Jenis Backlink yang Disukai Google untuk SEO
SEO

Jenis Backlink yang Disukai Google untuk SEO

Mengaplikasikan jenis backlink yang di sukai Google untuk SEO akan menunjang optimasi off-page, yakni tipe optimasi untuk menaikkan Search Engine Results Page. Apalagi selama beberapa waktu terakhir, Google kerap mengubah algoritma yang memaksa para pengelola website menemukan optimasi alternatif.

Mengaplikasikan jenis backlink yang disukai Google untuk SEO akan menunjang optimasi off-page, yakni tipe optimasi untuk menaikkan Search Engine Results Page atau SERP. Apalagi selama beberapa waktu terakhir, Google kerap mengubah algoritma yang memaksa para pengelola website menemukan optimasi alternatif. Model backlink massal dengan software otomatis sudah lama ditinggalkan, digantikan backlink manual dengan tautan berkualitas tinggi.

Sayangnya, belum semua orang mengetahui karakteristik backlink yang layak oleh Google. Berikut ada sejumlah kriteria dari jenis backlink yang dianggap bermutu oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut.

• Relevan dengan topik / konten website

Sekarang, Google sangat memprioritaskan website atau blog dengan konten orisinal dan relevan dengan topik yang diangkat pemiliknya. Selain itu, pengalaman pengguna atau user experience (UX) terhadap tautan yang tertera pada situs web akan membuat pengunjung tertarik dan menjelajahinya. Maka dari itu, penting bagi pengelola website untuk memastikan backlink yang tertera sesuai dengan niche-nya.

backlink-based-niche

Contextual link yang sesuai dengan konten

Contextual link merupakan tautan yang terdapat di dalam konten (pada umumnya teks seperti artikel). Jenis backlink tersebut digemari Google karena kemungkinan besar berkaitan kuat dengan pembahasan pada isi artikel. Semakin relevan dan natural contextual link yang dimasukkan, maka semakin besar pula Google akan mengindeks website tersebut.

contextual-link

• Berasal dari domain pagerank yang tinggi

Jenis backlink yang disukai Google untuk SEO selanjutnya adalah yang berasal dari domain dengan pagerank tinggi. Google kerap menghadiahi website dengan pagerank bila situs dinilai memiliki authority dan trusted tinggi. Namun, karena pagerank sudah berhenti beroperasi sejak 2012, DA & PA (Domain Authority and Page Authority) digunakan sebagai indikator dalam penilaian authority situs web.

• Semakin ‘berumur', semakin terpercaya

Sebagian besar website yang mendapatkan pagerank 4 atau 5 biasanya sudah berusia tahunan. Aged website atau domain juga cenderung lebih cepat diindeks Google. Memperoleh backlink dari situs web (domain) yang berumur semakin lama, jelas akan sangat menguntungkan dibandingkan dari domain seumur jagung. Bahkan web tersebut sering digunakan untuk membuat blog network bersifat pribadi.

Semakin-berumur-semakin-terpercaya

• Eksis di website dengan trafik yang tinggi

Walau bukan jaminan 100%, website dengan trafik tinggi lebih menjamin dibandingkan website yang karang dikunjungi. Pasalnya, dengan jumlah kunjungan yang menjanjikan akan memberikan dampak yang lebih nyata terhadap backlink yang disematkan dalam kontennya. Tautan-tautan tersebut biasanya akan diklik pengunjung yang ingin mengatahui atau penasaran dengan informasi yang disediakan.

Website-high-traffic

• Bisa diakses dari IP address yang berbeda

Memperoleh backlink dari situs web dengan hosting dan IP address berbeda rupanya mempengaruhi peringkat website di Google. Jenis baclink yang disukai Google untuk SEO tersebut dianggap terpercaya, sebab bukan hasil dari manipulasi (mengakses website dengan satu IP yang sama). Di sisi lain, jenis ini pun bukan jaminan 100% karena masih ada kemungkinan dimanipulasi dengan metode lain.

• Website menyertakan Dofollow Attribute

Dofollow merupakan tautan yang dihitung Google sebagai vote pada website. Kendati Anda mendapat banyak backlink dan memenuhi kriteria di atas, tetapi tidak menyertakan dofollow, maka kemungkinan website diindeks pun semakin kecil. Sesungguhnya, tidak masalah bila situs web Anda termasuk ke tipe nofollow, tetapi perhitungan dari Google tak akan sebesar dofollow.

Website-menyertakan-Dofollow-Attribute

• Menerapkan kembali sistem one way links

Beberapa tahun lalu, sejumlah penggiat blog sering melakukan link exchange atau bertukar tautan untuk berbagi informasi hingga menaikkan pagerank. Sayangnya, hal tersebut tak lagi diterapkan karena sudah ketinggalan zaman dan sering disalahgunakan. One way links dianggap bersahabat dengan algoritma terkini Google dan efektif untuk memperoleh backlink.

one-way-backlink

Dalam hal ini, Arfadia Digital Agency di Jakarta akan membantu para pengelola blog untuk mendapatkan dengan metode-metode yang tak biasa. Sebagai perusahan internet marketing ternama, Arfadia Digital Marketing Agency di Indonesia juga menawarkan sejumlah layanan dan fitur yang akan menunjang profesionalitas website—baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dari e-mail marketing, pengoptimalan SEO, hingga web analytic. Dengan begitu, klien tak akan kesulitan untuk memperoleh dan mengembangkan jenis backlink yang disukai Google untuk SEO dalam pekerjaannya.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments