Dasar-Dasar Menulis Blog untuk Bisnis Anda
Digital Marketing

Dasar-Dasar Menulis Blog untuk Bisnis Anda

Ini Dia Dasar-dasar Menulis Blog Untuk Kesuksesan Bisnis Anda. Ada banyak penjelasan dari Dasar-Dasar Menulis Blog untuk Bisnis Anda, selengkapnya disini.

Ini Dia Dasar-dasar Menulis Blog Untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Ada banyak penjelasan dari Dasar-Dasar Menulis Blog untuk Bisnis Anda yang dapat dilakukan dengan perencanaan lebih matang. Karena pada dasarnya semua jenis usaha atau bisnis tentunya dapat dijalankan dengan lebih baik apabila ia memiliki perencanaan yang terlaksana dengan baik. Begitu pun dalam penulisan blog, tentunya anda tidak hanya menuliskan apa saja yang anda inginkan, tetapi penting bagi anda untuk memperhatikan beberapa hal mendasar yang berkaitan dengan dunia penulisan, sehingga blog yang anda buat untuk kepentingan bisnis itu pun dapat memberikan efek berupa hasil yang lebih maksimal.

person's hand on silver MacBook
Photo by rawpixel / Unsplash

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika membuat blog untuk kepentingan bisnis adalah pembuatannya yang sesuai dengan perencanaan usaha, sehingga bisnis yang dilakukan pun dapat dikelola dengan baik. Selain itu pastikan pula untuk mengatur blog tersebut agar tetap terarah, karena hal tersebut tentunya dapat mengukur sejauh mana tingkat perkembangan bisnis yang anda lakukan melalui blog tersebut di kemudian harinya. Lebih dari itu, jika bisnis yang anda lakukan berjalan dengan baik, tentunya anda pun dapat melakukan perkembangan dengan mudah, bahkan anda pun dapat mencoba jenis blog baru sesuai dengan perkembangan pada bisnis yang anda lakukan tentunya.

Lantas langkah penting apa saja kiranya yang wajib untuk anda lakukan dalam membuat blog? Simaklah penjelasan singkatnya di bagian bawah ini :

1. Penentuan tema atau niche blog bisnis

Sebelum menjelaskan lebih jauh mengenai niche atau tema blog, ada baiknya untuk anda mengenali 2 jenis pilihan niche atau tema terlebih dahulu, yaitu niche gado-gado serta niche spesifik. Apa saja yang menjadi perbedaan di antara kedua jenis niche tersebut? Berikut penjelasannya :

Niche gado-gado

Niche atau tema gado-gado adalah jenis blog bisnis yang di dalamnya membahas beragam jenis tema berbeda atau dikenal pula dengan sebutan campuran, sehingga dalam satu blog tersebut pun terdapat banyak jenis tema yang dibahas di dalamnya. Untuk saat ini ada banyak jenis blog yang menggunakan niche atau tema gado-gado yang tentunya dapat anda temui dengan mudah. namun tentunya dari setiap niche yang digunakan itu sendiri terdapat beberapa kelebihan serta kekurangan yang berbeda, seperti halnya beberapa kelebihan serta kekurangan di bagian bawah ini :

Kelebihan

  • Untuk pembuatan atau posting blog baru tentunya dapat dilakukan dengan lebih mudah, hal ini berkaitan dengan apa saja yang menjadi ide tentunya dapat ditulis secara langsung dengan mudah.
  • Beragamnya tema membuat rutinitas dari penulisan tidak pernah berhenti untuk dilakukan.

Kekurangan :

  • Lebih sulit untuk mendapatkan pembaca setia atau pengunjung tetap
  • Lebih membutuhkan banyak konten sehingga blog tetap terasa hidup.

Dari beragam kelebihan serta kekurangan yang telah disebutkan di bagian atas tadi, tentunya anda dapat memilih tema blog dengan lebih mudah. Namun sebelumnya pastikanlah terlebih dahulu untuk melakukan analisa data, hal ini bertujuan agar bisnis yang anda lakukan dapat meraih kesuksesan dengan lebih mudah.  

Blog Niches

Niche spesifik

Niche atau tema spesifik adalah blog yang di dalamnya secara khusus membahas satu jenis tema tertentu saja. Dengan kata lain, jenis blog yang satu ini lebih rinci dan mendetail dibandingkan dengan jenis blog bertema gado-gado di bagian atas tadi.

Karena jenis tema yang dipilih lebih terbatas, tentunya anda dapat memilih salah satu tema yang tepat, seperti halnya ketika anda memulai bisnis di bidang pariwisata, maka pastikanlah untuk mengangkat tema wisata, dan begitu pun pemilihan jenis tema lainnya yang sesuai dengan bisnis yang anda tekuni. Dengan demikian, pembahasan dalam blog itu pun tidak akan meluas dan tentunya dapat terfokus pada bisnis yang anda lakukan.

Sama halnya dengan jenis blog dengan niche atau tema gado-gado, jenis blog yang satu ini pun memiliki beragam kelebihan serta kekurangan, diantaranya :

Kelebihan :

  • Lebih mudah dalam mendapatkan pembaca atau pelanggan setia, karena para pengunjung pun umumnya menemukan blog tersebut sesuai dengan hobi yang dimilikinya.
  • Apabila bisnis yang dilakukan sesuai dengan hobi yang anda miliki, maka penulisan konten pun dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Kekurangan :

  • Penguasaan tema harus dilakukan dengan sangat baik, hal ini bertujuan agar konten yang terdapat di dalam blog tetap menarik
  • Setiap topik yang dibahas harus berkaitan antara satu dengan lainnya.

2. Penentuan nama domain

Setelah menentukan tema, atau niche, langkah dasar selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah menentukan domain. Dalam hal ini pastikanlah anda memilih domain yang mudah untuk diingat. Dengan kata lain, hindari menggunakan domain yang terlalu panjang. Pasalnya semakin sedikit suku kata yang anda gunakan, maka akan semakin mudah pula domain tersebut untuk anda ingat. Langkah yang satu ini memang tidak perlu anda pelajari, karena anda sendiri hanya tinggal mencari nama domain yang dapat menarik perhatian dari pengunjung dan juga terdengar unik untuk dikunjungi. Pada dasarnya ada 2 jenis domain yang dapat anda gunakan, diantaranya :

  • Domain versi gratis, jenis domain yang satu ini umumnya terdapat extension di bagian belakangnya. Hal ini bergantung pada jenis platform blogger yang anda gunakan, seperti halnya platform blogspot, atau bahkan Wordpress.
  • Domain versi berbayar, yaitu jenis domain yang tidak disertai dengan bagian extension di belakangnya. Hal ini dikarenakan dalam penggunaan domain tersebut anda diwajibkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu, registrasi itu pun tentunya dilakukan secara berbayar ada yang dilakukan dengan sistem pembayaran per tahun, ada pula yang dilakukan dengan sistem pembayaran lainnya.

3. Menentukan jenis platform

Apabila pemilihan nama domain telah anda lakukan, baik itu dengan memilih versi gratis atau bahkan berbayar, maka Dasar-Dasar Menulis Blog untuk Bisnis Anda selanjutnya adalah menentukan platform mana kiranya yang ingin anda gunakan. Untuk saat ini pembuatan blog demi kepentingan bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah, hal ini bahkan tidak jauh berbeda dengan pengelolaan dari sosial media yang anda miliki secara pribadi. Dengan kata lain, anda tidak perlu memiliki keahlian khusus dalam bidang coding, karena hal seperti itu sudah tidak diperlukan kembali seiring dengan kecanggihan teknologi serta penggunaan beragam platform blog yang dapat dikuasai dengan lebih mudah.

woman browsing on her laptop
Photo by Tran Mau Tri Tam / Unsplash

Pada dasarnya ada dua jenis platform blog yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, platform tersebut adalah blogspot.com serta wordpress.com yang tentunya dapat diakses dengan mudah untuk kepentingan bisnis online anda.

Mengenal hosting

Selain istilah domain, tentunya anda pun pernah mendengar mengenai hosting. Namun apa sih yang disebut dengan hosting itu tadi? Hosting adalah layanan penyimpanan dari data website yang anda gunakan. Dengan kata lain, ketika anda menulis artikel, kemudian menerbitkan bergama jenis gambar, video dan lain sebagainya, tentu saja semua jenis file tersebut membutuhkan tempat untuk penyimpanan bukan? Nah hosting itulah yang kemudian anda gunakan untuk menyimpan beragam jenis file tersebut di dalam komputer. Hosting itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, diantaranya :

· Hosting gratis

Bloger dikenal sebagai fasilitas dengan hosting gratis, namun tentu saja untuk dibagian belakang domain yang dimilikinya pun disertakan extension penanda seperti yang telah disebutkan pada bagian di atas tadi. Namun hal ini jelas berbeda dengan penggunaan domain berbayar, yang mana hosting blogspot yang dimilikinya diarahkan secara khusus yang disebut pula dengan custom domain blog.

· Hosting berbayar

Hosting berbayar umumnya digunakan bagi anda yang ingin lebih serius serta lebih bebas dalam menggunakan blog yang anda miliki. Dengan kata lain, blog bisnis anda tersebut dapat menggunakan jasa hosting dengan sistem berbayar, sehingga bisnis yang anda lakukan pun dapat berjalan dengan lebih lancar dan tidak terikat pada aturan tertentu yang dimiliki oleh platform gratisan. Sementara itu, untuk harga yang dimilikinya tentu lebih beragam, sesuai dengan penyedia yang anda gunakan masing-masing.

4. Kenali faktor yang menjadikan blog lebih populer

Pembuatan blog untuk kepentingan bisnis memang dapat anda lakukan dengan lebih mudah, bahkan setiap orang pun dapat membuatnya secara langsung. Namun untuk menjadikan bisnis anda tersebut meraih kesuksesan tentunya bukanlah hal mudah yang bisa anda dapatkan secara instan, karena hal ini umumnya membutuhkan keuletan tingkat tinggi. Selain itu, anda juga wajib mengetahui beragam hal mendasar yang dapat mempengaruhi eksistensi dari blog itu sendiri. Karena itulah pada tahap awal pembuatan hindari untuk berekspektasi secara berlebih, hal ini bertujuan agar proses atau kegiatan nge-blog yang anda lakukan dapat anda jalani dengan lebih lancar, serius dan tetap santai tentunya.

Untuk mendapatkan traffic berkualitas umumnya bisa anda dapatkan dari search engine atau mesin pencari. Karena itulah, penting bagi anda untuk mengetahui faktor apa saja kiranya yang dapat menjadikan blog yang anda buat tersebut tampil dengan lebih populer, baik itu populer di kalangan para pembaca atau bahkan di mata search engine sekali pun.

Sementara itu, untuk kunci utama dari kesuksesan blog anda juga dapat terlihat melalui user experience atau bentuk pengalaman penggunaan. Dengan kata lain, blog yang dapat memberikan kepuasan bagi para pembaca atau pelanggan tentunya akan memenuhi beberapa poin di bagian bawah ini :

  • Memiliki artikel yang menarik serta berkualitas
  • Memiliki desain blog yang baik dan tidak mengganggu kenyamanan penglihatan mata
  • Ringan dan lebih mudah untuk diakses
  • Memiliki optimasi atau menggunakan SEO dengan tepat.

Dari beberapa penjelasan di bagian atas tadi, tentunya anda dapat melihat bahwa semakin banyak artikel atau postingan berkualitas yang anda masukkan ke dalam blog bisnis tersebut, maka akan semakin tinggi pula peluang dari para pengunjung dalam mengunjungi blog bisnis yang anda miliki tersebut. Selain itu, pihak dari mesin pencari itu sendiri umumnya tidak memberikan gambaran secara jelas atau gamblang mengenai faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kualitas konten. Pasalnya ada banyak sekali faktor yang dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melihat apakah postingan dari blog yang anda miliki menarik atau tidak dan juga digunakan sebagai tolak ukur untuk menentukan tingkat kemunculan pada mesin pencari itu sendiri.

Dari penjelasan di bagian atas tadi tentunya anda dapat melihat bahwa terdapat banyak sekali Dasar-Dasar Menulis Blog untuk Bisnis Anda yang wajib dipelajari dengan lebih dalam agar bisnis yang anda lakukan pun meraih kesuksesan di dunia online.  

Tambahan Informasi :

https://aldariswati.page.tl

https://www.kiwibox.com/julesarkley/blog/

https://www.indiehackers.com/JulesArkley

http://mediaiklan.soup.io/

https://medium.com/@julesarkley

https://nouw.com/julesarkley

https://www.minds.com/JulesArkley

https://julesarkley.contently.com/

http://julesarkley.bravesites.com/

http://julesarkley.wikidot.com/blog:3

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments