Contoh Iklan Media Cetak
Marketing & Advertising

Contoh Iklan Media Cetak

Iklan dalam pemasaran berfungsi sebagai bauran komunikasi untuk memberitahukan semua hal yang berhubungan dengan jasa atau produk tersebut. Artikel ini akan membahas tentang Contoh Iklan Media Cetak

Meskipun pamor media cetak sudah turun karena digeser oleh media digital namun media cetak masih tetap efektif untuk memasang iklan. Masih banyak perusahaan yang memasang iklan di media cetak. Iklan memang menjadi alat untuk memasarkan dan menjelaskan produk atau jasa. Sekarang ini, perusahaan sangat bergantung pada iklan, karena perusahaan tersebut tidak dapat menjual produk atau jasa tanpa iklan. Pembeli juga tidak bisa mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa yang tidak memiliki iklan. Iklan dalam pemasaran berfungsi sebagai bauran komunikasi untuk memberitahukan semua hal yang berhubungan dengan jasa atau produk tersebut. Artikel ini akan membahas tentang Contoh Iklan Media Cetak.

Pengertian Media Cetak

Media berasal dari kata “Medius” yang berarti “Perantara”. Media merupakan wahana untuk menyalurkan informasi atau pesan. Media juga dapat diartikan menjadi sumber belajar dalam makna yang lebih luas. Makna lainnya dapat berupa peristiwa, benda, dan lain sebagainya. Menurut Eric Barnow, media cetak adalah semua barang yang dicetak untuk umum seperti surat kabar, majalah, dan barang cetakan lainnya yang bertujuan untuk pesan komunikasi dan menyebarkan informasi. Ronald H Aderson mengatakan bahwa media cetak merupakan bahan bacaan yang dibuat secara profesional seperti buku petunjuk, majalah, dan lain-lain. Arti lain dari media cetak adalah media dengan bahan kertas yang berfungsi untuk menyampaikan infromasi atau pesan. Unsur utama dari media ini adalah gambar visualisasi dan teks.

Jenis Media Cetak

Ada 8 jenis media cetak yang ada di Indonesia. Pertama adalah surat kabar harian yang memuat informasi terkini dan biasanya disebut koran. Surat kabar harian menggunakan penulisan apa adanya. Kedua adalah surat kabar mingguan yang biasanya disebut tabloid. Isinya adalah liputan mendalam dan berita hiburan. Gaya penulisan tabloid lebih lengkap dan deskriptif daripada koran. Selanjutnya adalah majalah mingguan, tengah bulanan, bulanan, dwibulanan, tribulanan, dan bulletin.

Manfaat Memasang Iklan di Media Cetak

Iklan adalah pesan, berita atau informasi yang dapat membujuk masyarakat agar tertarik dengan jasa atau produk yang ditawarkan. Artinya, iklan mempunyai sifat persuasif untuk mendorong konsumen sehingga terjadi pembelian produk atau jasa tersebut. Zaman modern membuat konsep iklan menjadi berkembang jauh lebih luas. Bahkan saat ini iklan tidak hanya dapat menawarkan barang atau jasa tetapi semua hal dapat dijual seperti ide atau konsep yang dapat dijual agar publik tertarik.
Komunikasi pada media cetak memang lebih rinci karena pesan iklan dapat disampaikan melalui tulisan dan gambar sehingga pembaca dapat mendokumentasikan dan menyimpan pesan tersebut lebih mudah. Media cetak juga sangat ideal untuk memperlihatkan dan menunjukkan kemasan produk. Apalagi untuk produk kategori baru, media ini dapat menjelaskan manfaat lengkap dari produk tersebut. Lwin dan Aitchison mengatakan bahwa surat kabar dapat mencapai target iklan lebih besar karena rentang peliputan yang luas dan beragam. Pembaca juga memiliki banyak waktu untuk memahami maksud dari informasi yang disampaikan oleh iklan tersebut.

Kelemahan Memasang Iklan di Media Cetak

Sayangnya media cetak juga mempunyai beberapa kelemahan. Biasanya surat kabar, tabloid, dan majalah tersebut hanya dibaca sekali dan dibuang. Hal ini yang membuat beberapa target iklan tidak dapat dilayani dengan baik.

Fungsi Iklan

Iklan dapat menjadi pemberi informasi tentang barang atau jasa secara terperinci seperti tempat penjualan produk, harga, komposisi, merek, produsen, dan informasi lain yang dapat membuat calon konsumen merasa yakin untuk membeli atau menggunakan jasa dan produk tersebut. Informasi tersebut akan menunjukkan citra positif dari barang atau jasa tersebut kepada konsumen. Mungkin anda tidak menyadari bahwa iklan dapat merayu dan membujuk calon pembeli untuk mencoba barang tersebut. Biasanya hal ini dilakukan dengan memberikan potongan harga atau diskon dan berbagai promosi lainnya.

Iklan dapat mengingatkan konsumen untuk mencoba atau segera membeli produk tersebut. Iklan yang ditampilkan secara berkala akan menjadi pengingat yang efektif untuk meningkatkan minat masyarakat. Iklan akan memberikan nilai tambah untuk jasa atau produk anda. Konsumen dapat melihat bahwa barang atau jasa tersebut mempunyai kelebihan dibandingkan produk serupa yang dijual di pasaran. Fungsi lainnya adalah penyambung komunikasi. Calon konsumen pasti akan mendapatkan banyak infromasi dari jasa atau produk tersebut tanpa harus bertanya kepada produsen. Lembaga tertentu juga menggunakan iklan untuk memberikan nilai-nilai tertentu bagi target seperti mempengaruhi perilaku, sikap, dan pola pikir dari orang-orang yang telah melihat iklan tersebut.

Contoh Iklan

Kenali Batuk Anda! Siladex Aktif Redakan Batuk

Siladex memasang iklan di media cetak dengan informasi yang lengkap dan tepat sasaran. Produsen memasang dua produk berbeda yang disesuaikan dengan jenis batuk. Batuk berdahak menggunakan siladex berwarna hijau dan warna biru untuk batuk tidak berdahak yang disertai pilek. Latar belakang untuk siladex hijau adalah hutan yang sejuk dan siladex biru adalah salju. Secara tidak langsung produk ini berhasil memberikan sugesti kepada konsumen bahwa ini adalah obat batuk yang tepat untuk melegakan tenggorokan anda. Iklan tersebut juga menuliskan bahwa siladex lebih unggul dari produk lain karena bebas alkohol dan gula.

Traveloka

Ini adalah perusahaan yang melayani pemesanan tiket pesawat, hotel, dan lain sebagainya. Iklan ini juga mempunyai gambar yang unik. Ada laptop dengan banyak tangan yang harus menangani berbagai keperluan untuk liburan seperti biaya transaksi, pajak, bagasi, dan lain sebagainya. Traveloka menuliskan pesan bahwa jika anda memesan tiket pesawat dan hotel di Traveloka, maka anda tidak perlu repot mengurusi semua hal tersebut. Traveloka juga mencantumkan dimana anda dapat mengunduh aplikasi untuk memesan hotel dan tiket pesawat ini. Semua kebutuhan liburan anda dapat terpenuhi hanya lewat satu aplikasi ini.

Selera Rasa

Ini adalah restoran yang menggunakan media cetak untuk memasang iklan. Restoran ini menggunakan gambar ayam bakar dengan taburan daun bawang yang terlihat lezat. Iklan ini juga menuliskan 3 alasan mengapa konsumen harus memesan makanan di restoran ini. Alasan tersebut dapat menunjukkan keunggulan restoran ini dibandingkan tempat lainnya. Iklan ini menggunakan warna merah dan orange karena kedua warna ini memang dapat membangkitkan nafsu makan. Selain itu, restoran ini juga mencantumkan menu andalan, nomor telepon, dan akun sosial media sehingga konsumen dapat memesan makanan dengan mudah melalui nomor tersebut.

Big Burger

Restoran ini menampilkan gambar burger besar dengan lapisan daging, keju, dan sayuran yang lengkap. Iklan ini menggunakan kalimat promosi “nikmati burger super hanya Rp 30.000”. Iklan ini berhasil mendorong konsumen untuk mencoba burger ini. Gambar tersebut memiliki sifat persuasif dan membuat banyak orang membayangkan kelezatan potongan daging dan keju di dalam roti tersebut. Bahkan Big Burger juga menggunakan tagline “kapan pun dan di mana pun selalu Big Burger pilihannya”.
Tidak lupa diikuti dengan alamat dan nomor telepon untuk pemesanan.

Itulah beberapa contoh iklan menarik yang dipasang di media cetak. Bagi anda yang ingin memasang iklan di media cetak, maka anda harus memilih Arfadia-Advertising-Agency sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pembuatan berbagai jenis iklan dengan reputasi tinggi di Indonesia. Terbukti perusahaan ini telah bekerjasama dengan klien-klien besar seperti Kementerian dan Perusahaan Nasional dan Internasional. Arfadia-Advertising-Agency adalah pilihan tepat untuk pembuatan berbagai jenis iklan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan jasa atau produk anda.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments