Sponsored

10 Istilah Dalam Hosting Umum Hingga Spesifik

Dalam dunia hosting banyak istilah yang perlu dipahami. Baik bagi Anda yang ingin mendalami ilmu web hosting, maupun pelaku bisnis berbasis fasilitas tersebut.

10 Istilah Dalam Hosting Umum Hingga Spesifik

Dalam dunia hosting banyak istilah yang perlu dipahami. Baik bagi Anda yang ingin mendalami ilmu web hosting, maupun pelaku bisnis berbasis fasilitas tersebut.

Baca Juga: Sale Container Investment: 4 Secrets to Find the Best Container Trade Company

Sama halnya dengan berbagai bidang lainnya, web hosting juga punya daftar istilah dalam hosting yang mungkin sering Anda dengan. Daripada bingung dan berbicara jadi tidak nyambung dengan ahli web hosting, berikut ini daftar istilah tersebut. Pahami dan pelajari biar tidak salah saat menggunakannya nanti.

Hosting merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh penyedia jasa web hosting, fungsinya sebagai media simpan data website. Kapasitasnya akan berbeda, bisa dipilih sesuai kebutuhan pengguna dan pemilik website.

Istilah Umum Dalam Dunia Hosting

Dimulai dengan Istilah dalam web hosting umum yang mungkin tidak akan sulit untuk dipahami, kebanyakan sudah sering digunakan dalam pembahasan seputar internet dan komputer.

- Backup

Adalah penggandaan data atau file, sehingga saat terjadi kehilangan data pada media penyimpanan hosting maka Anda masih memiliki cadangan data di tempat lain.

- Spam

Disebut juga email yang dibagikan secara massal oleh pengirim, dengan memilih hosting berbayar Anda bisa meminimalisir jumlah spam yang bisa masuk ke dalam jaringan Anda.

- IP address

Kode unik berisi angka yang menjadi identitas sebuah perangkat. Bisa dibilang identitas pada lapisan kedua, setelah manusia atau sistem mengenali identitas melalui domain sebuah website.

- Disk Space

Besarnya tempat menyimpan data yang dapat digunakan pemilik website. Biasanya ditentukan oleh penyedia web hosting, mulai dari kapasitas 500 MB ke atas. Tentunya makin luas tempat menyimpan data itu, harga web hosting akan makin mahal.

- Webmail

Adalah salah satu fitur yang disediakan web hosting, dimana pengguna dapat kirim pesan melalui website sendiri tanpa tambahan aplikasi lain. Contohnya saja, Microsoft Outlook untuk berkirim email melalui perangkat berbasis Microsoft.

Istilah Dalam Hosting Kategori Spesifik                                    

Untuk istilah web hosting yang lebih spesifik, memang perlu dipahami lebih baik, diantaranya adalah:

- Bandwidth

Secepat apa transfer data bisa dilakukan per detik. Ini merupakan spesifikasi yang penting saat memilih sebuah hosting. Contohnya, 1kilobit per detik atau 1 gigabit per detiknya.

- Domain Name System (DNS)

Merupakan penerjemah domain yang terdeteksi pada sebuah website, menjadi IP address dalam bentuk nomor. Sehingga komputer akan paham dan mengidentifikasi domain dengan lebih baik dan spesifik.

- Dedicated Server

Adalah server kategori khusus berbentuk fisik yang menyimpan data dari sebuah akun. Pemilik akun bisa mengendalikannya semaksimal mungkin, terutama untuk menyimpan apapun ke dalam serverini tanpa tergantu jaringan hosting bersama yang dipakai.

- Apache Web Server

Yaitu sebuah server web, fungsinya sebagai pengirim konten dari sebuah web ke web pengguna lainnya. Banyak fitur yang bisa dipakai pada server ini, biasanya juga hadir pada berbagai jenis paket hosting.

Jadi, tak ada salahnya Anda mempertanyakan fitur ini ketika akan membeli atau menyewa web hosting.

- cPanel

Selanjutnya Istilah hosting dan domain yang banyak dipakai adalah cPanel, yaitu Panel yang dipakai untuk melakukan kontrol pada web hosting. Dengan memanfaatkannya, Anda bisa mengatur web hosting menjadi lebih familiar bagi siapapun.

- Distributed Denial of Service (DDoS)

Adalah sebuah serangan turunnya performa sebuah web, ketika banyak komputer berada pada lalu lintas jaringan yang sama dengan web tersebut. Alhasil, kecepatan penggunaan webmenjadi turun bahkan sangat drastis jika tidak segera ditangani dengan cara yang tepat.

- VPS

Adalah server pribadi virtual yang bisa dimiliki oleh pemilik website. Server ini bisa dikendalikan sendiri, termasuk mengatur tampilan dan berbagai hal di dalamnya agar lebih maksimal dan menunjang kegiatan websiteAnda.

Itulah sederet istilah dalam hosting yang mungkin sebagian dari Anda masih kurang familiar. Memahaminya bukan hal yang salah, malah akan menambah wawasan. Siapa tahu suatu saat Anda akan berhubungan langsung dengan dunia domain dan hosting.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan Hosting?

Hosting merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh penyedia jasa web hosting, fungsinya sebagai media simpan data website.

2. Jelaskan yang dimaksud dengan Backup!

Backup‌‌ Adalah penggandaan data atau file, sehingga saat terjadi kehilangan data pada media penyimpanan hosting maka Anda masih memiliki cadangan data di tempat lain.‌‌

3. Jelaskan mengenai Apache Web Server!

Apache Web Server adalah sebuah server web, fungsinya sebagai pengirim konten dari sebuah web ke web pengguna lainnya.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments