Kelebihan dan Kekurangan Koran
Marketing & Advertising

Kelebihan dan Kekurangan Koran

Media digital lebih digandrungi oleh masyarakat saat ini. Karena itu, meskipun tetap mempertahankan versi cetaknya pengelola koran juga merangsek ke dunia maya. Demi keberlangsungan perusahaan dan tetap eksis di dunia media. Nah, apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan koran ?

Keberadaan media cetak di era digital sekarang ini semakin tergerus, salah satunya adalah koran. Media digital lebih digandrungi oleh masyarakat saat ini. Karena itu, meskipun tetap mempertahankan versi cetaknya pengelola koran juga merangsek ke dunia maya. Demi keberlangsungan perusahaan dan tetap eksis di dunia media. Nah, apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan koran ? Berikut ini pemaparannya.

Kelebihan Koran

Koran sangat populer di masyarakat karena memang keberadaannya sudah puluhan tahun. Sejak zaman penjajahan media ini dimanfaatkan untuk bertukar informasi dan mengobarkan semangat para pejuang. Supaya mereka tidak patah semangat dalam memperjuangkan kemerdekaan. Nah, apa saja kelebihan koran secara umum dibandingkan media cetak lainnya ?

  • Harga jual terjangkau. Media cetak ini paling digemari masyarakat, karena harga jualnya lebih murah daripada tabloid, dan majalah. Sehingga berbagai kalangan masyarakat mampu membeli koran dan bahkan berlangganan setiap hari. Dengan begitu, tidak pernah ketinggalan berbagai informasi terkini yang berkembang di masyarakat.
  • Banyak informasi yang disuguhkan. Informasi yang dikabarkan selalu terkini, sehingga masyarakat bisa mengikuti perkembangan terbaru terkait berbagai bidang. Mulai dari berita agama, ekonomi, sosial, kriminal, hiburan, olahraga dan sebagainya. Sedangkan media cetak lainnya biasanya lebih fokus pada satu bidang saja.
  • Mudah disimpan dan dibaca kembali. Secara ukuran media cetak ini memang lebih lebar daripada majalah dan tabloid. Tetapi karena ukurannya relatif tipis, maka bisa dilipat untuk penyimpanannya. Termasuk bila ingin membawanya atau menyimpannya di dalam tas. Bila disimpan dengan tepat, maka kapan saja diperlukan untuk dibaca kembali, Anda tetap bisa membukanya lagi. Bahkan tidak sedikit pula pelanggan koran yang mengoleksi koran. Terkadang juga dibuat klipping untuk berita tertentu yang menurutnya sangat penting.
  • Tidak butuh alat untuk menggunakan koran. Bila Anda ingin menikmati tayangan program televisi, tentunya harus memiliki perangkat elektronik tersebut. Demikian bila ingin mendengarkan siaran radio. Bagi yang ingin membaca berita di portal digital juga harus menyiapkan peralatannya, seperti laptop, smartphone, tablet dan sebagainya serta pastikan kuota internetnya masih mencukupi.
  • Lahan penghasilan menggiurkan. Selain bisa dimanfaatkan sebagai bahan bacaan dan sumber referensi atas berbagai hal, koran juga bisa digunakan sebagai sumber penghasilan. Caranya dengan menjadi kontributor tulisan tertentu, seperti pada rubrik opini, cerita pendek, cerita bersambung, karikatur, dan sebagainya. Komisi yang didapatkan sangat menggiurkan mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Sangat tergantung dari perusahaan medianya, kualitas tulisan, dan pengalaman penulisnya.
  • Mengubah pandangan seseorang atas pemahaman tertentu. Berita atau opini yang tertuang di dalam koran bisa mengubah pandangan seseorang atas berbagai hal yang berkembang di masyarakat. Mereka juga bisa melakukan analisa atas segala kejadian, sehingga bisa mempunyai kesimpulan sendiri.
  • Tempat mencari informasi lowongan pekerjaan. Kolom iklan lowongan pekerjaan selalu tersedia di setiap koran. Karena memang media ini dikenal tidak hanya memuat berita semata, tapi juga informasi terkait lowongan kerja. Sehingga pembaca bisa memilah lowongan kerja yang paling sesuai dengan kemampuannya.
  • Media untuk beriklan. Banyaknya pembaca atau jumlah oplah cetakan koran tentunya menjadi media yang bagus untuk mempromosikan atau menjual produk atau layanan tertentu. Sehingga pebisnis bisa mengiklankan produk andalannya. Dengan begitu, masyarakat mengenal dan mulai tertarik untuk menggunakannya.

Berdasarkan jangkauan pembaca, terdapat koran regional dan nasional. Koran regional biasanya hanya memuat berita di kawasan tertentu saja. Semisal untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta saja. Sedangkan koran nasional akan menampilkan berita dari berbagai daerah. Dengan cakupan yang luas ini, maka korannya lebih tebal dan harganya sedikit lebih malah ketimbang koran lokal.

Kekurangan Koran

Selain memiliki sejumlah kelebihan, koran juga mempunyai kekurangan dalam hal tertentu. Meskipun kondisi tersebut tidak langsung membuatnya ditinggalkan oleh pembacanya. Nah, berikut ini beberapa kelemahan dari koran secara umum.

  • Berita tersaji lebih lambat. Kekurangan ini terutama kalau dibandingkan dengan media elektronik seperti radio, televisi apalagi dengan portal berita digital. Hal ini terjadi karena koran biasanya hanya dicetak sekali dalam sehari. Pada umumnya koran baru beredar di pagi hari, sehingga berita yang ditampilkan bisa saja lebih lambat daripada media elektronik. Tetapi tidak semua orang melihat atau mendengar berita tersebut dari radio atau televisi. Jadi tetap saja informasinya tetap diperlukan masyarakat. Namun, kecepatan penyampaian berita tetap lebih bagus dibandingkan majalah atau tabloid.
  • Hanya menyuguhkan foto dan tulisan saja. Karena tergolong media massa versi cetak, maka koran hanya mampu menampilkan tulisan dan foto saja. Berbeda dengan media elektronik yang bisa mengeluarkan suara dan gambar bergerak. Seperti berita yang ditampilkan oleh televisi atau media digital.
  • Biaya cetak dan distribusi cukup mahal. Biaya untuk mencetak koran dan mendistribusikannya hingga ke tangan masyarakat terbilang mahal. Meskipun harga jual yang diberikan masyarakat relatif terjangkau, hanya beberapa ribu rupiah saja. Hal ini karena perusahaan media cetak ini memberikan subsidi kepada pembacanya. Dengan menggunakan dana yang didapatnya dari pemasang iklan.
  • Jangkauan pembaca terbatas. Sebagai contoh oplah koran lokal sebanyak 200 ribu ekslempar. Berarti hanya sekitar itu jumlah pembacanya. Itu pun kalau semuanya terjual dan terbaca oleh pembelinya. Meskipun harganya relatif murah tetapi tidak semua masyarakat mau membelinya. Bagi yang tidak berlangganan biasanya membeli koran hanya untuk mencari info lowongan kerja atau bahkan menggunakannya untuk kertas bungkus.

Solusi Efektif Media Iklan Selain Koran

Media digital yang terbit di internet dianggap sebagai solusi terbaik pengganti koran bahkan berbagai media massa lainnya. Karena memang mempunyai berbagai keunggulan, dan bahkan bagi pemasang iklan akan lebih menghemat anggarannya. Dengan jangkauan pasar atau pembaca yang paling luas, tidak hanya lokal, nasional bahkan internasional.

Perkembangan yang sangat masif itu tidak mengherankan kalau semakin banyak portal berita digital di dunia maya. Medianya ada yang berbasis website atau aplikasi berita bahkan keduanya. Pembaca berita memang sudah banyak yang beralih ke media digital. Sehingga perusahaan media yang ingin tetap eksis sudah pasti akan membangun situs di internet.

Khususnya bagi para pebisnis, perkembangan media digital juga membawa keuntungan besar. Karena mereka bisa memasang iklan dengan jangkauan pasar semakin luas. Bahkan untuk anggarannya bisa saja lebih hemat. Selain itu, pelaporan atas tingkat efektivitas iklannya juga mudah dipantau secara detail. Dengan begitu, memudahkan pula untuk melakukan evaluasi terhadap efektivitas iklan yang ditayangkan.

Bila Anda sedang mencari agen iklan digital profesional, terpercaya dengan harga kompetitif, Arfadia Advertising Agency adalah jawabannya. Anda akan dibantu untuk menentukan target pasar produk dengan strategi mumpuni. Kemudian akan disediakan berbagai kanal promosi produk, bisa melalui konten atau artikel, email marketing, iklan PPC, dan sebagainya. Seterusnya Anda akan memperoleh laporan hasil iklan secara berkala.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments