Digital Marketing

Bagaimana saya memulai Internet Marketing

Tips sederhana ini bisa menjadi bagian dari menjawab pertanyaan tentang bagaimana saya memulai Internet Marketing dari nol atau dasar. Selengkapnya disini.

Beberapa Jawaban Bagi Pertanyaan Bagaimana Saya Memulai Internet Marketing?

Internet merupakan sebuah produk teknologi yang memberi begitu banyak perubahan bagi kehidupan manusia. Ada banyak aspek yang terpengaruh oleh penemuan dan kemudian oleh penggunaan internet dalam kehidupan sehari – hari. Internet memberi begitu banyak kemudahan dalam hal transfer informasi. Sedangkan pada sisi yang lain; internet memunculkan begitu banyak peluang bagi dunia bisnis. Kini telah ada banyak pelaku bisnis yang sukses memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis yang memberikan begitu banyak penghasilan. Apakah sudah terlambat untuk memulai bisnis di dunia internet mengingat telah ada banyak orang yang sukses di bidang bisnis tersebut? Tentu saja belum karena masih ada begitu banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dari bisnis di dunia internet. Salah satu yang masih membuka peluang besar di dunia bisnis berbasis internet adalah pemasaran berbasis internet atau internet marketing. Bidang bisnis online ini sangat fleksibel dan menyimpan begitu banyak peluang yang mungkin dimanfaatkan oleh siapapun yang berani mencoba.

Lalu bagaimana saya memulai Internet Marketing agar bisa meraih sukses di bidang bisnis tersebut? Pertanyaan ini telah menjadi pertanyaan yang umum dan ditanyakan oleh mereka yang ingin memulai bisnis di bidang tersebut. Ada beragam pertimbangan yang bisa menjadi dasar untuk memulai bisnis dengan memanfaatkan internet. Kejelian melihat peluang dan konsistensi dalam menekuninya serta kecermatan dalam menyusun serta mengeksekusi strategi bisa menjadi elemen – elemen terpenting dalam meraih sukses di dunia bisnis berbasis internet.

Ada beberapa orang yang sukses di dunia bisnis berbasis internet tanpa menjadi populer. Sedangkan beberapa di antara mereka yang sukses menjadi sosok inspiratif dan banyak tampil di depan khalayak. Beberapa di antaranya bahkan telah membagikan tips sukses mereka di bisnis berbasis internet yang telah dijalani. Sukses di dunia Internet Marketing kebanyakan diraih berkat strategi yang jitu, kejelian melihat peluang dan kerja keras dalam menjalankannya. Beberapa pelaku bisnis Internet Marketing mengaku harus bekerja ekstra keras untuk memulai bisnis sebelum memperoleh momentum untuk mengembangkan bisnis hingga mampu meraih sukses.

Memperoleh momentum untuk mengembangkan bisnis internet marketing menjadi bagian yang sangat penting bagi siapapun yang telah berniat menekuni bisnis ini. Jika beberapa orang memperoleh momentum tersebut karena keberuntungan; maka Anda bisa memperolehnya dengan menciptakan momentum tersebut dengan strategi yang tepat. Strategi dalam mengangkat bisnis internet marketing tidak hanya terfokus pada dunia online saja; tetapi juga pada dunia offline. Salah satu langkah penting yang sebaiknya dilakukan adalah merubah sudut pandang atau mindset terkait bisnis online yang satu ini.

Salah satu elemen paling penting dari jawaban pertanyaan bagaimana saya memulai Internet Marketing terkait dengan popularitas dan pencitraan. Keduanya merupakan bagian dari strategi pemasaran yang umum; tetapi di dunia online terdapat beberapa elemen yang bisa dikelola dengan lebih mudah dan efektif. Jika metode pencitraan konvensional adalah menggunakan konsumen sebagai agen penyebar informasi; maka pada pencitraan di dunia online masih bisa mengandalkan metode tersebut sebagai salah satu strategi. Pada dasarnya; konsumen yang menyukai Anda, menyukai produk dan layanan Anda serta menyukai bisnis yang Anda kelola bisa menjadi agen penyampai informasi dan pemberi rekomendasi bagi calon konsumen lain. Pada bisnis online; metode ini umum disebut dengan referral.

Sayangnya metode ini memiliki beberapa kelemahan seperti dampak yang sulit diprediksi dan tidak konsisten. Sedangkan dari segi jumlah dan jangkauan dunia maya yang global; metode tadi hanya bisa menjangkau sebagian kecil saja dari peluang pasar yang ada di bisnis online. Sedangkan di sisi lain; berusaha terlalu keras menunjukkan atau mengingatkan orang lain tentang bisnis Anda justru bisa berdampak negatif. Ketika orang lain mulai tidak nyaman dengan cara Anda melakukan referral; pada poin itulah strategi ini menjadi bumerang karena justru merusak citra yang ingin dibangun.

Untungnya ada cukup banyak strategi pencitraan dan promosi di dunia maya. Ketika Anda bisa memiliki banyak traffic atau kunjungan di situs yang dimiliki; maka Anda memiliki potensi untuk membesarkan bisnis tersebut. Menarik perhatian publik hingga memperoleh traffic yang bisa dimanfaatkan untuk menjalin backlink serta meningkatkan jumlah hit yang menjadi kunci Internet Marketing menjadi dasar dari sukses Anda di dunia bisnis online yang satu ini. Bagian ini juga bisa menjadi elemen jawaban pertanyaan bagaimana saya memulai Internet Marketing yang ingin Anda ketahui.

Anda butuh memperlakukan bisnis Internet Marketing layaknya mengelola sebuah perusahaan dan menjual produk atau jasa. Salah satu elemen terpenting dalam memandang bisnis Internet Marketing dari sudut pandang tersebut adalah memiliki strategi yang tepat. Implementasi strategi yang tepat bisa meningkatkan popularitas, melipatgandakan traffic yang pada akhirnya menghasilkan penjualan. Setidaknya ada satu elemen penting tentang menyusun strategi tersebut; yaitu memiliki sesuatu yang menarik untuk dipromosikan dan diperbincangkan. Salah satunya adalah mengarahkan logika dan sudut pandang publik terkait kemanfaatan dari apa yang Anda lakukan atau jual dalam bisnis.

Semakin banyak orang yang membicarakan nilai positif atau kemanfaatan dari produk atau jasa Anda; maka secara otomatis popularitas Anda juga akan meningkat. Jika Anda bisa merancang konten yang memenuhi persyaratan tersebut; maka akan ada banyak orang yang tertarik membagikan dan secara langsung telah berpromosi untuk Anda. Selama ada diskusi positif tentang jasa atau produk Anda; maka pada saat yang sama tengah terjadi sebuah aktivitas promosi.

Hal lain yang sebaiknya juga Anda pikirkan dan lakukan adalah mencari atau memilih strategi untuk meraih audience atau khalayak yang lebih besar. Hal ini penting karena dari sudut pandang dan logika dunia maya; seseorang yang memiliki banyak audience atau diikuti oleh khalayak yang besar akan dinilai sebagai populer dan memiliki nilai tawar berbeda jika dibandingkan dengan mereka yang kurang populer. Jadi salah satu bagian jawaban dari pertanyaan tentang bagaimana saya memulai Internet Marketing adalah dengan memiliki audience yang besar.

Reputasi yang baik dan terbukti memiliki nilai kemanfaatan menjadi dasar utama dari memiliki audience yang besar. Beberapa pelaku bisnis Internet Marketing meraih sukses setelah lama berjuang dan membangun reputasi serta meyakinkan khalayak bahwa apa yang ditawarkan selama ini merupakan produk atau jasa yang memberi kemanfaatan. Seiring perkembangan zaman dan teknologi; reputasi kini dinilai dengan beragam cara dan variabel yang berbeda dari masa lalu. Salah satu penilaian reputasi dalam dunia maya adalah posisi di mesin pencari ketika dilakukan pencarian dengan kata kunci yang memiliki korelasi dengan sebuah situs. Hal ini juga berlaku pada situs yang Anda manfaatkan dalam praktek Internet Marketing. Apa yang Anda jual harus memiliki kata kunci dengan korelasi yang jelas dan ketika digunakan dalam pencarian akan memunculkan situs Anda pada peringkat setinggi – tingginya dalam hasil pencarian mesin pencari.

Berada di halaman awal mesin pencari kini dianggap sebagai variabel penting dalam menilai popularitas serta tingkat keterpercayaan sebuah situs. Semakin tinggi peringkat; maka popularitas dan citra dari situs tersebut juga akan semakin tinggi. Jadi ketika Anda bisa menempatkan situs Anda pada peringkat tertinggi atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian mesin pencari melalui kata kunci yang relevan maka tugas pencitraan Anda telah selesai sebagian. Pada sisi yang lain; berada di halaman pertama atau peringkat atas hasil pencarian juga akan meningkatkan peluang khalayak terpapar informasi terkait situs Anda ketika melakukan pencarian. Hampir semua pengguna mesin pencari akan membaca halaman pertama dari baris teratas. Alasan sederhana inilah yang membuat hasil pencarian yang menempatkan sebuah situs di halaman pertama dan peringkat teratas memiliki nilai yang penting dalam dunia Internet Marketing. Karena Anda berpotensi lebih besar untuk menjual ketika calon konsumen melihat Anda dan kemudian mengakses situs Anda. Praktek ini akan memberi Anda traffic yang secara langsung juga mempengaruhi peringkat situs Anda dalam mesin pencari.

Pada sisi yang lain; telah ada beragam strategi yang dikembangkan untuk membuat sebuah situs berada di halaman pertama atau peringkat teratas dari mesin pencari. Cara yang paling praktis adalah membayar mesin pencari; tetapi pengguna terkadang memiliki tingkat kepercayaan lebih rendah pada situs – situs yang mengiklankan diri dan lebih percaya pada situs yang muncul secara normal dari proses pencarian. Salah satu kunci penting untuk memiliki situs atau landing page yang berada di halaman pertama dengan peringkat tinggi pada mesin pencari adalah jumlah link pada halaman tersebut. Semakin banyak jumlah link yang tertaut; maka halaman tersebut akan dianggap semakin populer dan terpercaya. Pada bagian inilah Anda harus menyusun strategi agar ada banyak link tertaut dan akhirnya mendongkat peringkat situs Anda pada mesin pencari.

Untuk melakukan praktek tersebut; telah ada beragam mekanisme dan perangkat lunak pendukung yang bisa mengoptimalkan efek pencarian. Praktek Searching Engine Optimization telah menjadi sesuatu yang umum dan persaingan antar situs dengan kata kunci yang sama menjadi tidak bisa dielakkan. Strategi yang tepat menjadi salah satu kunci sukses dalam persaingan ini. Bagian pentingnya adalah kualitas konten di Landing Page dan juga kualitas kontan di halaman yang digunakan untuk melekatkan sebuah link.

Konten yang berkualitas akan memberi bahan bagi khalayak untuk membicarakannya dan mendiskusikannya. Kualitas konten ini tidak hanya dari segi isi yang menarik dan bermanfaat; tetapi juga berkaitan dengan strategi dalam melekatkan link hingga panjang sebuah artikel konten. Kebanyakan halaman situs yang muncul di halaman pertama pencarian mesin pencari Google memiliki panjang konten rata – rata 1.890 kata. Hasil analisa tersebut bisa Anda gunakan sebagai acuan dalam membuat konten; yaitu dengan meniru jumlah kata dari nilai rata – rata tersebut.

Bagian selanjutnya adalah mengarahkan dan menghasilkan traffic yang besar dari situs – situs terbaik di dunia maya. Ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan; salah satunya adalah memanfaatkan forum offline. Promosi secara offline bisa menjadi cara praktis untuk mencari rekan untuk membangun kerja sama. Menjadi pembicara di sebuah konferensi atau pelatihan bisa menjadi salah satu cara menemukan relasi berkualitas. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah melakukan barter dengan membantu situs lain dan memperoleh backlink dari konten – konten di situs tersebut. Tips sederhana ini bisa menjadi bagian dari menjawab pertanyaan tentang bagaimana saya memulai Internet Marketing dari nol atau ketika tanpa memiliki latar belakang sumber daya yang besar.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments