Alasan Kenapa Backlink Masih Memiliki Peranan Penting untuk SEO
SEO

Alasan Kenapa Backlink Masih Memiliki Peranan Penting untuk SEO

Apa itu backlink di SEO ? Apa saja jenis-jenisnya? Apa manfaat menanamkan backlink? Berikut Alasan Kenapa Backlink Masih Memiliki Peranan Penting untuk SEO

Apa itu backlink di SEO ? Jika Anda bertanya tentang hal tersebut, Anda harus belajar terlebih dahulu terkait sistem website. Hal ini karena backlink dan SEO adalah dua hal yang saling berkaitan. Keduanya perlu diperhatikan oleh seorang pebisnis pemula yang ingin memulai usahanya melalui sistem online. Backlink sendiri adalah link khusus yang dimasukkan ke dalam website lain dan diarahkan ke website milik Anda pribadi. Dengan demikian, user pengakses internet nantinya bisa mengakses website Anda dan secara tidak langsung, website Anda makin naik rangkingnya di mesin pencari. Jika Anda ingin mengetahui informasi lengkap tentang backlink, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Jenis backlink

1. One way backlink

Sesuai dengan namanya, one way backlink adalah sebuah sistem backlink, dimana alamat url backlink dipasang kedalam sebuah website dan tidak perlu menyertakan ulang di halaman lain website yang bersangkutan. Pada prakteknya, one way backlink bisa dilakukan dengan cara memasukkan alamat url ke comment blog, social bookmark, dan signature forum.

2. Reciprocal backlink

Meskipun reciprocal backlink terlihat lebih rumit, backlink yang bisa dilakukan dengan cara direktori submit atau tukar link ini bisa menjadikan website Anda cepat berada di posisi teratas halaman pencarian. Dengan memasang backlink jenis ini, user yang mengakses internet akan meyakini bahwa website Anda termasuk website yang bisa dipercaya.  

Manfaat backlink

Dalam sebuah media online, alasan kenapa backlink masih memiliki peranan penting untuk SEO adalah karena keberadaannya mampu membuat sebuah website berada dalam peringkat atas pencarian. Ketika sudah mencapai peringkat teratas, user yang mengakses website pasti akan lebih percaya dengan artikel atau komponen yang ada dalam website tersebut dibandingkan dengan website lainnya. Backlink sendiri berperan sebagai sinyal optimasi halaman website. Ketika semakin banyak website yang menautkan link halamannya ke halaman website Anda, mesin pencarian seperti Bing dan Google akan menerjemahkannya sebagai halaman yang kontennya bagus dan relevan. Dengan demikian, manfaat backlink sebagai vote of confidence sebuah website bisa tercapai.  

Berikut contoh dari manfaat menanamkan backlink.

Arfadia - SIDIA - Mendominasi Pasar Software Pendidikan

Saat Anda sudah tahu hubungan backlink dengan SEO, tentu Anda ingin tahu bagaimana cara untuk mencari backlink yang berkualitas. Selain menggunakan penyedia jasa online, seperti Arfadia-SEO untuk mencarikan keyword yang relevan dengan website milik pribadi. Anda bisa menggunakan beberapa cara, seperti:

a. Blog comment

Ketika Anda mengunjungi website tertentu, Anda bisa ikut berkomentar di dalam website tersebut sambil menyertakan link halaman website milik pribadi. Ketika ada user lain yang membaca komentar Anda dan mengklik alamat link tersebut, link yang akan terakses adalah link yang ada didalam website.

b. Posting artikel

Ketika Anda ingin mendapatkan traffic, salah satu cara mendapatkan backlink adalah dengan memosting artikel berkualitas terlebih dahulu. Artikel ini akan membantu Anda terhubung dengan website lain yang memiliki bahasan artikel dengan keyword serupa.

c. Situs bookmark

Metode situs bookmark bisa dilakukan dengan menjadikan website milik Anda dan keyword kunci didalamnya sebagai bookmark dalam browser. Ketika mengklik link yang ada, secara tidak langsung ada link lain dengan bahasan serupa yang akan muncul dan dijadikan external link pada halaman Anda.

d. Social media bookmark

Metode lain penerapan link pada sebuah website adalah social media bookmark. Metode ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan link website Anda pada social media yang terintegrasi dengan website. Ketika ada user social media yang mengklik link tersebut, link ini akan langsung muncul di halaman browser user internet yang bersangkutan.

e. Link exchange  

Untuk metode ini, Anda sebaiknya mengenal blogger atau komunitas penulis yang bisa menyediakan konten berkualitas untuk website Anda. Cara ini dilakukan dengan bertukar link url yang konten di dalamnya berisi hal serupa. Dengan cara ini. Anda tidak hanya bisa mendapatkan peringkat teratas di mesin pencarian tetapi juga saran dari sesama blogger atau internet marketer untuk meningkatkan popularitas website.

f. Digital Agency  

Melalui digital agency, Anda dapat memperoleh data media website-website yang dimiliki oleh Digital Agency. Seperti Arfadia – Jasa SEO Terbukti dan Terpercaya, memiliki ribuan data website untuk bisa dimasukkan artikel-artikel untuk ditanamkan backlink pada artikel tersebut, sehingga memudahkan Anda untuk memperoleh website dengan niche yang tepat dengan PA dan DA yang berkualitas juga.

Semoga dengan bahasan tentang alasan kenapa backlink masih memiliki peranan penting untuk SEO, Anda bisa semakin paham tentang backlink dan cara untuk mendapatkannya.  

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments