Vendor Jasa Pembuatan E-Learning
Education

Vendor Jasa Pembuatan E-Learning

Solusi E-Learning Custom, Arfadia adalah Perusahaan E-Learning yang berbasis di Jakarta menyediakan Jasa Pembuatan E-Learning, LMS, Moodle, Tutorial Video

Apa itu E-Learning

E-Learning adalah proses penggunaanteknologi untuk membantu pembelajaran (learning) dan pendampingan (tutoring). Peningkatan dalam cara kerja Internet telah memungkinkan situs web (website)memberikan pengalaman belajar visual dan immersivepada komputer atau perangkat seluler, sempurna untuk merangsang siswa dan mendorong pembelajaran.

Mengapa Mengembangkan E-Learning ?

Banyak organisasi dan lembaga yang menggunakan e-Learning karena dapat seefektif pelatihan konvensional dengan biaya lebih rendah. Mengapa biaya e-Learning bisa lebih rendah, karena:

· Biaya pengiriman untuk e-Learning(termasuk biaya server web dan dukungan teknis) jauh lebih rendah daripada biaya untuk fasilitas kelas tatap muka, waktu instruktur, perjalanan peserta dan waktu kerja yang hilang untuk menghadiri sesi kelas.

· E-Learning menjangkau target peserta yang lebih luas sebab e-learning dapat menjangkaupeserta didik yang memilikikesulitan mengikuti pelatihan kelas tatap muka.

Dari sisi pengembangan, pengembangan e-Learning memang lebih mahal dibandingmenyiapkan materi dan melatih para instruktur untuk kelas tatap muka,terutama jika e-Learning tersebut menggunakan multimedia atau metode yang sangat interaktif. Namun dengan berbagai kelebihan e-Learning tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan biaya e-Learning lebih rendah.


Bisakah E-Learning Digunakan Untuk Mengembangkan Segala Jenis Keterampilan?

Sebuah program pelatihan dapat bertujuan mengembangkan berbagai jenis keterampilan:

  • Keterampilan Kognitif, yang dapat melibatkan pengetahuan dan pemahaman (misalnya pemahamankonsep ilmiah), mengikuti instruksi (keterampilan prosedural), serta menerapkanmetode dalam situasi baru untuk memecahkan masalah (berpikir atau keterampilan mental);
  • Keterampilan Interpersonal (misalnya keterampilan yang terlibat dalam aktif mendengarkan, menyajikan, negosiasi, dll); serta
  • Keterampilan Psikomotor, melibatkan akuisisi persepsi fisik dan gerakan (misalnya membuat olahraga atau mengendarai mobil).


Bagaimana E-Learning Dapat Mengatasi Beragam Domain?

Sebagian besar kursus e-Learning dikembangkan untuk membangun keterampilan kognitif; domain kognitif adalahpaling cocok untuk e-Learning. Dalam domain kognitif, keterampilan berpikir mungkin memerlukan lebihkegiatan e-Learning interaktif karena keterampilan tersebut dipelajari dengan lebih baik "dengan melakukan".

Belajar di domain interpersonal juga dapat diatasi dalam e-Learning dengan menggunakan metode tertentu. Untukcontoh, bermain peran interaktif dengan umpan balik yang sesuai dapat digunakan untuk mengubah sikap dan perilaku.

E-Learning Adalah Pilihan Yang Baik Ketika

Ada sejumlah besar konten yang akan disampaikan kepada banyak peserta didik;

  • Peserta didik berasal dari lokasi yang tersebar secara geografis;
  • Pelajar memiliki mobilitas terbatas;
  • Pelajar telah membatasi waktu setiap hari untuk belajar;
  • Pelajar tidak memiliki kemampuan mendengarkan dan membaca yang efektif;
  • Peserta didik memiliki setidaknya komputer dasar dan keterampilan internet;
  • Pelajar diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan latar belakang homogen pada topik;
  • Peserta didik sangat termotivasi untuk belajar dan menghargai melanjutkan pada kecepatan mereka sendiri;
  • Konten harus digunakan kembali untuk kelompok peserta didik yang berbeda di masa depan;
  • Pelatihan bertujuan untuk membangun keterampilan kognitif daripada keterampilan psikomotor;
  • Kursus ditujukan untuk pelatihan jangka panjang dan bukan jangka pendek;
  • Ada kebutuhan untuk mengumpulkan dan melacak data.

Manfaat E-Learning

a) Pembelajaran Lebih Realistis dan Kontekstual

Manfaat yang bisa dirasakan dengan dengan pembelajaran menggunakan media E-learning adalah pembelajaran menjadi lebih realistis dan kontekstual. Dengan menggunakan video animasi sebagai media pembelajaran, peserta bisa lebih memahami konsep yang dijelaskan karena peserta bisa menyaksikan secara langsung melalui tayangan / visualisasi video. Beda halnya dengan metode pembelajaran konvensional yang sebagian besar hanya didominasi oleh konsep abstrak dan teks sehingga bisa saja membuat pemahaman materi pelajaran kurang maksimal.

b) Penggunaan Media E-Learning Sangat Efisien dan Praktis

Manfaat selanjutnya yang bisa dirasakan dengan menggunakan E-Learning dalam pembelajaran adalah lebih efisien dan praktis. Jika biasanya pengajar harus membuat media pembelajaran dengan cara manual dan kemungkinan besar media pembelajaran yang dibuat tidak akan bertahan lama. Maka lain halnya jika dengan menggunakan media elektronik, selain media pembelajaran akan lebih tahan dan awet karena disimpan dalam bentuk file / repository modul-modul, selain itu untuk menggunakan E-learning lebih mudah dan praktis. Hanya perlu menyalakan laptop / tablet / smartphone, peserta langsung bisa diperlihatkan materi-materi pelajaran yang akan dipelajari.

c) Penggunaan E-Learning Bisa Menghemat Biaya

Selanjutnya manfaat dari E-Learning dalam pembelajaran adalah bisa lebih menghemat biaya operasional dalam proses pembelajaran. Dengan media E-Learning pengajar tidak perlu lagi susah payah membuat media pembelajaran, karena beberapa media telah tersedia dalam berbagai bentuk digital.

d) E-Learning Sebagai Sumber Belajar

Jika dulu sumber belajar adalah buku/file modul dan melalui kegiatan pembelajaran langsung di lapangan namun saat ini dengan keberadaan media elektronik telah merubah gaya belajar peserta yang dulunya bersifat konvensional menuju kearah yang lebih efektif dan praktis.

e) Memudahkan pelaksanaan kuis/tes untuk sertifikasi bahkan KPI peserta

Dengan hadirnya pelaksanaan kuis/tes dalam E-Learning dapat meminimalisir kecurangan dalam kuis/tes. Kuis/tes berbasis komputer juga membuat proses pemeriksaan hasil menjadi lebih singkat dengan hasil yang akurat, dimana hasil kuis/tes dapat menentukan peserta layak mendapatkan sertifikasi atau tidak sehingga menjadi dasar untuk penilaian Key Performance Indicator (KPI) peserta.

f) Pelatihan dan Pengembangan dapat tersistem, sehingga Lembaga tidak bergantung terhadap ‘orang’ namun terhadap dokumentasi dari pelatihan dan pengembangan yang dapat dilanjutkan secara terus-menerus (berkesinambungan).

g) Pemantauan pelatihan dan pengembangan di lapangan secara real-time.

h) Ada record data.

Fitur E-Learning

Beberapa keuntungan dengan memberikan pembelajaran melalui e-Learning

  • SCALABLE & Efisien-E-Learning memungkinkan Anda untuk dengan cepat membuat dan mengkomunikasikan kebijakan baru, pelatihan, ide, dan konsep. Sesi E-Learning online sangat mudah untuk tetap up-to-date karena bahan diperbarui hanya upload ke server dan dapat dikelola dari mana saja menggunakan sistem admin dipesan lebih dahulu dibuat untuk kebutuhan spesifik Anda.
  • AKSESIBILITAS & Penghematan Waktu – materi E-Learning dapat diakses Kapan saja dari mana saja, yang berarti pembelajaran bisa sesuai dengan jadwal harian Anda yang ada dan menghilangkan biaya perjalanan apa pun yang terkait dengan pelatihan berbasis kelas.
  • KEGIATAN belajar pelacakan-menggunakan sistem manajemen pembelajaran (LMS) memudahkan untuk melacak kemajuan siswa. Kami tahu bahwa setiap orang belajar pada tingkat yang berbeda yang mengapa kita mengikuti pendekatan modular, memungkinkan modul yang mencakup topik yang akrab akan dilewati sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada subjek yang kurang dikenal. Kemampuan pelacakan penuh dibangun untuk memberikan laporan komprehensif untuk individu, kelas, subjek, dan modul.
  • MUDAH REFRESH konten-konten dapat disegarkan dengan mudah meskipun sistem manajemen konten kami memungkinkan modul kursus akan diperbarui dengan cepat dengan subyek yang berbeda dan terhubung kembali melalui scoring dan pelaporan modul.
  • KAPASITAS & Konsistensi-menggunakan E-Learning memungkinkan pendidik untuk mencapai tingkat besar cakupan untuk audiens target mereka, dan memastikan bahwa pesan dikomunikasikan dengan cara yang konsisten. Hal ini mengakibatkan semua peserta didik menerima pelatihan yang sama.


Alur Kerja Pembuatan LMS

Berikut ini proses pembuatan Learning Management Custom Arfadia :


Alur Kerja Pembuatan E-Learning

Apabila Anda sudah memiliki LMS, Berikut Adalah Proses Pembuatan Multimedia Interaktif (Konten E-Learning) Arfadia :


Portfolio E-Learning Arfadia

Berikut ini Portfolio dari Vendor Jasa Pembuatan E-Learning Arfadia.


Berikut ini Portfolio LMS (Learning Management System) dari Arfadia :

Apabila Anda memiliki pertanyaan, Kami sangat senang membantu Anda. Silahkan hubungi WhatsApp Kami



Kesimpulan

Apa yang Saya Harapkan dari Perusahaan Jasa Pembuatan E-Learning?

Tujuan Perusahaan Jasa Pembuatan E-Learning adalah membantu mencapai tujuan perusahaan dalam menerapkan e-learning. E-Learning merupakan instruksi online yang dapat disampaikan kapan saja dan di mana saja melalui berbagai solusi pembelajaran elektronik seperti courseware berbasis web, grup diskusi online, kelas virtual, streaming video dan audio, obrolan web, simulasi online, dan pendampingan secara virtual. E-Learning memungkinkan organisasi untuk melampaui jarak dan waktu dengan menyediakan lingkungan belajar virtual yang kohesif / terpadu.

Apa yang Membuat Arfadia Lebih Baik Daripada Perusahaan Lain?

Arfadia adalah Perusahaan Jasa Pembuatan E-Learning Terkemuka di Indonesia. Arfadia telah memenangkan banyak penghargaan dan memperoleh banyak sertifikasi dari Nasional dan Internasional. Tim Arfadia memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam industri ini dan memiliki rekam jejak yang terbukti dari hasil yang sukses dari klien-klien besar yang ditanganinya.

Apa Perusahaan Jasa Pembuatan E-Learning Terbaik di Indonesia?

Perusahaan Jasa Pembuatan E-Learning Terbaik - Arfadia, bertindak sebagai mitra jangka panjang dalam kesuksesan Anda. Arfadia fleksibel, kreatif, beradaptasi dengan teknologi baru, berorientasi pada hasil, bersertifikat, dan sangat berpengalaman.

Saya Memiliki Kebutuhan E-Learning Custom, Bisakah Arfadia Membuatnya?

Bisa. Meskipun ada banyak Learning Management System (LMS) siap pakai yang tersedia di pasaran, E-Learning Custom dapat disesuaikan dengan spesifikasi Anda. Banyak perusahaan memanfaatkan fitur E-Learning untuk melatih staf mereka tentang materi tertentu. Kustomisasi membantu dalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang proses dan prinsip-prinsip dalam suatu organisasi. Anda dapat melihat contoh gambar di atas untuk membuat LMS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Apa Persyaratan Software untuk Pelatihan Online?

Untuk memulai pelatihan online di organisasi Anda, Anda perlu memiliki platform yang menyelenggarakan kursus E-Learning Anda. Platform ini disebut Learning Management System (LMS). Contoh LMS yang kami kembangkan menggunakan Platform Moddle, tetapi Kami juga dapat membuat LMS Kustom yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda juga membutuhkan alat pembuat kursus e-Learning, yang digunakan untuk membuat dan menerbitkan kursus digital. Alat-alat seperti Articulate Storyline dan Adobe Captivate sesuai dengan SCORM dan dapat digunakan untuk mengembangkan kursus yang mudah diunggah di LMS. Untuk membuat ini, dibutuhkan tim dengan keahlian masing-masing seperti Instructional Design, eLearning Developer, Content Developer, Graphic / Multimedia Designer, dan lainnya. Untuk alasan ini, Arfadia hadir dengan tim yang lengkap dan profesional yang akan menjawab kebutuhan Anda.

Berapa Biaya Pembuatan E-Learning?

E-learning adalah investasi satu kali, dan setelah Anda menyelesaikan pembuatan E-Learning, Anda dapat menggunakannya berkali-kali. Anda dapat menghemat uang dengan menghilangkan kebutuhan akan kehadiran pelatih yang berulang.

Membangun / membuat E-Learning mencakup kegiatan seperti melakukan analisis kebutuhan pelatihan, memahami konten, mengembangkan strategi pembelajaran, mengidentifikasi metode penyajian terbaik seperti LMS, menilai tingkat penyesuaian dan sebagainya.

Berdasarkan jumlah pekerjaan yang dibutuhkan dan perkiraan dasar kami setiap jam, biaya pembangunan E-Learning selama 60 menit berkisar USD 2000-3500.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments