Cara Terbaik untuk Meningkatkan Jumlah Subscriber Youtube
Digital Marketing

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Jumlah Subscriber Youtube

Cara Terbaik untuk Meningkatkan Jumlah Subscriber Youtube apa saja ? simak penjelasan lengkapnya dari Arfadia yang sudah memiliki pengalaman sukses.

Photo by Adam Gong / Unsplash

Bagi Anda yang kreatif membuat video menarik dan bermanfaat berpeluang mengeruk penghasilan besar sebagai Youtuber atau pebisnis online. Agar bisa mendulang kesuksesan maka channel Youtube Anda harus memiliki banyak subscriber. Bila tidak, pasti bisnisnya hanya jalan di tempat atau sulit diterima sebagai publisher iklan di media sosial ini. Nah, bagaimana cara meningkatkan subscriber Youtube ?

Buat Channel yang Memikat

Kekuatan penting dalam setiap video yang diunggah di Youtube adalah keunikannya. Semakin menarik dan memberikan manfaat maka akan disenangi oleh warganet. Sebaliknya, bila video yang disuguhkan terlalu biasa, tidak jelas gambarnya dan terlalu bertele-tele pastinya akan segera ditinggalkan oleh pengunjungnya.

Tentunya kalau berharap channel Anda bisa mendatangkan uang harus mampu memberikan video yang memikat. Agar semakin menarik warganet penting untuk merancang halaman depan channel dengan tampilan yang menarik. Bisa gunakan gambar unik, dan video thumbnail supaya semakin merangsang rasa ingin tahu pengunjung untuk mengklik setiap video Anda.

Contoh Channel yang menarik

Upload Video Secara Rutin

Semakin kreatif dan produktif sebuah channel Youtube maka akan semakin banyak penggemarnya. Hal ini karena pengunjung juga selalu menunggu video-video baru. Sehingga ada tontonan baru yang menghibur dan bisa memberikan manfaat baginya. Apalagi kalau jumlah subscriber sudah mulai banyak, maka jangan sampai menyia-nyiakan kondisi ini.

Terus tambah kuantitas dan intensitas unggahan videonya, tentunya dengan tetap menjaga kualitasnya. Sehingga tidak terkesan yang penting terbit saja, tapi setiap videonya harus bagus dan membuat penonton semakin penasaran dengan berbagai tayangan selanjutnya. Anda bisa mengawali mengunggah video seminggu sekali, dan nantinya bisa saja setiap hari.

Pelajari dan Aplikasikan Tips dari Youtube

Pihak Youtube sudah menyediakan berbagai tips agar setiap orang bisa sukses di media sosial ini. Berbagai kiat tersebut terkait tutorial membuat video berkualitas, meningkatkan jumlah pengunjung dan sebagainya. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengakses menu yang ada di dashboard. Pelajari dengan seksama dan praktekkan agar memberikan hasil sesuai harapan.

Pahami Tips Membuat Video Viral

Pada detik-detik pertama, video harus menayangkan sudut terpenting dari tayangan tersebut. Dengan maksud agar penonton akan lebih tertarik untuk terus menyaksikan videonya. Kalau seseorang sudah menangkap satu adegan penting atau dianggapnya menarik, maka dia pun akan menonton  videonya sampai tuntas. Semakin bagus videonya sudah pasti makin banyak orang yang sukarela menjadi subscriber channel Youtube Anda.

Terjemahkan Isi Video Anda

Anda bisa mengetahui dari mana saja penonton video yang diunggah di Youtube. Kalau ternyata sangat banyak yang berada di luar negeri sangatlah penting untuk memberikan terjemahan di dalam videonya. Setidaknya kalau bahasa pengantarnya dengan Bahasa Indonesia, maka tampilkan terjemahan dalam Bahasa Inggris.

Selain itu, bisa juga memberikan deskripsi dalam berbagai bahasa yang sekiranya perlu dan Anda juga menguasainya. Dengan demikian, Anda tidak hanya berharap mendapatkan subscribe dari orang Indonesia saja. Tetapi juga banyak warganet dari negara lain.

Kenalkan Channel Youtube Anda di Berbagai Media Sosial

Indonesia dikenal sebagai pengguna media sosial terbanyak di dunia. Tercatat ada puluhan juta orang memiliki akun Twitter, Instagram, Facebook dan sebagainya. Satu orang bisa memiliki berbagai akun media sosial tersebut. Kondisi ini sangat menggembirakan bagi pemilik channel di Youtube. Karena bisa dijadikan sebagai sarana untuk mempopulerkan berbagai video kreasinya.

Pastinya cara ini tidak hanya bertujuan agar mereka mau melihat videonya saja. Tapi juga dengan sukarela untuk memberikan like, komentar dan bahkan menjadi subscribernya. Semakin gencar mempromosikan video di banyak media sosial, maka Anda akan melihat lonjakan pengunjung dan subscriber dengan jumlah sangat signifikan.

Terapkan Teknik SEO Secara Tepat

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik agar video atau konten yang dibuat bisa lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari. Dengan begitu, saat warganet mengetikkan kata sandi atau keyword dalam kolom pencarian, maka video Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencari seperti Google dan Bing. Hal itu karena mesin pencari lebih merekomendasikan video buatan Anda.

Bagi seorang Youtuber yang sudah ternama atau seorang artis mungkin strategi ini kurang penting. Namun bagi yang masih pemula, cara ini sangatlah penting. Agar video lebih gampang muncul di pencarian utama. Dengan begitu, akan semakin banyak jumlah penontonnya, like, komentar dan juga orang yang bersedia menjadi subscriber channel Youtube Anda.

Teknik SEO ini bisa diaplikasikan dengan memperhatikan pemilihan judulnya, dan deskripsi yang menarik. Salah satu kunci pentingnya adalah pada pemilihan keywordnya. Dengan memilih kata kunci yang sesuai maka memperbesar kemungkinan video bertengger di barisan depan halaman mesin pencari. Semakin mudah netizen menemukannya, maka besar peluang mereka menyaksikan video Anda.

Dampak dari penerapan Teknik SEO yang benar untuk Video Youtube

Foto thumbnail yang mengundang

Cara meningkatkan subscriber Yotube adalah dengan mengundang sebanyak-banyaknya orang untuk menonton konten video Anda dan membuat mereka tertarik untuk klik tombol subscribe agar selalu update dengan konten baru yang Anda unggah. Bagaimana membuat orang tertarik menonton video Anda di antara video-video lain yang serupa? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan foto thumbnail  yang menarik perhatian. Anda bisa membuat foto thumbnail sendiri untuk dipasang sebagai cover atau preview video Anda tentunya dipadukan dengan judul yang click bait.

Buat judul yang click bait

Judul yang mengundang rasa penasaran orang biasanya akan lebih banyak mengundang penonton. Namun yang harus diperhatikan agar subscriber  Anda bertambah dan banyak pengguna yang setia menonton video Anda adalah pastikan kontennya tidak menipu alias  relevan dengan judulnya, informatif, kreatif, bukan hanya konten click bait tanpa isi. Judul yang singkat namun deskriptif akan lebih mudah ditemukan orang ketika dicari di kolom search, ditambah dengan foto thumbnail yang tampak menarik dan jelas relevan, bisa meningkatkan jumlah penonton dan subscriber Anda.

Contoh judul yang click bait mengundang penonton

Call-to-action kepada penonton

Apapun tujuan Anda membuat konten di Youtube: untuk dapat uang dari internet, mendapatkan lead yang lebih banyak untuk ke situs Anda, meningkatkan brand awareness  untuk perusahaan, dan sebagainya, meminta/mengajak langsung penonton untuk menjadi subscribe atau sekedar like, share, dan memberikan komentar bisa jadi cara meningkatkan subscriber Youtube.  Beberapa cara CTA yang biasa dilakukan adalah dengan meminta langsung kepada penonton, memasang end-card yang bisa diklik, dan mengajak penonton untuk subscribe pada deskripsi video. Bisa juga dijadikan syarat untuk giveaway yang bisa diadakan sewaktu-waktu.

Jangan Pernah Beli Subscriber

Tidak sedikit orang yang menginginkan hasil instan, dengan menerapkan cara yang tidak dibenarkan. Salah satunya dengan membeli subscriber.  Cara ini sebenarnya menurunkan kredibilitas sebagai seorang Youtuber. Bila menginginkan jumlah penayangan, like dan subscriber yang banyak tentunya tidak harus melakukan tindakan tersebut.

Cara alami lebih disarankan dengan menampilkan video berkualitas, menarik, dan bermanfaat. Mungkin Anda tergiur dengan tawaran penjual subscriber yang mampu memberikan pelanggan channel Youtuber hingga ribuan dalam waktu singkat. Padahal biasanya kuantitas tersebut tidak sebanding dengan kualitasnya.

Maksudnya adalah meskipun jumlahnya ribuan subscriber, tapi biasanya yang menonton video Anda hanya beberapa gelintir saja. Seiring waktu pun jumlah subscriber tersebut akan terus berkurang. Sebab mereka tidak lagi menjadi subscriber Anda. Umumnya bisa karena channel Youtube Anda kurang memikat, tidak rutin upload video terbaru dan sebagainya.

Nah, daripada mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli subscriber, lebih baik fokus untuk menyuguhkan tayangan terbaik untuk warganet dan khususnya subscriber channel Youtube Anda. Untuk mendapatkan subscriber memang butuh perjuangan, jadi jangan tergoda melakukan cara keliru dan hanya menempuh langkah yang benar.

Gunakan Jasa Digital Agency Terpercaya

Kenapa Anda sebaiknya menggunakan jasa ini? Jika Anda adalah pebisnis yang ingin menggunakan Youtube sebagai pendukung kesuksesan, penting untuk mengoptimalkan penggunaannya. Bila Anda kurang begitu memahami caranya, ada baiknya untuk menyerahkan tugas tersebut kepada ahlinya. Anda bisa memanfaatkan jasa digital agency.

Penyedia jasa ini akan membantu Anda menggunakan channel Youtube Anda secara optimal. Caranya dengan menentukan goal, riset pasar, kompetisi keyword, dan menerapkan strategi marketing yang diselaraskan dengan anggaran Anda. Kemudian barulah untuk menggunakan bermacam strategi promosinya. Bisa melalui konten kreatif, link building, promosi konten, iklan PPC, email marketing dan sebagainya.

Semua proses tersebut akan dipantau dengan cermat, dievaluasi, dan dilaporkan secara terperinci kepada Anda. Dengan begitu, akan terlihat pencapaian pengunjung dan menemukan konsumen potensial. Segala tahapan tersebut akan memberikan dampak signifikan bagi kemajuan bisnis Anda. Nah, kalau Anda akan menggunakan jasa tersebut bisa segera berkonsultasi dengan Arfadia - Digital Agency Jakarta. Pengalaman, SDM handal dan pelayanan primanya akan memberikan solusi terbaik bagi bisnis Anda.

Digital Agency Jakarta - Arfadia
0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments