Kelebihan Dan Kekurangan Majalah
Marketing & Advertising

Kelebihan Dan Kekurangan Majalah

Masih banyak orang yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan majalah. Walaupun telah terjadinya perkembangan digital yang pesat, sehingga mempermudah manusia untuk mengakses berbagai informasi namun majalah masih tetap eksis.

Masih banyak orang yang belum mengetahui kelebihan dan kekurangan majalah, tentunya majalah merupakan benda yang tidak asing untuk semua orang. Walaupun telah terjadinya perkembangan yang sangat pesat dalam bidang teknologi, sehingga mempermudah manusia untuk mengakses berbagai macam informasi namun majalah masih tetap eksis hingga saat ini. Tidak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan berbagai majalah yang bisa dibaca dari berbagai macam usia hingga anak-anak, namun terdapat beberapa kelebihan majalah dibandingkan dengan media massa lainnya seperti koran. Tetapi dibalik kelebihannya tersebut terdapat kekurangannya juga, namun hal tersebut tidak mengurung niat orang untuk membaca majalah. Apalagi saat ini majalah telah dipatok dengan berbagai harga, dari yang mahal hingga yang murah sehingga mudah untuk menikmati majalah.

Kelebihan dari majalah

Terdapat beberapa kelebihan yang dimiliki majalah dibandingkan media massa lainnya, tentunya kelebihan ini tidak semuanya dapat dijumpai pada media massa seperti koran. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda membaca majalah untuk mencari berbagai informasi.

  1. Dapat dinikmati dalam waktu yang panjang
    Berbeda dengan koran yang dapat terbit setiap hari, majalah memiliki waktu terbit yang berbeda. Hal ini tentunya tergantung dengan keputusan dari perusahaan, waktu terbit majalah ada yang satu minggu sekali, dua minggu sekali, bahkan 1 bulan sekali. Dengan waktu terbitnya yang lama, tentunya majalah dapat dinikmati dalam waktu yang panjang, sehingga Anda tidak akan ketinggalan majalah keluaran edisi terbaru. Berbeda jika Anda membeli koran yang harus setiap hari agar mendapatkan info terbaru, sehingga Anda bisa dapat menghemat uang karena tidak harus setiap hari membeli majalah.
  2. Informasi yang dikemas lebih menarik dan mendalam
    Karena waktu terbitnya yang lama, tentunya setiap info yang diberikan dikemas lebih mendalam dan lebih rinci sehingga Anda akan mendapatkan informasi yang sangat-sangat jelas. Jadi Anda tidak akan penasaran akibat informasi yang diberikan tidak lengkap bahkan menggantung, selain itu informasi tersebut akan dikemas menjadi lebih menarik. Hal ini tentunya membuat para pembaca tertarik untuk membacanya sehingga tidak membosankan, ditambah lagi bahasa yang digunakan lebih ringan sehingga mudah dipahami dan ringan. Walaupun terdapat kelebihan dan kekurangan majalah, namun banyak orang yang sering bosan membaca sebuah koran dibandingkan dengan majalah.
  3. Pembacanya lebih selektif
    Tentunya pembaca koran diperuntukan untuk seluruh kalangan, mulai dari yang dewasa hingga remaja sehingga semua orang dapat membaca koran. Tidak heran jika informasi yang diberikan pada koran lebih umum karena dapat dibaca oleh semua orang sehingga info yang diberikan tidak mendalam. Namun jika pada majalah, biasanya pembacanya lebih selektif. Contohnya jika majalah untuk kecantikan, tentunya pembaca untuk majalah tersebut adalah mereka yang tertarik untuk kecantikan. Tentunya info yang diberikan seputar dunia kecantikan, hal ini membuat info yang diberikan lebih mendalam sehingga Anda mendapatkan informasi yang lebih. Hal ini tentunya membuat pihak majalah dapat membangun jaringan yang kuat, serta untuk mencari bahan untuk majalah selanjutnya juga sangat mudah.
  4. Tampilan yang eksklusif
    Dari segi penampilan, tentunya majalah lebih menarik dibandingkan dengan koran. Sebab pada majalah biasanya menggunakan cover yang menampilan model maupun bintang yang terkenal sehingga dapat menarik perhatian para pembaca. Penggunaan cover juga berbeda setiap edisinya, hal inilah yang tidak terdapat pada koran yang tidak memiliki cover. Hal inilah yang membuat tampilan pada majalah terlihat lebih bagus dibandingkan koran, ditambah lagi pada majalah menggunakan kertas yang berkualitas tinggi dibandingkan dengan koran. Serta majalah biasanya menampilkan gambar yang full color sehingga akan sangat menarik ketika dibaca, namun jika pada koran biasanya gambarnya tidak akan bewarna serta apabila bewarna maka tidak akan terlihat terlalu jelas. Hal ini bisa saja karena efek penggunaan kertasnya, tidak heran jika banyak orang yang senang membaca majalah karena tampilan gambarnya juga sangat bagus dan sedap jika dilihat.

Kekurangan pada majalah

Selain memiliki kelebihan, majalah juga memiliki kekurangan dibandingkan dengan media massa lainnya. Berikut beberapa kekurangan pada majalah yaitu:

  1. Harga yang relatif tinggi
    Umumnya majalah dipatok dengan harga yang relatif tinggi, berbeda dengan koran yang harganya jauh lebih murah sehingga lebih terjangkau jika dibeli setiap hari. Jadi tidak semua orang dapat menjangkau setiap edisi pada sebuah majalah, hal ini sebenarnya tidak mengherankan mengingat kertas yang digunakan berkualitas tinggi serta beberapa hal yang membuat biaya produksinya lebih tinggi sehingga membuat harga jualnya menjadi tinggi. Tidak heran jika banyak orang yang sering ketinggalan sebuah majalah apabila diterbitkan dalam waktu yang singkat seperti seminggu sekali.
  2. Pendistribusiannya yang tidak merata
    Beberapa majalah bahkan tidak dapat didistribusikan dengan merata pada sebuah wilayah, sehingga tidak semua masyarakat dapat menjangkau info di dalamnya. Berbeda dengan koran yang bisa dijangkau oleh seluruh wilayah, padahal info yang diberikan pada sebuah majalah lebih mendalam. Apabila dapat didistribusikan dengan merata, tidak heran jika harga sebuah majalah antar 1 wilayah dengan wilayah lainnya berbeda mengingat ongkos kirim pada sebuah wilayah yang berbeda. Semakin jauh tempatnya tidak heran jika ongkos kirimnya lebih mahal, hal inilah yang membuat harga majalah menjadi lebih mahal lagi. Bahkan beberapa majalah tidak memiliki kantor distribusi di beberapa daerah sehingga membuat daerah tersebut tidak terjangkau.
  3. Rendahnya fleksibelitas (terbatas)
    Karena tidak dapat didistribusikan dengan merata, tidak heran jika fleksibelitas pada majalah terbatas. Hal ini dikarenakan tidak semua wilayah dapat menjangkau majalah tersebut, sehingga tidak semua orang dapat mengetahui info pada majalah tersebut. Jadi tidak heran jika tidak semua toko menjual majalah tersebut, sehingga dibutuhkan usaha yang ekstra untuk membaca majalah tersebut. Berbeda dengan koran yang didistribusikan dengan merata, sehingga untuk mencari koran yang mudah dan tidak dibutuhkan usaha yang berlebihan untuk mendapatkannya.
  4. Bahan yang mudah rusak
    Karena menggunakan kertas, walaupun kertas yang berkualitas tinggi namun tidak menutup kemungkinan jika kertas tersebut robek maupun koyak pada saat proses pengirimannya. Hal ini tentunya membuat informasi yang diberikan tidak jelas akibat kertas tersebut rusak, oleh sebab itu sangat diharapkan ketika proses pengiriman barang harus sangat dijaga agar tidak mudah rusak.


Photo by Mike Ackerman / Unsplash

Dalam memilih penempatan iklan, majalah juga memiliki kelebihan dan kekurangannya, berikut kelebihan dan kekurangan dari media majalah sebagai penempatan iklan (media placement).

Kelebihan menggunakan majalah untuk iklan

  1. Majalah memiliki demografi yang lebih spesifik
    Majalah merupakan media cetak yang memiliki target demografi lebih spesifik sehingga Anda tinggal menyesuaikan branding produk Anda dengan target pembaca yang disasar oleh majalah untuk memasang iklan. Iklan yang dilihat pada majalah memiliki dampak yang lebih diperhatikan oleh pembaca karena berada di platform yang terpercaya dan sesuai dengan minat mereka.
  2. Iklan di majalah tidak akan hilang
    Sekali pasang iklan di majalah yang tercetak maka iklan tersebut tidak akan hilang kecuali majalahnya rusak total. Iklan yang terpasang 20 tahun lalu pada sebuah majalah masih bisa dilihat orang sehingga tingkat eksposur berulang yang cukup tinggi.
  3. Majalah tidak hanya dibaca oleh pelanggannya saja
    Anda mungkin melihat berapa banyak subscriber atau pelanggan dari majalah tertentu sebelum memasang iklan. Selain itu pertimbangkan juga potensi majalah tersebut akan dibaca dan dilihat lebih banyak orang. Misalnya majalah yang diletakkan di ruang tunggu, di kafe, teman yang meminjamkan majalahnya kepada orang lain, majalah yang diletakkan di perpustakaan, dan sebagainya.
  4. Ada banyak pilihan desain untuk iklan
    Majalah menawarkan banyak bentuk iklan yang bisa advertiser pilih sesuai dengan tujuan kampanye iklannya. Bisa memilih beriklan dengan satu halaman penuh berisi teks atau gambar, bisa juga memilih untuk menyisipkan kupon diskon, formulir survey, atau “menyamarkan” iklan Anda dengan artikel.

Kekurangan beriklan dengan menggunakan majalah

  1. Harga tergantung dengan penempatan
    Dibandingkan dengan internet marketing yang bisa dimulai dengan harga terjangkau bahkan gratis sekalipun, beriklan dengan menggunakan majalah relatif lebih mahal. Tempat iklan yang paling mahal biasanya ada di bagian belakang halaman depan yang tentunya akan sulit untuk diabaikan orang.
  2. Menyesuaikan dengan deadline majalah
    Majalah bisa saja memiliki deadline atau tenggat waktu yang sudah direncanakan selama beberapa bulan ke depan. Hal ini tentu akan berpengaruh pada penyesuaian waktu beriklan yang tepat yang biasanya akan berujung pada sumber daya tambahan untuk menguji efisiensi iklan sebelum majalah yang ditarget terbit cetak.
  3. Risiko iklan di bagian belakang
    Jika iklan di bagian depan adalah iklan yang paling mahal, maka yang paling murah biasanya akan mendapatkan tempat di halaman belakang. Banyak pembaca majalah yang mungkin akan melewatkan bagian belakang karena umumnya tidak berisi mengenai konten penting karena konten utamanya diletakkan di bagian depan. Jadi bagi Anda yang memilih untuk tempat iklan di bagian belakang majalah ada kemungkinannya iklan tidak dilihat banyak orang.

Demikian adalah kelebihan dan kekurangan majalah untuk media beriklan di tengah jaman iklan digital yang lebih ramai saat ini. Bagi Anda yang sedang cari solusi beriklan baik di majalah maupun media digital yang lebih terkonsep dan tertarget seperti kelebihan iklan majalah, Arfadia-Advertising-Agency adalah pilihan yang tepat. Dengan riset yang lebih detail dan eksekusi yang lebih tepat sasaran, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dalam strategi periklanan Anda.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments