Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online
Digital Marketing

Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online

Cara manual atau tradisional di dunia pemasaran mulai ditinggalkan karena terbilang kurang efektif dalam berbagai hal. Untuk itu, anda harus mengetahui tentang apa itu Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online ini.

Era digital membawa pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan manusia. Berbagai aktifitas dan juga kebutuhan manusia seolah semakin dipermudah dengan adanya kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Termasuk juga dengan dunia pemasaran atau marketing dimana cara manual atau tradisional mulai ditinggalkan karena terbilang kurang efektif dalam berbagai hal. Untuk itu, anda harus mengetahui tentang apa itu Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online ini.

Mengenal Tentang Apa itu Pemasaran Online

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah pemasaran online atau online marketing. Apalagi di jaman yang sudah serba maju dan modern seperti sekarang ini dimana segala sesuatunya semakin didominasi oleh perangkat digital dan juga internet. Tentu saja hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Selain karena memang efek dari perkembangan jaman itu sendiri, juga berkaitan dengan trend atau gaya hidup masyarakat yang seolah memang lebih tertarik dengan semua hal yang berbau cepat dan praktis.

Untuk definisi atau pengertian dari pemasaran atau marketing online sendiri adalah suatu aktifitas promosi untuk mengenalkan atau mempromosikan suatu produk maupun jasa dimana proses pemasaran tersebut dilakukan secara online melalui media internet dan juga kecanggihan teknologi. Tujuannya tentu tidak lain tidak bukan yaitu demi membuat proses marketing ini agar lebih efektif, baik dari segi waktu, tenaga maupun biaya.

Berbagai Manfaat dan Keunggulan Pemasaran Online

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia semakin bergantung pada perangkat digital, kecanggihan teknologi dan juga internet. Banyak sekali jenis aktifitas dan rutinitas manusia yang bisa dikatakan sangat bergantung dengan ketiga hal tersebut. Komunikasi, gaya hidup bahkan pekerjaan juga banyak yang berkaitan dengan teknologi dan internet. Sehingga perlahan namun pasti kedua hal tersebut merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari – hari.

Terlebih lagi jika berkaitan dengan komersil maupun bisnis, dimana teknologi modern dan internet sangat membantu dalam menunjang perkembangan. Karena umumnya kedua faktor diatas sangat berperan penting dalam maju dan tidaknya suatu bisnis. Sedangkan beberapa hal lain yang berkaitan dengan Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online antara lain sebagai berikut :

  • Jangkauan yang Lebih Luas
    Dengan adanya internet dan teknologi canggih, maka bukanlah hal sulit untuk menghubungan antara satu orang dengan yang lainnya. Bahkan jarak dan waktu seolah bukan menjadi masalah besar. Sehingga tentu saja jangkauan pasar akan semakin luas.

  • Menghemat Waktu, Tenaga dan Biaya
    Siapapun pasti menginginkan semua hal yang dilakukan bisa efektif baik dalam segi waktu, tenaga maupun biaya. Ketika proses pemasaran dilakukan secara online, maka anda bisa memangkas banyak waktu, tenaga dan biaya. dengan begitu anda tak perlu bersusah payah turun tangan langsung. karena tanpa harus keluar rumahpun anda bisa memantau dan memasarkan bisnis anda kapanpun dan dimanapun.

  • Proses Lebih Mudah
    Anda tak perlu harus kesana – kemari untuk bertemu dengan banyak orang untuk mengenalkan dan mepromosikan produk dan jasa anda. Karena dengan melakukan promosi online, anda hanya perlu duduk manis saja tanpa perlu kerepotan mengurus segala sesuatunya sendiri.

  • Mudah Untuk Dipantau
    Karena menggunakan metode online, maka perkembangan bisnis anda bisa dipantau kapan saja dan dimana saja anda inginkan. Prosesnya pun tidaklah sulit sehingga anda tak perlu mengkhawatirkan tentang hal tersebut.

Setelah menyimak beberapa Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online diatas, maka bisa disimpulkan bahwa marketing online mang sangat menguntungkan melihat berbagai kemudahan dan kemudahan yang dihadirkannya.

Hal – hal yang Berkaitan dan Mendukung Pemasaran Online
Untuk bisa mewujudkan sekaligus mendapatkan keuntungan tinggi dalam bisnis anda, selain mengetahui tentang Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online maka anda juga perlu mengenal tentang faktor – faktor apa sajakah yang berkaitan dengan pemasaran online ini nantinya bisa memberikan dampak yang positif bagi perkembangan bisnis yang dijalankan tersebut.

  • Membutuhkan Proses
    Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun bukan berarti bahwa pemasaran yang dilakukan secara online serta merta memberikan hasil yang instan. Tetap saja membutuhkan waktu dan proses. Hanya saja mungkin memang waktu yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan cara yang tradisional.
  • Hubungan Dengan Relasi dan Customer Lebih Mudah
    Membangun ikatan dan komunikasi yang baik dengan relasi maupun customer memang sangat penting. Karena hal ini bisa menunjang kemajuan bisnis yang dijalankan. Sebagus apapun sitem marketing yang dimilki, jika anda tidak mampu menjalin hubungan baik dengan para koega dan customer anda maka semuanya akan percuma saja. Dan tentunya anda wajib mempertahankan hubungan baik tersebut baik secara online maupun offline.
  • Feedback Atau Imbal Balik
    Dengan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak, maka secara otomatis akan membuat relasi dan customer menjadi nyaman dengan kredibilitas anda sehingga tentunya hal ini akan berimbas baik baik nilai penjualan dan keuntungan dari bisnis yang anda jalankan tersebut.
  • Simbiosis Mutualisme
    Berkaitan dengan poin diatas, ketika customer dan relasi merasa sesuai dengan kinerja dan pelayanan yang anda berikan maka mereka akan menjadi pelanggan setia. Dengan begitu anda pun sebagai pebisnis akan merasa diuntungkan. Anda dapat meminta hal seperti review / testimonial yang sangat bermanfaat untuk membantu rating bisnis anda di media online (seperti review di Facebook, Google Business, Clutch, dsbnya)

Media Dalam Menjalankan Pemasaran Online

Dalam menjalankan pemasaran online bisa anda lakukan dengan berbagai media seperti media sosial, email, blog, forum, dan juga iklan online. Media sosial terbilang cukup efektif karena tingkat pengguna medsos di negara Indonesia cukup besar sehingga bisa meningkatkan peluang anda. selain itu blog dan juga email bisa menjadi alternatif berikunya yang bisa anda terapkan untuk menjalankan pemasaran online ini.

Bagi anda yang memang berniat untuk menggunakan iklan sebagai media promosi online, anda bisa mempercayakannya pada Arfadia. Arfadia memiliki tim yang profesional dan berpengalaman untuk memberikan strategi pemasaran online, eksekusi dan pemantauan secara berkala.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments