Cara Mengambil Foto yang Bagus
Photography

Cara Mengambil Foto yang Bagus

Cara mengambil foto yang bagus dapat dilakukan siapa saja dan dengan kamera apa saja. Anda hanya perlu berlatih dan belajar menghindari kesalahan – kesalahan yang sering terjadi. Bagi Anda yang saat ini sedang belajar fotografi, berikut ini adalah beberapa tips fotografi yang perlu diperhatikan.

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa kemampuan fotografi mereka akan meningkat dengan sendirinya ketika sudah membeli perangkat kamera baru yang canggih. Padahal, dalam dunia fotografi, teknik yang digunakan saat mengambil foto jauh lebih penting dibandingkan perangkat yang digunakan.

Cara mengambil foto yang bagus dapat dilakukan siapa saja dan dengan kamera apa saja. Anda hanya perlu berlatih dan belajar menghindari kesalahan – kesalahan yang sering terjadi. Bagi Anda yang saat ini sedang belajar fotografi, berikut ini adalah beberapa tips fotografi yang perlu diperhatikan.

Jangan Hanya Sekedar Mengambil Foto

Jangan sekedar hanya mengambil foto tetapi ‘buatlah’ foto. Buat rencana seperti apa gambar yang ingin diambil. Tidak peduli apapun objek yang dipotret, Anda tentu akan merasa sangat bangga saat berhasil memperoleh foto yang bagus.

@nico_ji
Foto oleh : @nico_ji

Angka Ganjil Lebih Menarik

Dalam dunia fotografi, angka ganjil jauh lebih menarik dibandingkan angka genap. Contohnya, gambar landscape dengan 3 pohon terlihat jauh lebih menarik daripada dua atau empat pohon. Hal ini juga berlaku untuk objek lainnya.

Artikel-37-1-compressor

Perhatikan Latar Foto

Selama ini banyak orang yang hanya fokus pada objek foto yang dibidik. Padahal, background atau latar juga memiliki peranan yang sama penting dengan fokus utama objek. Jadi pastikan Anda tetap memperhatikan latar tersebut karena ini juga sama-sama penting sebagai fokus utama foto yang dibuat.

@erwinsaleh-1920-compressor
Foto oleh : @erwinsaleh

Membangun Hubungan Dengan Subjek

Membangun hubungan atau chemistry dengan subjek foto merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak subjek berinteraksi misalnya mengobrol. Jika Anda tidak memahami bahasa mereka, cobalah menggunakan gesture. Ketika Anda memiliki hubungan dengan subjek, tentu Anda akan lebih mudah untuk menghasilkan gambar yang luar biasa.

Video-Kreatif-dan-Inovatif-6

Memotret Saat Sepi Di Tempat Populer

Pada tempat – tempat populer atau objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para turis, Anda sebaiknya pergi saat pagi-pagi sekali di mana belum banyak pengunjung yang berdatangan. Atau Anda juga bisa ke sana saat tempat wisata tersebut sudah sepi.

Artikel-37-4-compressor

Melatih Kepekaan Situasional

Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi berbagai hal atau kejadian mendadak yang mungkin terjadi. Contohnya saat Anda memotret area salju dan ski, Anda dapat mengambil gambar sebelum ada badai salju.

@ednofri---1920-compressor
Foto oleh : @ednofri

Jangan Tergesa-gesa

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, Anda harus sabar. Mulailah dengan merencanakan gambar kemudian bidik dan ambil gambar sesuai dengan momen yang dinantikan. Membidik gambar di momen yang tepat tentu akan memperoleh hasil yang memuaskan.

@citozoza---1920-compressor
Foto oleh : @citozoza

Kenali Kamera yang Digunakan

Seorang fotografer yang baik merupakan seniman yang mengetahui bagaimana cara menciptakan foto yang indah dan memahami kemampuan kameranya. Anda harus benar-benar menguasai perangkat kamera yang digunakan termasuk teknologi dan semua fitur serta kekurangannya agar dapat mempeorleh hasil yang sesuai dengan harapan.

Artikel-37-3-compressor

Membaca Buku Manual Kamera

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, maka Anda perlu mempelajari buku manual dari kamera yang Anda gunakan. Pelajari fungsi dari setia kontrol, tombol, sakelar, dan berbagai item menu. Selain itu pelajari teknik-teknik dasar penggunaan kamera tersebut seperti cara menggunakan flash, memperbesar/memperkecil, dan cara menggunakan tombol rana. Produk-produk kamera biasanya sudah dilengkapi dengan buku manual cetak bagi pemula. Bahkan ada yang menyediakan panduan gratis di situs web milik produsen. Bila kamera yang digunakan tidak dilengkapi dengan buku manual, maka tidak perlu panik. Cari petunjuk penggunaannya di internet.

Buat Foto yang Penuh Kenangan

Seorang fotografer bercerita melalui hasil foto bidikannya. Sebuah foto yang hebat akan terlihat saat Anda sangat menyukai foto tersebut karena sisi estetika dan juga makna yang ada di dalamnya.

@sofyanephoto--1920-compressor
Foto oleh : @sofyanephoto

Menangkap Pergerakan Gambar

Saat mengambil subjek yang bergerak, Anda akan membuat gambar itu terlihat membeku. Anda perlu melihat background agar terlihat bergerak sehingga pergerakan dan kecepatan benda dapat terlihat.

@mrusiandi
Foto oleh : @mrusiandi

Mengomposisikan Subjek

Komposisi menjadi hal yang mendasar dalam dunia fotografi yaitu tentang bagaimana Anda menempatkan subjek foto di bidang foto. Para fotografer pemula biasanya menempatkan foto di tengah bidang foto. Untuk mendapatkan foto yang bagus justru sebaiknya subjek tidak selalu di tengah. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membuat grid atau garis imajiner yang membagi bidang foto secara vertikal dan horizontal menjadi tiga bagian. Penempatan subjek foto dengan sepertiga bagian luar grid akan membuat foto terkesan lebih dinamis

@boykomarudin
Foto oleh : @boykomarudin

Mengatur Bidikan Foto Secara Cermat

Walaupun latar belakang merupakan hal yang penting, tetapi jangan biarkan foto yang dihasilkan justru terganggu oleh latar belakang. Hal ini akan membuat foto terkesan berantakan. Untuk cara mengambil foto yang bagus, coba singkirkan latar yang mungkin mengganggu. Jangan sampai tampilan pohon seolah tumbuh di kepala sebagai latar belakang. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengubah arah bidikan kamera agar foto terlihat lebih baik atau tidak terkesan berantakan.

@dhikyaditya---1920-compressor
Foto oleh : @dhikyaditya

Mengatur Resolusi Kamera

Untuk mengambil foto yang berkualitas, aturlah resolusi kamera ke titik tertinggi. Foto dengan resolusi yang rendah nantinya akan lebih sulit untuk diubah. Selain itu, Anda juga akan kesulitan saat memotong gambar tersebut dibandingkan dengan gambar beresolusi tinggi.

Sesuaikan Tinggi Kamera Dengan Mata Subjek

Cara mengambil foto yang bagus selanjutnya adalah hindari memotret sambil berdiri ketika subjek yang difoto lebih rendah dibandingkan Anda. Misalnya ketika memotret anak kecil, Anda sebaiknya agak membungkok atau berjongkok sehingga posisi kamera memiliki tinggi yang sama atau sejajar dengan pandangan mata anak tersebut.

@asepsr_-RAW-1920-compressor
Foto oleh : @asepsr_

Memanfaatkan Flash

Flash dalam beberapa kondisi mampu meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan. Flash tidak hanya efektif digunakan untuk memotret di tempat gelap tetapi juga dapat digunakan di siang hari yaitu untuk mengatasi bayangan pada subjek foto manusia misalnya bayangan di mata atau hidung.

@okie_haryadi
Foto oleh : @okie_haryadi

Mencari Sudut yang Menarik

Jangan selalu terpaku dengan pengambilan foto dari satu sudut saja. Anda juga harus bereksperimen dengan cara mengambil foto dari berbagai sudut yang berbeda. Pilihlah tempat yang memungkinkan Anda berada di posisi yang lebih rendah atau lebih tinggi. Sebagai contoh, gunakan tangga atau kursi untuk sudut pemotretan yang lebih tinggi. Untuk mengambil foto yang rendah, Anda dapat berbaring di lantai. Variasi sudut pengambilan foto tersebut akan memudahkan Anda untuk menemukan hasil foto terbaik.

@hilmi_faiq-1920-compressor
Foto oleh : @hilmi_faiq


Itulah beberapa cara mengambil foto yang bagus. Dengan teknik dan cara yang tepat, setiap momen tentu dapat diabadikan dengan baik dan terlihat sangat menarik. Bahkan foto tersebut akan memiliki nilai seni yang tinggi. Jadi jangan beranggapan bahwa foto yang bagus hanya didukung oleh spesifikasi kamera yang mumpuni tetapi juga dipengaruhi oleh teknik penggambilan foto tersebut.

Para fotografer yang sudah berpengalaman tentu lebih mudah menghasilkan foto-foto yang bagus karena memiliki jam terbang yang tinggi. Pengalaman inilah yang dicari oleh masyarakat sehingga mereka lebih mempercayakan kebutuhan foto mereka terhadap jasa fotografi.

Arfadia Photography merupakan salah satu jasa fotografi yang siap mengabadikan berbagai momen berharga secara professional dengan hasil terbaik. Anda tentunya tidak ingin membiarkan momen-momen berharga terlewat begitu saja. Setiap momen akan diabadikan dengan teknik fotografi yang terbaik sehingga setiap foto memiliki makna tersendiri.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments