Jenis-Jenis Iklan
Business

Jenis-Jenis Iklan

Jenis-Jenis Iklan yang bisa dibuat dan Anda pilih untuk menarik perhatian konsumen. Namun sebelum Anda membuat iklan tersebut perlu juga untuk Anda ketahui mengenai ciri- ciri iklan tersebut. Sehingga pesan yang nantinya Anda buat akan tersampaikannya

Bagi Anda yang baru saja membuka perusahaan Anda dan juga ingin mempromosikan perusahaan Anda tentunya akan menjadi hal yang sangat penting Anda lakukan adalah memilih biro iklan atau perusahaan yang bergerak dibidang periklanan. Iklan atau dalam bahasa Indonesia formalnya pariwara adalah segala bentuk pesan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha, dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat. Manajemen pemasaran melihat iklan sebagai bagian dari strategi promosi secara keseluruhan. Komponen lainnya dari promosi termasuk publisitas, hubungan masyarakat, penjualan, dan promosi penjualan.

Ciri- Ciri dan Syarat Iklan

Seperti diketahui jika iklan ini adalah salah satu cara yang paling sering sekali dilakukan oleh banyak orang untuk menyampaikan pesan yang ia maksud atau juga untuk mempromosikan suatu produknya kepada khalayak ramai dengan cara- cara yang menarik. Sehingga nantinya juga akan dikenal Jenis-Jenis Iklan yang bisa dibuat dan Anda pilih untuk menarik perhatian konsumen. Namun sebelum Anda membuat iklan tersebut perlu juga untuk Anda ketahui mengenai ciri- ciri iklan tersebut. Sehingga pesan yang nantinya Anda buat akan tersampaikannya. Suatu iklan biasanya haruslah komunikatif, dan juga informatif. Selain itu iklan yang nantinya akan Anda buat juga haruslah memnggunakan bahasa- bahasa yang bisa dimengerti dengan mudah oleh masyarakat atau calon konsumen. Untuk semakin menarik, maka iklan yang Anda buat atau Anda pesan nantinya juga harus menarik dengan menggunakan berbagai metode, baik itu menggunakan gambar atau foto, menggunakan video dan juga banyak metode lainnya. Selain itu syarat iklan juga penting seperti terkait dengan isinya, dimana isinya haruslah objektif, singkat, jelas dan padat serta juga mudah diingat oleh orang dan juga menggunakan bahasa yang positif.

Jenis-Jenis Iklan

Setelah Anda mengetahui pengertian, ciri- ciri serta syarat dalam pembuatan suatu iklan, maka kini saatnya Anda juga harus tahu Jenis-Jenis Iklan yang nantinya bisa Anda pilih. Sebenarnya ada beberapa jenis iklan ini, sehingga pastikan jika Anda memilih jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

a. Berdasarkan Isinya

  • Iklan Pengumuman. Adapun Jenis Iklan pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis iklan pengumuman, dimana ini merupakan iklan yang tujuannya adalah untuk mengajak banyak orang atau menarik perhatian orang akan suatu pemberitahuan dan juga pengumuman. Misalnya berupa iklan tentang acara reuni akbar dari sekolah, reuni akbar perguruan tinggi dan masih banyak lagi contoh lainnya.
  • Iklan Penawaran. Adapun Jenis Iklan yang berdasarkan isinya lainnya adalah iklan penawaran atau iklan niaga yang biasanya bertujuan untuk mempromosikan suatu barang atau juga menawarkan jasa kepada orang banyak. Seperti iklan sepatu, iklan tempat salon and spa.
  • Iklan layanan masyarakat. Ini juga merupakan salah satu iklan yang sering sekali Anda lihat dimana bertujuan untuk menjelaskan kepada masyarakat akan suatu hal, dan kerap masyarakat diminta untuk melakukan langkah- langkah yang diberikan. Seperti iklan cara batuk dan bersin yang benar, dan menjaga kebersihan lingkungan.

b. Berdasarkan Jenis Media Yang Digunakan

  • Iklan Cetak. Anda bisa memilih berbagai Jenis Iklan ini berdasarkan media yang digunakannya seperti misalnya jenis iklan cetak yang biasanya dibuat menggunakan media cetak dengan teknik cetak, baik itu sablon, letterpress. Nah biasanya iklan cetak ini bisa Anda lihat pada surat kabar, majalah, baliho atau juga di beberapa poster.
  • Iklan Elektronik. Adapun Jenis Iklan lainnya yang bisa Anda pesan adalah jenis iklan elektronik. Iklan elektronik ini juga biasanya dibuat menggunakan perangkat elektronik. Nah ada beberapa jenis iklan elektronik ini, bisa berupa iklan di radio, iklan di televisi, iklan melalui film atau juga bisa dengan iklan di dunia maya atau di internet. Jenis iklan yang satu ini sangat banyak dipilih oleh para pelaku usaha, karena jenis iklan yang satu ini dinilai sangat tepat untuk menarik perhatian masyarakat atau juga calon konsumen. Iklan elektronik ini juga memiliki Jenis-Jenis Iklan yang tentu saja juga memiliki metode pembuatan yang berbeda- beda antara satu iklan dengan iklan lainnya. Misalnya saja dalam pembuatan iklan di televisi dimana juga dibagi lagi kedalam beberapa bagian, bisa berupa iklan live action, atau juga bisa berupa animation iklan dan juga stop iklan. Hanya saja bagi Anda sangat penting mengetahui fungsi dan juga tujuannya sehingga dengan demikian maka Anda bisa mendapatkan iklan yang cocok dengan produk yang akan Anda publikasinya atau juga informasi yang akan Anda sampaikan kepada masyarakat.

c. Iklan Berdasarkan Tujuannya

  • Iklan Bisnis atau Iklan Komersil. Ternyata Jenis-Jenis Iklan tidak hanya sampai disitu saja, banyak lagi jenis iklan yang bisa Anda ketahui seperti berikut ini iklan yang berdasarkan tujuannya. Iklan berdasarkan tujuannya yang pertama yang bisa Anda ketahui adalah iklan bisnis atau juga dikenal dengan iklan komersial. Tentu saja iklan ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan serta juga untuk meningkatkan produksi penjualan si pengusaha. Iklan ini juga terdiri dari beberapa iklan mulai dari iklan untuk konsumen yang ditujukan khusus untuk Anda para konsumen, serta juga iklan bisnis yang ditujukan untuk suatu lembaga dan juga terdapat iklan profesional yang juga ditujukan kepada profesional.
  • Iklan Non Komersil. Jenis Iklan lainnya yang berdasarkan tujuan pembuatan iklan tersebut dikenal dengan iklan non komersial. Artinya iklan yang satu ini dibuat bukan untuk mendapatkan keuntungan, hanya saja iklan ini dibuat dengan tujuan untuk menyampaikan informasi yang penting kepada masyarakat sehingga dengan iklan yang dibuat tersebut diharapkan nantinya masyarakat paham dan tahu akan informasi tersebut. Jenis-Jenis Iklan Non Komersil ini juga memiliki sifat untuk membujuk, mengajak serta juga mendidik kalayak ramai dalam hal ini masyarakat untuk melakukan sesuatu hal yang baik serta juga yang positif. Dalam hal ini bisa dikatakan jika iklan ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan sosial karena dengan iklan ini juga diharapkan masyarakat sadar dan juga bisa bertambah wawasannya akan suatu hal. Tidak jarang juga iklan non komersil ini juga dibuat untuk mendapatkan citra baik di tengah- tengah masyarakat. Dengan kata lain sering disebut jika Jenis-Jenis Iklan yang non komersil ini disebut juga dengan iklan layanan masyarakat.

Anda bisa memesan semua jenis iklan tersebut di Arfadia-Advertising-Agency.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments