Mengenal Cloud Hosting, Solusi Atasi Traffic yang Melonjak
Web Hosting

Mengenal Cloud Hosting, Solusi Atasi Traffic yang Melonjak

Cloud hosting sangat tepat bagi Anda yang saat ini memiliki website dengan trafik tinggi sehingga membutuhkan resource yang lebih besar. Selengkapnya Disini

Saat Anda ingin membangun website, tentu Anda akan berhadapan dengan empat pilihan jenis layanan hosting, yaitu Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS hosting, dan Dedicated Hosting. Masing-masing jenis layanan hosting ini memiliki keunggulan berbeda, tergantung dari jenis website yang Anda buat.

Bagi para pemula, umumnya shared hosting menjadi jenis layanan yang paling sering dipilih. Dikarenakan sifatnya yang fully managed. Maksudnya, segala pengelolaan dan konfigurasi server akan dikelola secara penuh oleh pihak penyedia hosting.

Selain dari sisi operasional, shared hosting juga merupakan jenis hosting yang paling terjangkau. Tak mengherankan bila jenis hosting ini paling banyak digunakan untuk website UMKM dan blog pribadi yang belum membutuhkan  traffic tinggi.

Akan tetapi, saat website Anda semakin berkembang dengan jumlah traffic yang kian besar, maka penggunaan shared hosting tidak lagi optimal. Ini dikarenakan resource yang dibutuhkan menjadi semakin besar.

Nah, solusi yang tepat untuk mengatasi hal ini adalah meng-upgrade layanan hosting Anda. Biasanya pihak penyedia hosting akan menawarkan kepada dua pilihan hosting yaitu: VPS hosting atau cloud hosting. Namun, untuk di artikel ini kami hanya akan membahas satu di antaranya, yaitu cloud hosting.

Apa itu cloud hosting? Apa saja keunggulannya? Biar tidak makin penasaran, yuk baca ulasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah salah satu jenis hosting yang terhubung dengan lebih dari satu server dan saling terhubung satu sama lain. Penggunaan server yang banyak ini ditujukan untuk menyeimbangkan beban (load) sekaligus memaksimalkan jam kerja server (uptime) sehingga performa website Anda bisa tetap terjaga.

Nah, tipe hosting ini tidak menggunakan single server, tetapi menggunakan teknologi dengan sebutan “cluster” yang berfungsi untuk menggabungkan beberapa resource server secara terpusat.

Selain itu, teknologi cluster yang dimiliki cloud hosting juga memungkinkan website tetap bekerja optimal meskipun salah satu servernya mengalami gangguan (down). Hal inilah yang membuat uptime-nya cenderung tinggi karena memiliki kemampuan server yang saling back up.

Bisa dibilang, cloud hosting ini ibarat VPS rasa shared hosting. Alasannya, di samping mempunyai kualitas yang hampir setara dengan VPS, pengelolaan cloud hosting juga sangatlah mudah seperti shared hosting.

Ilustrasi Cloud Hosting
Ilustrasi Cloud Hosting

Cloud Hosting vs VPS Hosting

Mungkin saja Anda masih sulit membedakan antara cloud hosting dengan VPS hosting. Nah, itu sebabnya pada bagian ini, kami akan memberikan uraian singkat terkait perbandingan keduanya.

  • Kustomisasi

Dari sisi kustomisasi, VPS memang menawarkan lebih banyak kebebasan. Akan tetapi, ini memang ditujukan bagi Anda yang memiliki kemampuan teknis dan bahasa pemrograman. Dengan VPS, Anda bisa bebas menginstal sistem operasi, menentukan panel hosting, dan menginstal segala aplikasi yang dibutuhkan.

Sedangkan pada cloud hosting, Anda tidak bisa melakukan kustomisasi sama sekali. Itu sebabnya segala hal yang berkaitan dengan teknis dan konfigurasi server ditangani secara langsung oleh pihak penyedia hosting.

  • Kapasitas

Masalah kapasitas, keduanya memiliki jumlah yang kurang lebih sama. Anda juga bisa mengupgrade kapasitas cloud hosting dan VPS hosting dengan sangat mudah sesuai yang dibutuhkan.

Namun saat memilih kedua jenis hosting tersebut, sebaiknya Anda perlu memperhatikan spesifikasi hardware yang digunakan oleh penyedia hosting, apakah mereka sudah menggunakan RAID SSD atau SSD biasa. Spesifikasi hardware nantinya akan berpengaruh pada kecepatan website yang dihasilkan.

  • Keamanan

Secara singkat, VPS dapat dikatakan sebagai jenis hosting yang aman. Namun, kualitas keamanannya akan bergantung pada pengetahuan dan skill Anda saat mengelola website.

Sementara itu, cloud hosting sudah dikenal dengan sistem keamanannya yang mumpuni. Apalagi segala konfigurasi dan manajemennya pun sudah ditangani oleh pihak penyedia hosting. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir terhadap serangan siber.

  • Performa

VPS sudah pasti memberikan jaminan performa yang tinggi jika dibandingkan dengan cloud hosting. Bahkan kualitas performa yang dihasilkan memungkinkan Anda untuk bisa memiliki beberapa website berbeda dengan panel admin masing-masing.

Namun ingat, karena sifatnya yang self managed, tentunya sisi performa juga masih bergantung dengan bagaimana Anda mengkonfigurasikannya.

Bagaimana dengan cloud hosting? Tenang. Cloud hosting juga dapat memberikan performa yang mumpuni untuk website Anda hampir setara VPS. Tentunya, ini berkat server-server yang saling terhubung dan mampu saling back up jika salah satu server sedang down.

  • Harga

Umumnya, VPS hosting menawarkan harga yang lebih terjangkau ketimbang cloud hosting. Alasannya adalah karena proses konfigurasi server dan pengoperasian akan diatasi oleh Anda sendiri. Jadi, kalau Anda punya skill teknis yang mumpuni, maka Anda tidak lagi perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memiliki fitur tambahan.

Sedangkan pada cloud hosting memiliki harga lebih mahal. Meski begitu, hal  ini cukup wajar mengingat Anda hanya fokus untuk mengelola website dan mengupdate konten saja. Untuk hal teknis, konfigurasi, sistem keamanan, dan penambahan fitur akan ditangani langsung oleh pihak penyedia hosting.

Berbagai Keunggulan Cloud Hosting

Kalau Anda sudah cukup jelas dengan perbedaan antara VPS hosting dengan Cloud Hosting, sekarang kami akan mengulas apa saja keunggulan dari cloud hosting. Mari kita simak satu per satu.

1. Selalu Online dan Akses yang Cepat

Keunggulan utama cloud hosting ialah kemampuannya yang sejajar dengan VPS. Dengan memiliki jumlah server lebih dari satu, cloud hosting akan selalu menjaga website Anda untuk tidak down meskipun jumlah trafik Anda yang melonjak.

Di samping itu, umumnya web hosting dalam bentuk cloud identik dengan sistem yang cepat. Hal ini dikarenakan setiap data yang ditransfer datang dari server yang paling responsif. Kalau salah satu jaringan server mengalami kendala, otomatis data Anda akan segera ditransfer melalui server lain.

2. Pengelolaan Website yang Mudah

Cloud hosting sangat direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan resource besar dengan sistem pengaturan website yang mudah. Ya, inilah alasan mengapa ia dikatakan mirip dengan shared hosting.

Akan tetapi, dalam penggunaannya Anda tetap memiliki akses kontrol panel melalui cPanel jika ingin mengatur hal-hal teknis di dalam website. Di samping itu, ia juga sudah terkonfigurasi dengan WordPress sehingga Anda bisa mengupdate dengan mudah. Anda juga bisa mereview tampilan website sebelum di-publish.

Keunggulan cloud hosting lainnya adalah memiliki fitur auto installer agar Anda bisa menginstal segala platform dengan sekali klik saja, seperti Joomla, Drupal, Weebly, Laravel dan sebagainya.

3. Terjamin Aman dari Serangan Cyber Crime

Cemas dengan adanya peretasan website atau hacker? Tidak perlu. Cloud hosting merupakan layanan hosting yang akan selalu menjaga keamanan website secara penuh. Sebab, layanan ini sudah dilengkapi dengan jejeran fitur proteksi untuk menghindari malware ataupun hacker.

Mulai dari fitur CloudLinux OS yang berfungsi untuk menjaga data pribadi hingga fitur proteksi malware dan DDoS (Distributed Denial of Service) untuk mencegah malware maupun hacker. Tak hanya itu, banyak jasa penyedia hosting yang juga menyediakan fitur backup otomatis untuk mengamankan data Anda agar tidak hilang.

Cloud hosting Terjamin Aman dari Serangan Cyber Crime
Cloud hosting Terjamin Aman dari Serangan Cyber Crime

4. Layanan Support

Keunggulan terakhir dari cloud hosting adalah adanya layanan support dari penyedia hosting. Anda tidak perlu lagi memikirkan soal konfigurasi web, pengelolaan, hingga proses upgrade ke cloud hosting.

Niagahoster Support - Sumber:www.niagahoster.co.id

Biasanya, para penyedia jasa hosting akan menyediakan layanan support selama 24 jam. Dengan begitu, Anda tak mesti khawatir jika membutuhkan bantuan kapan saja.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Beralih ke Cloud Hosting?

Cloud hosting sangat tepat buat Anda yang saat ini memiliki website dengan trafik tinggi sehingga membutuhkan resource yang lebih besar. Selain itu, Anda juga bisa beralih ke cloud hosting apabila:

  • Anda tidak memiliki kemampuan soal teknis untuk mengelola server sendiri.
  • Anda membutuhkan website yang bisa selalu online 24 jam. Dengan performa yang mumpuni.
  • Membutuhkan fleksibilitas untuk bisa upgrade layanan dan resource kapan saja dengan mudah.

Nah, apabila Anda mengalami beberapa kondisi di atas, itu artinya Anda harus segera beralih ke layanan cloud hosting. Apalagi saat ini sudah banyak sekali penyedia cloud hosting murah yang menggunakan teknologi terbaru.

Pastikan Anda memilih cloud hosting di penyedia web hosting terbaik dan terpercaya. Dengan begitu, Anda bisa menikmati layanan hosting dengan performa yang mumpuni dan terhindar dari berbagai kendala, seperti downtime dan serangan hacker.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments