Digital Marketing

Tipe Strategi Pemasaran Internet

7 Tipe Strategi Pemasaran Internet. Tipe strategi pemasaran internet yang akan dibahas disini merupakan strategi yang bisa menjadi langkah awal untuk Anda.

7 Tipe Strategi Pemasaran Internet Untuk Bisnis Online Anda

Tipe strategi pemasaran internet yang akan dibahas di artikel ini merupakan strategi yang mendasar dan bisa menjadi langkah awal bagi para pemasar untuk mulai menjajaki dunia pemasaran internet. Apa itu strategi pemasaran internet? Pemasaran internet atau yang disebut juga dengan nama pemasaran online, e-marketing, pemasaran digital, dan sejenisnya merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut kegiatan promosi dan pemasaran bisnis yang dilakukan secara online.

Mengapa penting bagi perusahaan modern jaman sekarang memahami tipe strategi pemasaran internet? Faktanya milenial (usia 21 – 34) dan gen Z (usia 16 – 20) menghabiskan waktunya rata-rata 3-4 jam perhari menggunakan ponselnya untuk online. Waktu yang tidak jauh berbeda juga dihabiskan untuk online menggunakan perangkat PC/laptop/tablet. Sedangkan jumlah pengguna internet di seluruh dunia saat ini sudah lebih dari 4 milyar orang, berdasarkan laporan Global Digital Reports 2019, Indonesia termasuk yang masyarakatnya paling aktif menggunakan internet. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang sangat besar bagi para pengusaha untuk menarik perhatian pasar yang aktif menggunakan internet untuk berbagai macam hal.

Bagi orang awam pemasaran internet bisa dilihat sebagai cara yang mudah. Anda bisa melakukannya hanya dengan mengunggah konten ke media sosial, simpel dan praktis bukan? Namun pada kenyataannya ruang lingkup pemasaran internet tidak hanya berhenti di media sosial. Oleh karena itu bagi pengusaha yang sudah terjun ke ranah pemasaran internet banyak yang kewalahan karena ada begitu banyak hal yang harus dikerjakan untuk memiliki eksistensi online terhadap pasar konsumen seluas mungkin. Karena itu kali ini tipe strategi pemasaran internet yang akan dibahas adalah elemen-elemen dasar yang bisa Anda pahami terlebih dulu agar tidak terjun bebas ke dunia pemasaran internet.

Pemasaran media sosial

Media sosial merupakan sarana utama untuk pemasaran internet dan bisa jadi langkah pertama bagi pemasar atau pengusaha yang baru dalam hal strategi pemasaran internet. Pemasaran media  sosial adalah usaha untuk mendapatkan perhatian dan juga meningkatkan penjualan melalui penggunaan platform media sosial. Media sosial yang umum digunakan misalnya adalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Secara umum, strategi pemasaran internet menggunakan media sosial dibagi menjadi dua alur yaitu organik alias gratis, dan juga yang berbayar.

Pemasaran media sosial secara organik

Belum ingin mengeluarkan banyak dana untuk investasi di strategi pemasaran internet? Anda bisa coba melakukannya secara organik yang fungsinya adalah untuk membangun komunitas dan memperdalam koneksi dengan konsumen serta memicu ketertarikan konsumen dan mempertahankan loyalitas. Ada beberapa cara untuk melakukan tipe strategi pemasaran internet ini, antara lain adalah:

1.     Tempatkan brand sebagai otoritas di niche usaha Anda, misalnya dengan terlibat dalam unggahan konten orang lain sambil berkontribusi memberikan insight yang diarahkan ke halaman konten brand.

2.     Jika ingin konsumen loyal dengan brand Anda, maka brand pun harus menunjukkan loyalitasnya kepada konsumen, misalnya dengan merespon konsumen yang menyebutkan brand Anda dalam unggahan media sosialnya yang sesuai dengan nilai brand yang dipegang.

3.     Kekuatan media sosial adalah komunikasi yang bisa dijalin dengan konsumen, jadi jika ada yang mengajukan pertanyaan langsung ke media sosial brand jangan menunggu lama untuk menjawabnya.

Pemasaran media sosial berbayar

Sebagian besar media sosial menyediakan fitur iklan berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk strategi pemasaran online. Misalnya Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads, dan lainnya. Anda bisa mengiklankan konten media sosial yang sudah Anda buat sebelumnya atau membuat konten baru yang secara khusus dibuat dan dikelola menggunakan fitur advertising dari media sosial. Berapa biayanya? Umumnya media sosial mengijinkan pengiklan untuk menentukan dana yang ingin diinvestasikan kemudian media sosial tersebut yang akan mengelolanya untuk iklan yang ingin dipasang.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah teknik-teknik yang digunakan untuk mengoptimasi situs maupun konten digital lainnya untuk meningkatkan traffic, meningkatkan peringkat pada hasil pencarian pada situs mesin pencari (umumnya Google). Dengan makin banyaknya traffic atau pengunjung yang membuka situs dan konten brand Anda makin tinggi pula peluang untuk terjadinya konversi. SEO identik dengan Google, meski beberapa negara punya raksasa mesin pencarinya sendiri seperti Baidu untuk Cina dan Naver untuk Korea Selatan. Tapi saat ini Google adalah yang paling unggul dan paling banyak digunakan di dunia sebagai situs mesin pencari.

Ada banyak hal elemen pada SEO sebagai bagian dari tipe strategi pemasaran internet namun pada intinya ia bisa dibagi jadi 3 bagian, yaitu:

  1. Riset kata kunci

Jika ingin memiliki peringkat yang tinggi di halaman hasil pencarian maka Anda harus tahu kata kunci apa saja yang berhubungan dengan niche brand Anda yang paling banyak diketikkan orang di mesin pencari. Dengan menggunakan berbagai macam tools yang ada baik gratis maupun berbayar, riset kata kunci bisa dilakukan untuk membuat konten yang dikembangkan berdasarkan dengan kata kunci tersebut.

2.  On-Page SEO

Teknik SEO ini lebih memfokuskan konten yang ada di situs online brand atau perusahaan Anda agar memiliki peringkat yang lebih tinggi. Beberapa hal yang termasuk dalam teknik on-page SEO antara lain adalah meningkatkan kecepatan akses situs, menggunakan responsive design, konten memasukkan kata kunci yang ditargetkan, memasukkan internal link yang dihubungkan dengan konten lain yang ada di situs yang sama, eksternal link yang dihubungkan ke konten situs lain, dan masih banyak lagi lainnya.

3.  Off-Page SEO

Sebaliknya, tipe strategi pemasaran internet ini dilakukan untuk optimasi situs yang dilakukan di luar dari situs yang ingin dioptimalkan. Misalnya dengan memasukkan link ke konten di unggahan media sosial, link yang disematkan di email yang Anda sebar ke audiens, dan lainnya. Strategi off-page yang paling jitu saat ini adalah backlink di mana situs lain memasukkan link ke konten situs Anda di konten yang mereka buat di situs mereka sendiri, dengan demikian konten Anda akan dianggap memiliki nilai yang tinggi sehingga peringkat pun bisa naik.

Konten marketing

Video, artikel, infografis, gambar, adalah bentuk-bentuk konten yang mewarnai berbagai macam platform online saat ini, termasuk artikel yang sedang Anda baca ini. Pemasaran konten dipahami sebagai kreasi dan berbagi material online seperti yang disebutkan sebelumnya yang tidak secara eksplisit mempromosikan sebuah brand maupun produk tertentu tapi bisa membuat audiens tertarik terhadap brand atau produk yang diarahkan oleh konten tersebut. Mengapa pemasaran konten penting sebagai tipe strategi pemasaran internet?

1.     Konten memberikan edukasi kepada target konsumen Anda mengenai nilai maupun produk dari sebuah brand sehingga calon konsumen bisa mengenal sebuah produk maupun brand sebelum dikonversikan menjadi pembeli.

2.     Konten bisa dimanfaatkan sebagai peluang agar brand Anda dipandang sebagai unggulan di niche tertentu, dengan demikian brand bisa mendapatkan eksposur yang lebih besar di kalangan pasar.

Pemasaran dengan melibatkan influencer

Influencer adalah individu-individu yang memiliki pengaruh dan pengikut yang banyak di dunia online. Yang termasuk influencer misalnya adalah selebriti mainstream, selebriti niche misalnya Ade Rai untuk kategori binaraga, orang-orang yang memiliki pengaruh pada bidang tertentu misalnya Joko Anwar yang merupakan sutradara dan aktif di dunia online, dan individu-individu lain yang terkenal di dunia maya misalnya selebgram, youtuber, dan lainnya. Dengan demikian tipe strategi ini adalah menjalin kerjasama dengan influencer yang sesuai dengan pesan yang ingin brand Anda sampaikan kepada pasar untuk mempromosikan produk, branding, bahkan konversi.

Menggunakan influencer untuk memasarkan brand maupun produk bisa cukup efektif dalam mendapatkan lebih banyak konsumen. Karena influencer memiliki kedekatan hubungan yang lebih dekat dengan pasar dibandingkan antara perusahaan dengan konsumennya. Melihat seorang influencer mempromosikan sebuah produk hampir sama dengan teman sendiri yang mempromosikannya sehingga lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Tetapi hal ini tentunya harus diikuti dengan kualitas produk karena produk yang kualitasnya buruk tidak hanya melukai brand Anda namun juga reputasi dari influencer.

Afiliasi marketing

Anda tahu sistem referral di mana Anda akan mendapatkan keuntungan apabila orang lain membeli produk dari penjual tertentu yang Anda promosikan? Sistem afiliasi kurang lebih sama seperti ini namun dilakukan secara online. Sebagai perusahaan, Anda bisa menciptakan sebuah sistem yang bisa memberikan keuntungan atau pembayaran kepada situs-situs atau individual yang mempromosikan produk dari perusahaan Anda di situs mereka sendiri. Hal ini akan memicu para pencari penghasilan online untuk mendaftar bergabung menjadi affiliator bisnis online Anda. Tipe strategi pemasaran internet ini sangat erat kaitannya dengan konten, media sosial, dan juga influencer karena link afiliasi biasanya dimasukkan ke dalam konten atau media sosial para influencer.

Email marketing

Jika dulu pemasaran digital menggunakan SMS yang dikirimkan ke masing-masing pengguna ponsel, kini pemasaran online lebih mengandalkan email untuk promosi langsung ke pengguna internet. Email marketing adalah elemen yang sangat krusial bagi pemasaran internet karena dengan menggunakan email Anda bisa mengirimkan pesan personal langsung kepada audiens atau pesan yang lebih tersegmen untuk audiens yang membeli produk di kategori tertentu, banyak membaca dan membagikan artikel topik tertentu, mengajak audiens untuk menyelesaikan pembelian pada produk yang masih disimpan di keranjang belanja, dan sebagainya.

Email marketing biasanya dibuat dengan membuat landing page di mana konten dari halaman tersebut membahas dari A sampai Z mengenai produk maupun brand. Bisa juga dilakukan dengan memancing audiens untuk mendaftarkan alamat emailnya dengan iming-iming ebook gratis, kupon diskon, dan sebagainya. Setelah mendapatkan banyak alamat email Anda bisa menggunakannya untuk menyebarkan konten, kupon promo, penawaran khusus, informasi produk baru, dan sebagainya.

Iklan berbayar

Tipe strategi pemasaran internet yang juga bisa Anda manfaatkan fiturnya adalah memasang iklan di berbagai macam platform online sama dengan biaya tertentu. Seperti misalnya memasang iklan di konten-konten video Youtube, maupun di platform online lainnya. Ada beberapa metode yang diterapkan untuk menentukan berapa biaya yang harus Anda bayar untuk menayangkan iklan, yaitu:

1.     CPM (cost per thousand impression) artinya biaya iklan ditentukan setiap 1000 kali views

2.     CPV (cost per view) biaya akan dikenakan setiap kali iklan yang tayang dilihat oleh audiens

3.     CPA (cost per action) di mana Anda akan ditagih biaya iklan untuk setiap aksi yang dilakukan oleh audiens misalnya mengklik link dari iklan tersebut.

Untuk saat ini Google dan Facebook merupakan dua platform terbesar dan terbanyak yang digunakan untuk memasang iklan digital.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments