Kelebihan dan Kekurangan Email Yang Perlu Anda Ketahui
Marketing & Advertising

Kelebihan dan Kekurangan Email Yang Perlu Anda Ketahui

Hampir setiap orang sudah tidak asing lagi dengan apa itu email. Saat ini, hampir setiap hari seorang pekerja memanfaatkan email untuk berkirim surat. Tentu saja, dibalik kemudahan yang ditawarkan, email memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui.

Kelebihan dan kekurangan email banyak dicari oleh orang di mesin pencarian untuk mengetahui informasi lebih terperinci mengenai Email. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari email? Berikut ini adalah penjelasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Email

Hampir setiap orang sudah tidak asing lagi dengan apa itu email. Ya email sendiri kependekan dari electronic mail dimana digunakan untuk berkirim surat kepada pengguna lainnya. Saat ini, hampir setiap hari seorang pekerja memanfaatkan email untuk berkirim surat. Tentu saja, dibalik kemudahan yang ditawarkan, email memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu anda ketahui.

Kelebihan Email

  1. Menawarkan Kecepatan Berkirim Surat
    Dibandingkan dengan mengirimkan surat dengan fisik melalui pelantara pos untuk kemudian diantarkan ketujuan, anda mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama bukan? Bahkan berhari-hari agar surat tersebut sampai ke tujuan. Lain halnya jika anda menggunakan fasilitas Email maka anda dapat mengirim surat dalam hitungan menit bahkan detik untuk surat tersebut sampai ke tujuan walaupun alamat tujuan berada di kota lain bahkan luar negeri.
    Penerima juga bisa langsung membuka pesan anda asalkan terhubung dengan jaringan internet pula. Dengan jaringan internet inilah semua akan terasa lebih cepat termasuk dalam hal berkirim surat.
  2. Cukup Murah
    Berbeda dengan mengirimkan surat di kantor pos yang akan meminta anda untuk membayar biaya pengiriminan yang tergantung dengan jauhnya lokasi dan lama kecepatan pengiriman maka dengan menggunakan email, anda tidak perlu mengeluarkan biaya pengiriman. Anda cukup memiliki akses internet dan media untuk mengirimkan email seperti komputer. Untuk pengiriman email pun, anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun. Terdapat ruang penyimpanan di Email yang cukup besar yakni hingga 15 GB. Tentunya hal ini, akan menambahkan nilai kelebihan tersendiri terutama anda yang mengandalkan aktivitas dengan email.
  3. Menawarkan Cara yang Praktis
    Saat ini, email telah digunakan untuk bertukar dokumen untuk segala jenis kebutuhan. Bahkan saat ini, banyak sekali perusahaan yang memanfaatkan email dalam merekrut karyawan baru. Dibandingkan anda mengirim lamaran melalui kantor pos aka anda harus rela mengantri panjang dan bahkan anda pun harus memilih juga jenis kecepatan pengiriman dan mengeluarkan uang. Email pun tidak akan meminta anda untuk datang ke kantor pas hanya untuk mengirimkan lamaran, anda bisa berada dirumah, bermodalkan PC dan jaringan internet, surat anda bisa langsung diterima oleh perusahaan tersebut. File yang telah dikirim tadi pun akan disimpan, sehingga jika anda membutuhkan di lain hari, anda cukup membuka file tersebut.
  4. Data yang Tersimpan Aman
    Tentunya, hal ini hampir diinginkan oleh semua orang bukan? Anda ingin data-data anda tersimpan dengan aman? Email dapat menjamin hal itu karena email sendiri memiliki keamanan dimana orang lain tidak bisa mengakses email anda tanpa mengetahui kata sandi yang telah disetel. Proses pengiriman data memanfaatkan teknologi terkini yang akan mengenkripsi dan hanya bisa dibaca oleh pihak pengirim dan penerima sehingga risiko pencurian data jauh lebih kecil dibandingkan dengan surat fisik.
  5. Rapi
    Seluruh email yang telah anda kirimkan atau terima akan disimpan dengan aman. Anda akan dengan mudah menemukan email yang anda inginkan karena anda sendiri bisa mencari email berdasarkan pengirim, tanggal masuk dan lainnya. Bahkan email yang telah anda terima bertahun-tahun silam masih ada dan bisa dicari dengan menggunakan kata didalam emailnya.
    Berbeda jika anda mengirimkan email melalui kantor pos maka kemungkinan besar surat tersebut sudah hilang ataupun telah dibuang oleh pihak pos karena sudah tidak dianggap penting.

Kekurangan Email

Selain menawarkan kelebihan, email pun masih memiliki kekurangan yang juga perlu anda ketahui, berikut ini merupakan ulasan lengkapnya.

  1. Email Akan Tergantung Dengan Hardware
    Penggunaan email akan sangat tergantung pada hardware yang anda gunakan. Bila smartphone, tablet ataupun PC yang biasa anda gunakan mengalami permasalahan maka anda tidak akan bisa mengirim email. Tentu hal ini akan menyulitkan anda untuk mengirim email terlebih lagi jika anda mengandalkan email untuk kegiatan berkirim surat dengan rekan kerja. Di saat seperti inilah, anda mungkin akan berfikir jika mengirim email melalui kantor pos akan sangat membantu.
  2. Tergantung Dengan Koneksi Internet
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh email adalah tergantung dengan jaringan internet baik itu untuk mengirimkan email ataupun membaca email dari orang lain. Hal inilah yang terkadang menjadi kesulitan bagi mereka yang tinggal di daerah dengan jaringan internet yang terbatas. Dengan terbatasnya jaringan internet ini tentu dalam hal mengirim surat akan lama diproses oleh server sehingga pihak penerima akan mengeluhkan keterlambatan surat. Bahkan terkadang, karena jaringan internet yang semakin buruk tidak jarang email tersebut gagal terkirim. Penggunaan email memang sangat mengandalkan internet yang stabil agar kinerjanya bagus dan tidak ada keterlambatan.
  3. Tidak Semua Orang Mengerti Email
    Jangan salahkan apabila banyak orang yang belum mengerti email terutama bagi orang tua. Hal ini karena terbatasnya pengetahuan mereka tentang teknologi terkini. Hal ini lah, anda tidak akan setiap saat memanfaatkan email untuk bertukar surat karena tidak semua orang mengetahui apa itu email. Oleh sebab itu, tak jarang sebuah perusahaan akan mengutamakan pengiriman surat berbentuk fisik kepada para karyawannya mengingat tidak semua orang bisa menggunakan email. Dengan terbatasnya pengetahuan banyak orang maka anda tidak bisa setiap saat mengandalkan email untuk kegiatan bisnis anda.
    Itulah kelebihan dan kekurangan email yang perlu anda ketahui.

Email Untuk Marketing

Selain digunakan untuk berkirim email kepada klien ataupun rekan kerja, email ternyata bisa dimanfaatkan untuk sarana pemasaran bisnis anda yang cukup menjanjikan. Cara pemasaran dengan memanfaatkan email biasanya dilakukan dengan cara mengirimkan email ke banyak alamat email yang telah melakukan langganan newsletter pada website bisnis anda ataupun dengan mengirimkan email ke beberapa target pasar yang telah disaring.

Agar banyak orang yang berlangganan dengan surat yang anda kirimkan maka anda harus memastikan bahwa website bisnis anda berada di urutan pertama dalam mesin pencarian sehingga akan memudahkan orang untuk mengetahui bisnis anda.
Bagaimana cara membuat website di halaman terdepan pada mesin pencarian? Tentu anda harus menggunakan jasa SEO website untuk pemasaran.

9.-Mockup-Email-Blast-Newsletter---rev
Email Marketing oleh Arfadia

Email-Marketing-Kontes-Merah-Putih-oleh-Arfadia
Email Marketing Kontes Merah Putih oleh Arfadia

Dimana Advertising Agency Terpercaya?

Bagi anda yang yang saat ini sedang mencari advertising agency yang terpercaya dan telah berpengalaman untuk membuat bisnis anda semakin dikenal oleh masyarakat luas maka anda bisa bekerja sama dengan Arfadia.

Jasa pemasaran yang terletak di Jakarta Indonesia ini akan membantu anda dalam meningkatkan kualitas website, memasarkan bisnis / produk / jasa anda baik itu melalui media offline dan online yang salah satunya adalah dengan e-mail marketing. Arfadia memiliki lebih dari 500,000 data masyarakat Indonesia yang bermanfaat untuk penyebaran informasi melalui media e-mail.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments