Kelebihan dan Kekurangan Televisi
Marketing & Advertising

Kelebihan dan Kekurangan Televisi

Mungkin masih banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari tentang kelebihan dan kekurangan televisi. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa justru banyak sekali yang tidak terlalu peduli dengan kualitas tontonan yang menjadi konsumsi keluarganya setiap hari.

Mungkin masih banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari tentang kelebihan dan kekurangan televisi. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa justru banyak sekali yang tidak terlalu peduli dengan kualitas tontonan yang menjadi konsumsi keluarganya setiap hari. Padahal sebagai masyarakat yang smart tentu harus pintar dalam memilih tayangan televisi. Karena seperti yang kita ketahui bahwa jenis tayangan sinetron maupun film yang ada di televisi memang cukup beragam. Ibarat dua sisi mata uang yang bisa menjadi boomerang jika sejak awal tidak selektif dalam memilih. Akan memberikan dampak yang negatif jika tontonan tersebut dilihat tidak sesuai dengan usianya.

Mengenai Kelebihan dan Kekurangan Televisi

Seperti yang diungkapkan diatas bahwa sebenarnya televisi bisa menjadi media yang menguntungkan sekaligus merugikan. Karena memang semua itu tergantung dari bagaimana caranya memilih tayangan sesuai dengan umur penontonnya. Namun terlepas dari semua itu, tidak ada salahnya bahwa anda mengetahui tentang apa sajakah yang termasuk ke dalam kelebihan dan kekurangan televisi. Untuk itu simaklah penjelasan berikut ini.

Kelebihan Televisi

Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan televisi, tentu banyak yang akan berpendapat bahwa media yang satu ini memang cukup menjadi favorit sebagaian masyarakat dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, yaitu :

• Lebih Menarik Perhatian

Televisi yang menggabungkan antara audio dan gambar membuat tampilan menjadi lebih menarik. Sehingga bisa disimpulkan bahwa masyarakat memang lebih berminat dengan televisi ini dibandingkan dengan media jenis lainnya.

• Media Informasi yang Praktis

Selain sebagai media hiburan, saat ini televisi juga mengalami banyak sekali perkembangan dimana fungsinya udah sangat beragam. Mulai dari media periklanan sampai dengan penyampaian informasi yang selah semakin mudah. Dengan informasi yang disampaikan melalui televisi ini, maka akan membuat orang jauh lebih mudah menangkap apa yang ingin disampaikan. Karena berdasarkan penelitiaan, pengetahuan yang dimiliki oleh manusia didapatkan dengan menggunakan indera. San salah satu indera yang cukup mendominasi yaitu indera penglihatan.

• Bersifat Langsung (Live) dan Uptodate

Dengan media televisi ini anda bisa mendapatkan informasi khususnya berita baik dari dalam maupun luar negeri secara langsung (live) atau uptodate. Sehingga hal seperti inilah yang akan membuat anda menjadi lebih cepat dalam mengetahui kabar atau berita terbaru. Dengan begitu wawasan dan pengetahuan anda tentu akan menjadi lebih luas. Jika tetap ketinggalan, stasiun televisi yang bersangkutan akan menayangkan ulang atau re-run acara tersebut pada jadwal tertentu;

• Jenis Tayangan yang Beragam

Televisi dapat memberikan segala bentuk tayangan yang bisa dipilih pemirsana. Mulai dari musik, film bahkan berita dan lainnya bisa didapatlan dengan menonton televisi ini. cukup dengan duduk manis, anda bisa mendapatkan segala informasi yang diinginkan dan dapat disesuaikan dengan keinginan masing – masing.

• Bersifat Non Stop

Jam istirahat setiap orang mungki sudah ditentukan waktunya. Namun kadangkala karena berbagai hal sperti tuntutan pekerjaan dan yang lainnya, kadangkala membuat pola istirahat menjadi terbalik. Sehingga ketika sebagian orang beritirahat, sebagian yang lain masih terjaga dna membutuhkan media televisi sebagai “ teman “. Dan tentunya tak perlu merasa khawatir karena umumnya televisi ini bersifat non stop dimana setiap jamnya akan selalu ada acara yang berkelanjutan. Sehingga anda tak perlu risau televisi akan libur tayang.

Kekurangan Televisi

Dimana ada plus, sudah pasti ada minusnya. Termasuk juga dengan televisi ini dimana bisa saja mendatangkan kerugian tanpa anda sadari. Apa sajakah itu ?

• Segmen Luas
Tayangan televisi memang sangat banyak jenisnya. ada yang bersifat untuk anak – anak, remaja dan juga orang tua. Disinilah letak permasalahan dimana jenis tayangan tersebut ditayangkan secara acak. Sehingga tak jarang terdapat anak – anak yang menonton tayangan teevisi tidak sesuai dengan usianya. Sehingga hal seperti inilah yang patut untuk diwaspadai.

• Komunikasi satu arah
Sama seperti halnya radio, televisi juga hanya menyediakan komunikasi satu arah. Artinya, penonton hanya dapat menyimak apa yang disampaikan media di televisi, tetapi tidak dapat memberikan respons langsung kepada mereka.

• Jaringan Penyebaran
Tidak semua stasiun televisi mampu menjangkau seluruh daerah di Indonesia, terutama area-area pelosok nan terpencil. Hal inilah yang membuat informasi tidak menyebar secara merata serta menjadi salah satu kelebihan dan kekurangan televisi yang masih dikeluhkan masyarakat. Masalah jangkauan juga sebenarnya dirasakan masyarakat di kota-kota besar. Beberapa stasiun televisi—khususnya yang masih baru—tidak tertangkap antena. Akibatnya, tayangan tidak stabil atau mudah hilang di tengah tayangan, sehingga mengganggu penonton yang menyimaknya;

• Bergantung dengan Listrik
Jika ada pemadaman listrik, televisi akan ikut mati dan penonton akan kehilangan informasi dari acara yang mereka saksikan. Hal ini mungkin dapat diatasi dengan generator, tetapi tidak semua orang mempunyai alat tersebut dan pemakaiannya pun sama-sama terbatas.

• Tidak dapat mencari informasi sesuai waktu yang diinginkan
Apa yang telah lewat tidak dapat diulang (kecuali menunggu waktu tayang) dan tidak dapat mencari informasi berdasarkan waktu yang diinginkan

Melihat beberapa penjelasan mengani kelebihan dan kekurangan televisi diatas, maka bisa disimpulkan bahwa segala plus minus dari televisi tersebut sangatlah bergantung bagaimana anda sendiri. sehingga perlunya kesadaran sari masing – masing pihak agar lebih cermat dalam menggunakan media televisi ini.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Dari Televisi

Membahas tentang kelebihan dan kekurangan televisi, tentu akan terfokus pada kekurangannnya dan berpikir keras bagaimana caranya untuk mengatasi kekurangan tersebut. karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan televisi ini terbilang cukup penting dalam kehidupan sehari – hari. Karena televisi ini tak hanya sekedar media hiburan saja, melainkan juga sebagai sumber informasi dari berbagai pihak. Sehingga memang ada baiknya anda dituntut untuk lebih smart dalam mensiasati hal tersebut.

• Sesuaikan Jenis Tayangan Berdasarkan Usia

Cara pertama yang bisa dilakukan agar televisi tidak berdapak buruk adalah dengan menyesuaikan tontonan dengan usia. Terutama jika sudah memiliki anak, tentu anda harus selektif dalam memberikan tontonan televisi kepada anak anda tersebut. hal ini bertujuan agar nantinya anaka anda tersebut tidak mengkonsumsi jenis tontonan yang memang belum sesuai dengan usianya.

• Mengawasi dan Mendampingi Anak

Jangan terlalu memberikan kebebasan anak untuk menonton televisi semaunya. Sebagai orang tua, anda berkewajiban untuk mengawasi atau bahkan mendampingi anak ketika menonton televisi. Karena dengan begitu anda bisa memantau apakah anak anda melihat tayangan televisi yang sesuai dengan kebutuhannya atau tidak.

• Hindari Memberikan Fasilitas Televisi di Kamar Anak

Agar anda lebih memantau tentang aktifitas anak anda selama didepan televisi, aka sebaiklnya jangan memberikan fasilitas televisi di kamar anak pribadi. Lebih baik tempatkan televisi di ruang keluarga sehingga anda akan lebih mudah untuk melakukan pemantauan.

Fakta seputar dunia pertelevisian di Indonesia

  • Pada 2002 silam, jam tonton televisi untuk anak-anak mencapai 1.560 hingga 1.820 per tahun, sementara jam belajar siswa SD justru kurang dari 1.000 jam per tahun;
  • Sekitar 85% program televisi ternyata kurang aman disaksikan anak karena mengandung unsur kekerasan, seks, hingga supernatural yang berlebihan;
  • Setidaknya ada 800 judul program anak dengan 300 di antaranya tayang hingga 170 jam per mingu, sementara satu minggu hanya terdiri atas 168 jam;
  • Sekitar 40% waktu tayang di televisi terdiri atas kurang lebih 1.200 iklan per minggu, melampaui angka rata-rata dunia, yakni 561 iklan per minggu.

Nasib televisi di tengah masyarakat modern Indonesia

Seperti yang telah disinggung, kenyataannya televisi masih digemari masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit stasiun televisi yang bermunculan dengan konsep segar dengan memanfaatkan teknologi seperti internet dan media sosial. Hal ini dirasakan juga oleh Arfadia Advertising Agency. Naiknya permintaan penayangan iklan televisi yang merambah ke jejaring sosial. Kombinasi yang menarik ini bukan tidak mungkin membawa masa depan menjanjikan untuk dunia advertising televisi dan digital, serta mengubah kelebihan dan kekurangan televisi dengan poin-poin lebih modern.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments