13 Cara dan Tools Cek Backlink Website
SEO

13 Cara dan Tools Cek Backlink Website

Strategi mengecek backlink dilakukan karena efektif dalam meningkatkan nilai Web. Anda bisa mencari punya kompetitor & mengungguli. Berikut Cara Mengeceknya

Dalam dunia bisnis saat ini memang sangat sulit untuk mendapatkan pelanggan, namun teknologi informasi semakin berkembang dan terus memperbaiki diri dalam membuat berbagai hal yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pelanggan. Salah satunya adalah dengan teknik pemasaran digital

Salah satu tempat untuk melakukan pemasaran digital adalah Website atau Blog. Namun penggunaan keduanya juga masih sangat sulit karena banyak kompetitor yang menggunakannya juga. oleh karena itu, penggunaan teknik SEO atau Search Engine Optimization banyak digunakan untuk meningkatkan kunjungan Website.

Teknik ini telah terbukti sangat efektif dalam dunia pemasaran bahkan sampai 49% lebih banyak dibandingkan dengan teknik yang lain. Salah satu SEO signal yang sering digunakan adalah Backlink. Oleh karena itu, di sini akan dibahas secara lengkap mengenai backlink itu sendiri, fungsi backlink, pentingnya mengetahui backlink Website kompetitor, dan juga beberapa Tools untuk mengecek suatu backlink Website kompetitor.

Backlink adalah suatu link atau biasa disebut dengan tautan dalam bahasa Indonesia yang mana tautan tersebut ditempatkan dalam Website lain untuk diarahkan ke Website Anda. Dengan menggunakan Backlink ini maka Anda bisa mendapatkan suatu penilaian yang baik dari Google karena Website Anda banyak direkomendasikan oleh beberapa Website besar lainnya. Nilai ini menjadi dasar indikator dari Domain Rating (DR oleh Ahrefs) dan Domain Authority (DA oleh MOZ). DA atau DR adalah salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi kinerja / peringkat situs web Anda di halaman Hasil Mesin Pencari. Website yang telah dibuat harus mempunyai kekuatan kepercayaan oleh Google. Kekuatan kepercayaan itu dengan cara memaksimalkan nilai dari DR dan DA. Dengan meningkatnya nilai DR dan DA akan membantu situs web Anda mendapatkan lebih banyak kata kunci di Mesin Pencari. Peningkatan nilai DA atau DR ini salah satu faktornya dengan menanamkan backlink di website lain yang memiliki nilai DA atau DR yang tinggi.

Apa itu Backlink, dan Mengapa Backlink sangat penting.

Strategi mengecek backlink kompetitor Anda memang sering dilakukan karena sangat efektif dalam meningkatkan nilai Website Anda. Anda bisa mencari berbagai kelebihan dan kelemahan dari backlink Website kompetitor dan memperbaikinya serta mengunggulinya sehingga Website Anda melejit dengan cepat mengalahkan kompetitor.

Cara ini sangat umum digunakan dalam persaingan pemasaran digital sehingga tidak menjadi hal yang tabu lagi. Strategi ini sangat diperlukan, tidak hanya strategi dalam Cara membuat backlink saja. Anda bisa melakukan yang lebih banyak untuk keberlangsungan backlink Anda. Jangan sampai kalah dengan kompetitor. Anda bisa melakukan pengecekan melalui beberapa Tools yang bisa digunakan untuk mengecek backlink Website lain.

Jadi, pentingnya mengecek backlink Website kompetitor Anda adalah sebagai media pembanding antara backlink mereka dan backlink Anda sendiri. bagaimana kelebihan dan juga kekurangannya, apa yang perlu diperbaiki, dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis Tools untuk cek backlink Website adalah Tools yang berbayar. Maksudnya untuk menggunakan Tools ini Anda harus membayar sejumlah uang atau biasa disebut dengan berlangganan. Penggunaan Tools yang berbayar memang memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan yang gratis , sebab Anda bisa melakukan akses yang sangat bebas dalam penggunaannya. Berikut ada 3 Tools cek backlink untuk Website kompetitor Anda :

1. Ahrefs

Tampilan Ahrefs
Tampilan Ahrefs

Ahrefs merupakan salah satu Tools mengecek backlink yang banyak digunakan oleh para pengelola suatu Website perusahaan untuk mengetahui backlink Website milik perusahaan lain. Tools ini memiliki kemampuan mengaudit suatu situs Website  untuk expert. Anda bisa menggunakannya untuk menjelajah dan juga mengasah kemampuan analisa suatu kata kunci dan apa saja yang dilakukan oleh Website tersebut.

Dengan Ahrefs, Anda bisa melihat lebih teliti backlink yang digunakan oleh kompetitor menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu saja, Anda bisa mengetahui suatu potensi kata kunci tertentu, dan juga untuk mengecek jumlah backlink dalam suatu Blog.

Jadi, Anda bisa mengetahui kekuatan dari backlink yang digunakan oleh kompetitor Anda. Namun, tentu saja Anda harus membayarnya jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Website kompetitor Anda lebih baik. Biaya ini sangat sebanding dengan berbagai fasilitas yang akan Anda dapatkan.

2. MOZ

Tampilan MOZ untuk Website Arfadia.com. (DA > 60)
Tampilan MOZ untuk Website Arfadia.com. (DA > 60)

Tools berikutnya yang sering Arfadia gunakan juga adalah MOZ. MOZ bisa Anda gunakan untuk pengecekan backlink Website atau Blog dengan mudah dan sangat akurat. Tools ini dinilai memiliki akurasi yang cukup baik sehingga lebih banyak digunakan oleh para digital marketer dan media-media besar.

Moz didirikan oleh Rand Fishkin dan Gillian Muessig pada tahun 2004. Awalnya bernama SEOmoz, dan dimulai sebagai blog dan komunitas online di mana beberapa pakar SEO pertama di dunia berbagi penelitian dan ide-ide mereka. MOZ meluncurkan Panduan Pemula untuk SEO dan studi dari Faktor Peringkat Penelusuran pertama kali. Lalu MOZ bertransformasi menjadi perusahaan konsultan dan membuat Tools SEO pertama yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

3. Majestic

Tampilan Majestic untuk Website Arfadia.com
Tampilan Majestic untuk Website Arfadia.com

Tools cek Website orang lain yang kedua adalah Majestic. Majestic ini merupakan salah satu Tools yang digunakan untuk mengecek suatu backlink Website kompetitor Anda yang sangat bagus dan banyak direkomendasikan oleh banyak orang uang sebelumnya memakai Tools ini.

Selain bisa digunakan untuk mengecek backlink dari Website kompetitor Anda, Majestic juga bisa digunakan untuk mengetahui dengan sangat akurat berapa trust flow dan juga cititation flow yang sangat lengkap dan tentunya sangat terperinci.

Namun, untuk bisa menikmati layanan dari Majestic yang merupakan Tools untuk mengecek backlink ini, Anda pun juga harus membayar sehingga bisa menikmati berbagai fasilitas yang baik tersebut.

4. SEMrush

Tampilan SEMrush untuk Website Arfadia.com
Tampilan SEMrush untuk Website Arfadia.com

Tools yang ketiga adalah SEMrush. Tools ini tidak bisa ditinggalkan jika Anda ingin melakukan pengecekan suatu backlink Website kompetitor. Tools ini dinilai memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi dalam pengecekan backlink Website. Dengan menggunakan SEMrush Anda bisa melihat dan menganalisis backlink kompetitor Anda menjadi lebih mudah.

Tools ini banyak dipakai karena fasilitasnya memang tidak mengecewakan dan banyak yang mengaku puas dengan cara kerjanya. Namun, tentu saja, Anda perlu melakukan langganan dengan membayar sejumlah uang untuk menggunakannya. Tetapi, biaya yang Anda bayarkan tentu saja sebanding dengan apa yang akan Anda dapatkan.

5. SE Ranking

Tampilan SE Ranking untuk Website Arfadia.com
Tampilan SE Ranking untuk Website Arfadia.com

SE Ranking memungkinkan Anda memeriksa backlink yang masuk ke website Anda berdasarkan data Alat Webmaster Google. Ini alat berbayar (mulai dari $ 9 / bulan) dan juga termasuk audit situs web, pelacakan peringkat website, penelitian kata kunci, dan pelacakan peringkat kompetitor.

Anda dapat menghasilkan analisis tautan terperinci untuk parameter berikut: indeks / noindex, follow / nofollow, cached / not cached, tanggal ditemukan backlink, Moz Domain Authority, anchor text, peringkat Alexa, peringkat Ahrefs, popularitas sosial media dan banyak lagi.

Dashboard SE Ranking untuk Website Arfadia.com
Dashboard SE Ranking untuk Website Arfadia.com

6. Alexa

Alexa - Competitor Backlink Checker
Sumber : https://try.alexa.com/marketing-stack/competitor-backlink-checker

Anda bisa menggunakan Tools ini untuk melakukan pengecekan sumber backlink Website yang ter-index disandingkan dengan kompetitor. Temukan peluang membangun backlink baru untuk website Anda dengan meneliti backlink dari kompetitor. Jalankan analisis backlink kompetitor untuk menemukan website yang sudah tertaut ke kompetitor Anda, kemudian menganalisis kontennya untuk memahami website yang paling mempengaruhi peringkat dari kompetitor Anda, sehingga Anda dapat mengikuti cara dia. Anda juga bisa memeriksa backlink yang didapat kompetitor Anda dan prioritaskan yang paling relevan dan otoritatif untuk membantu memaksimalkan dampak pada peringkat SEO Anda. Contoh pada gambar di bawah ini :

Alexa - Competitor Backlink Checker
Sumber : https://try.alexa.com/check-backlinks

7. CognitiveSEO

Backlink Checker CognitiveSEO
Sumber : https://cognitiveseo.com/site-explorer/

CognitiveSEO sangat menarik digunakan untuk melakukan pengecekan terhadap backlink Website kompetitor Anda. Tools ini sangat mudah digunakan untuk para pemula yang sedang belajar untuk melihat backlink Website atau Blog lain.

Tools ini disediakan secara gratis selama 7 hari saja. Anda hanya akan diberikan 5 kali kesempatan mengecek saja dalam satu hari. Jadi, lebih dari itu Anda bisa mencobanya hari berikutnya.

Setelah Anda mengetahui beberapa Tools pengecekan backlink yang berbayar maka selanjutnya di bawah ini akan dibahas mengenai 7 Tools untuk mengecek backlink Website lain tanpa biaya atau gratis. Namun perlu diketahui sebelumnya, Penggunaan Tools yang gratis memang biasanya memiliki batasan-batasan tertentu. Namun sangat cocok bagi Ansa yang masih pemula.

1. Openlinkprofiler.org

Tampilan Openlinkprofiler.org untuk Website Arfadia.com
Tampilan Openlinkprofiler.org untuk Website Arfadia.com

Openlinkprofiler.org bisa Anda gunakan juga untuk melakukan pengecekan suatu backlink dari suatu situs Website atau Blog kompetitor Anda. Dengan Tools ini, Anda bisa mengecek secara online dan juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tidak berbeda dengan penggunaan Tools yang lain.

Dalam penggunaan Tools ini, Anda juga akan dikenakan pembatasan penggunaan sehingga tidak bisa leluasa. Dalah satu hari, Anda hanya diperkenankan mengecek backlink Website atau Blog sebanyak 5 kali saja. Selebihnya bisa dilakukan keesokan harinya, memang terlihat agak rumit akan tetapi karena gratis maka sangat sebanding dengan fasilitasnya.

2. SEO SpyGlass

Tampilan SEO SpyGlass Tools untuk Website Arfadia.com
Tampilan SEO SpyGlass Tools untuk Website Arfadia.com

SEO SpyGlass adalah tools gratis pemeriksa backlink dalam bentuk desktop aplikasi, berbeda dengan tools lainnya yang dalam bentuk website. SEO SpyGlass memudahkan pekerjaan jutaan kali dengan segala sesuatu yang terkait dengan backlink. Alat ini memungkinkan Anda melihat semua tautan yang mengarah ke website Anda, menganalisisnya terhadap lebih dari 50 faktor yang berbeda, dan mempertahankan profil backlink yang kuat dengan memeriksa kualitas dari setiap backlink.

Terlebih lagi, SEO SpyGlass baru-baru ini memperbarui indeksnya dan sekarang menjelajah 7,1 miliar halaman web per hari, yang lebih cepat daripada perayap lainnya (Ahrefs, Majestic, atau siapa pun).

Dengan metrik Penalty Risk SEO SpyGlass sendiri, Anda dapat dengan mudah melihat backlink spam dan menghasilkan file disavow untuk analisa Anda dan dengan mudah dapat dikirimkan ke Google Search Console. Tools ini juga dapat memberi Anda email pemilik website yang menunjukkan tautan beracun (spam) ke situs Anda agar Anda bisa menghubunginya dan meminta penghapusan backlink di website tersebut. Parameter lain yang berguna yang disebut InLink Rank memungkinkan Anda melihat dengan jelas jumlah link juice yang dikirimkan oleh setiap backlink ke situs Anda.

Selain menjadi backlink checker yang kuat, SEO SpyGlass juga bagus dalam menemukan peluang backlink baru. Anda juga dapat membandingkan profil backlink Anda dengan 10 domain pesaing sesuai dengan parameter yang paling penting serta melihat di mana tautan Anda bersinggungan. SEO SpyGlass bahkan dapat menghitung nilai SEO dari setiap backlink pesaing agar Anda dapat memilih sumber tautan yang paling berharga.

3. Rank Signals

Backlink Checker Tool & Open Site Link Explorer - Rank Signals
Sumber : https://www.ranksignals.com/tools/backlinks

Rank Signals adalah tools gratis lainnya yang membantu Anda menemukan backlink kompetitor dan sumber traffic untuk membangun strategi link building Anda. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa mendapatkan sejumlah backlink dofollow dan nofollow dan sejumlah domain unik yang mengarah ke situs Anda.

Ini menunjukkan tidak hanya PR dari situs dan tautan anchor text, tetapi parameter lain seperti PageRank, Alexa Rank, metrik sosial (Facebook, Twitter, Google Plus). Rank Signals juga dapat menemukan semua tautan buruk yang merupakan spam dan memiliki opsi untuk menolaknya.

4. Ubersuggest

Tampilan Ubersuggest untuk Website Arfadia.com
Tampilan Ubersuggest untuk Website Arfadia.com

Ubersuggest adalah alat SEO gratis yang berspesialisasi dalam menghasilkan gagasan kata kunci baru. Awalnya didirikan sebagai alat yang menghapus Google Suggest terms, namun setelah Ubersuggest diakuisisi oleh pengusaha Neil Patel, sejak itu fiturnya diperluas secara signifikan. Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan Anda dengan sangat lengkap, yaitu : organic keyword, organic monthly traffic, domain score, backlinks, top keyword, bahkan juga SEO pages. Fitur yang sering kami gunakan adalah Keyword Ideas, dimana Ubersuggest akan menemukan versi long-tail keyword dari keyword yang Anda ketikkan.

5. SmallSEOTools

Tampilan SmallSEOTools.com untuk Website Arfadia.com
Tampilan SmallSEOTools.com untuk Website Arfadia.com

Tools ini juga menjadi salah satu Tools yang banyak digunakan untuk mengecek backlink suatu Website, selain itu Anda juga bisa melakukan cek DA PA suatu website. Jadi, Anda bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus.

Penggunaan Tools ini juga dinilai sangat mudah karena Anda hanya perlu masuk ke web Smallseotools.com, pilih menu backlink checker, masukkan URL domain yang akan Anda cek, maka akan otomatis ditampilkan beberapa backlink yang digunakan oleh Website tersebut.

Selain mudah, tentu saja yang paling penting adalah Tools ini gratis sehingga Anda tidak perlu melakukan pembayaran apa pun. Nikmati penggunaan Tools ini sesuai dengan yang Anda butuhkan.

6. Backlink Watch

Tampilan Backlink Watch untuk Website Arfadia.com
Tampilan Backlink Watch untuk Website Arfadia.com

Backlink Watch dirancang khusus untuk memata-matai kompetitor. Ini memberi Anda informasi seperti jumlah total backlink, anchor text yang digunakan, peringkat halaman, dan banyak lagi. Anda juga dapat mengurutkan berdasarkan tautan yang diatur ke dofollow atau nofollow.

Backlink Watch sepenuhnya gratis, dan Anda dapat menggunakannya sesering yang Anda mau. Backlink Watch adalah salah satu alat termudah dan paling sederhana untuk melacak portofolio backlink hingga 1.000 tautan dengan fitur untuk mengekspor laporan. Hasil backlink tools ini mirip dengan hasil dari Ahrefs, sehingga Anda bisa mempercayainya walaupun tools gratisan :)

Kesimpulan dan Penutup

Dari beberapa penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa Backlink merupakan suatu tautan suatu Blog atau Website yang diletakkan pada suatu Website lain sehingga membuat banyak orang menjadi penasaran dan mengunjungi tautan tersebut.

Backlink sangat penting untuk meningkatkan kualitas kunjungan dari suatu Website. Backlink sendiri merupakan salah satu SEO signal yang sangat utama dalam pemeringkatan pada mesin pencari.  Sehingga sangat penting untuk Anda yang menggunakannya dalam bisnis online.

Banyak sekali kompetitor dalam suatu persaingan bisnis Anda sehingga sangat penting untuk mengetahui backlink dari Website lain agar bisa mengoptimalkan Website Anda sendiri. Anda bisa mencari kelebihan dan kekurangan Website kompetitor sehingga Anda bisa menilai sendiri kualitas dan kuantitas Website Anda dibandingkan kompetitor, dan bisa menjadi indikator untuk melebihinya.

Di atas telah disebutkan banyak sekali Tools Cek backlink yang bisa Anda manfaatkan baik gratis atau pun berbayar untuk melakukan cek secara mandiri. Namun,  jika Anda ingin yang instan maka silahkan menggunakan perusahaan jasa optimasi Website seperti Arfadia yang menawarkan produk All in One sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencarinya sendiri. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda!


0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments