Cara Membuat Instagram Ads
Digital Marketing

Cara Membuat Instagram Ads

Meningkatnya pencarian cara membuat Instagram Ads membuktikan bahwa media sosial tersebut memang menjanjikan sebagai lahan berbisnis. Berikut ini langkah-langkah cara membuat Instagram Ads

Meningkatnya pencarian cara membuat Instagram Ads membuktikan bahwa media sosial tersebut memang menjanjikan sebagai lahan berbisnis. Setelah diakuisisi Facebook pada 2012, media sosial yang mengandalkan konten visual tersebut mengalami perkembangan pesat. Munculnya fitur penayangan iklan pun menyejajarkan Instagram dengan media sosial lainnya sebagai platform bisnis di jagat digital.

Walau terkesan mudah, membuat Instagram Ads tetap harus dilakukan secara saksama. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Menentukan platform editor
    Dalam hal ini, penggiat bisnis perlu mempertimbangkan ukuran usaha maupun jumlah iklan yang akan dipasang. Power Editor merupakan salah satu alat yang bisa dipakaii untuk kampanye pemasaran skala besar. Sementara Ads Manager lebih sesuai untuk membangun dan memantau iklan skala kecil.

  2. Membuat kampanye iklan baru
    Setelah menentukan tool editor, fokuskan pembuatan pada konten kampanye dengan memilih Create Campagne, lalu arahkan pada opsi Objective menuju Click to Website. Dari sana akan muncul popup bernama 'Create Ads for Instagram' yang dapat diberi nama, ad set, hingga kampanye produk.

  3. Isi tujuan pemasangan iklan
    Instagram Ads menyediakan opsi tujuan iklan meliputi Awareness (Brand Awareness dan Reach), Consideration (Traffic, Engagement, App Installs, Video Views, dan Lead Generation), dan Conversions (Conversions, Product Catalog, dan Store Visits).

  4. Mengatur target audience/pasar
    Selanjutya adalah menentukan target pasar sesuai produk yang akan dipromosikan. Anda pun tidak perlu buang-buang dana untuk beriklan pada audience yang dari data media sosialnya tidak memiliki ketertarikan dengan niche produk Anda. Anda bisa mulai dari yang paling dasar seperti targetkan iklan untuk wilayah tertentu, dengan rentang usia tertentu, dan juga jenis kelamin. Instagram Ads juga menyediakan opsi targetting audience seperti Custom Audience dan Lookalike Audience. Dalam hal ini, diharapkan penggiat bisnis sudah memegang data yang diperlukan.

  5. Menempatkan iklan di Instagram
    Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih opsi Placement untuk menempatkan iklan. Automatic Placement akan menampilkan iklan di platform asuhan Facebook. Jika mau mengelola sendiri, Instagram menyediakan opsi Edit Placements dan menentukan kategori platform yang diinginkan.

  6. Mengatur anggaran dan jadwal penayangan
    Instagram menyediakan opsi Daily Budget dan Lifetime Budget untuk pelaku bisnis. Daily Buget dimulai dari $1 yang memungkinkan iklan tayang setiap hari. Sementara Lifetime Budget memungkinkan iklan tayang dalam jangka waktu tertentu dengan bujet yang ditentukan sendiri oleh palaku bisnis.

  7. Mengonsep tampilan iklan yang tepat
    Langkah selanjutnya adalah memilih bagaimana model tampilan iklan kreatif Anda yang akan tayang pada Instagram Ads. Instagram Ads menyediakan 4 model tampilan yang bisa Anda pilih yaitu single image, carousel, single video, dan slideshow. Carousel memungkinkan Anda untuk mengunggah beberapa foto untuk digeser yang juga bisa digabungkan dengan video. Single image adalah tampilan iklan dengan menggunakan satu buah foto saja, sedangkan single video hanya menampilkan satu video iklan atau kampanye.Dan slideshow memberikan Anda platform untuk mengunggah hingga 10 foto yang akan ditayangkan dalam bentuk video slideshow.

  8. Hubungkan dengan Facebook Page
    Langkah selanjutnya dalam cara membuat Instagram Ads adalah menghubungkan iklan ke Facebook Page. Langkah ini memang harus dilakukan mengingat Instagram merupakan salah satu platform yang berada di bawah naungan jejaring sosial tersebut.

  9. Cantumkan headline, text, dan call-to-action
    Supaya iklan mengundang perhatian dan respons pelanggan, jangan lupa cantumkan informasi seperti headline, teks, hingga call-to-action untuk memudahkan transaksi. Informasi tersebut biasanya ditulis di caption dan pastikan isinya padat, ringkas, dan jelas agar mudah dipahami calon konsumen.

  10. Melakukan pratinjau dan checkout
    Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam pembuatan iklan Instagram adalah meninjau hasilnya. Tahap ini dianggap penting untuk mengurangi kemungkinan kesalahan dalam pencantuman informasi dan konten promosi lainnya. Begitu pratinjau selesai, lakukan Place Order.

Memantau konversi dan engagement

Instagram Ads yang sudah selesai dibuat bukan berarti tugas Anda sudah selesai. Kebanyakan iklan yang sudah tayang harus diperbaiki dan disesuaikan sesuai dengan hasil yang didapatkan.Ukuran metric performa dari iklan Anda bisa dilihat pada bagian Ads Manager segera setelah iklan ditayangkan. Klik pada iklan yang ingin Anda lihat hasilnya kemudian Anda bisa melihat tingkat ukurannya tergantung dari objek yang dipilih. Misalnya objeknya adalah instal aplikasi maka Anda bisa melihat seberapa banyak aplikasi yang diinstal dari klik iklan tersebut. Anda juga bisa melihat bagaimana dana iklan Anda dialokasikan. Jika hasilnya tidak memuaskan jangan ragu untuk menutup iklan tersebut agar tidak makan dana yang lebih banyak.

Dengan Instagram Ads, produk yang dipasarkan tentunya akan menjangkau audience yang lebih luas. Sayangnya, masih ada pelaku bisnis yang mengabaikan konten mereka. Jadi begitu muncul di timeline target pasar, iklan tersebut jadi kurang impresif atau sulit dimengerti. Hal ini sangat disayangkan karena, selain tak berhasil menjaring target audience, juga menyia-nyiakan anggaran yang disiapkan untuk memasang iklan tersebut. Namun, kemungkinan buruk tersebut tidak terjadi bila penggiat bisnis bekerja sama dengan Arfadia Social Media Agency. Sesuai namanya, perusahaan ini memfokuskan spesifikasi pekerjaan mereka pada digital marketing. Arfadia Social Media Agency akan membimbing para pemula dan pebisnis yang belum mengetahui banyak seputar pemasangan iklan di Instagram. Melalui kerja sama yang baik, cara membuat Instagram Ads memberikan hasil yang sesuai dengan ekspektasi.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments