Game Mengasah Otak yang Cocok Dimainkan Saat Waktu Luang
Sponsored

Game Mengasah Otak yang Cocok Dimainkan Saat Waktu Luang

Bermain game tak hanya untuk mengisi waktu luang, tapi ternyata juga berguna bagi tubuh. Hadirnya game mengasah otak akan memberikan hiburan sekaligus manfaat bagi otak.

Game mengasah otak merupakan salah satu contoh bahwa bermain game tidak selamanya buruk. Game tersebut fungsinya tidak hanya menghadirkan hiburan, tetapi juga mampu membuat pikiran tetap terasah dan ditingkatkan kecerdasannya.

Kehadiran perangkat teknologi seperti ponsel pintar, pc, dan internet cepat membuat kegiatan bermain game semakin menyenangkan. Penggemar game online misalnya tidak hanya datang dari kalangan muda, tetapi juga kalangan orang tua.

Beberapa gamers bahkan bisa mendapatkan penghasilan hanya dengan memainkan games online tersebut. Dalam game online juga demikian, permainan yang Anda menangkan akan menghadirkan cuan.

Jenis game penghasil uang yang menuntut kecerdasan juga ada beberapa yang memberikan reward berupa uang. Game tersebut tidak hanya sebagai sarana hiburan, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan. Ketika Anda jenuh dengan rutinitas, perlu memenangkan diri lewat permainan digital.

Game Mengasah Otak yang Bermanfaat untuk Dimainkan

Permainan yang menyenangkan umumnya menghadirkan tingkat kesulitan yang berbeda – beda. Semakin tinggi level permainan, maka tingkat kerumitan dan tantangannya juga semakin sulit. Dalam game kecerdasan juga demikian.

Game kecerdasan menuntut para player untuk berpikir keras menyelesaikan misi dalam permainan. Logika dan IQ tinggi jelas dibutuhkan. Jika Anda ingin menguji kecerdasan otak, beberapa rekomendasi game ini sangat layak untuk dicoba.

1. Sudoku

Photo by John Morgan on Unsplash

Bicara tentang game yang bisa meningkatkan kecerdasan, tentu Sudoku harus masuk ke dalam list. Game ini sejak dulu sudah eksis, terutama di negeri asalnya jepang. Prinsip utama dalam permainan ini adalah Anda harus mengisi seluruh kotak dengan angka berbeda.

Biasanya terdapat kotak 9 x 9, dan di dalamnya sudah disediakan beberapa angka petunjuk. Tugas Anda adalah mengisi kotak yang masih terkosong dengan angka 1 – 9. Aturan permainan ini adalah dalam satu baris, kolom, dan kotak, tidak boleh ada angka yang sama.

Kini game Sudoku bisa didapatkan secara gratis di Play store. Game mengasah otak sudah diteliti dan disimpulkan bahwa mampu meningkatkan kecerdasan. Anak usia 10 tahun ke atas sudah bisa memainkannya.

2. Lumosity

Jika Anda mencari permainan yang menuntut logika dan kemampuan berpikir, maka Lumosity merupakan games paling tepat. Lumosity menghadirkan permainan yang menuntut daya ingat, kecepatan, daya tangkap, fleksibilitas, dan yang lainnya.

Dalam Lumosity selain menghadirkan tantangan, dalam permainannya juga diberikan pelajaran. Jadi Anda bisa bermain game sembari belajar pengetahuan baru. Nantinya ada juga sistem pengujian dibuat untuk mengetes daya ingat anda.

Game ini memang tidak menghasilkan uang, tetapi bisa membuat kecerdasan mental jadi meningkat.

3. Unblock Me Free

Ketika bosan di rumah atau saat menunggu seseorang, Anda bisa mengisi waktu dengan memainkan Unblock Me Free. Game yang dirilis oleh Kiragames Co., Ltd. ini sudah didownload lebih dari 50 juta kali. Game ini juga ramah untuk anak kecil.

Tugas utama Anda dalam permainan ini adalah membebaskan balok merah ke luar dari pintu yang disediakan. Nantinya balok merah tersebut dihalangi oleh balok – balok lain. Anda harus menggeser balok penghalang tersebut untuk membedakan balok merah.

Dalam permainan juga dibuat batas waktu. Jadi Anda perlu memecahkan jalan keluarnya secara cepat, untuk beranjak ke level permainan berikutnya. Semakin tinggi level permainan, semakin banyak balok yang menghalangi jalan keluar.

4. Brain Dots

Photo by Robina Weermeijer on Unsplash

Penggemar Game mengasah otak juga tidak boleh melupakan Brain Dots. Game yang dikembangkan oleh Translimit, Inc ini diakui sebagai salah satu permainan online terbaik. Permainannya memang tampak sederhana tetapi tidak akan membuat Anda bosan.

Prinsip permainan Brain Dots, adalah Anda harus menggambar jalur, agar bola dapat membentur bola lainnya. Nantinya ada juga disediakan penghalang jalur tersebut. Permainan ini jelas menuntut logika dan imajinasi.

Semakin tinggi level permainan, tampak bola semakin mustahil untuk berbenturan. Jadi tugas Anda adalah, harus menemukan pola jalur yang tepat, sehingga bisa kedua bola akan berbenturan nantinya.

5. Plumber

Plumber juga dikenal sebagai salah satu Game mengasah otak paling direkomendasikan untuk anak mudah. Game ini diluncurkan oleh Magma Mobile dan sudah di download lebih dari 10 juta kali. Di Indonesia game ini kerap juga disebut sebagai tukang pipa.

Sama seperti namanya dalam permainan ini, tugas player adalah menghubungkan satu pipa ke pipa yang lainnya, agar semuanya terhubung. Semakin tinggi level permainan, maka semakin banyak jenis pipa yang harus Anda hubungkan. Selain itu jaringan pipanya juga dibuat rumit.

Game ini tidak hanya menuntut otak berpikir cepat melihat pola pipa. Dalam permainan ini juga dibuat batas waktu, sehingga Anda harus beradu cepat dengan waktu. Anak usia 10 tahun ke atas, cocok memainkan Plumber karena dapat mengasah kecerdasan mereka.

6. Game Mengasah Otak Quick Brain

Quick Brain sendiri sebenarnya dirancang untuk mereka yang gemar dengan matematika. Sama seperti namanya, dalam permainannya otak Anda harus bekerja dengan cepat. Dalam permainan akan diberikan soal matematika dan Anda harus menjawabnya dengan cepat.

Untuk level tinggi, akan diberikan waktu yang sangat cepat. Jadi misalnya tantangan diberikan terkait soal perkalian. Anda harus memberikan jawaban secara cepat untuk beranjak ke level berikutnya.

Anak sekolahan tentu cocok memainkan game ini, karena dapat mengasah kemampuan matematika mereka. Bukan hanya anak – anak, orang dewasa juga bisa memainkannya. Mengasah otak dengan hitungan matematika dapat memperkuat logika Anda meningkatkan daya ingat.

7. Math vs Undead

Masih seputar game matematika, tetapi kali ini dipadukan dengan tantangan lebih menarik. Game Math VS Undead ini menampilkan zombi dalam permainannya. Zombie tersebut akan datang membunuh anda. Untuk mengalahkan zombie tersebut, Anda harus menjawab sola matematika.

Game ini juga soal kecerdasan dan kecepatan otak. Jika Anda memberikan jawaban tepat, maka zombie akan langsung terbunuh. Game mengasah otak dibuat dengan desain menarik, sehingga Anda tidak mudah bosan saat memainkannya.

Beberapa versi game asah kecerdasan otak memang ada yang menghasilkan uang, tetapi kebanyakan hanya sebatas permainan saja.

8. Roll the Ball

Pilihan lain untuk Game mengasah otak adalah Roll the Ball. Di Play store sendiri, game yang dikembangkan oleh BitMango ini sudah didownload lebih dari 100 juta kali. Hal ini menjadi bukti bahwa Roll the Ball sangat digemari.

Misi utama Roll the Ball adalah memindahkan bola ke balok merah. Anda harus menggeser balok kayu, agar bola memiliki jalur keluar. Nantinya akan dimunculkan beberapa halangan tersembunyi. Jadi selain harus berpikir cerdas, Anda juga perlu memiliki tangan yang cepat.

Setiap permainan umumnya tidak hanya menuntut kecepatan tangan, tetapi juga kemampuan otak dalam bernalar. Kegiatan bermain game bukan hal yang sia – sia, melainkan memberikan banyak manfaat.

Memainkan game mengasah otak misalnya dapat membuat pikiran terhindar dari setres dan meningkatkan kecerdasan.



FAQ

Apa Fungsi lain dari Game Mengasah otak ?

Game tersebut fungsinya tidak hanya menghadirkan hiburan, tetapi juga mampu membuat pikiran tetap terasah dan ditingkatkan kecerdasannya

Apa Saja Fitur yang terdapat dalam game Lumosity?

Lumosity menghadirkan permainan yang menuntut daya ingat, kecepatan, daya tangkap, fleksibilitas, dan yang lainnya.

Dalam Lumosity selain menghadirkan tantangan, dalam permainannya juga diberikan pelajaran. Jadi Anda bisa bermain game sembari belajar pengetahuan baru. Nantinya ada juga sistem pengujian dibuat untuk mengetes daya ingat anda.

Bagaimana Prinsip Permainan Brain Dots?

Prinsip permainan Brain Dots, adalah Anda harus menggambar jalur, agar bola dapat membentur bola lainnya. Nantinya ada juga disediakan penghalang jalur tersebut. Permainan ini jelas menuntut logika dan imajinasi.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments