Ini 8 Rekomendasi Film Saham, Crypto Movie, dan Blockchain yang Wajib Kamu Tonton!
Cryptocurrency

Ini 8 Rekomendasi Film Saham, Crypto Movie, dan Blockchain yang Wajib Kamu Tonton!

Kalau anda sedang tertarik dalam hal investasi dan keuangan, berikut rekomendasi daftar film saham, crypto movie, dan blockchain yang wajib kamu tonton!

Kalau anda sedang tertarik dalam hal investasi dan keuangan, berikut rekomendasi daftar film saham, crypto movie, dan blockchain yang bisa kamu tonton! Menonton film juga dapat dijadikan sebagai sarana belajar yang paling menyenangkan karena kamu dapat menikmati alur ceritanya sekaligus dapat menyerap informasi yang ada di dalam film tersebut. Kalau Anda sedang tertarik dalam hal investasi dan keuangan, berikut rekomendasi daftar film seru seputaran dunia kripto, saham dan blockchain yang bisa kamu tonton :


1. Cryptopia (2020)

Cryptopia (2020)

Rilis pada tahun 2020, Cryptopia lebih seperti film edukatif yang menampilkan perjalanan Hoffmann untuk mengumpulkan informasi dari setiap narasumbernya dan kemudian menjelaskan kembali ke penonton dari sudut pandang Torsten Hoffmann. Film dokumentari berdurasi 86 menit yang disutradarai oleh Hoffmann ini memiliki alur cerita yang awalnya membahas tentang Bitcoin, lalu masuk ke pembahasan blockchains dan ditutup dengan wacana tentang internet di masa depan. Film ini menampilkan perjalanan Hoffmann ke empat benua yang dimulai dari Melbourne, Hong Kong, Tokyo, Berlin dan Los Angeles. Roger Ver, salah satu CEO Bitcoin juga masuk menjadi narasumber dalam film ini. Hoffman mengungkapkan evolusi blockchain dan jaringan DeFi. Ia juga menunjukkan kepercayaan dan kekhawatiran publik tentang keamanan sistem dan teknologi baru dalam era ini.

Rating: ★★★☆☆

IMDb RATING 7.2/10


2. The Rise and Rise of Bitcoin (2014)

The Rise and Rise of Bitcoin (2014)

Menceritakan tentang kisah seorang programmer yang memiliki 3 anak, Daniel Mross. Di atas pekerjaannya, anak-anak, dan pernikahannya, Daniel adalah penggemar berat cryptocurrency Bitcoin. Dia menemukan Bitcoin pada tahun 2011, dan dari sana dia terpesona oleh apa pun yang ada hubungannya dengan itu. Daniel dan saudara laki-lakinya, Nicholas Mross, memutuskan untuk memulai membuat film dokumenter ini karena mereka percaya bahwa ini benar-benar bisa menjadi masa depan mata uang, dan membuat film dokumenter adalah salah satu cara untuk mempercepat prosesnya. Sepanjang perjalanan Daniel di seluruh dunia, dia bertemu dengan orang-orang yang memimpin potensi revolusi keuangan ini. Masa depan menunjukkan bahwa tidak semua orang yang terlibat dalam Bitcoin lebih awal berhasil keluar tanpa cedera.

Rating: ★ ★ ★ ★ ☆

IMDb RATING 7.2/10


3. Bitcoin Heist (2016)

Bitcoin Heist (2016)

Bitcoin Heist adalah film non dokumenter dengan genreaction dan komedi yang berasal dari Vietnam. Rilis pada Februari 2016, film berdurasi 1 jam 50 menit ini bercerita tentang aksi para penipu yang direkrut oleh interpol untuk menangkap peretas terkenal yang biasa disebut “The Ghost.” Tapi ada “The Ghost” yang menyamar menjadi Phuck dari kelompok ini. Lalu Phuck jatuh cinta ke salah satu anggota yng membuat dia berhasil di tangkap oleh polisi yang sudah bekerja sama. Dalam upaya tersebut dilakukan dengan merencanakan pencurian cryptocurrency dalam skala besar. Film ini berbeda dengan film sebelumnya yang sudah dijelaskan diatas. Bitcoin Heist tidak menceritakan wawasan tentang sejarah dan bagaiaman cara kerja Bitcoin. Film ini dapat ditonton melalui Netflix.

Rating: ★ ★ ★☆ ☆

IMDb RATING 5.8/10


4. Bitcoin: The End of Money as We Know It (2015)

Bitcoin: The End of Money as We Know It (2015)

Karena teknologi blockchain masih menjadi misteri bagi sebagian orang, tujuan dari film ini adalah untuk menginformasikan kepada publik tentang teknologi blockchain. Film ini menggambarkan tentang bagaimana Bitcoin lain dari mata uang yang sudah ada. Dari judulnya Bitcoin: The End of Money as We Know It, sudah terlihat bahwa film ini ingin menunjukkan bahwa keberadaan Bitcoin dapat menjadi ancaman bagi sistem mata uang konvensional yang biasanya kita gunakan dari dulu. Film ini berfokus untuk menunjukkan keunggulan dari Bitcoin yang menjadi revolusi baru dan menantang sistem perbankan konvensional. Tidak hanya melihat sisi Bitcoin secara khusus, namun juga mengutip pendapat para ahli ekonomi dunia. Sistem yang dibuat oleh orang-orang yang berkuasa untuk menaklukkan mayoritas rakyat dunia melalui senjata ekonomi. Sistem korupsi dalam perbankan tidak hanya terjadi beberapa tahun belakangan, namun seperti yang ditampilkan oleh film ini, sejak ribuan tahun lalu praktik kecurangan para bankir telah merajalela di dunia.

Rating: ★ ★ ★ ★ ☆

IMDb RATING 7.0/10


5. Margin Call (2011)

Margin Call (2011)

Margin call merupakan istilah yang sering ditemukan dalam dunia saham yang menunjukkan peringatan dari perusahaan pialang atau otoritas bursa.  Peringatan ini dikeluarkan jika investor meletakkan jumlah jaminan di bawah titik minimum jumlah jaminan yang telah ditetapkan sebelumnya. Film ini disutradarai oleh JC Chandor, bercerita mengenai bagaimana kondisi 36 jam pertama menuju krisis ekonomi di Amerika Serikat pada tahun 2008 lalu dan juga menceritakan bagaimana sebuah perusahaan saham berjuang menghadapi kondisi menjelang masa krisis. Dalam waktu 36 jam, semua data-data perusahaan dicek dan diteliti dengan cepat karena takut didahului oleh pihak lain. Para manajer dan peneliti-peneliti keuangan senior dilibatkan demi menghindarkan perusahaan dari keterpurukan. Di tengah pemeriksaan ini, banyak fakta-fakta mengejutkan yang ditemukan.

Rating: ★ ★ ★☆ ☆

IMDb RATING 7.1/10


6. Magic Money: The Bitcoin Revolution (2017)

Magic Money: The Bitcoin Revolution (2017)

Semenjak munculnya Bitcoin, ada banyak pertanyaan yang muncul di kalangan masyarakat seperti teka-teki masa depan Bitcoin bagi seluruh masyarakat di dunia. Maka muncullah film ini yang diproduksi untuk menjawab berbagai pertanyaan publik tentang mata uang Bitcoin. Film Magic Money: The Bitcoin Revolution menunjukkan bagaimana Bitcoin tidak dikendalikan oleh Lembaga manapun, tetapi dikendalikan penuh oleh para penggunanya. Ini pertama kali bercerita tentang mata uang yang juga sistem pembayaran yang memungkinkan untuk mengirimkan uang kepada siapapun dan kemanapun dengan biaya yang murah dan akses yang mudah. Film dokumenter ini memecahkan kompleksitas dari Bitcoin sehingga lebih mudah dimengerti bagi pengguna awam.

Rating: ★ ★ ★☆ ☆

IMDb RATING 6.8/10


7. Trust Machine: The Story of Blockchain (2018)

Trust Machine: The Story of Blockchain(2018)

Blockchain adalah sistem teknologi penyimpanan data digital yang terhubung melalui kriptografi. Penggunaan teknologi blockchain tak lepas dari cryptocurrency seperti Bitcoin dan wallet uang kripto. Film dokumenter ini menceritakan tentang evolusi cryptocurrency, blockchain, DeFi dan peran teknologi dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang muncul di seluruh dunia seperti kelaparan dan masalah lainnya

Rating: ★ ★ ★★ ☆

IMDb RATING 6.8/10


8. Life on Bitcoin (2014)

Life on Bitcoin (2014)
Life on Bitcoin (2014)

Sejak kemunculan Bitcoin, ada banyak pendapat dan kritik yang mengatakan bahwa para pengguna Bitcoin tidak bisa menggantungkan kehidupannya dari Bitcoin. Selain itu, penggunaan Bitcoin untuk pembayaran baik penjualan dan pembelian barang sehari-hari karena Bitcoin masih belum selevel dengan mata uang konvensional atau kartu kredit. Film Life on Bitcoin ini dibuat untuk membuktikan kritik ini salah. Film yang bercerita tentang sepasang suami istri yang memulai eksperimen sosial, dimana mereka harus bertahan hidup dengan mata uang digital dalam 100 hari. Life on Bitcoin mengumpulkan jumlah buzz di komunitas Bitcoin, dan setelah itu mendapat dana sebesar $70.000 atau sekitar 1 Miliar Rupiah di Kickstarter dan kemudian melanjutkan ke tur dunia pada musim gugur untuk memperomosikan filmnya.

Rating: ★ ★ ★★ ☆

IMDb RATING 7.6/10

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments