suku, budaya dan kekayaan alam di Indonesia berhasil membuat masyarakat tertarik. Terbukti, hingga saat ini masyarakat masih ingat dengan iklan fenomenal tersebut.

Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro

Ini juga menjadi salah satu iklan yang fenomenal di Indonesia dengan tagline tersebut. Berkat tagline yang jenius, Sosro sudah melekat di pikiran masyarakat meskipun semakin banyak produk minuman teh lain yang mulai bermunculan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa iklan ini ditanggapi secara positif oleh konsumen. Iklan tersebut menampilkan sekumpulan anak muda yang sedang menikmati menu yang berbeda-beda namun keberagaman menu makanan tersebut tidak menjadi masalah asalkan minumnya Teh Botol Sosro. Iklan ini bertujuan untuk menegaskan positioning bahwa teh ini dapat menjadi pendamping untuk semua makanan.

Aku dan Kau Suka Dancow

Ini menjadi slogan terkenal yang masih diingat oleh banyak konsumen hingga sekarang. Slogan ini berhasil mewujudkan tujuan Dancow untuk menjadi sahabat setia untuk semua keluarga di Indonesia. Iklan Dancow selalu menggambarkan keluarga yang harmonis dan memperlihatkan anak-anak yang sedang bermain bersama. Gambaran tersebut ingin menunjukkan bahwa Dancow adalah susu dengan harga terjangkau yang memberikan gizi dan vitamin untuk anak-anak.

Memang Tango Enak, Berapa Lapis? Ratusan!

Tango adalah salah satu merek wafer legendaris di Indonesia. Tango bisa bersaing dengan produk wafer lainnya yang sudah menjamur di pasaran. Tagline terakhir pada iklan tersebut berhasil diingat oleh konsumen. Bahkan dulu, tagline ini sering menjadi bahan lelucon dan diubah menjadi Berapa ratus? Lapisan! Tango pernah menampilkan iklan anak-anak yang sedang bermain basket dan salah satu anak menawarkan wafer ini kepada temanya, kemudian muncul kalimat “Membuat Lawan Menjadi Kawan”. Kata-kata tersebut berhasil menyampaikan pesan bahwa dalam suasana apapun, keakraban dapat dijalin saat menikmati wafer ini. Iklan ini juga mengajarkan orang untuk saling berbagi.

Cintai Ususmu, Minum Yakult Tiap Hari

Tagline ini juga berhasil mengajak konsumen untuk menjaga kesehatan usus dengan mengonsumsi Yakult setiap hari. Terbukti, Yakult memang menjadi minuman probiotik yang diminati oleh banyak konsumen hingga saat ini walaupun ada banyak perusahaan lain yang mengeluarkan minuman probiotik serupa. Iklan ini menampilkan keluarga yang sedang minum Yakult. Tagline terakhir “Saya Minum 2” dapat menjadi pengingat bahwa konsumen yang ingin memiliki pencernaan yang sehat harus minum 2 botol sehari. Tagline terbaru tersebut adalah bukti bahwa Yakult peduli dengan kesehatan keluarga di Indonesia.

Itulah beberapa contoh-contoh iklan terkenal yang berhasil diingat oleh konsumen dan pada akhirnya dapat mempertahankan produk-produk tersebut di pasaran. Karena membuat iklan yang menarik dan kreatif memang tidak mudah, anda bisa mempercayakan pembuatan iklan untuk produk atau jasa pada Arfadia-Advertising-Agency. Ini adalah perusahan yang menyediakan jasa pembuatan berbagai jenis iklan baik online maupun offline.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments