Ada Crypto Influencer Terkenal Indonesia? Yuk Kenali Mereka!
Cryptocurrency

Ada Crypto Influencer Terkenal Indonesia? Yuk Kenali Mereka!

Ternyata ada top crypto influencer terkenal di Indonesia. Mereka adalah Tessar Napitupulu · Steven Suhadi · Angga Andinata. Yuk kenali mereka!

Crypto adalah mata uang yang sedang populer dalam beberapa tahun ini. Indonesia pun memiliki crypto influencer terkenal. Cryptocurrency berasal dari dua kata yaitu cryptography yang artinya adalah kode rahasia dan currency yang artinya adalah mata uang. Crypto tidak tersedia dalam bentuk fisik seperti koin atau uang tunai yang biasa kita gunakan sebagai alat transaksi saat ini. Crypto tidak memiliki bentuk fisik, blok kripto dibuat menggunakan kode-kode rumit yang dibuat mesin mining dan tiap blok berisi transaksi mengenai penciptaan satu koin dan historisnya.  Ia tidak memiliki otoritas penerbit pusat seperti bank atau pemerintah. Teknologi ini dilakukan secara anonym dan dicatat serta diamankan menggunakan teknologi blockchain.

Dalam sejarahnya, e-cash merupakan uang elektronik pertama yang digunakan pada tahun 1983 oleh ahli kriptografi Amerika, David Chaum yang kemudian dia implementasikan melalui Digicash. Bentuk awal pembayaran uang elektronik kriptografi ini membutuhkan pengguna untuk menggunakan perangkat lunak untuk menarik catatan dari bank dan menunjuk kunci terenskripsi tertentu sebelum dapat dikirim ke penerima, sehingga hal ini memungkinkan mata uang tidak dapat dilacak oleh bank penerbit, pemerintah, atau pihak ketiga mana pun. Mulai terbit tulisan mengenai sistem mata uang kripto pada tahun 1996.

Seiring meningkatnya investasi kripto, kini banyak bermunculan influencer crypto Indonesia. Apa itu influencer? Influencer adalah orang yang dapat mempengaruhi keputusan orang lain melalui konten-konten yang ia buat. Crypto influencer adalah influencer yang fokus membahas tentang aset kripto. Tak jauh berbeda dengan dunia saham, ada banyak juga influencer yang turun memberikan edukasi dan informasi penting tentang dunia kripto. Melalui informasi yang dibagikan oleh orang-orang tersebut, kita bisa mempelajari lebih dalam lagi untuk masuk ke dalam dunia kripto. Siapa saja top crypto influencer di Indonesia yang paling berpengaruh? Yuk kita simak nama-namanya!

1. Tessar Napitupulu

Salah satu crypto influencer terkenal Indonesia, Tessar Napitupulu.
Salah satu crypto influencer terkenal Indonesia, Tessar Napitupulu.

Salah satu top crypto influencer terkenal Indonesia, Tessar Napitupulu adalah Founder & Director Arfadia dan Araca Milk, sebuah digital marketing agency & creative media company yang menyediakan 360 marketing, SEO (Search Engine Optimization), PPC (Pay Per Click), PR (Public Relation), Social Media, dan Video untuk kebutuhan pemasaran. Saat ini sedang aktif dalam menggunakan ICO (Initial Coin Offering). ICO sendiri merupakan bentuk pengumpulan dana publik secara digital berbasis blockchain yang digunakan startup untuk mendapatkan modal dengan cara menjual token.

Menurut FINMA (Otoritas Pengawas Pasar Keuangan Swiss), ada tiga jenis token yang ditawarkan ICO, yaitu Payment Token, Utility Token, dan Asset Token. Pembayaran token sendiri diperlakukan seperti mata uang asing oleh Bank Indonesia, namun Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi telah mengakui ICO sebagai komoditas berjangka untuk spot dan future transaction. Tessar banyak membagikan informasi mengenai best crypto melalui akun Instagramnya @tarava23 dan juga melalui akun Linked In miliknya “Tessar Napitupulu”.

2. Angga Andinata

Influencer Terkenal di Indonesia, Angga Andinata

Jika berbicara mengenai edukator financial dan keuangan, nama Angga Andinata mungkin dapat menjadi salah satu influencer yang diikuti. Angga aktif pada akun Instagramnya @angga.andinata dalam membahas mengenai cryptocurrency. Membahas perkembangan dan tips-tips dalam menggunakan cryptocurrency.

Ia juga aktif memberi informasi mengenai crypto sebagai pembicara dalam acara seminar online atau pada channel Youtubenya “Angga Andinata” dengan jumlah subscriber sebanyak 370 ribu, ia kerap berbagi strategi dalam berinvestasi, menggunakan crypto untuk meraup keuntungan, atau membahas hal-hal yang perlu dihindari dalam berinvestasi crypto. Sebagai Influencer, ia aktif memberi informasi mengenai perkembangan market crypto dan tips lainnya mengenai keuangan.

3. Steven Suhadi

Influnecer Crypto Indonesia, Steven Suhadi.

Steven Suhadi merupakan salah satu pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia, yaitu asosiasi yang memfasilitasi percepatan adopsi teknologi blockchain di era industri 4.0 dan meningkatkan pemahaman mengenai teknologi blockchain. Steven sering memaparkan dan menyampaikan pemikirannya mengenai blockchain dan aset kripto pada berbagai acara seminar dan konferensi blockchain. Ia juga aktif sebagai pembicara webinar dan bintang tamu dalam beberapa channel Youtube yang membahas mengenai cryptocurrency.

Steven juga merupakan Co-founder Coinvestasi, yaitu platform Indonesia untuk acara dan informasi terkait mata uang Kripto, aset digital, dan teknologi blockchain. Steven terlibat cukup banyak dan memiliki pengaruh yang besar terhadap industry blockchain dan cryptocurrency di Indonesia. Jika kalian ingin mengikuti perkembangan blockchain dan cryptocurrency di Indonesia, kalian bisa mengunjungi akun Twitter resminya @stevensuhadi dan akun Twitter resmi Asosiasi Blockchain Indonesia @blockchainindo atau akun Youtube Asosiasi Blochchain Indonesia.

4. Eileen Kamtawijoyo

Eileen Kamtawijoyo

Nama Eileen Kamtawijoyo sudah tidak asing dikalangan pengguna mata uang kripto dan merupakan Co-founder Populix yang merupakan sebuah platform yang mengumpulkan data dari responden diseluruh Indonesia yang membantu dalam bisnis, akademik, institusi, pemerintahan, dan lainnya mendapatkan data yang akurat, terpercaya, dan nyata. Setelah lulus dari Universitas Cambridge sebagai Sarjana Manajemen, Eileen mendirikan Populix pada tahun 2018. Populix dipilih untuk batch kedua program Xcelerate Gojek sebagai salah satu dari 10 perusahaan startup.

Wanita yang masuk dalam jajaran Forbes 30 Under 30 pada tahun 2020 ini kerap membagikan informasi mengenai mata uang kripto termasuk dalam platform yang didirikannya, Populix dan dapat dilihat pada akun Linked in miliknya, yaitu Eileen K.

Jadi, itulah nama-nama top crypto influencer terkenal Indonesia yang bisa diikuti. Melalui media atau platform yang ada, mereka membagikan informasi mengenai crypto yang bisa dipelajari untuk mengelola aset kripto milikmu dengan tepat.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments