Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Web Development & Programming

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Dalam praktiknya, fungsi sistem informasi manajemen dibutuhkan perusahaan. Tanpa sistem tersebut, mustahil sebuah korporasi atau instansi berjalan lancar, terutama saat akan mengambil keputusan. Maka penting bagi orang-orang yang bekerja di bidang tersebut untuk memahami sistem informasi manajemen.

Dalam praktiknya, fungsi sistem informasi manajemen dibutuhkan perusahaan. Tanpa sistem tersebut, mustahil sebuah korporasi atau instansi berjalan lancar, terutama saat akan mengambil keputusan. Maka penting bagi orang-orang yang bekerja di bidang tersebut untuk memahami sistem informasi manajemen.

Definisi sistem informasi manajemen

Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah sistem yang dipakai organisasi dalam pengaturan seluruh transaksi yang mendukung fungsi manajemen dan bermanfaat untuk mengambil keputusan. Selain itu, ada pula yang menyebutkan bahwa sistem informasi manajemen merupakan sistem yang menghasilkan output dari input dan sejumlah proses lain yang hasilnya kelak dibutuhkan kegiatan manajemen untuk tujuan-tujuan tertentu.

SIM senantiasa dijadikan pertimbangan saat perusahaan hendak menentukan keputusan. Kemudian, sistem informasi ini juga mampu mempercepat pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan analisis manajemen. Apalagi kalau ditunjang dengan teknologi tercanggih, sumber daya manusia berkualitas, dan komitmen yang tinggi. Dengan kata lain, instansi atau korporasi membutuhkan komitmen kuat kalau mereka ingin produksi berjalan lancar dan memberikan keuntungan besar.

Supaya informasi yang dihasilkan SIM bermanfaat bagi manajemen, analisis sistem yang digunakan pun harus mengenal macam-macam kebutuhan informasi yang diperlukan. Sebut saja aktivitas-aktivitas yang ada di setiap tingkat manajemen hingga tipe keputusan yang dapat diambil sebagai solusi masalah. Bisa dikatakan fungsi sistem informasi manajemen dalam perusahaan memberikan pengaruh terhadap setiap putusan akhir yang ditarik instansi atau korporasi terkait.

Fungsi dan tujuan sistem informasi manajemen

Setelah menyelami definisi sistem informasi manajemen, mari simak fungsi dan tujuannya, antara lain:

  • Mengumpulkan data dan informasi

Data dan informasi yang digunakan organisasi pasti sangat banyak. Mengelolanya jelas dibutuhkan waktu dan ketelitian dari orang-orang berpengalaman. Dalam hal ini, sistem informasi manajemen dapat diandalkan untuk menentukan informasi yang dibutuhkan untuk menciptakan keputusan yang nantinya diatur ke dalam database. Data-data tersebut biasanya dijaring perusahaan dari sumber-sumber dalam maupun luar. Sementara SIM biasanya mengumpulkan sumber internal yang mencakup catatan instansi hingga laporan yang didapatkan dari publikasi pelanggan, perdagangan, hingga konsultasi.

  • Menyimpan dan mengatur data instansi

Begitu dibuat, database harus segera disimpan dan diolah menjadi format yang dapat dimanfaatkan manajer. Data atau informasi tersebut biasanya disimpan dalam hard disk komputer atau perangkat lain seperti memori eksternal dan flash disk. Kriteria data SIM harus yang teranyar, maka dari itu database juga patut diperbarui. Caranya dapat dilakukan secara manual dengan mengganti yang lama jadi yang baru. Dengan begitu, perusahaan tak akan ketinggalan data maupun informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan terpenting.

  • Menyediakan informasi untuk manajer

Selain dimasukkan ke dalam memori atau ruang penyimpanan yang dapat diakses dengan cepat, data yang telah dikelola memakai SIM juga harus tersaji dalam format yang mudah dipahami. Disinilah fungsi sistem informasi manajemen bekerja. Informasi yang berkaitan dengan verbal umumnya disajikan dalam bentuk laporan teks, daftar, artikel, garis besar, hingga buku. Sementara informasi angka tersedia dalam format grafik dan tabel. Grafik yang umumnya digunakan dalam penyajian data tersebut meliputi diagram lingkaran, diagram batang, diagram garis, hingga grafik.

Menyoal tujuan, sistem informasi manajemen dibentuk untuk:

  • Menyediakan informasi atau data yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan di      perusahaan;
  • Menyajikan informasi yang nantinya dipakai dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi, hingga perbaikan secara kontinu;
  • Menghadirkan informasi yang dimanfaatkan dalam perhitungan harga pokok produk, jasa, serta tujuan lain yang akan digunakan pihak manajemen.

Mengelola informasi dan data SIM dengan aplikasi

Kemajuan teknologi yang tumbuh di perusahaan telah membantu para karyawannya dalam mengelola data maupun informasi secara cepat. Dalam hal ini, Arfadia – Software Application menawarkan sebuah solusi pengumpulan data SIM menggunakan produk terkini di dunia digital aplikasi.

Pengalaman selama puluhan tahun telah menyiapkan perusahaan software tersebut untuk memberikan fasilitas maupun layanan kepada instansi atau korporasi besar di ibukota. Dengan begitu, fungsi sistem informasi manajemen dapat meningkat tajam berkat kepraktisan yang diberikan aplikasi. Akurasi tinggi yang diberikan sebagai hasil pun akan mengurangi tingkat kesalahan dalam manajemen.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments