Digital Marketing

Strategi Marketing Online yang Efektif

Strategi marketing online yang efektif bisa membawa brand Anda mendapatkan lebih banyak konsumen yang akan membeli produk Anda secara berulang.

Strategi Marketing Online Yang Efektif Untuk Brand Besar Maupun Kecil

Strategi marketing online yang efektif bisa membawa brand Anda mendapatkan lebih banyak konsumen, tidak hanya konsumen biasa namun juga konsumen yang membeli produk Anda secara berulang. Strategi marketing online yang tepat juga bisa membuat brand Anda memiliki presensi yang besar di kalangan target pasar dan membuat brand dipandang sebagai leading brand atau otoritas pada niche brand. Misalnya ketika orang membicarakan mengenai situs mesin pencari maka orang akan langsung mengarah pada Google, padahal situs mesin pencari di dunia ini tidak hanya Google semata. Google memiliki lebih dari 70% marketshare sebagai situs yang paling banyak diakses oleh pengguna internet di dunia. Tentunya pencapaian ini didukung dengan strategi marketing online yang solid dan terus berkembang.

Faktanya terhitung sejak bulan Juni 2018, sebanyak 55,1% dari total jumlah penduduk di dunia memiliki akses internet atau sebanyak 4,2 milyar orang merupakan pengguna internet. Dari jumlah pengguna internet tersebut didominasi oleh pengguna perangkat mobile dan juga media sosial. Dana untuk strategi marketing online yang dibelanjakan oleh para perusahaan dan brand di seluruh dunia sebagian besar digunakan untuk Facebook dan Google. Namun hal ini bukan berarti tidak ada peluang bagi Anda untuk memanfaatkan internet dalam promosi selain menggunakan Facebook dan Google. Bahkan, ada banyak cara lainnya yang bisa Anda tempuh jika pemasaran internet menggunakan Facebook dan Google advertising bukan hal yang tepat untuk usaha Anda. Strategi-strategi berikut ini bisa dilakukan siapa saja baik perusahaan besar maupun kecil.

Matangkan strategi SEO Anda

SEO penting dilakukan untuk meningkatkan peringkat halaman atau konten situs Anda di hasil pencarian, yang akan berhubungan langsung dengan meningkatnya jumlah traffic pada konten situs Anda. Ada banyak tools analisa SEO yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk melihat audit SEO yang sudah diterapkan. Misalnya data seberapa banyak Anda mendapatkan backlinks, berapa banyak uang yang sudah dihabiskan untuk membayar paid search, kata kunci yang mana yang memberikan hasil optimal pada peringkat konten, dan data-data lainnya. Anda juga bisa menggunakan SEO tool untuk pembanding dengan situs kompetitor kemudian menggunakan data yang didapatkan untuk melakukan strategi marketing online pada bagian yang membutuhkan booster.

Remarketing

Anda sudah punya super konten yang bisa menarik perhatian pasar lebih banyak, konten yang bisa menghasilkan banyak konversi dan menjadi ladang emas bagi brand Anda. Namun lama kelamaan seiring dengan munculnya konten-konten baru, konten emas Anda ini mulai meredup masa kejayaannya. Konten lama bukan berarti harus dilupakan, Anda bisa menaikkannya lagi dengan strategi remarketing untuk menarik perhatian audiens yang baru dan bisa saja belum pernah melihat konten Anda ketika diunggah sebelumnya. Untuk remarketing, pilih konten yang memiliki performa tinggi dan gunakan media sosial untuk meningkatkan koneksi dengan audiens hingga berkali-kali lipat. Anda pun juga bisa mengombinasikan remarketing dengan membagikan konten secara tersegmen yang didukung dengan data demografi, perilaku audiens, dan sebagainya.

Riset kata kunci tidak boleh putus

Strategi marketing online selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan riset kata kunci. Riset kata kunci penting dilakukan terus menerus tidak hanya satu dua kali karena  Anda ingin konten online Anda tetap mendapatkan peringkat yang bagus di hasil pencarian. Untuk pemasaran yang memiliki dana terbatas, memanfaatkan hasil pencarian organik adalah cara yang efektif untuk membuat konten dan brand Anda tetap berada di peringkat yang bagus. Untuk bisa memiliki hasil organik yang tinggi maka kata kunci yang digunakan haruslah sesuai dengan tren yang digunakan oleh para audiens.

Ada banyak tools yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci, salah satunya disediakan sendiri oleh Google yaitu Keyword Planner Tool. Lalu untuk apa hasil riset kata kunci yang sudah dilakukan? Terapkan pada pembuatan konten-konten yang mengandung kata kunci target Anda termasuk pada tag dan juga judul kontennya.

Mulailah membuat blog

Fakta tentang blog sebagai media pemasaran online:

1.     Lebih dari 409 juta orang membaca lebih dari 21,7 milyar artikel blog setiap bulannya

2.     Pengguna blog mengunggah artikel sebanyak 79,2 juta blog  setiap bulannya dan menulis sebanyak 39,1 juta komentar dalam periode waktu yang sama

3.     Artikel blog termasuk dalam 5 besar platform online yang dipercaya oleh konsumen setelah media berita, Facebook, Youtube, dan situs-situs toko ritel.

Apa artinya untuk Anda? Artinya adalah meski tidak seglamor dan seramai strategi marketing online dengan menggunakan media sosial nyatanya masih banyak orang yang membaca artikel blog dan lebih banyak lagi orang yang memproduksi artikel tulisan blog setiap bulannya. Tingkat kepercayaan konsumen terhadap artikel blog juga cukup tinggi karena konten di dalam blog biasanya disampaikan dengan pendekatan yang lebih personal dan tidak bersifat hard-selling sehingga konsumen atau audiens bisa lebih terhubung dengan pesan yang disampaikan via blog.

Buat konten blog dengan menggunakan  target kata kunci yang dihasilkan dari riset yang dilakukan sebelumnya. Anda bisa menggunakan berbagai macam platform blogging yang terpisah dengan situs brand atau perusahaan Anda namun pastikan orang tahu blog tersebut merupakan bagian dari brand. Anda juga bisa menempatkan cara konsumen untuk melakukan kontak dengan brand misalnya dengan mencantumkan akun media sosial, alamat email, nomor customer service, online chatbox, dan sebagainya. Bisa juga menggabungkan konten blog dengan email marketing untuk mengumpulkan alamat email dari audiens yang nantinya bisa meningkatkan traffic hingga meningkatkan konversi.

Bergabung dengan grup Facebook, atau buat sendiri

Strategi marketing online dengan menggunakan Facebook tidak hanya bisa dilakukan dengan advertising saja. Anda pun bisa mempromosikan brand atau produk dengan cara yang lebih murah dilakukan yaitu memanfaatkan grup-grup yang ada di Facebook. Grup Facebook dimanfaatkan pengguna untuk saling berbagi dan juga berdiskusi mengenai topik yang sesuai dengan nama grup sehingga Anda bisa dengan mudah melibatkan brand dalam diskusi di antara orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan niche yang sama dengan brand Anda.

Bagaimana caranya untuk memanfaatkan grup Facebook untuk marketing?

1.     Dengan menggunakan search bar, cari grup yang memiliki niche sama dengan brand Anda, pilih grup yang memiliki banyak anggota dan diskusi yang aktif

2.     Bergabung dengan diskusi yang ada atau buat topik Anda sendiri sambil memberikan link pada postingan Anda untuk diarahkan ke konten situs brand, atau blog

3.     Atur frekuensi posting karena jika terlalu sering maka moderator grup bisa mendepak akun FB Anda dari grup karena dianggap spam

4.     Anda juga bisa membuat Facebook Group sendiri sehingga para audiens bisa melakukan diskusi terkait dengan konten yang Anda bagikan ke grup.

Komitmen untuk membangun email list

Email list adalah strategi marketing online yang sayangnya banyak diabaikan para pemasar. Pasalnya konten yang disebarkan sifatnya tertutup karena langsung masuk ke kotak masuk email orang. Beda dengan strategi marketing media sosial di mana konten bisa dilihat oleh orang banyak sekali unggah sehingga bisa lebih praktis. Tapi jangan salah, memiliki email list yang besar bisa memberikan perubahan yang signifikan untuk nilai konversi dan koneksi antara brand dengan konsumennya.

Kenapa email list adalah strategi marketing yang patut untuk ditekuni?

1.     54% pemasar online menyatakan bahwa email adalah sarana yang paling efektif untuk digital marketing dan lebih mudah untuk dieksekusi

2.     89% pemasar mengatakan bahwa mereka menggunakan email sebagai lead generator utama

3.     Email dianggap sebagai sarana pemasaran online yang lebih efektif bahkan dibandingkan dengan Facebook, Twitter, dan Instagram. Anda bahkan bisa melakukannya dengan gratis!

4.     Email punya tingkat CTR (clickthrough rate) yang sangat tinggi, konten email lebih besar peluangnya dibaca orang dibandingkan dengan konten media sosial

5.     Tidak perlu mengirim satu-satu, Anda bisa menggunakan berbagai macam automation tool untuk email dengan harga yang terjangkau.

Membangun email list bisa dilakukan dengan menyediakan subscription box yang Anda letakkan di semua atau sebagian landing page pada situs atau blog Anda. Untuk menarik lebih banyak orang yang mau mendaftarkan emailnya, Anda juga bisa menawarkan intensif yang menarik misalnya ebook, konten premium yang gratis, kupon diskon atau promo lain, newsletter yang rutin, dan sebagainya.

Manfaatkan marketplace

Indonesia merupakan sarang marketplace terbesar di Asia Tenggara di mana makin banyak perusahaan marketplace yang mendapatkan suntikan dana investasi besar untuk makin mengembangkan bisnis yang menarget para pecinta belanja online di Indonesia. Pada kuartal pertama di tahun 2018, Lazada masih menjadi marketplace yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Diikuti oleh Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Shopee. Merchant di marketplace kini tidak hanya diisi oleh para penjual-penjual skala kecil hingga menengah saja. Namun juga diisi oleh barang besar dan memiliki label sebagai distributor resmi sehingga konsumen bisa belanja produk pilihan tanpa mempertanyakan kualitasnya.

Anda bisa memanfaatkan perkembangan marketplace yang sangat pesat di Indonesia sebagai bagian dari strategi marketing online dengan biaya yang murah. Manfaatkan berbagai macam tools dan fitur yang disediakan marketplace untuk para merchant-nya, dan Anda pun bisa “menumpang” nama besar dari marketplace pilihan untuk disebarkan ke target pasar Anda. Bergabung dengan marketplace bisa memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian produk melalui platform yang sudah menjadi andalannya untuk belanja murah.

Manfaatkan fitur live streaming

Kekuatan media sosial sebagai platform marketing online tidak hanya terpusat pada postingannya saja. Facebook dan Instagram memiliki fitur live streaming yang bisa Anda manfaatkan untuk menjalin koneksi dengan audiens, di samping platform live streaming yang lain. Live streaming bisa dimanfaatkan sebagai strategi marketing online misalnya dengan liputan event yang tengah diadakan oleh brand, unboxing produk, demonstrasi bagaimana cara menggunakan produk, melakukan sesi tanya jawab bersama dengan influencer, dan sebagainya.

Berikut adalah beberapa tips agar live streaming sukses diadakan:

1.     Pilih platform streaming sesuai dengan target audiens yang ingin diraih atau sesuai dengan platform yang paling banyak mendapatkan respon dari target Anda.

2.     Lakukan riset mengenai kapan waktunya target audiens Anda aktif menggunakan media sosial.

3.     Siaran bisa dilakukan dengan menggunakan kamera profesional untuk memberikan kesan liputan yang lebih meyakinkan, atau dengan menggunakan smartphone untuk pendekatan yang lebih personal.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments