Pemasaran Digital untuk Hasil Terbaik Pemasaran Produk Anda
Marketing & Advertising

Pemasaran Digital untuk Hasil Terbaik Pemasaran Produk Anda

Pemasaran digital telah menjadi salah satu cara ampuh untuk memasarkan produk atau layanan. Dengan bantuan dari Arfadia, salah satu perusahaan penyedia jasa pembuatan pemasaran digital terbaik (best digital agency Indonesia), maka produk yang Anda pasarkan akan tepat sasaran dengan hasil terbaik.

Internet telah menjadi bagian terpenting bagi hidup manusia. Didukung dengan perkembangan teknologi perangkat mobile, seperti Smartphone dan Tablet, masyarakat sekarang lebih mudah menggunakan internet. Bahkan, menurut penelitian, di tahun 2018, pengguna perangkat mobile untuk mengakses internet mencapai 5,1 milyar pengguna. Artinya, hampir semua orang menggunakan internet. Lalu bagaimana dengan Indonesia ?

Penggunaan Internet di Indonesia

Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk yang sudah sangat akrab dengan internet. Penggunaan internet di Indonesia juga sangat tinggi. Bahkan, menurut penelitian, Indonesia menempati posisi ke-4 dunia untuk pengguna internet terlama didunia dengan penggunaan selama 9 jam per hari. Bahkan, untuk pengguna internet yang mengaksesnya melalui perangkat mobile, Indonesia berada diperingkat 3 dunia. Penggunaan dengan perangkat mobile mencapai lebih dari 4 jam per hari.

DIGITAL-IN-2018-001-GLOBAL-OVERVIEWpng-768x432

DIGITAL-IN-2018-003-INTERNET-PENETRATION-MAP-768x432

Indonesia-Digital-Ad-Spend-2017-2021-700x630

Selain data-data di atas, Indonesia juga mencetak berbagai rekor yang berhubungan dengan penggunaan internet maupun perangkat elektronik untuk mengakses internet. Misalnya :

  • Penggunaan media sosial terlama (lebih dari 3 jam per hari) berada di posisi 3 dunia,
  • Web traffic terpadat sebesar 72 persen, berada di posisi 6 dunia,
  • Digital optimisme sebesar 71 persen dan berada di posisi 7 dunia. Hal ini berarti, peluang untuk mendapatkan keuntungan dari internet lebih besar daripada risiko yang ada,
  • Salah satu pengguna AdBlockers terbanyak, yaitu sebesar 50% atau peringkat 3 dunia,
  • Dan, negara dengan pengguna Facebook terbanyak, yaitu 130 juta pengguna atau peringkat 4 dunia.

Rekor dan data-data di atas menunjukkan internet yang sudah sangat jamak digunakan di Indonesia. Memang, internet sangatlah membantu kita untuk melakukan berbagai aktivitas. Mulai dari berkomunikasi, mencari informasi hingga mendapatkan hiburan. Selain itu, hal ini juga menunjukkan bila Indonesia adalah lahan yang cocok untuk metode pemasaran secara digital atau online.

Articles-Arfadia-64-compressor

Tren Pemasaran Digital

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa yang dapat membantu membuat pemasaran melalui internet atau secara digital. Dan, untuk melakukan ini, para penyedia jasa tersebut menggunakan berbagai dasar untuk pembuatan proyek pemasaran digital. Beberapa hal yang mereka gunakan antara lain :

  • Meningkatnya penggunaan media sosial yang digunakan untuk mencari informasi tentang produk atau hal lainnya. Dan, media sosial juga menjadi cara terampuh menarik konsumen. Menurut penelitian, sebanyak 59 persen pembeli didapat dari media sosial,
  • Penggunaan media audio visual lebih banyak lagi. Media ini lebih jelas dan mudah dalam menyampaikan pesan untuk pemasaran produk atau jasa.
  • Pengguna internet saat ini mulai meninggalkan keyboard untuk mencari informasi. Mereka lebih suka menggunakan perintah suara karena lebih mudah.

Dengan tiga hal di atas, penyedia jasa pemasaran digital mampu membuat proyek pemasaran yang lebih efektif lagi dan memberikan hasil yang lebih baik. Hal yang bisa dilihat dari penggunaan tiga hal tersebut adalah akses informasi yang mudah. Ditambah lagi, perusahaan yang ingin melakukan pemasaran dapat menghemat lebih banyak dana untuk pemasaran mereka, dengan menggunakan cara tersebut.

Bentuk dari pemasaran digital dengan didasari tiga hal tersebut juga berubah bila dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Pengguna internet atau sasaran pemasaran menjadi lebih terlibat dalam proyek tersebut. Mereka dapat berkontribusi lebih banyak lagi. Bisa dikatakan, saat ini pemasaran digital sudah menjadi dua arah, yaitu antara perusahaan penyedia jasa atau produk dan konsumen sebagai target pemasaran.

Komunikasi ini difasilitasi oleh alat dan teknologi baru yang saat ini sudah jamak ditemukan dimasyarakat. Alat-alat seperti video chat, atau pembayaran online, menjadi penghubung antara perusahaan dan konsumen. Hal ini juga yang menyebabkan munculnya banyak jenis pemasaran secara digital maupun online. Dan, ini pula yang menyebabkan perkembangan pemasaran digital di Indonesia jauh lebih pesat dibandingkan negara berkembang lainnya.

Pemasaran Digital di Indonesia

Beberapa penelitian menunjukkan Indonesia menjadi salah satu negara berkembang dengan perkembangan pemasaran digital yang lebih pesat. Hal ini didapat data yang menunjukkan dana yang dikeluarkan perusahaan-perusahaan untuk pemasaran digital di Indonesia. Menurut penelitian tersebut, diprediksi dana pemasaran digital yang dikeluarkan di Indonesia mencapai $2,1 milyar pada tahun 2018. Dan, pada tahun 2020, besar dana yang dikeluarkan dapat mencapai $4,3 milyar, atau meningkat lebih dari 100 persen.

Dengan data di atas, dapat dikatakan peluang perusahaan penyedia jasa pembuatan pemasaran digital sangatlah menguntungkan. Namun, tetap saja, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan-perusahaan ini, antara lain :

  • Keterbatasan dana,
  • Minimnya kemampuan dan sumber daya,
  • Kurangnya fasilitas,
  • Kebiasaan konsumen yang sering berganti,
  • Lama waktu konsumen melihat iklan hanya 8 detik atau kurang, membuat sulitnya untuk menyampaikan pesan melalui proyek pemasaran digital,
  • Terlalu banyaknya pilihan produk dan layanan di pasar untuk konsumen,
  • Penggunaan AdBlockers yang berlebihan, seperti yang disebutkan di atas yang mencapai 50% dari pengguna internet di Indonesia,
  • Dan, yang paling parah adalah kualitas kecepatan internet di Indonesia yang masih lemah. Dibandingkan dengan beberapa negara tetangga seperti Singapura atau Malaysia, kecepatan internet di Indonesia masih di bawah mereka. Kecepatan internet di Singapura mencapai 54 Mbps, sedangkan Malaysia mencapai 16 Mbps. Sedangkan Indonesia, maksimal hanya 9,8 Mbps.

Meskipun dibilang masih banyak tantangan yang harus dihadapi, tetapi ada cara yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pemasaran digital. Setidaknya, terdapat satu metode paling efektif yang dapat digunakan, yaitu pemasaran melalui media sosial. Selain tidak memakan banyak biaya, pemasaran melalui media sosial juga dapat meningkatkan efektivitas dari pemasaran sebesar 5 kali. Tentunya, harus ada bentuk dan desain pemasaran yang menarik dan sesuai dengan konsumen yang ditargetkan.

Selain itu, terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan penyedia jasa pemasaran digital. 3 hal penting ini adalah perangkat mobile, isi dari pemasaran dan pengalaman yang didapat konsumen dari pemasaran tersebut. Bila 3 hal ini dapat diperkuat, maka proses pemasaran dapat berjalan lancar. Dan, hasil yang didapat juga akan lebih baik lagi, yaitu membuat konsumen tertarik untuk menggunakan jasa atau membeli produk yang dipasarkan.

Untuk mengoptimalkan proses pemasaran, perlu juga ditambahkan beberapa fitur tertentu, seperti:

  • Geolocation,
  • VR,
  • Live streaming,
  • Augmented reality,
  • Virtual Reality,
  • Chatbots (alat yang dapat menjawab pertanyaan dan membantu konsumen secara otomatis).



Dengan penggunaan hal-hal yang disebutkan di atas, maka bisa dikatakan perusahaan penyedia jasa pemasaran digital dapat menjadi lebih sukses. Dan, ada banyak perusahaan yang berhasil menggunakannya. Salah satunya adalah Arfadia.

Arfadia, Perusahaan Pemasaran Digital Terkemuka di Indonesia

Perusahaan yang berpusat di Jakarta ini sudah beroperasi sejak tahun 2008. Mereka menyediakan berbagai layanan yang membantu siapa saja yang ingin melakukan pemasaran digital atau online. Beberapa layanan yang mereka sediakan antara lain :

  • Pemasaran digital yang terintegrasi – cara cerdas pemasaran produk saat ini,
  • Pembuatan aplikasi website – diperlukan untuk membuat website lebih interaktif dan lebih menarik untuk konsumen,
  • Pembuatan aplikasi mobile – banyaknya pengguna perangkat mobile menjadikan aplikasi ini akan membuat daya pemasaran digital menjadi lebih luas lagi,
  • Desain identitas bisnis dan perusahaan – hal ini sangat penting untuk membuat perusahaan klien menjadi lebih menonjol di antara kompetitor,
  • Desain website – website yang menarik akan dapat memberikan pengalaman terbaik untuk konsumen, yang memperbesar peluang terjadinya transaksi,
  • Pembuatan media video, audio dan multimedia untuk pemasaran – cara ini membuat pemasaran menjadi lebih efektif,
  • Layanan pemotretan untuk kebutuhan komersial – foto yang bagus dan tepat sasaran mampu menyampaikan pesan pemasaran dan meningkatkan peluang terjadinya transaksi,
  • Layanan web hosting – untuk kebutuhan pemasaran online perusahaan dengan fasilitas keamanan terbaik.

Articles-Arfadia-compressor

Arfadia juga menyediakan layanan mereka secara digital. Artinya, layanan mereka dapat diakses dan digunakan oleh siapa saja dari mana saja. Selain itu, mereka juga berhasil mendapatkan sertifikasi untuk layanan mereka seperti :

  • Quality Management System, ISO 9001: 2008
  • Environmental Management System, ISO 14001: 2004
  • Management System Occupational Health and Safety, OHSAS 18001: 2007

Dengan layanan yang revolusioner dan adanya sertifikasi diatas, Arfadia dapat dikatakan sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa pemasaran digital terbaik di Indonesia. Beberapa keunggulan lainnya antara lain :

  • Menempati peringkat atas di antara banyak agensi pemasaran digital di Indonesia.
  • Mendapatkan sertifikasi ISO seperti yang disebutkan di atas. Hal ini berarti layanan mereka diakui oleh dunia internasional, jadi jaminan hasil yang baik juga akan didapat oleh klien mereka.
  • Mendapatkan penghargaan internasional seperti yang disebutkan di atas. Penggunaan desain dan metode yang revolusioner membuat Arfadia berhasil mendapatkan penghargaan ini.
  • Visi dan misi yang sesuai dengan perkembangan pemasaran digital masa depan. Dan, hal ini menyebabkan layanan Arfadia cocok untuk pasar saat ini.
  • Tenaga ahli dan profesional yang bekerja di Arfadia memastikan hasil dan layanan yang diberikan pada klien merupakan yang terbaik. 80% dari konsumen yang menggunakan jasa perusahaan ini mengaku sangat puas dengan layanan dan hasil yang mereka dapat.

Arfadia-Photo-Album-compressor

Dengan banyaknya keunggulan yang disebutkan di atas, maka layanan dari Arfadia bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda. Namun, hal lain yang perlu juga Anda ketahui adalah produk digital yang bisa Anda dapat dari perusahaan ini. Beberapa produk tersebut antara lain:

  • Intranet Portal (PIA) (www.portal-intranet.com) – produk yang dapat menjadi solusi untuk kebutuhan komunikasi internal di perusahaan atau bangunan.
  • Media Pembelajaran Edukatif dan Interaktif SIDIA (www.sidia.id) – produk yang menyediakan materi belajar dengan kurikulum terbaru untuk pendidikan tingkat SD, SMP, SMK dan SMU. Arfadia percaya bila pendidikan merupakan hal penting yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat.
  • Aplikasi perangkat lunak untuk kebutuhan administrasi desa SODEA (www.sodea.id) – dengan adanya produk ini, maka perangkat desa dapat bekerja lebih efisien. Dan, desa pun dapat berkembang lebih maju lagi.
  • Toko Online Menjual Alat Peraga ATERA (www.atera.id) - Toko Atera menyediakan banyak peralatan, khususnya alat peraga. Alat peraga yang dijual pun cukup beragam, mulai dari alat peraga pendidikan untuk sekolah maupun alat peraga kesehatan. Atera.id memiliki koleksi lebih dari 500.000 produk dari beragam produsen dan distributor di dalam maupun luar negeri.
  • Project Management Tools - alat yang dapat membantu operasi bisnis.
  • Sistem untuk mengawasi transaksi / tiket di media sosial (Social Media Ticketing System) - produk ini sangat penting dalam maintain customer / calon customer.


Kesimpulan

Pemasaran digital telah menjadi salah satu cara ampuh untuk memasarkan produk atau layanan. Dan, kondisi di Indonesia memungkinkan pemasaran digital dapat dilakukan dengan efektif. Dengan bantuan dari Arfadia, salah satu perusahaan penyedia jasa pembuatan pemasaran digital terbaik (best digital agency Indonesia) dan Jasa SEO Terbaik, maka produk yang Anda pasarkan akan tepat sasaran dan menghasilkan hasil terbaik.


Referensi Agen Pemasaran Digital Terbaik di Indonesia :

http://dailytelescope.com/pr/best-digital-agency-in-indonesia/76016
https://www.wartawan.id/top-5-digital-agency-terbaik-di-indonesia/9627/
https://andalannews.com/who-best-digital-marketing-agency-indonesia/15770/
https://www.klikmania.net/cara-memilih-best-digital-agency-indonesia-yang-baik/
https://topdigital.agency/agency/arfadia/
https://www.centerklik.com/strategi-pemasaran-digital-untuk-kesuksesan-bisnis/
https://www.goodnewspress.us/indonesia/mampang-prapatan/business-professional/arfadia-1574
https://julesarkley.svbtle.com/why-using-the-help-of-the-best-digital-agency-indonesia-is-essential
https://www.appfutura.com/digital-marketing-companies/indonesia
https://blog.finderonly.net/digital-marketing-agency-jakarta.html
https://medium.com/@mediaiklan/the-reasons-to-use-digital-marketing-strategy-from-the-best-digital-agency-indonesia-9d54df08308b
https://www.goodfirms.co/directory/country/top-digital-marketing-companies/indonesia
https://www.klikmania.net/cara-memilih-best-digital-agency-indonesia-yang-baik/
https://www.kaskus.co.id/thread/5b51cc5cdc06bde95c8b4568/get-the-best-digital-agency-jakarta-indonesia-services-improve-your-roi

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments