Video Kreatif dan Inovatif
Video Production

Video Kreatif dan Inovatif

Di era yang serba modern ini, para pelaku usaha berlomba-lomba untuk mencuri perhatian pelanggan dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang cukup populer adalah video marketing.

Di era yang serba modern ini, para pelaku usaha berlomba-lomba untuk mencuri perhatian pelanggan dengan menerapkan berbagai strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang cukup populer adalah video marketing.

Pentingnya Video Marketing untuk Bisnis

Mengapa video marketing dianggap penting dan layak untuk dijadikan salah satu strategi pemasaran paling jitu untuk perusahaan di era digital ini? Berikut alasannya :

  1. Lebih berkesan daripada membaca

Secara teori, melihat sesuatu seperti video misalnya, akan lebih meninggalkan kesan di ingatan ketimbang sekedar membaca. Selain itu, video mampu memperkuat komunikasi visual yang dapat membangun ikatan emosional dengan pemirsanya. Jika dikemas dengan baik, video kreatif dan inovatif dapat menyampaikan banyak hal kepada audiens hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-8 Sumber : Video CSR - PT. Indonesia Power oleh Arfadia https://www.youtube.com/watch?v=QRWbaLBAeEI

  1. Mudah dipahami

Selain meninggalkan kesan yang mendalam, video yang dikemas dengan baik akan lebih mudah dipahami sehingga lebih efektif dalam menyampaikan informasi pada audiens. Hal ini tentunya akan berdampak pada popularitas produk atau jasa yang dipromosikan.

  1. Calon pelanggan dapat langsung melihat wujud dari barang/jasa yang ditawarkan

Salah satu peranan penting video untuk pemasaran bisnis adalah sebagai sarana yang membantu calon pelanggan untuk melihat langsung wujud dari barang atau jasa yang ditawarkan. Jika Anda hanya memasarkan produk Anda melalui tulisan yang berupa deskripsi produk saja, maka pembaca pun akan jengah dan mungkin tidak akan menuntaskan membaca dengan teliti hingga akhir. Terlebih lagi, pembaca bisa jadi tidak memiliki gambaran jelas tentang apa yang ditawarkan. Namun dengan video, audiens akan melihat tampilan jelas tentang apa produk yang sedang dibahas.

  1. Membangun kepercayaan pelanggan

Dengan melihat langsung seperti apa produk dan jasa yang ditawarkan, termasuk siapa yang bekerja di baliknya, maka pelanggan akan merasa lebih percaya untuk menggunakan produk atau jasa tersebut. Secara psikologis, kebanyakan orang akan lebih memilih untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang sudah pernah dikenal atau diketahui ketimbang yang belum pernah dilihat sebelumnya, meskipun dengan harga yang lebih murah.

  1. Mudah untuk disebarkan

Di era modern yang serba digital ini, penyebaran video sangatlah mudah dan cepat, terutama melalui media sosial. Oleh karena itu, strategi pemasaran menggunakan video merupakan salah satu cara ampuh untuk mempromosikan suatu produk.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-2 Video Mudah untuk disebarkan via https://www.youtube.com/watch?v=feBF_IY-HI8

Karakteristik Video Marketing yang Baik


Meskipun memiliki banyak keunggulan, video marketing tidak akan berhasil dengan baik apabila tidak digarap dengan benar. Oleh karena itu, Anda harus memastikan apakah video yang dibuat untuk keperluan pemasaran ini benar-benar memenuhi kriteria video marketing yang baik, seperti :

  1. Memiliki konsep yang jelas

Video untuk keperluan pemasaran hendaknya memiliki konsep yang jelas, ke arah mana audiens akan dibawa? Dengan konsep awal yang jelas, tentunya informasi akan lebih mudah dipahami dan disampaikan secara efektif meskipun dalam durasi yang singkat.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-3

  1. Menekankan informasi yang menunjukkan keunikan dan keunggulan perusahaan Anda

Video yang baik tentunya akan menampilkan dengan jelas keunikan dari perusahaan Anda, atau keunggulan produk dan jasa yang ditawarkan. Jika video tidak berhasil menampilkan keunikan tersebut dan justru membuat audiens bingung dengan maksud video, maka pembuatan video tersebut akan menjadi sia-sia.

  1. Menggambarkan dengan jelas apa dan bagaimana produk atau jasa yang Anda tawarkan

Unik saja tidak akan banyak berguna jika produk dan jasa yang dipromosikan tidak tergambar dengan jelas, sehingga audiens bingung tentang apa sebenarnya yang sedang coba “dijual” oleh perusahaan.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-7

  1. Mengandung makna yang dalam namun mudah dicerna

Untuk membuat produk dan jasa selalu melekat di ingatan audiens, maka video pemasaran yang dibuat haruslah memiliki makna yang dalam, namun tetap mudah untuk dimengerti oleh target pemasaran. Untuk mewujudan hal ini terjadi, tentunya dibutuhkan video kreatif dan inovatif yang dibuat secara profesional.

Tips Memilih Digital Agency untuk Video Marketing


Lantas, bagaimana cara memilih digital agency yang tepat untuk membuat video semacam ini? Simak tips berikut.

1. Pilih yang memiliki tim khusus dan profesional

Kebanyakan orang akan memilih perusahaan atau agensi besar untuk menggarap video marketing yang diinginkan. Padahal, jika tidak benar-benar profesional, agensi yang sudah besar biasanya memiliki banyak pelanggan dan banyak job untuk dikerjakan, sehingga terkadang tidak sempat memperhatikan detail kecil dan memberikan pelayanan maksimal untuk tiap-tiap job yang diterima. Oleh karena itu, sebaiknya dalam memilih digital agency untuk menggarap video marketing jangan yang asal besar saja, namun juga yang memiliki tim-tim khusus yang profesional untuk menangani tiap job yang masuk. Dengan begitu, pesanan video marketing Anda akan lebih diperhatikan hingga ke detail kecilnya.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-4

  1. Melihat profil klien yang pernah ditangani agensi

Terkadang melihat profil klien yang pernah ditangani suatu agensi penting untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana kinerja agensi tersebut. Semakin besar dan penting job yang pernah dikerjakan oleh suatu agensi, maka semakin dapat dipercaya pula agensi tersebut.

  1. Pilih yang memiliki skill komunikasi yang baik

Ketiga, pilih agensi yang memiliki staff dengan skill berkomunikasi yang baik. Selain dapat mengkomunikasikan keinginan Anda lewat video yang dibuat, diharapkan agensi tersebut juga dapat berkomunikasi dengan Anda mengenai apa yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda akan lebih nyaman dalam berdiskusi dan berkonsultasi tentang pembuatan video marketing untuk perusahaan Anda.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-6-1

  1. Pilih yang memiliki kreativitas dalam memberikan ide

Ide dan konsep merupakan dua hal yang sangat krusial untuk menghasilkan video kreatif dan inovatif. Meskipun terdengar sepele, ide yang menjadi awal pembuatan video akan berdampak besar pada hasil akhir video yang dibuat. Oleh karena itu, Anda harus memastikan apakah agensi yang akan Anda percaya untuk membuat video tersebut memang memiliki tenaga profesional yang mampu menggunakan kreativitas dalam mengembangkan ide menjadi sebuah video yang menarik.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-5

  1. Pertimbangkan harga yang ditawarkan oleh agency

Hal terakhir yang harus dipertimbangkan ketika memilih agensi yang tepat adalah harga yang ditawarkan. Biasanya, harga yang harus Anda bayar akan berbanding lurus dengan kualitas yang Anda terima. Namun, Anda perlu benar-benar memastikan harga yang ditawarkan tersebut memang masuk akal dan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan.


Digital Agency Terbaik di Jakarta


Kini, setelah mengetahui tentang pentingnya video marketing untuk bisnis Anda serta tentang tips memilih digital agency untuk pembuatan video marketing yang berkualitas, sudahkah Anda menemukan perusahaan yang cocok? Arfadia – Videography adalah digital agency yang memenuhi semua kualifikasi sebagai agensi yang tepat untuk membuat video kreatif dan inovatif yang Anda butuhkan. Perusahaan ini bergerak di bidang Informasi, Teknologi, dan Multimedia, serta melayani berbagai macam keperluan klien yang menyangkut optimasi penggunaan Multimedia dan Teknologi, seperti pembuatan website, pembuatan video digital marketing, pembuatan software berbasis desktop, dan layanan multimedia lainnya.

Arfadia – Video Production Jakarta merupakan perusahaan yang memiliki tenaga profesional dan berpengalaman yang selalu mengembangkan ide-ide untuk membuat video yang kreatif dan inovatif untuk para pelanggan. Kualitas dan dedikasi Arfadia terbukti dari berbagai sertifikat ISO yang telah diraih, seperti Quality Management System, Environmental Management System, dan Managemen System Occupational, Helath and Safety.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments