Instagram Marketing
Social Media Marketing

Instagram Marketing

Instagram marketing tentunya wajib Anda ketahui jika memasarkan produk melalui media sosial ini, membuka online shop via sosial media kini telah sangat menjamur.

Instagram marketing tentunya wajib Anda ketahui jika memasarkan produk melalui media sosial ini, membuka online shop via sosial media kini telah sangat menjamur. Sebab dengan menggunakan sosial media maka potensi untuk lakunya produk akan sangat tinggi, namun masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan marketing melalui Instagram. Sebab apabila Anda salah langkah maka produk tidak akan laku, mengingat sudah banyak sekali online shop yang menggunakan instagram sebagai media untuk mempromosikan barang. Oleh sebab itu terdapat beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan agar tidak salah langkah, sehingga keuntungan yang didapatkan bisa maksimal.

  1. Menciptakan konten yang berkualitas
    Seseorang pastinya akan mengunjungi halaman Instagram Anda apabila memiliki konten yang menarik, semakin menarik maka akan semakin banyak orang yang mengunjunginya sehingga potensi barang untuk dilihat dan laku terjual akan sangat tinggi. Oleh sebab itu ciptakan konten yang unik, walaupun Anda berjualan namun foto yang diupload tidak harus melulu tentang produk yang dijual. Hal ini hanya membuat orang bosan dan malas mengunjungi akun Instagram Anda, oleh sebab itu ada baiknya jika Anda mencoba meng-upload proses pembuatan barang-barang yang Anda jual. Dengan cara ini selain membuat para pembeli tidak bosan, juga membuat pembeli percaya bahwa barang yang dijual adalah berkualitas sehingga dapat membangun hubungan yang baik antara pihak perusahaan dan pembeli.
Arfadia Instagram Marketing
  1. Berinteraksi bersama konsumen
    Dalam dunia online shop, berinteraksi bersama konsumen sangatlah penting. Sebab hal ini dapat membangun hubungan Anda dan konsumen menjadi kuat sehingga para konsumen akan menjadi pelanggan pada usaha Anda. Oleh sebab itu sempatkan untuk membalas komentar yang ditinggalkan, atau Anda bisa memanfaatkan caption untuk membuat para konsumen meninggalkan komentar. Apabila Anda membalasnya dalam waktu yang cepat, tentunya membuat para konsumen puas akan pelayanan Anda. Sebab kolom komentar biasanya dijadikan tempat untuk bertanya mengenai barang dan menyampaikan komplain.

  2. Menetapkan waktu dalam mengupload foto
    Ada baiknya ketika Anda meng-upload foto pada waktu tertentu, hal ini bertujuan agar produk yang Anda jual dilihat oleh orang banyak. oleh sebab itu tetapkan waktu, kira-kira pada jam dimana banyak orang aktif di Instagram. Jadi apabila Anda meng-upload foto barang tanpa teratur maka tidak akan banyak orang yang melihat produk yang Anda jual, apalagi jika Anda meng-uploadnya saat malam hari dimana banyak orang pada saat itu beristirahat. Untuk melihat waktu yang tepat untuk meng-upload foto barang adalah melihat jumlah like dan komen yang ditinggal pada foto.
Sumber : https://later.com/blog/schedule-instagram-posts/

Untuk melakukan penjadwalan posting, Anda dapat menggunakan berbagai tools disini, baik yang berbayar maupun gratis. Penjadwalan dapat dilakukan secara rutin harian, hari raya, atau hari khusus yang Anda tentukan.

  1. Membuat tema pada konten
    Agar profil Instagram Anda terlihat menarik, maka ada baiknya untuk menetapkan tema sehingga akan banyak orang yang berkunjung ke toko/bisnis Anda. Anda bisa menyesuaikan tema dengan usia calon konsumen Anda atau mengangkat hal yang sedang populer di kalangan masyarakat. Hal ini tentunya tidak akan membuat para konsumen bosan untuk melihat profil Anda, jadi tidak setiap hari Anda harus membahas mengenai produk yang dijual. Anda bisa juga membuat lomba atau berinteraksi pada konsumen sehingga akan banyak orang yang mengenal toko/bisnis Anda.

Instagram-Photo-Contest-Theme

  1. Membuat caption yang semenarik mungkin
    Walaupun Anda menjalankan bisnis, namun tidak harus caption pada produk melulu tentang produk tersebut. Walaupun harus menyampaikan info mengenai barang tersebut, maka ada baiknya untuk membuat caption yang menarik sehingga para konsumen tertarik untuk membaca. Sebab apabila caption tidak menarik bahkan panjang maka akan membuat konsumen malas membaca, hal ini hanyalah akan membuat timbulnya kesalahpahaman antara Anda dan pembeli jika barang tersebut tidak sesuai ekpetasi pembeli. Apalagi saat ini banyak orang yang menganggap remeh caption, sehingga caption pada produk hanya dibuat asal-asalan, padahal caption memberikan pengaruh yang besar terhadap tingkat penjualan barang.

Arfadia-Instagram-Marketing--3-

  1. Manfaatkan tools gratis dari Instagram
    Instagram Business adalah fitur layanan paling baru dari Instagram yang memberikan keuntungan lebih bagi akun-akun yang digunakan untuk usaha dibandingkan dengan akun regular. Salah satu keuntungannya adalah memudahkan kosumen untuk menghubungi brand maupun melakukan kontak lainnya secara interaktif. Keuntungan yang lain adalah disediakannya fitur Insight yang bisa dimanfaatkan untuk melihat tingkat engagement dan berbagai macam metric lainnya. Mirip dengan fitur yang disediakan oleh Facebook Ads.

Instagram-for-Business-Arfadia

  1. Promosikan akun Instagram di media sosial lainnya
    Tips Instagram marketing berikutnya adalah dengan mempromosikan akun Instagram bisnis Anda ke berbagai macam media sosial lain yang perusahaan Anda miliki. Menyebarkannya ke pengikut media sosial Anda untuk klik follow pada akun Instagram setidaknya lebih mudah dicapai karena pengikut akun media sosial brand atau perusahaan Anda sudah memiliki minat dengan informasi terbaru yang disampaikan melalui media sosial. Cara ini juga bagus untuk memberikan pilihan yang lebih bervariasi kepada konsumen Anda untuk melakukan kontak dengan brand Anda.

  2. Gunakan tagar yang pas
    Tagar adalah lakuran dari kata tag dan pagar. Tanda tagar adalah tanda pagar (simbol #). Untuk menampilkan post akun Instagram Anda kepada pengguna lain yang belum menjadi pengikut, manfaatkan tagar yang memungkinkan post Anda bisa dilihat oleh pengguna di seluruh dunia. Dalam Instagram marketing memiliih tagar yang tepat juga menjadi bahan pertimbangan, karena tagar yang terlalu banyak akan membuat post Anda terlihat murahan apalagi jika mulai memasukkan tagar yang tidak relevan dengan produk. Salah satu trik yang bisa digunakan adalah menggunakan tagar yang sama dengan yang digunakan oleh pengguna yang mengunggah fotonya menggunakan produk dari brand Anda. Dengan demikian tagar interaktif pun bisa terbangun dan pengikut akun Instagram usaha Anda bisa menggunakan tagar tersebut untuk menandai brand Anda di post mereka.

  3. Menggunakan Instagram Ads
    Selain memperhatikan konten yang Anda upload, Anda bisa juga menggunakan Instagram ads untuk membantu dalam melakukan promosi. Sebab dengan menggunakan Instagram Ads maka posting gambar Anda dapat dipromosikan, namun bukan berarti Anda tidak melakukan promosi lainnya. Diperlukan promosi secara meluas agar toko/bisnis Anda dapat dikenal, sebab tidak mudah untuk mencuri perhatian para calon pembeli sehingga tertarik membeli.

iphonex_mockup_white---Arfadia-IG--Instagram--Ads Contoh Instagram Ad Arfadia

Untuk melancarkan Instagram marketing yang solid dibutuhkan banyak waktu dan juga tenaga agar hasilnya bisa maksimal, anda juga bisa menggunakan jasa Social Media Agency seperti Arfadia. Sebab Arfadia merupakan perusahaan yang telah berkecimpung di dunia digital marketing yang banyak memegang akun-akun Instagram klien berupa perusahaan-perusahaan besar untuk pemeliharaan, pemasaran, pembuatan konten secara berkala, dan merespon komentar dari pengguna.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments