Pemasaran Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya
Digital Marketing

Pemasaran Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Jika dijelaskan secara singkat, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat para konsumen atau client tertarik

Pada sebuah bisnis atau usaha, pemasaran adalah bagian penting di dalamnya. Jika dijelaskan secara singkat, pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat para konsumen atau client tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Kegiatan pemasaran, yang juga dapat disebut mempromosikan produk biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam berbagai hal seperti pengiklanan, penjualan hingga pengiriman produk baik ke perusahaan maupun ke konsumen secara langsung.

Di era teknologi yang sudah berkembang menjadi sangat canggih, perusahaan dapat memanfaatkan hal ini dalam memasarkan produk atau layanan yang mereka miliki dan ingin tawarkan ke konsumen. Berbagai macam strategi pemasaran sudah bisa digunakan seperti melalui internet, sosial media, dan iklan elektronik. Dalam memasarkan produk tentunya ada target yang harus dikejar. Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang kita banyak melihat iklan yang menggunakan influencers atau bahkan artis papan atas untuk menggunakan kepopulerannya dalam menaikkan pembelian dari produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan adanya pemasaran, ini akan membantu para konsumen untuk lebih mudah mengetahui produk dari perusahaan dan memudahkan menemukan produk yang mereka cari.

Kebanyakan orang cenderung memiliki pemahaman mengenai pemasaran hanyalah tindakan promosi, padahal pengertian dari ini tidak sesempit itu saja. Berikut ini pengertian lebih jelasnya seputar pemasaran:

Apa itu Produk

Produk adalah segala sesuatu yang mampu dihasilkan dari proses produksi berupa barang ataupun jasa yang nantinya dapat diperjualbelikasi di pasaran guna memenuhi keperluan dan kebutuhan konsumen. Konsep yang biasa digunakan oleh para produsen adalah konsumen akan menyukai suatu produk yang mempunyai kualitas, performa yang baik, serta paling inovatif. Sehingga berbagai perusahaan lainnya pun harus mengeluarkan energi yang besar untuk menciptakan produk tersebut agar mampu memenuhi keperluan pasar dan mampu melakukan perbaikan secara terus menerus kepada konsumennya. Produk bisa dibedakan kedalam beberapa jenis, baik itu dalam bentuk wujud dan daya tahan produk tersebut, atau berdasarkan konsumen dan produk apa yang mampu dikonsumsi oleh konsumen. Jika dikategorikan berdasarkan wujudnya, produk dibedakan menjadi 2, yaitu:

Produk Barang

Yang dimaksud oleh produk barang adalah seluruh produk yang memiliki bentuk fisik, dapat dilihat, disentuh, diraba, dan dipindahkan seperti minuman dan makanan, aksesoris, baju, parfum, dan masih banyak lagi. Seluruh produk yang dapat digunakan oleh konsumen, produk juga dapat dibedakan mejadi beberapa sesuai dengan kebutuhan seperti:

Kebutuhan Sehari-hari

Produk yang dibutuhkan dan akan lebih mudah habis jika digunakan sehingga akan lebih sering dibeli oleh konsumen, seperti bahan makanan, minuman, sabun cuci, sabun mandi, pasta gigi, dan lainnya.

Kebutuhan Belanjaan

Produk yang dibelanjakan dengan cara membandingkan suatu produk dengan produk lainnya yang sama dari segi kualitas, harga, dan spesifikasi produk tersebut, seperti produk ponsel, televisi, laptop, sepatu, komputer, speaker, dan lainnya.

Kebutuhan Khusus

Produk yang mempunyai suatu karakter tertentu dan mempunyai kesan yang mewah dan juga istimewa, yang mana beberapa kelompok konsumen akan bersedia membayar produk tersebut walaupun dibanderol dengan harga yang tinggi, seperti perhiasan mewah, mobil, tas mahal dan lainnya.

Produk Jasa

Jasa adalah seluruh kegiatan yang mampu memberikan manfaat dan juga kepuasan pada para pelanggan seperti jasa penginapan, jasa konsultasi, travel, jasa pijat, dan masih banyak lagi. Di dalam proses menghasilkan jasa, maka bisa menggunakan ataupun memanfaatkan barang yang berwujud. Walaupun dalam menghasilkan jasa memerlukan barang berwujud, namun tidak akan terjadi pemindahan hak milik atas suatu barang tersebut.

Jenis-jenis jasa yang ditawarkan ada bermacam-macam seperti jasa perawatan pribadi, jasa komunikasi, jasa transportasi, jasa bisnis, jasa asuransi, jasa travel, dan masih banyak lagi. Terdapat banyak sekali contoh jasa yang ada disekitar kita. Seperti jasa yang ditawarkan oleh CANDI.

@candi.id.official

Kalau ngeliat nasi babi guling beras merah begini, ada yang tau ga ini dimana? YAP! Babi Guling Beras Merah Khas Singaraja Rendi🤤

♬ bunyi asal - pisyangteroxx - 【BUN】淫ぶヅ

Iklan

Menggunakan iklan adalah sarana yang paling sering digunakan dan sekarang semakin berkembang seiring dengan perkembangan jaman. Iklan dapat melalui televisi, radio, sosial media, spanduk, papan reklame dan lain-lainnya. Iklan siaran ini menjadi salah satu bentuk iklan yang berbayar dan efektif untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat.

Multi- Level Marketing

Strategi ini merupakan jenis pemasaran yang dilakukan secara langsung dan membutuhkan banyak orang diluar perusahaan untuk merekrut lebih banyak orang dan menjual produk-produknya

Internet

Di zaman yang sudah berkembang ini, internet sekarang sudah dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam hal apapun. Hampir semua orang pasti menggunakan internet untuk mencari informasi, oleh karena itu perusahaan dapat memanfaatkan internet sebagai media untuk pemasaran produk. Sama seperti yang dilakukan oleh Allianz Life Indonesia (PT Asuransi Allianz Life Indonesia) dalam memasarkan produk yang mereka tawarkan yaitu asuransi melalui internet. Allianz Life Indonesia sukses bekerja sama dengan PT. Arfadia Digital Indonesia dalam melakukan proses pemasaran melalui internet yaitu salah satunya adalah website dari Allianz Life Indonesia.

Mulut ke Mulut

Strategi mulut ke mulut atau yang biasa disebut Word of Mouth Marketing (WoMM) adalah informasi yang diberikan dari konsumen ke konsumen lainnya secara langsung dan tidak langsung. Rekomendasi dari orang lah yang memiliki efek besar untuk sebuah bisnis. Karena biasanya jika konsumen sudah merasa puas pada sebuah produk, mereka akan merekomendasikan kepada teman dan keluarganya dan mereka pun akan lebih mudah percaya jika sudah dirasakan langsung hasilnya dari orang yang mereka kenal.

Sebuah bisnis yang turun temurun biasanya menggunakan strategi ini. Bisnis yang sudah berkembang lama dan sudah tua tapi tetap ramai biasanya tidak memiliki sosial media tetapi berjalan dengan strategi ini.

Public Relations Marketing

Public Relations merupakan salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang penting. Banyak perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran produk) produk mereka dan benefit yang bisa didapat oleh konsumen saat produk ini mereka miliki. Dengan membangun kesadaran produk dari konsumen, maka akan muncullah kegelisahan dari konsumen sehingga mereka ingin membeli produk tersebut untuk menjadi solusi dari permasalahan mereka.

Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing sekarang sangat banyak dicari oleh perusahaan. Karena teknologi yang sudah semakin canggih, pemasaran yang dilakukan pun bisa melalui online sehingga informasi ini dapat tersebar di seluruh dunia dan dapat diakses dimana saja. Pemasaran digital memaksimalkan segala potensi yang ada di internet agar bisa mencapai target perusahaan. Selain itu digital marketing juga cara yang efektif untuk membangun brand dengan biaya yang rendah. Target pasarnya juga bisa ditentukan karena banyak penyedia jasa iklan yang memiliki fitur ini.

Oleh karena itu banyak sekarang agen yang bermunculan dalam membantu dalam pemasaran digital. Perusahaan pun sekarang sudah memiliki dana tersendiri untuk iklan digital seperti di iklan Youtube, iklan Instagram, iklan Google, iklan Facebook, dan lainnya. YouTube dipakai untuk platform promosi, branding, atau mencari uang dari iklan sama halnya dengan website. Traffic yang tinggi pada video dan kemunculan iklan akan dikonversi menjadi penghasilan dan bisa diambil secara berkala. Kalau video memiliki view tinggi, penghasilan juga mengikuti. Itulah kenapa Anda harus melakukan optimasi SEO YouTube.

SEO YouTube adalah langkah optimasi dari video yang Anda buat dan unggah di YouTube. Tujuan utama optimasi ini adalah membuat video lebih banyak diakses oleh masyarakat. Dengan kata kunci tertentu, video bisa muncul di posisi atas. YouTube adalah mesin pencari sama halnya dengan Google. Apa saja yang ada di basis datanya bisa ditemukan dengan kata kunci tertentu. Karena konsep ini sama halnya dengan SEO website, video juga butuh optimisasi seperti pemberian kata kunci, tag, atau lainnya.

Biasanya dalam mengoptimasi Youtube, cara-cara yang harus diperhatikan adalah:

  • Judul dan deskripsi video tidak harus selalu menarik. Kebanyakan orang sekarang menggunakan judul yang "clickbait" agar orang menjadi penasaran dan menonton videonya. Tipsnya adalah selain menuliskan kata kunci di bagian judul,  juga harus menggunakan kata kunci yang ingin kamu optimasi di 2 kalimat pertama video.
contoh tanda panah merah yang digunakan untuk membuat para penonton penasaran. video ini ditonton sebanyak 2.2 juta kali
  • Tampilan depan yang membuat orang penasaran seperti dikasih lingkaran, tanda panah, atau editan bombastis? Nah itu dia contohnya.
  • Beberapa akun Youtube yang akan menyelipkan link video rekomendasi yang dianjurkan dilihat selanjutnya, link untuk ajakan kepada para penonton. Karena Youtube lebih suka user untuk nonton lebih lama karena bisa menampilkan iklan, maka pemilik akun bisa manfaatkan cards di titik-titik tersebut agar penonton tetap nonton video tersebut. Dan tentunya semakin lama, semakin banyak view akan mempengaruhi ranking video juga.


Definisi Pemasaran

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata “pemasaran” berasal dari kata pe-pasar-an. Kata “pasar” yang menjadi kata dasar ini berarti proses, cara, perbuatan, memasarkan suatu barang dagangan. Definisi pemasaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan yang mereka punya. Pemasaran ini mencakup pengiklanan, penjualan, dan pengiriman produk ke konsumen atau perusahaan lain.

Dalam melakukan promosi, mereka akan menargetkan orang-orang yang sesuai dengan produk yang dipasarkan. Biasanya mereka juga melibatkan selebriti, selebgram atau siapapun yang memiliki kepopuleran untuk mendongkrak produk tersebut. Tak hanya itu, dalam pemasaran, bagian yang memiliki tugas ini akan membuat kemasan atau desain yang menarik pada iklan sehingga akan banyak orang yang tertarik.

Selain itu, dengan adanya pemasaran juga sangat membantu para konsumen. Jadi mereka akan lebih mudah menemukan produk yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan. Ketika pemasaran sesuai dengan targetnya, perusahaan akan mendapatkan banyak pembeli dan keuntungan bisa didapatkan.

Tujuan Pemasaran

Pemasaran dapat diumpamakan sebagai ujung tombak dalam kegiatan pemasaran sebuah bisnis karena tanpa adanya pemasaran yang benar, perusahaan akan sulit untuk memperkenalkan produknya kepada masyarakat. Pemasaran bertujuan untuk:

Memperkenalkan Produk

Melalui pemasaran, produk akan lebih dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya kegunaan dari produk tersebut, masyarakat juga bisa mengenal fungsinya dan kandungan atau material yang ada di dalam sebuah produk. Jika perusashaan menawarkan jasa, masyarakat bisa lebih mengenal tentang ketentuan dari jasa yang ditawarkan, keunggulan, harga, dan promosi yang mereka tawarkan. Makanya, tidak heran jika banyak perusahaan yang rela mengeluarkan uang habis-habisan secara totalitas agar dapat menarik perhatian konsumen dan bahkan perusahaan pesaing.

Setiap perusahaan tentunya ingin mendapatkan keuntungan setinggi mungkin. Target penjualan suatu produk pun tidak hanya sebatas ke konsumen langsung. Perusahaan juga membutuhkan banyak distributor sebagai perantaran untuk penjualan ke konsumen. Berikut adalah contoh pemasaran iklan yang bertujuan untuk memperkenalkan produk:

Sarana Riset

Tidak hanya berfokus dalam hal penjualan, kegiatan ini bisa juga dapat menjadi bahan evaluasi bagi suatu perusahaan karena pemasaran juga dapat dimanfaatkan sebagai riset untuk perusahaan dalam mengevalausi produk dari mereka. Melalui riset, kegiatan ini memungkinkan bagian pemasaran untuk mendapatkan informasi dari para konsumen sehingga dapat dijadikan untuk hal evaluasi perusahaan agar bisa meningkatkan kualitas layanan atau produk dan menganalisis pasar sehingga dapat memperluas target pasarnya.

Kompetisi

Pemasaran tidak hanya bertujuan untuk menarik konsumen dan menaikkan keuntungan. Pemasaran juga tentunya dapat dijadikan kompetisi oleh perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menaikkan nama mereka dengan melakukan strategi “perang iklan” Biasanya jika satu perusahaan memiliki kompetitor dengan produk yang dijual memiliki kesamaan, mereka akan bersaing dalam menentukan strategi pemasaran yang menonjolkan keunggulannya masing-masing.

Sepeeti contohnya yang pernah dilakukan oleh brand otomotif BMW VS Audi di salah satu papan reklame di California, Los Angeles. Audi memulai perang iklannya dengan BMW dan saling membalas perang ini. Tujuannya adalah mendapatkan banyak perhatian kepada iklan mereka agar lebih mengikuti trend dari brand dan produk mereka dan tertarik untuk mencobanya.

Mencapai Target Penjualan

Tetntunya dibutuhkan target disetiap hal-hal yang dilakukan agar proses kegiatan jelas, terarah, dan tercapai sesuai yang dinginkan. Jika perusahaan sudah mengeluarkan dana yang besar untuk memulai modal, perusahaan tersebut akan memiliki ekspektasi yang tinggi untuk mencapai target penjualan yang tinggi juga.

Membangun Kerjasama

Pemasaran juga dapat dijadikan sebagai sarana secara tidak langsung untuk membangun kerjasama mendapatkan mitra baru. Dalam membangun bisnis agar tetap kuat dan bertahan diantara persaingan bisnis yang ketat, perusahaan butuh membangun kekuatan bisnis yaitu dengan cara bekerjasama dengan peruahaan lainnya. Kerjasama inilah yang akan memunculkan produk, ide, atau terobosan baru yang berguna untuk saling menutupi kekurangan. Kerjasama yang dimiliki pun dapat berbeda-beda jenisnya seperti kerjasama bisnis, kerjasama manajemen, kerjasama pembiayaan, kolaborasi, dan masih banyak lagi.

Seperti yang dilakukan oleh Birds & Bees Baby Shop (PT Nana Trend Lestari) yang bekerja sama dengan PT. Arfadia Digital Indonesia yang sukses dalam pengembangan website di bidang digital marketing dan pengelolaan sosial media. Jadi ketika seseorang akan mencari "toko baby murah"  website Birds & Bees Baby Shop muncul teratas. Sehingga memudahkan konsumen untuk menemukan apa yang mereka cari dengan cepat.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah serangkaian rancangan yang bertujuan untuk memasarkan suatu produk kepada masyarakat, sehingga dapat mencapai target pasar salah satunya produk yang ditawarkan dapat terjual dan bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Dengan adanya strategi pemasaran, perusahaan bisa mengetahui kebutuhan konsumen. Koordinasi tim juga akan lebih efektif dan terarah. Dalam sebuah bisnis, tujuan adalah hal penting yang harus ada sehingga bisnis dapat lebih terarah dan bisa berkembang ke depannya. Untuk menentukan strategi pemasaran kedepannya, Perusahaan juga dituntut untuk melakukan pengawasan apakah strategi yang telah digunakan tersebut sudah efektif atau tidak terhadap pemasaran.

Secara tidak langsung, hal ini berarti strategi pemasaran juga dapat berfungsi untuk mengawasi kegiatan pemasaran. Dalam strategi pemasaran, ada lima elemen yang harus kamu perhatikan.

Produk: Hal utama dari strategi pemasaran yang harus ditentukan adalah produknya. Dalam menentukan produk, hal yang bisa dipertimbangkan adalah fungsinya, tampilan, kualitas, kombinasi bahan, bentuk, berat, dan masih banyak lagi. Dalam pemilihan suatu produk, pelanggan akan mempertimbangkan kelebihan dan manfaat dari produk.

Harga: Dalam memutuskan harga yang akan dipasang, perusahaan biassanya mempertimbangan beberapa hal seperti harga di pasaran, metode bayar, kredit, diskon, dan promo lainnya sehingga perusahaan tidak akan rugi tetapi dapat menarik perhatian para konsumen.

Tempat: Tempat adalah hal yang penting juga dalam pemasaran. Lokasi dari sebuah bisnis juga berpengaruh dalam kegiatan ini. Ada banyak pertimbangan yang ada seperti apakah tempatnya terjangkau, apakah dekat dengan tempat wisata, apakah menguras biaya yang sangat banyak. Sangat penting untuk mempertimbangkan keterjangkauan atau kemudahan akses produk tersebut terhadap pelanggan, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk.

Promosi: Strategi pemasaran erat kaitannya dengan promosi. Promosi ini merupakan segala aktivitas yang dilakukan agar bisnis dapat dikenal oleh banyak orang. Promosi ini dapat berupa iklan, menambah relasi, dan sponsor. Tidak jarang kita melihat sebuah bisnis yang membuat promosi berkali-kali. Bahkan sampai rela untuk berkolaborasi dengan influencers besar.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu brand kecantikan yaitu Scarlett Whitening. Kemarin sempat ramai karena brand ini menjadikan artis Korea tampan  bernama Song Joong-ki sebagai brand ambassadornya dan kini Scarlett dikabarkan akan membuat kehebohan lagi karena akan menjadikan TWICE sebagai brand ambassador produk mereka. Kira-kira apa yang membuat Scarlettrela membayar mahal sampai milliaran untuk ini padahal produk ini sudah memiliki target marketnya tersendiri dan sudah laris dipasaran?

Orang: Hal ini juga berpengaruh dengan kesuksesan dari suatu pemasaran. Perusahaan akan maju juga ditentukan oleh sumber daya manusia yang kompeten yang ada di dalam perusahaan tersebut. Budaya kerja yang ada dibuat oleh karyawan yang akan membangun perusahaan seperti dari kemampuannya, pelayanannya, dan lain-lainnya.

Aspek Pemasaran

Aspek pemasaran adalah segala sesuatu yang menyangkut ada atau tidaknya peluang pasar untuk produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Sehingga aspek pemasaran ini bisa menjadi kunci keberhasilan bagi perusahaan dalam memetakan pasar. Beberapa yang meliputi aspek pemasaran antara lain:

Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan kegiatan pembagian dan pengidentifikasian segmen pasar berdasarkan karakteristik konsumen. Pembagian tersebut seperti pembagian demografi, tingkat penghasilan, psikografis, kekhasan daerah dan juga kelas sosial, serta keadaan-keadaan khusus konsumen. Pembagian atau segmentasi pasar ini akan memberikan gambaran khusus terhadap perusahaan tentang produk yang harus dihasilkan yang sesuai dengan keadaan pasar. Selain itu, kegiatan ini juga bisa mengoptimalkan sumber daya perusahaan, sehingga produk yang dihasilkan akan berdaya guna dan yang terpenting adalah tepat sasaran. Sehingga hal tersebut akan berakibat bisnis dan perusahaan bisa meraih laba maksimum dan strategi pemasaran bisa berjalan dengan lancar.

Analisa Kondisi Pasar

Analisa kondisi pasar cukup penting karena bisa membuat pemasaran kian tepat sasaran. Dalam hal ini, kondisi pasar digunakan untuk mengetahui kecenderungan konsumen terhadap produk atau jasa tertentu. Sehingga dengan melakukan analisa kondisi pasar, bisnis atau perusahaan bisa memahami kemampuan daya beli konsumen dalam memenuhi kebutuhannya hingga mendapatkan kepuasan. Analisa kondisi pasar yang diimbangi dengan segmentasi pasar akan berjalan efektif jika dilakukan dalam wilayah yang cukup luas, terukur, terjangkau dan mencakup semua program yang telah direncanakan perusahaan. Dengan begitu, kebutuhan konsumen bisa diketahui secara spesifik dan perusahaan bisa memenuhinya secara tepat dan optimal, dan bisa meningkatkan penjualan, permintaan, dan laba bisnis atau perusahaan.

Analisa Pesaing

Dengan analisa pesaing, sebuah bisnis atau perusahaan bisa mengetahui posisi produk dalam suatu pasar. Pesaing adalah tandingan dalam memproduksi produk yang hampir sama atau memiliki daya guna yang serupa dengan yang diproduksi. Lewat analisa pesaing, bisa diketahui kekuatan dan kelemahan produk yang dihasilkan serta strategi pemasaran yang tepat terhadap produk atau jasa yang disediakan.

Strategi Promosi

Promosi adalah upaya penjual dalam menawarkan produk atau jasa yang disediakan kepada calon konsumen agar melakukan pembelian. Promosi dilakukan dengan memberikan informasi secara lengkap mengenai produk atau jasa yang disediakan, dengan menggunakan kata-kata atau aksi yang persuasif dan menarik perhatian konsumen. Sehingga, dengan hal ini bisa membangun kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang diberikan, dan bisa meningkatkan penjualan, permintaan, laba, dan nilai dari produk yang dihasilkan.

Promosi Penjualan

Promosi dalam penjualan memang dibutuhkan oleh perusahaan untuk menarik perhatian konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Jika promosi dilakukan dengan baik, penjualan dari perusahaan akan meningkat dalam jangka pendek dan juga mendapatkan pelanggan baru serta membantu untuk memberikan ulasan positif dari produk yang dijual supaya terjadi pembelian berulang. Banyak penjual yang menawarkan promosi menggiurkan untuk menarik konsumen seperti diskon, beli 1 gratis 1, voucher belanja, dan masih banyak lagi penawarannya.

Menurut definisi, promosi penjualan adalah aktivitas yang diterapkan untuk jangka waktu terbatas yang telah ditentukan sebelumnya, dengan tujuan untuk meningkatkan permintaan konsumen dan meningkatkan penjualan. Promosi penjualan memberi calon pelanggan alasan tambahan untuk mempertimbangkan berbisnis dengan dan perusahaan. Promosi penjualan diklasifikasikan sebagai strategi promosi dorong atau push promotional strategy dan strategi promosi tarik atau pull promotional strategy. Push strategi fokus pada distributor atau pengecer produk sementara pull strategi fokus pada pengguna akhir atau konsumen.

Salah satu strategi pemasaran yang ampuh juga adalah batasi ketersediaan. Perusahaan dapat memanfaatkan strategi dengan kata “terbatas” Promosi penjualan ini dapat menarik perhatian konsumen dan bertanya-tanya kenapa produk ini menjadi terbatas. Baru-baru ini, para psikolog telah mengidentifikasi pendorong penting kedua dari perilaku manusia: “takut ketinggalan,” yang dikenal sebagai FOMO. Ini adalah kecemasan tentang melewatkan acara menarik atau pengalaman berharga yang diketahui orang lain.

Seperti yang telah dilakukan oleh Rucas.co, salah satu brand jeans yang amat sangat diminati dikaum muda. Rucas sampai masuk ke dalam rekor muri karena menjual celana jeans terbanyak sejumlah 2.400an dalam waktu 15 menit secara online. Rucas memasang harga tidak mahal, dengan kualitas yang bagus, dan barang yang terbatas. Saking terbatas  dan jarang memunculkan produk, sampai ada forum jual beli Rucas di Facebook.

Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran merupakan salah satu jenis manajemen yang dibutuhkan untuk semua bisnis. Marketing management ini menyangkut produk atau jasa agar lebih dikenal konsumen. Manajemen pemasaran harus diperhatikan oleh sebuah organisasi atau perusahaan karena berkontribusi banyak hal untuk kelancaran proses pemasaran produk. Kegiatan ini juga bertugas mengukur dan menganalisis strategis proses pemasaran suatu perusahaan maupun organisasi.

Adapun fungsi pemasaran antara lain adalah analisis pasar, segmentasi pasar, menetapkan pasar sasaran, penempatan pasar, dan perencanaan pemasaran. Tujuan dari manajemen pemasaran sendiri juga untuk menciptakan permintaan, meningkatkan keuntungan, menciptakan pelanggan baru, menciptakan pelanggan baru, memuaskan pelanggan, mencitrakan produk yang baik di mata publik.

FAQ

1.Mengapa strategi pemasaran itu sangat penting bagi sebuah perusahaan?

Karena strategi pemasaran mampu meningkatkan nilai ekonomi perusahaan. Harga barang dan jasa menjadi bertambah nilainya akibat pemasaran yang tepat sasaran. Sehingga perusahaan juga mempunya target dan tidak melenceng jauh dari tujuan utama.

2. Bagaimana cara menarik bahkan sekaligus mempertahankan pelanggan?

Penting bagi sebuah perusahaan untuk meriset pasar agar mengetahui trend yang sedang ada di pasaran. Selain itu, melalui riset pasar perusahaan juga dapat mengetahui kekurangan dari produknya serta mengetahui kekurangan dari perusahaan kompetitor agar terus dapat berinovasi sehingga dapat menarik pelanggan dan mempertahankan kepuasan dan kepercayaan pelanggan lama.

3. Mengapa SEO penting dalam sebuah website bisnis?

SEO berguna untuk memaksimalkan kinerja dan kualitas situs atau website bisnis sehingga bisa mendapatkan traffic secara organik tanpa harus memasang iklan berbayar atau menggunakan iklan di Google. Maka produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut ditemukan dengan mudah di mesin pencari besar seperti Google.

4. Dimana saja perusahaan dapat melakukan pemasaran?

Melalui Poster, Radio, Televisi, Banner, Iklan Media, Brosur, Internet, Koran atau Majalah.

5. Apakah pemasaran harus selalu bayar?

Tidak.Perusahaan juga dapat mempromosikan secara gratis seperti melalui promosi dari mulut ke mulut, mengunggah ke media sosial, penjualan pribadi, masuk komunitas, mengajak orang lain bekerjasama dan masih banyak lagi caranya.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments