Manfaat Media Sosial
Social Media Marketing

Manfaat Media Sosial

Sekarang, manfaat media sosial sudah dirasakan oleh berbagai pihak, tidak terkecuali untuk bisnis. Pada awal pembuatannya, jejaring sosial memang hanya difokuskan untuk bersosialisasi di jagat maya.

Sekarang, manfaat media sosial sudah dirasakan oleh berbagai pihak, tidak terkecuali untuk bisnis. Pada awal pembuatannya, jejaring sosial memang hanya difokuskan untuk bersosialisasi di jagat maya. Lantas seiring berjalannya waktu, sejumlah platform seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan Instagram pun dimanfaatkan untuk promosi produk. Para pengembang media sosial pun akhirnya merilis versi bisnis begitu mendapati potensi yang cukup besar dari platform mereka.

Social-Media-Platform

Lantas, apa saja benefit yang diperoleh dengan menggunakan media sosial untuk berbisnis ?

  1. Mengenal calon pelanggan dan kebutuhannya
    Digunakan sebagai bersosialisasi, jejaring sosial menghadirkan fitur dan layanan yang dapat dipakai para penggunanya untuk mengenal satu sama lain. Dengan kelebihan tersebut, media sosial memudahkan penggiat bisnis di dunia digital untuk mengenal calon pelanggan dan kebutuhannya. Berbagai informasi yang dibutuhkan bisa langsung didapatkan melalui beberapa klik saja. Dari domisili, jenis kelamin, usia, bahasa, hingga pekerjaan. Kemudian, data-data tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat konten pengolahan produk hingga promosi dengan target sesuai.

  2. Memudahkan pencarian target pasar/konsumen
    Berkaitan dengan poin sebelumnya, jejaring sosial yang telah dikembangkan sedemikian rupa dapat membantu pelaku bisnis menemukan target pasar secara efektif. Facebook dan Twitter merupakan salah dua platform yang telah menyediakan geo-tagging, sehingga pencarian konsumen berdasarkan lokasi bisa diterapkan dalam waktu singkat. Manfaat media sosial lainnya dapat diperoleh dengan tagar atau hashtag yang sesuai dengan kebutuhan produk maupun pasar. Di Instagram, penggunaan tagar relatif efektif karena menjangkau target pasar lebih luas lewat foto.

  3. Komunikasi yang mudah dengan pelanggan
    Berinteraksi dengan pelanggan pun akan lebih mudah melalui media sosial. Pasalnya, tanpa bertatap muka langsung, pelaku bisnis dapat membangun komunikasi dengan fitur yang disediakan. Misalnya, memberikan like dan komentar pada foto atau konten lain yang diunggah konsumen. Tidak sedikit pula akun bisnis yang mengunggah ulang (repost) konten konsumen sebagai bentuk apresiasi. Bentuk-bentuk komunikasi ini memang terkesan sepele, tetapi mampu meningkatkan kredibilitas dari pelanggan. Bukan tidak mungkin mereka mempromosikan produk tersebut kepada calon konsumen lainnya. Konsumen yang bisa melakukan komunikasi langsung dengan brand favoritnya cenderung lebih loyal. Media sosial tidak hanya sebagai media publikasi konten namun juga sebagai bagian dari pelayanan terhadap konsumen. Sehingga konsumen tidak harus memborbardir call center untuk komplain, bertanya, atau sekedar menyapa. Respon autentik (bukan bot atau respon otomatis) dari brand terhadap komentar yang diberikan oleh konsumen juga akan lebih memberikan kepuasan karena artinya brand benar-benar peduli dengan respon dari konsumennya.

  4. Memperbarui informasi produk secara cepat
    Kecepatan dan kemudahan akses yang disediakan jejaring sosial patut diperhatikan penggiat bisnis. Apalagi pengguna internet cenderung menginginkan hal-hal praktis nan kilat saat mereka berada di jagat maya. Termasuk di antaranya mendapatkan informasi akurat. Untuk mengimbanginya, pebisnis digital tidak boleh malas memperbarui setiap data yang mereka unggah ke media sosial. Dengan begitu, baik konsumen maupun pemilik usaha tidak akan sama-sama dirugikan. Dari pihak pelanggan sendiri pasti akan kembali untuk membeli produk karena mendapatkan pengalaman menyenangkan.

  5. Meningkatkan daya saing bisnis
    Manfaat media sosial tak hanya berputar di antara pelanggan dengan pemilik usaha, tetapi juga dengan kompetitor—baik yang masih menjalani usaha konvensional maupun di ranah digital. Penggiat bisnis yang benar-benar menekuni bidangnya pasti akan selalu berusaha mencari peluang untuk memperluas target pasar dan mengembangkan strategi pemasaran, sehingga mereka dapat bersaing secara sehat dengan para kompetitornya. Selain itu, melalui jejaring sosial, akan lebih mudah bagi pelaku bisnis untuk mempelajari bisnis yang dijalankan pesaingnya.

  6. Platform terbaik untuk meningkatkan brand awareness
    Ingin usaha, produk, atau brand Anda dikenal lebih banyak orang? Media sosial bisa jadi sarana yang paling efisien dari segi dana dan juga sumber daya lainnya. Pasalnya, media sosial memungkinkan brand untuk langsung berinteraksi dengan target konsumennya, memudahkan brand untuk mendapatkan lead ke lebih banyak prospek yang bisa jadi konsumen, dan meningkatkan visibilitas perusahaan atau brand secara umum. Apalagi sekarang beberapa platform media sosial sudah meluncurkan fasilitas akun bisnis bagi perusahaan-perusahaan untuk mendapatkan lampu sorot audience yang lebih maksimal.

  7. Menaikkan peringkat website di search engine
    Benefit terakhir yang akan dirasakan pelaku bisnis dari jejaring sosial adalah menaikkan peringkat situs web pada indeks mesin pencari. Media sosial sering kali digunakan sebagai pendamping website usaha untuk mempromosikan produk hingga berinteraksi dengan pelanggan. Satu hal yang sayangnya masih dilewatkan beberapa pengusaha adalah menggali potensi media sosial sebagai perangkat optimasi. Dari jejaring sosial, calon pelanggan dapat ditarik untuk mengunjungi konten yang lebih lengkap di situs web yang secara tak langsung sudah menggenjot traffic.

Dengan sejumlah manfaat dan peluang menguntungkan tersebut, media sosial pun menjadi salah satu fokus yang diperhatikan Arfadia Social Media Agency. Berbagai kelebihan dari platformakan berkembang bersama layanan internet marketing yang disediakan Arfadia Social Media. Sebut saja web analytic, pemasangan iklan per klik, hingga optimasi mesin pencari. Dengan begitu, manfaat media sosial secara nyata didapatkan pebisnis maupun konsumen.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments