Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan 4 Jenis Proxy Server
Web Hosting

Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, Manfaat dan 4 Jenis Proxy Server

Dalam dunia internet, Anda perlu mengenal server dengan jenis Proxy Server untuk mengamankan data yang Anda miliki, berikut penjelasannya secara lengkap.

Dalam sebuah dunia internet dan khususnya dalam dunia website, apakah Anda pernah dan bahkan sering memikirkan keamanan data miliki Anda ketika mengaksesnya? Tentu pikiran tersebut sungguhlah wajar, karena keamanan adalah nomor satu bukan? Mungkin Anda perlu mengenal server dengan jenis Proxy Server untuk mengamankan data yang Anda miliki, berikut penjelasannya secara lengkap.

Pengertian Proxy Server

Apa sebenarnya pengertian dari Proxy Server? Proxy Server sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah program dari komputer yang dapat bertindak sebagai sebuah komputer lainnya, yang dapat melakukan permintaan terhadap konten dari sebuah jaringan internet maupun jaringan intranet. Pada penggunaanya, proxy server sendiri biasanya akan diubah untuk membuat koneksi agar menjadi lebih cepat dan juga stabil.

Baca juga : web server terbaik ? DomaiNesia jawabannya

Jenis Proxy Server juga memiliki tugas untuk menjadi perantara dan mengendalikan aktivitas dari lalu lintas paket data yang melaluinya. Tentu dengan adanya proxy server, setiap klien ataupun aplikasi server seperti web brower, web server dan FTP akan dapat dimonitoring serta dapat dikendalikan oleh proxy server kapanpun itu.

Cara Kerja Proxy Server

Anda harus paham dengan cara kerja dari Proxy Server sendiri. Tentunya Proxy Server sangat dibutuhkan oleh Anda yang sering berselancar di dunia internet dan khususnya website. Jika Anda memahami pengertian di atas sebelumnya, diketahui bahwa Proxy akan berperan sebagai penghubung komputer dengan internet, lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara kerja Jenis Proxy Server ialah sebuah user akan memakai layanan pada server proxy, lalu kemudian akan dimana sebuah data yang terdapat pada internet atau server yang bersifat publik, selanjutnya proxy akan melanjutkan permintaan tadi ke internet dengan seolah-olah membuat server yang memintanya. Jika pengguna telah mendapatkan permintaannya, maka proxy akan memberi respons pada server kepada user tersebut bahwa seolah-olah proxy yang menjadi public servernya.

Fungsi Proxy Server

Selain memahami pengertian umum dari proxy server dan juga cara kerjanya, Anda perlu mengetahui manfaat dari Proxy Server. Jenis Proxy server sendiri memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Connection Sharing, berfungsi sebagai gerbang yang menjadi batas antara jaringan lokal dengan jaringan luar, pada gerbang ini, juga akan bertindak sebagai titik dalam sejumlah koneksi dari pengguna lokal dan koneksi jaringan luar yang akan terhubung kepada proxy server.
  2. Filtering, fungsinya ialah sebagai firewall, digunakan untuk melindungi jaringan lokal terhadap gangguan atau serangan yang berasal dari jaringan luar.
  3. Caching, merupakan sebuah mekanisme yang akan menyimpan objek-objek dari permintaan para pengguna atau klien yang diperoleh dari sebuah jaringan internet.

Manfaat Proxy Server

Tentunya terdapat alasan mengapa banyak kalangan, mulai dari individu, perusahaan dan organisasi yang menggunakan jenis proxy server sebagai aplikasi server mereka, tentunya karena ada manfaat baik dibalik itu semua, berikut ketiga manfaat utamanya:

1. Pengontrol dari Penggunaan Internet

Ketika Anda berperan sebagai orang tua, dengan menggunakan Proxy Server, Anda akan mudah mengontrol sang anak ketika sedang mengakses internet. Dalam sebuah perusahaan juga diberlakukan untuk mengontrol para karyawannya untuk tidak membuka situs yang dapat menurunkan kinerja para karyawan tersebut.

2. Media Penyimpanan serta Kecepatan

Proxy server juga dapat melakukan cache, sehingga ketika Anda ingin megakses website yang dahulunya pernah dikunjungi, akan lebih mudah dan kecepatan aksesnya pun tinggi.

3. Privasi yang Akan Terjaga

Ketika perusahaan ataupun Anda menggunakan proxy server untuk mengakses internet, tentunya privasi tersebut akan lebih terjaga. Karena memang beberapa Proxy akan mengubah IP address Anda serta data informasi pribadi lainnya. Sehingga data Anda akan lebih aman dan juga tidak mudah untuk diambil ataupun dicuri.

Jenis Proxy Server

Ada empat jenis proxy server yang perlu ada ketahui berdasarkan karakteristiknya, berikut sedikit ulasannya:

  1. Anonymous Proxy, yaitu sebuah jenis proxy yang akan memberi informasi mengenai komputer penggunanya. Ketika klien atau pengguna melakukan permintaan pada sebuah website, maka website tersebut akan tahu IP address pribadi si klien atau pengguna, namun hanya IP Proxynya saja.
  2. High Anonymity Proxy, Jenis yang satu ini adalah jenis yang tidak akan mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan juga tidak menyediakan IP address original. Nantinya Proxy jenis ini akan menggunakan header REMOTE_ADRR dengan IP address menuju proxy server, sehingga pengguna akan melihat bawah proxy ini berperan sebagai klien.
  3. Transparent Proxy, jenis ini akan melanjutkan request pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa memberi informasi data pribadi ke komputer pengguna.
  4. Reverse Proxy, Jenis yang ini biasa dan akan digunakan untuk mencegah klien berhubungan dengan data yang sensitive, sehingga saat caching, proxy jenis ini akan diaktifkan, trafik jaringan tentunya akan menurun.

Apakah Anda sudah paham betul dengan Jenis Proxy Server? Dengan membaca ulasan di atas, mulai dari pengertian, kemudian cara kerjanya, fungsi serta manfaat, Anda akan paham, proxy server jenis mana yang sebaiknya Anda gunakan dan Anda butuhkan. Tentu penggunaannya akan sangat penting untuk Anda, jadi pahami betul kebutuhan Anda saat ini.

Domainesia penyedia web server terbaik, menyediakan fasilitas Proxy Server untuk keamanan data yang Anda miliki. Berikut Lokasi Domainesia

Alamat : Jl. C. Simanjuntak No.65, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

Jam buka: Open 24 hours

Telepon: (0274) 545653

Website : https://www.domainesia.com/

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments