Cara Sukses Mengembangkan Digital Marketing Dalam Penjualan
Digital Marketing

Cara Sukses Mengembangkan Digital Marketing Dalam Penjualan

Promosi penjualan saat ini harus dilakukan secara online. Tak heran, jika banyak pengusaha yang mencari tahu dan menambah pengetahuan terkait bagaimana strategi digital marketing yang bagus. Untuk mengembangkan bisnis, digital marketing memang menjadi salah satu sasaran yang tepat.

Promosi penjualan saat ini tidak hanya dilakukan dengan offline saja, namun juga online. Tak heran, jika banyak pengusaha yang mencari tahu dan menambah pengetahuan terkait bagaimana strategi digital marketing yang bagus. Untuk mengembangkan bisnis, digital marketing memang menjadi salah satu sasaran yang tepat di tengah ketatnya persaingan usaha. Teknologi yang semakin canggih harus juga dimanfaatkan untuk mengikuti perkembangan zaman sehingga bisnis akan terus berkembang dan bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Pada artikel ini akan dijelaskan apa saja tips dalam mengembangkan usaha dengan pemasaran dunia digital. Berikut ulasannya.

Dengan media sosial

Adapun tips pertama yang bisa anda lakukan dalam pemasaran digital adalah dengan memanfaatkan media sosial. Cara ini tergolong efektif bagi setiap usaha. mengapa? karena sebagian besar masyarakat saat ini sudah memiliki media sosial. Banyak hal yang ingin didapatkan dan dibagikan dari sosial media yang dimilikinya. Tidak hanya itu, media tersebut juga dijadikan sebagai sarana komunikasi atau berinteraksi dengan yang lain. Beberapa macam media sosial seperti; Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dll. Dengan memanfaatkan media tersebut, maka pemasaran usaha bisa langsung kepada sasaran yaitu konsumen.

Dengan publikasi video

Selain dengan media sosial, anda juga bisa menggunakan publikasi video. Konten video memang tergolong besar, namun hal ini juga terbukti efektif untuk sebuah pemasaran, utamanya bagi anda yang memanfaatkan dunia digital. Dengan video, produk atau jasa yang dipasarkan akan ditampilkan lebih detail dan deskripsi produk juga lebih jelas. Setelah itu, anda bisa mengupload video tersebut pada sosial media seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Website atau blog

Tips lainnya untuk pemasaran via digital bisa dilakukan dengan menulis di website atau blog. Anda bisa mempublikasikan produk atau jasa disana. Buatlah website yang menarik dan sesuai dengan jenis usaha yang anda miliki. Dengan begitu, masyarakat juga akan tertarik untuk membukanya. Dengan website, informasi yang diberikan juga bisa lebih detail sekalipun tidak bertatap muka langsung dengan konsumen. Tidak hanya websitenya saja yang dibuat menarik, namun konten dari website itu juga harus unik sehingga menarik para konsumen untuk membacanya.

Website haruslah top rank Google

Tidak hanya membuat website saja, namun website juga diusahakan haruslah berada di ranking pertama Google. Dengan begitu, akan banyak pengunjung yang datang ke website anda. Tidak hanya itu, hal ini juga menandakan keprofesionalitasan anda. Untuk menjadikan website anda berada di peringkat pertama memang bukanlah hal yang mudah. Dalam hal ini, anda membutuhkan jasa SEO handal dan berpengalaman. Dalam hal ini, anda bisa memilih jasa Digital Agency. Anda juga bisa menggunakan iklan PPC sehingga iklan menjadi lebih efektif.

Kenali, siapa target konsumen Anda!

Tips selanjutnya untuk pemasaran sebuah produk atau jasa yaitu dengan mengenali target konsumen terlebih dahulu. Di era yang sudah serba digital seperti saat ini, masyarakat sudah sangat familiar dengan internet. Untuk itulah, target konsumen perlu ditentukan lebih spesifik lagi sehingga lebih mengena. Dalam hal ini, anda perlu melakukan survey terlebih dahulu melalui situs online yang ada. Dengan survey tersebut, anda bisa mengetahui apa yang paling banyak diminati oleh konsumen, hal yang paling dibutuhkan, dll. Tidak hanya itu, dengan mengenal target konsumen, produk atau jasa yang akan anda pasarkan juga bisa menjadi lebih spesifik dan fokus.

Dengan aplikasi chat

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk melakukan digital marketing adalah dengan chat aplikasi. Contohnya seperti; Line, BBM, Whatsapp, dll. Hal ini juga menawarkan kemudahan kepada konsumen dan tidak perlu ribet dengan SMS prabayar. Cara ini juga sudah banyak dilakukan oleh pengusaha dalam melakukan pemasaran online. Dengan chat, produk atau jasa dari perusahaan anda juga bisa dipromosikan dengan baik, mudah dan efektif.

Mengenali kebutuhan konsumen

Untuk poin ini sedikit sudah dijelaskan di awal. Jadi, dalam melakukan pemasaran tidak hanya mengenal siapa konsumen anda, namun kenali juga ragam kebutuhannya. Kebutuhan orang tua, tentu berbeda dengan yang remaja sehingga anda harus lebih selektif memilih produk. Sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan mengetahui kebutuhan, anda pun bisa dengan memprediksi seperti apa produk yang akan diproduksi, barang yang akan dijual, dan barang yang laris di pasaran. Jika anda menjual atau mempromosikan produk yang tidak dibutuhkan konsumen, maka hanya menyebabkan kerugian untuk perusahaan anda.

Buat rencana promosi

Rencana promosi yang bagus sangat dibutuhkan untuk melakukan pemasaran yang bagus dan menghasilkan. Dalam hal ini, anda bisa merencakan bersama staf bagian marketing atau developer yang sudah handal di bidangnya. Dengan demikian, produk anda akan lebih mudah dan cepat populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya itu, promosi juga garus dilakukan se efektif dan efisien mungkin dalam pelaksanaannya. Buatlah konsumen mudah mengingat produk anda dan penasaran ingin membelinya.

Layanan after sales

Apa itu pelayanan after sales? ini adalah suatu bentuk pelayanan yang bisa dilakukan setelah konsumen melakukan pembelian baik produk barang maupun jasa. Dalam hal ini, anda bisa menghubungi konsumen setelah membeli produk anda, misalnya terkait pendapat, kepuasan ataupun gangguan yang terjadi. Anda juga bisa meminta kritik dan saran untuk pelayanan yang lebih baik selanjutnya.

Kata closing harus tepat dan menarik

Bukan hanya kata pembukaan yang penting, namun kata closing juga sangat penting diperhatikan. Dalam kata penutup tersebut berkaitan dengan keputusan konsumen apakah tetap ingin membeli atau tidak produk anda. Kata closing yang kurang tepat, terlebih memojokkan pembaca tentu kurang berkesan di hati pembaca. Sebaiknya berilah kata closing yang mengajak dan bersifat positif sehingga menarik pembaca.

Itulah beberapa stategi marketing atau pemasaran yang perlu anda perhatikan. Suksesnya pemasaran anda tidak lepas dari jasa orang lain, misalnya dalam memilih jasa SEO, pembuatan website, dll. Anda bisa memilih jasa profesional dan handal, salah satunya Arfadia. Banyak hal yang terus dikembangkan oleh perusahaan ini, misalnya pengembangan web, web hosting, mengembangkan perangkat lunak, layanan multimedia, digital marketing, dll.

Tidak hanya pengembangan layanan saja, Ada juga produk unggulan dari Arfadia yang kualitasnya sudah teruji. Produk tersebut sudah berhasil digunakan dengan baik oleh klien yang hebat. Beberapa produk tersebut seperti; ATERA yang merupakan toko alat peraga yang sifatnya online, E- Learning, E- Recruitment, SIDIA yang merupakan sistem edukasi dari Arfadia, Software Desa SODEA, Portal Intranet, dll. Dengan demikian, tak heran jika perusahaan ini banyak dilirik oleh masyarakat dalam membantu mengembangkan bisnisnya dalam meningkatkan hasil penjualan. Jika apa yang anda gunakan sudah bagus, maka bukan tidak mungkin brand anda akan semakin dikenal oleh masyarakat, khususnya di era digital seperti saat ini.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments