Contoh Aplikasi Sistem Informasi
Software

Contoh Aplikasi Sistem Informasi

Sistem informasi sudah menjadi fundamental pendukung dalam sebuah organisasi. Berikut akan dibahas jenis dan contoh aplikasi dari sistem informasi

Sistem informasi saat ini mengalami banyak perkembangan dan mempunyai banyak contoh aplikasi sistem aplikasinya itu sendiri.  Setiap contoh memilih tujuan yang berbeda-beda pada penerapannya, hal ini didasari kebutuhan pada pengguna sistem aplikasi itu sendiri. Berikut akan dibahas tentang jenis dari sistem informasi dan seperti apa contoh aplikasi dari sistem informasi itu sendiri.

Jenis dan contoh aplikasi sistem informasi

Untuk meningkatkan kualitas teknologi penting untuk mengetahui jenis dan contoh penerapan aplikasi sistem informasi. Ada beberapa jenis aplikasi yang bisa dipahami dan ketahui. Berikut jenis dan contoh aplikasi sistem informasinya.

Information Reporting System (IMS)

Aplikasi satu ini merupakan aplikasi yang menyediakan suatu produk yang bersifat manajerial dan pengguna dimana mampu mendukung pengguna dalam mengambil hingga menentukan keputusan. IRS sendiri berisi suatu informasi  operasi yang bersifat internal.  Selain itu aplikasi information reporting system juga bisa berupa laporan, dimana laporan tersebut bisa disesuaikan berdasarkan permintaan pemakainya. Misal, SPV penjualan bisa mendapatkan laporan terkait analisa dari penjualannya setiap periode per-bulan untuk tujuan sebagai evaluasi terkait penjualan suatu produk melalui aplikasi ini.

TPS (Transaction processing system)

TPS atau Transaction Processing System merupakan suatu aplikasi sistem informasi dimana dibuat untuk bertujuan mengembangkan proses data terutama dalam jumlah yang besar atau pun banyak. kebanyakan orang menggunakan aplikasi ini untuk merekap gaji dan merekap absensi pegawainya. Aplikasi ini juga mempunyai fungsi untuk organisasi, yaitu bisa melakukan interaksi secara eksternal. Untuk proses dari aplikasi ini sendiri dapat meliputi beberapa hal, mulai dari pengurutan data sampai pembaharuan data. Selain itu aplikasi TPS juga mempunyai output yang baik seperti pembuatan laporan yang detail hingga adanya daftar lengkap dan ringkasan pada laporan tersebut di aplikasinya.

OAS (Office Auotomation System)

OAS atau disebut juga Office Automation System merupakan suatu sistem aplikasi yang memiliki manfaat untuk membantu proses dalam hal menyimpan data serta informasi komunikasi dalam bentuk elektronik di kantor. Contohnya saja OAS digunakan untuk menyimpan suatu komunikasi antara satu departemen pada sebuah perusahaan, caranya yaitu melakukan integrasi server pada setiap user komputer yang dimiliki perusahaan. Semua data informasi serta dokumen disimpan pada server dimana bisa membantu untuk mempermudah dalam hal mengakses dan melihat isi dari dokumen itu sendiri namun tetap menggunakan jaringan LAN.

KWS (Knowledge Work System)

KWS merupakan suatu aplikasi yang mempunyai sistem yang dapat mengintegrasi suatu pengetahuan yang baru pada sebuah lembaga atau pun organisasi. KWS atau Knowledge Work System nantinya bisa dan mampu untuk mendukung pekerja professional mulai dari engineer, scientist hingga dokter dalam hal membantu mencipta dan menemukan pengetahuan dengan inovasi yang baru dan memberikan kontribusi lebih terhadap lembaga yang relevan terhadap hal yang ditemukannya. Arfadia sendiri menyediakan salah satu jenis aplikasi ini yang nantinya bisa membantu pelayanan terhadap lembaga yang membutuhkan nantinya, tentunya dengan standar aplikasi yang sangat baik dan sangat mendukung kinerja.

SIM (Sistem Informasi Manajemen) dan DSS (Decision Support Systems)

Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif (sumber : wikipedia.org). Aplikasi ini juga memberikan dampak positif serta kepuasan terhadap pengguna itu sendiri, karena dengan aplikasi ini segalanya bisa dilakukan dengan lebih efisien.

Selain SIM ada juga aplikasi DSS. Aplikasi satu ini sebenarnya penggunaannya hampir mirip dengan SIM.  Decision Support Systems atau bisa juga disebut Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis software yang dimaksudkan untuk membantu manajer dalam pengambilan keputusan dengan mengakses sejumlah besar informasi yang dihasilkan dari berbagai sistem informasi terkait yang terlibat dalam proses bisnis organisasi, seperti sistem otomatisasi kantor, sistem pemrosesan transaksi, dll. DSS menggunakan ringkasan informasi, pengecualian, pola, dan tren menggunakan model analisis. Sistem pendukung keputusan membantu dalam pembuatan keputusan namun tidak harus memberikan keputusan itu sendiri. Para pengambil keputusan mengumpulkan informasi yang berguna dari data mentah, dokumen, pengetahuan pribadi, dan / atau model bisnis untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah dan membuat keputusan. (sumber : sistem-informasi.xyz)

Di era modern saat ini teknologi berkembangan sangat pesat. Mulai dari perangkat kerasnya hingga perangkat lunaknya. Pesatnya perkembangan tersebut membuat banyak perusahaan memilih untuk mengembangkan perangkat lunaknya seperti penggunaan aplikasi sistem informasi untuk menunjang perkembangan perusahaan ini sendiri. contoh aplikasi sistem informasi tadi bisa dijadikan rekomendasi untuk memilih dan memesan aplikasi seperti apa yang diinginkan. Salah satu tempat pembuat aplikasi terbaik yaitu Arfadia. Perusahaan ini memberikan kualitas yang baik dalam hal pembuatannya.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments