Apa itu Google Adsense ?
Digital Marketing

Apa itu Google Adsense ?

Apa itu Google Adsense ? Google Adsense adalah metode gratis untuk mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan bertarget pada halaman website.

Apa itu Google Adsense ? Bagi Anda yang masih seorang pemula di dunia internet marketing tentu akan merasa bingung saat ditanya tentang Google Adsense maupun cara kerjanya. Produk Google yang satu ini umumnya berkaitan dengan iklan online dan jika Anda ingin lebih memahaminya, Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Definisi Google Adsense

Google Adsense adalah metode gratis untuk mendapatkan penghasilan dengan menampilkan iklan bertarget pada halaman website. Anda bisa menampilkan iklan jenis apapun yang menarik dan relevan dengan konten yang ditampilkan dalam website. Ketika ada pengunjung yang datang untuk melihat artikel dalam website dan mengklik iklan yang bersangkutan, maka Anda secara otomatis akan mendapatkan penghasilan dari sistem PPC (pay per click) atau sistem lainnya.

Jenis iklan

Sampai saat ini ada beragam jenis iklan yang bisa dikategorikan k edalam Google Adsense, antara lain:

  • Adsense for content

Jenis iklan yang satu ini umumnya bisa ditemukan dalam sebuah blog atau website yang memiliki konten menarik. Iklan yang dipromosikan oleh para pemilik blog atua website bisa memiliki keterkaitan dengan konten yang dimasukkan dalam halaman website atau tidak sama sekali.

  • Adsense for search

Iklan dalam bentuk adsense for search umumnya dimiliki oleh website besar atau website yang sudah memiliki traffic sangat tinggi. Pemilik website atau blog akan mengondisikan websitenya terhubung dengan mesin pencari Google dengan menampilkan kotak search di kolom halaman kontennya. Ketika pengunjung website melakukan pencarian melalui kotak search yang ada dalam website, maka pemilik website akan menerima komisi dari Google Adsense.

  • Adsense for video

Untuk jenis iklan yang satu ini, Anda bisa menemuinya ketika mengakses video youtube. Umumnya iklan dalam bentuk video akan muncul sebelum Anda memutar video yang diinginkan atau muncul ditengah-tengah video.

  • Adsense for mobile

Jenis iklan yang satu ini umumnya bisa terlihat dalam perangkat smartphone atau website yang didesain bisa diakses melalui handphone. Secara umum, Anda bisa menemukan iklan semacam ini ketika Anda ingin membuka dan menginstall aplikasi tertentu kedalam handphone.

Secara umum, jenis iklan yang disediakan Google Adsense berbeda dengan jenis jaringan iklan yang disediakan oleh browser lain. Hal ini karena iklan Google Adsense akan sering ditampilkan dalam bentuk Google Ads. Disamping itu, Google Adsense memberikan akses yang lebih cepat kepada banyak pengiklan untuk mendapatkan ruang iklan yang lebih relevan pada halaman website milik Anda.

Cara kerja Google Adsense

Apabila Anda ingin lebih memahami cara kerja Google Adsense, Anda harus memahami komponen yang saling terkait didalamnya, yaitu:

a.   Advertiser

Pihak perusahaan yang akan memasang iklan umumnya akan berhubungan dengan penyedia iklan dengan memanfaatkan halaman Google Adsense yang kosong di sebuah website. Agar bisa memasang iklan, para advertiser harus menggunakan Google Ads - yang dulunya Google Adwords - (dan meregistrasikan alamat email yang dimiliki perusahaan. Sebelum iklan yang akana dipasang oleh pihak advertiser disetujui, pihak Google sendiri akan melakukan survei dan melihat apakah perusahaan pemasang iklan juga memiliki website yang memiliki traffic tinggi. Saat penggunaan Google Ads disetujui, pihak yang akan mengiklankan produk perusahaan mereka bebas memilih jenis iklan yang akan dipasang dan biaya yang dibayar sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui dengan pihak Google.  

b.   Penyedia layanan iklan

Penyedia layanan iklan yang dimaksud disini adalah Google. Perusahaan Google sendiri sudah memfasilitasi pemasang iklan dengan Google Ads dan sebelum memasang iklan, para advertiser harus mengaktifkan Google Ads dan memahami semua tools yang ada didalamnya. Dengan begitu, advertiser memahami teknik untuk memasang iklan dengan benar dan membantu meningkatkan penjualan produk yang dimiliki.

c.   Publisher

Publisher yang sering dimaksud disini adalah pemilik website atau blog yang membantu advertiser dan Google dalam mempromosikan iklan yang sudah terdaftar resmi. Syarat utama yang perlu dimiliki publisher adalah kepemilikan akun Google Adsense. Dengan akun tersebut, publisher memberitahukan secara tidak langsung pada pihak advertiser bahwa halaman situs yang dimiliki bisa digunakan untuk mempromosikan produk. Namun demikian, untuk memiliki Google Adsense bagi para publisher juga bukan hal yang mudah. Pemilik website wajib mendaftar untuk memiliki akun Google Adsense dengan latar belakang situs yang dimiliki berbayar atau gratis. Sebelum disetujui, Google akan melakukan review terkait traffic dan konten dari website atau situs publisher. Hanya publisher yang memenuhi syarat yang bisa menggunakan akun Google Adsense dan mendapatkan pembayaran sesuai dengan jumlah user atau konsumen yang mengakses iklan. Pada dasarnya, untuk menjadi seorang publisher, Anda perlu memperhatikan beberapa aspek, seperti:

  • Konten, baik artikel, video, atau gambar yang dipasang didalam situs atau website perlu diperbarui secara berkala dengan keyword yang mampu mendatangkan traffic.
  • Memiliki backlink yang sangat kuat untuk membuat halaman website dipercaya user atau konsumen.
  • Memiliki domain jelas dengan aktivitas website yang selalu terpantau dengan baik.
Iklan ESDM Hemat Listrik di website www.siaga.id
Iklan ESDM Hemat Listrik di website www.beritaselebritis.id
Iklan ESDM Hemat Listrik di website 21cineplex.com

d.   Konsumen

Konsumen atau user internet tergolong komponen terakhir yang terlibat dalam Google Adsense dan melalui konsumen-lah, publisher dalam bentuk grup atau perorangan bisa mendapatkan bayaran dari iklan online. Setiap konsumen umumnya bisa menemukan iklan online secara sengaja atau tidak. Ketika konsumen mengakses iklan Google Adsense lebih lanjut, advertiser akan membayar publisher melalui Google dan mendapatkan tujuannya untuk mempopulerkan produk yang dimiliki kepada konsumen.

Metode pendaftaran Google Adsense

Ketika Anda ingin mendaftar sebagai publisher dan mencoba memiliki akun Google Adsense, syarat utama yang perlu dimiliki adalah sebuah website dengan konten yang menarik dan selalu memiliki traffic. Anda hanya perlu mengakses Google Adsense dan mendaftarkan alamat email Anda di sana sampai mendapat konfirmasi lebih lanjut dari pihak Google. Agar Anda sebagai calon publisher tidak mengalami kegagalan, Anda perlu menjadi seorang internet marketer yang handal. Jika Anda masih termasuk seorang pemula, belajarlah terlebih dahulu ilmu digital marketing yang disediakan oleh perusahaan digital marketing. Salah satu contoh layanan perusahaan yang bisa Anda manfaatkan adalah layanan yang disediakan oleh Arfadia, yaitu Arfadia – digital marketing. Disini, Anda bisa belajar menciptakan keyword yang sesuai untuk semua konten yang akan Anda pasang dalam website. Anda juga bisa menentukan konten yang bisa membuat website disetujui oleh Google untuk memasang Google Adsense dan diburu oleh advertiser.  

Mendapatkan uang dari Google Adsense

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang bisnis Google Adsense yang bisa mendatangkan uang. Biasanya bisnis yang satu ini lebih banyak dilakukan oleh para publisher. Di mana dengan memasang iklan dari Google Adsense akan langsung mendatangkan uang tanpa perlu modal. Namun begitu, keuntungan yang didapatkan juga harus dengan usaha. Di mana situs tersebut harus memiliki traffic yang tinggi.

Traffic tinggi akan memungkinkan banyak orang untuk bisa meng-klik iklan tersebut. Setiap ada orang yang klik iklan yang dipasang, maka publisher akan diberikan upah oleh Google. Kebanyakan hitungan upah yang diberikan dikenal dengan cost per klik. CPC inilah yang memungkinkan publisher mendapatkan upah. Maka dari itu, tugas utama dari publisher adalah meningkatkan pengunjung situs atau web tersebut. Dengan begitu, peluang konsumen klik iklan yang dipasang akan semakin besar.

Cara mencairkan dana Google Adsense

Ketika Anda sebagai publisher iklan memasang iklan dari seorang advertiser, Anda akan mendapat bayaran yang bisa dicairkan sesuai mata uang yang berlaku di negara Anda. Sistem penghitungan uang yang akan diperoleh, umumnya dilakukan dengan sistem cost per click dan akumulasinya akan dimasukkan kedalam rekening virtual. Rekening virtual ini bisa diintegrasikan dengan rekening asli milik Anda pribadi / perusahaan dan pada saat nominalnya sudah memenuhi ekspektasi, Anda bisa mencairkannya melalui bank. Semoga dengan bahasan diatas, Anda semakin memahami tentang apa itu Google Adsense dan mencoba mengembangkan penghasilan dari media online.

Demikian sedikit informasi tentang apa itu Google Adsense dari Arfadia – Digital Marketing Agency semoga bisa membantu.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments