Facebook Marketing
Social Media Marketing

Facebook Marketing

Sekilas Facebook marketing adalah hal yang nampak sederhana untuk dilakukan. Cara untuk membuatnya terbilang mudah karena setiap langkahnya disediakan opsi-opsi dan juga langkah-langkah yang mudah untuk diikuti apalagi banyak juga yang sudah memberikan tutorialnya di internet.

Facebook marketing tentunya tidaklah semudah yang terlihat, sebab dibutuhkan trik-trik khusus apabila Anda ingin sukses dalam melakukan marketing pada media sosial ini. Menggunakan Facebook sebagai toko online kini sudahlah umum, mengingat Facebook merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh orang banyak. Hal ini tentunya membuat Facebook menjadi tempat yang potensial untuk melakukan kegiatan jual beli, banyaknya orang yang menggunakan Facebook sebagai media marketing tentunya membuat Anda memiliki banyak pesaing. Oleh sebab itu diperlukan trik khusus agar marketing yang dilakukan pada Facebook dapat berjalan dengan lancar.

  1. Menggunakan gambar sebagai media marketing
    Ketika Anda melakukan marketing, maka ada baiknya menggunakan gambar dibandingkan kata-kata, sebab banyak orang yang lebih menyukai melihat gambar dibandingkan dengan tulisan. Oleh sebab itu usaha untuk menulis sedikit kata-kata dan perbanyak gambar, apalagi banyak orang yang malas untuk membaca keterangan gambar. Jadi buatlah gambar yang menarik perhatian agar orang tertarik untuk membuka foto tersebut.
  2. Menarik perhatian dengan membuat audiens terlibat
    Menarik perhatian calon pembeli tidak hanya membujuknya melalui kata-kata yang menarik, namun Anda bisa mengajak para audiens dengan terlibat. Caranya Anda dapat membuat sebuah lomba seperti menglike seluruh postingan Anda atau melakukan share, dengan begini maka orang lain dapat mengetahui usaha Anda dan tertarik untuk membeli produknya. Dengan membuat lomba yang akan Anda berikan hadiah berupa produk yang dijual juga membuat orang mengenal bagaimana kualitas produk yang dijual, serta akan banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi akun Anda untuk mengikuti lomba tersebut sehingga secara tidak langsung akan melihat produk yang Anda jual.

BPJSTK-Facebook-Marketing

  1. Mengesampingkan keuntungan
    Banyak orang yang melakukan marketing bertujuan untuk membuat laku produknya sehingga mendapatkan keuntungan, memang benar jika membuka usaha tujuannya adalah mendapatkan keuntungan. Namun apabila Anda masih baru maka kesampingkan hal tersebut, ubahlah tujuan marketing Anda untuk mencari relasi yang dapat membantu memajukan bisnis Anda. Serta fokuslah kepada banyaknya pengikut toko/bisnis Anda, sebab dengan cara ini Anda bisa mengetahui seperti apa keinginan pasar sehingga dapat menyediakan apa yang pasar butuhkan. Sebab apabila relasi Anda banyak, maka sangat mudah untuk menyelesaikan berbagai masalah dalam bisnis Anda apalagi kehadiran relasi dapat mempromosikan usaha Anda secara gratis.
  2. Menjaga etika dalam bersosial media
    Apabila Anda ingin mendapatkan pengikut yang banyak di Facebook, maka jagalah etika dalam melakukan marketing. Hal ini bertujuan agar para audiens nyaman sehingga akan tetap mengecek setiap postingan Anda, oleh sebab itu jangan sampai Anda terlalu sering memposting hal-hal yang mengenai marketing. Selingi dengan beberapa kuis, sehingga para audiens tertarik dengan toko/bisnis Anda. Sebab melalui kuis tersebut Anda tetap bisa menyisipkan beberapa materi mengenai marketing sehingga para peserta perlombaan tersebut dapat mengenal produk Anda.
  3. Menggunakan Facebook Ads
    Selain memperhatikan konten yang Anda upload, Anda bisa juga menggunakan Facebook ads untuk membantu dalam melakukan promosi. Sebab dengan menggunakan Facebook Ads maka akun Anda dapat dipromosikan, namun bukan berarti Anda tidak melakukan promosi lainnya. Diperlukan promosi secara meluas agar toko/bisnis Anda dapat dikenal, sebab tidak mudah untuk mencuri perhatian para calon pembeli sehingga tertarik membeli.

Facebook-Ads---Kontes-Merah-Putih

  1. Jangan mengabaikan respon pengikut dalam bentuk apapun
    Mungkin memang agak berlebihan jika setiap komentar yang masuk ke dalam unggahan konten perusahaan atau brand Anda harus direspon balik apalagi jika jumlahnya ribuan. Namun yang pasti harus diperhatikan adalah pengikut atau pengguna lainnya yang memberikan masukan kepada brand atau produk Anda, memberikan kritik atau komplain, dan bentuk masukan lain yang bisa berpengaruh pada image produk di mata konsumen. Tidak hanya mengecek komentar atau komentar yang diberikan dari konten yang dibagikan, namun juga dari berbagai macam platform digital lainnya secara umum. Mendengarkan apa yang orang lain katakan mengenai brand Anda di dalam ruang lingkup digital disebut dengan social listening. Arfadia memiliki aplikasi Social Media Ticketing dimana komentar yang jumlahnya ribuan, dapat otomatis terbagi apakah komentar tersebut bersifat kritik, saran, atau hanya informasi. Selain itu komentar pun dapat dibagi berdasarkan divisi pada perusahaan yang capable untuk menanggapinya.

Social-Media-Ticketing-and-Monitoring-System-BPJSTK

  1. Memanfaatkan Facebook Insight
    Facebook Insight adalah fitur yang sangat penting dalam menerapkan Facebook marketing karena dari fitur ini Anda bisa mendapatkan data performa konten yang Anda unggah dalam bentuk angka, grafis, dan sajian lainnya. Fungsinya adalah untuk melihat mana konten yang bisa mencapai ROI, konten seperti apa yang paling diminati oleh pengikut akun media sosial Anda, konten mana yang kurang diminati dan tidak mendapatkan respon sebanyak yang lainnya, dan sebagainya. Dengan demikian dana investasi pemasaran yang Anda alokasikan untuk Facebook marketing bisa lebih efisien. Selain menggunakan Facebook Insight, data-data tersebut juga bisa didapatkan dengan menggunakan beberapa macam perangkat lunak untuk media sosial. Artikel lengkap mengenai Facebook Insight dapat anda baca disini.
Sumber : https://www.tweaksocialmedia.com/how-to-use-facebook-insights/

Apabila Anda tetap bingung dan merasa putus asa setelah bekerja keras dalam melakukan Facebook marketing, maka ada baiknya untuk menggunakan jasa Arfadia. Sebab Arfadia merupakan agen digital yang dapat membantu Anda dalam melakukan Facebook marketing dengan pengalaman-pengalamannya memegang akun Facebook perusahaan-perusahaan besar, kementerian, organisasi internasional dan lembaga pemerintah.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments