Cara Jualan di Instagram Agar Banjir Orderan Setiap Hari
Instagram

Cara Jualan di Instagram Agar Banjir Orderan Setiap Hari

Instagram adalah media sosial yang efektif untuk branding dan promosi, ini dia ulasan tentang cara jualan di instagram yang wajib dicoba.

Tak dapat ditampik lagi bahwa kehidupan manusia zaman now sangat erat dengan media sosial. Pagi, siang, dan malam sibuk mencari informasi yang berseliweran di media sosial, mulai dari informasi yang sedang viral, hingga informasi edukatif dan lain-lain tersedia. Jadi, tak heran jika ada yang mengklaim bahwa media sosial telah menjadi kebutuhan penting yang tak dapat ditinggalkan.

Kemudian media sosial berkembang pesat hingga menjadi salah satu cara berjualan di instagram. Kenapa demikian? Karena instagram istimewa, dilengkapi berbagai fitur yang lengkap dan keren. Selain itu, Instagram adalah salah satu  media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif, efektif untuk branding,  serta pendaftarannya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Berikut ini cara jualan di Instagram yang bakalan bikin kamu banjir orderan setiap hari.

1. Buat Akun Bisnis

Apa sih bedanya instagram akun bisnis dan biasa? Kenapa pebisnis dianjurkan untuk menggunakan akun bisnis? Ya tentu saja dong, akun bisnis memang diperuntukkan kepada pengguna yang ingin mengembangkan bisnisnya. Terutama yang bisnisnya masih seumur jagung. Toh akun ini juga dapat digunakan secara gratis sama seperti akun biasa.

Cara jualan di instagram menggunakan akun bisnis memberikan manfaat yang signifikan agar banjir orderan.  Kamu dapat meningkatkan kualitas postingan supaya dapat menjangkau reach dan engaged yang lebih luas lagi. Dilengkapi dengan fitur shopping dimana hanya dengan melihat postingan feed saja, pengguna sudah dapat melakukan pembelian secara langsung.

Pada akun instagram bisnis juga dapat menambahkan beberapa kategori bisnis, diantaranya software company, fashion, retail, blog pribadi dan organization. Hadirnya fitur insight juga sangat membantu supaya promosi bisnis semakin efektif.

2. Hubungkan Akun Bisnis dengan Akun Pribadi

Cara jualan di instagram yang dapat membantu kamu mendapatkan banyak orderan adalah dengan menghubungkan akun bisnis dengan akun pribadi. Tujuannya supaya dapat membangun kepercayaan klien. Hal ini berkaitan erat dengan maraknya akun bodong yang membuat pengguna instagram menjadi lebih was-was untuk berbelanja. Dengan adanya akun pribadi yang dihubungkan dengan akun bisnis, pengguna menjadi lebih yakin karena mengetahui secara langsung nama owner, alamat dan lain-lain yang termuat pada bio akun pribadi.

3. Follow Akun Pengguna yang Sama Dengan Produk yang Di Jual

Cara Jualan di Instagram Agar Banjir Orderan Setiap Hari
Photo by Gabrielle Henderson on Unsplash

Follow akun pengguna lain tidak akan menurunkan harga diri kamu kok. Justru akan menambah followers, tapi jangan asal follow. Kamu harus memilih dan memilah akun yang sesuai dengan apa yang kamu jual. Misalnya kamu menjual baju tidur, maka follow akun supplier yang paling terbesar agar kamu dapat ikut berkomentar dan menempatkan kalimat persuasif tentang produk yang kita jual.

4. Gunakan Hastag yang Relevan

Cara jualan di instagram bisa dibilang susah-susah gampang. Susahnya ketika benar-benar baru memulai. Jumlah follower yang masih sedikit jumlahnya terkadang menjadi kendala utama. Untuk mensiasati hal tersebut, Usahakan setiap postingan yang kamu jual harus dibubuhka n dengan hastag yang relevan. Bukan sekedar memberikan deskripsi saja. Minimal sertakan lebih dari 3 hingga 4 hastag dalam setiap postingan yang kamu publish.

5. Upload Video  atau Gambar  Semenarik Mungkin

Yang namanya jualan secara offline dengan cara jualan di instagram tentu berbeda jauh. Pada toko offline, konsumen dapat melihat barang secara langsung. Mulai dari warnanya, bahan yang digunakan, ukuran yang tersedia dan sebagainya. Sementara, toko online menjual barang dengan cara membuat video atau gambar.

Kemas semenarik mungkin, supaya berbeda dengan postingan di akun kompetitor. Jika hanya biasa-biasa saja, dapat dipastikan tidak akan menarik pengguna untuk membeli produk yang kamu pasarkan. Berbeda dengan memposting video dan gambar dengan cara yang unik, menambahkan musik atau lainnya pasti siapa saja yang melihatnya akan langsung check out.

Toko online sangat membutuhkan logo yang menarik, jelas dan mudah untuk diingat. Logo ini harus didesain seunik mungkin namun tidak berlebihan. Bila perlu sematkan makna tersendiri supaya logo semakin the best. Tujuan menambahkan logo ini agar menjadikan akun kamu tampak profesional.

7. Fokus Menjual Satu Produk

Cara Jualan di Instagram Agar Banjir Orderan Setiap Hari
Photo by Laura Chouette on Unsplash

Menjual satu produk menjadi cara jualan di instagram yang paling banyak diterapkan oleh pemula maupun penjual yang sudah pro. Tujuannya agar followers tidak bingung dengan apa yang kamu jual. Selain itu, apabila kamu menjual hanya satu produk saja dapat sekaligus menjadi ciri khas toko serta  membentuk image produk dengan mudah.

8. Berikan Diskon dan Promo

Wah, siapa yang tak melek jika mendengar kata diskon dan promo. Sudah pasti bakalan dibananin deh walaupun lagi tanggal tua. Diskon dan promo ini menjadi cara jualan di instagram yang paling terbukti ampuh dapat membuat orderan jadi membludak.

Berikan promo dan diskon dengan waktu yang terbatas. Contohnya, apabila kamu menjual aneka sepatu import.  Kamu dapat menyertakan kalimat “ HANYA HARI INI, belanja dua sepatu akan mendapatkan free masker dan Kaos Kaki Anti Bakteri”. Dengan begitu, pengguna tidak akan berpikir panjang untuk order jualan kamu.

9. Buat Giveaway

Strategi giveaway dapat kamu adopsi agar banjir orderan setiap harinya. Hal ini mampu menjadi cara jualan di instagram yang mampu meningkatkan  awareness. Cara memberikan giveaway sangat banyak sekali.

Ada yang memberikan hadiah menarik seperti voucher atau merchandise yang bertuliskan logo jualan kamu, ada yang memberikan sejumlah uang tunai plus akun pemenang diposting di akun jualan kamu selama 24 jam atau bahkan memilih sendiri barang yang diinginkan pemenang sesuai dengan yang tersedia di toko jualan kamu.

Tertarik ingin mencoba? Buruan gih jajal satu per satu cara jualan di instagram yang telah kami ulas pada artikel ini. Siap-siap bakalan banjir orderan ya Bestie!

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments