Photography

Fotografer Keren

Menjadi fotografer yang keren ada banyak yang harus dilakukan demi mendapatkan foto epic. Untuk menjadi fotografer keren berikut hal yang perlu diperhatikan

Fotografer Keren

Fotografi merupakan sebuah seni dengan berbagai kreativitas. Bagi kebanyakan pemula, biasanya mereka ingin mempelajari dan mendalaminya secara terburu-buru sehingga akhirnya justru menjadi bingung saat mendengar masukan dari orang lain atau merasa frustasi ketika menggunakan kamera. Seharusnya belajar fotografi menjadi hal yang menyenangkan. Memang, Anda tentu ingin menjadi fotografer keren.

Menjadi fotografer yang keren tentu bukanlah hal yang mudah karena ada banyak pengorbanan yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil foto yang epic dan memuaskan. Untuk menjadi fotografer keren, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Komposisi

Ini merupakan dasar setiap foto. Hal ini mencakup bentuk dan garis besar dari sebuah foto, termasuk penempatan subjek dan objek dalam kaitannya dengan berbagai unsur yang terlibat dalam tampilan. Saat mengambil foto, maka fotografer-lah yang menjadi pelukis untuk membuat desain lukisan yang bagus. Selalu perhatikan komposisi dari setiap foto yang diambil. Nantinya Anda pasti akan segera menemukan peningkatan yang signifikan pada foto yang dihasilkan.

Foto oleh @adrinb88

Penempatan Subjek Dalam Foto

Anda juga wajib untuk menempatkan sebuah subjek pada setiap foto. Tanpanya, gambar tidak akan terlihat hidup. Subjek merupakan unsur yang disajikan pertama kali oleh orang yang melihat foto tersebut. Subjek tersebut bisa saja berukuran besar atau kecil. Tidak peduli seberapa besar ukuran subjek tersebut, seorang fotografer wajib menetapkan objek secara seksama. Namun untuk memperoleh hasil yang baik, Anda harus belajar menekuni seni fotografi agar dapat mengetahui dengan mudah apa yang ingin dicapai. Jika belum berhasil, jangan langsung kecewa karena foto tersebut tinggal dihapus dan mengulanginya lagi.

man walking towards gray wall
Photo by Brandon Wong / Unsplash

Membidik Gambar Secara Lebih Dekat

Robert Capa, salah satu fotografer keren yang terkenal pernah mengatakan bahwa jika foto yang dihasilkan tidak cukup baik, maka itu artinya fotografer belum terlalu dekat pada saat membidikkan kamera-nya. Jika gambar yang diambil dirasa kurang jelas, maka mendekatkan ke arah subjek, Isi tampilan dengan subjek dan lihatlah berapa banyak foto yang terlihat lebih baik tanpa banyak ruang terbuang. Intinya, ketika Anda semakin dekat dengan subjek, Anda tentu akan semakin jelas melihat ekspresi-nya.

Foto oleh @aresjonekson

Berlatih Memotret Setiap Hari

Salah satu cara terbaik untuk berlatih menjadi seorang fotografer yang keren adalah terus mengasah kemampuan yaitu berlatih terus menerus. Cobalah memotret sebanyak mungkin. Menghabiskan waktu selama berjam-jam di belakang kamera merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan teknis dan kemampuan untuk menceritakan berbagai kisah dari subjek yang dibidik.

Perhatikan Pencahayaan

Sebelum memotret subjek dengan kamera, lihat darimana datangnya cahaya. Manfaatkan cahaya tersebut sebagai keuntungan dalam memotret baik itu cahaya alami dari matahari maupun sumber cahaya buatan seperti lampu. Coba renungkan pertanyaan berikut ini, “Bagaimana Anda memanfaatkan cahaya?”, “Apakah Anda hanya menyoroti satu area saja atau ingin mendapatkan bayangan yang menarik?”, “Bagaimana interaksi cahaya terhadap subjek dan tampilan?”. Semua ini merupakan hal yang dapat dimanfaatkan untuk menjadikan sesuatu yang biasa terlihat luar biasa.

@erwinsaleh-1920-compressor
Foto oleh @erwinsaleh

Memakai Flash Untuk Hilangkan Bayangan

Flash mungkin biasanya hanya digunakan saat malam hari atau ruangan yang gelap. Jika hari sedang cerah dan sinar matahari menimbulkan bayangan yang terang pada subjek, gunakan flash untuk menutupi bayangan silau tersebut. Hasilnya bayangan tidak akan terlihat.

black Canon DSLR camera
Photo by Seth Doyle / Unsplash

Beli Buku Fotografi Untuk Menambah Ilmu

Hanya bermodal kamera yang bagus dan mahal saja belum menjamin bahwa foto yang dihasilkan memiliki kualitas bagus. Tidak sedikit hasil foto menakjubkan diabadikan hanya dengan kamera ponsel. Perluas wawasan Anda dengan mempelajari buku-buku fotografi. Dari sana, Anda dapat mempelajari hasil karya para fotografer yang sudah berpengalaman. Buku tersebut tidak hanya akan memberi inspirasi tetapi juga memberikan ide-ide untuk peningkatan kualitas foto yang dihasilkan.

camera on book
Photo by Glenn Carstens-Peters / Unsplash

Peka Terhadap Subjek yang Difoto

Cobalah untuk menciptakan kontak mata, lebih memperhatikan subjek, dan ikut terlibat dengannya. Hal ini akan membuat foto yang dihasilkan terlihat lebih hidup. Coba tentukan bidikan yang tepat untuk mendapatkan gambar yang sesuai dengan keinginan. Bekerjasamalah dengan subjek dan beri mereka penghargaan.

Foto oleh @n0maden

Framing

Pembingkaian atau yang juga sering dikenal dengan Point of Interest adalah saat Anda menempatkan subjek utama sedemikian rupa agar dikelilingi oleh berbagai elemen lain. Teknik tersebut dapat digunakan saat ingin menjadikan foto Anda menarik perhatian. Dengan teknik framing, subjek akan menjadi pusat perhatian atau titik fokus dari hasil foto.

man walking on spiral stairs
Photo by Brannon Naito / Unsplash

Bermain Dengan Cahaya

Untuk mendapatkan foto yang keren, jangan mengambil foto dengan sinar matahari di belakang Anda karena ini adalah cara yang membosankan. Ketika Anda memotret dengan cahaya yang berasal dari samping atau di belakang subjek, cahaya tersebut dapat diatur sesuai dengan kebutuhan untuk menciptakan foto yang terlihat menarik.

Foto oleh @getmyimam

Memotret Dengan Pikiran

Walaupun Anda tidak secara  langsung memotret gambar, cobalah untuk memotret dengan pikiran. Berlatihlah dengan membayangkan berbagai ekspresi subjek dan berbagai kondisi cahaya. Coba pikirkan bagaimana caranya menyusun tampilan gambar agar terlihat menarik dengan jenis pencahayaan yang ada.

Membawa Kamera Kemanapun

Seorang fotografer keren pasti selalu membawa kamera kemanapun. Jika Anda tidak membawa kamera setiap saat, Anda tentu tidak akan menghasilkan foto yang bagus. Apapun kamera yang digunakan untuk memotret baik itu kamera ponsel pintar atau DSLR, selama Anda membawanya, Anda bisa menangkap berbagai momen spontan yang menarik.

Jangan Menghabiskan Waktu Terlalu Banyak Untuk Mengedit

Atur kamera di saat awal agar nanti Anda tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk proses editing. Jika Anda memerlukan waktu 10 menit atau lebih untuk mengedit foto, maka sebaiknya Anda mengambil ulang foto tersebut.

Mencari Inspirasi Dari Berbagai Bentuk

Carilah sudut yang berbeda. Coba lakukan apa yang disukai dan tidak tentang teknik yang dicoba. Lihat unsur teknis gambar dan pertimbangkan bagaimana cara untuk membuatnya serta apa yang sedang Anda coba lakukan.

concrete building photo
Photo by Jean-Francois Henri / Unsplash

Membuat Daftar Gambar Untuk Dipotret

Ketika Anda tidak memungkinkan untuk membawa kamera, Anda dapat membawa buku catatan kecil ketika menemukan objek yang menarik. Jadi Anda bisa datang lagi ke tempat itu untuk memotret gambar yang belum sempat dilakukan. Catatlah setiap detail yang penting seperti pencahayaan. Jadi Anda nanti dapat kembali di waktu atau cuaca yang sama.

white printer paper
Photo by David Ballew / Unsplash

Menjadi fotografer keren ternyata bukan hal yang sulit. Tetapi semua itu dapat dicapai dengan sendirinya setelah melalui proses yang panjang. Jika Anda mencari fotografer keren untuk mengabadikan momen Anda yang berharga, Arfadia Photography merupakan salah satu jasa fotografi yang dapat mewujudkan impian Anda. Dengan pengalaman yang cukup lama di bidang fotografi dan didukung oleh para fotografer professional, semua momen berharga Anda tentu akan diabadikan melalui foto-foto yang luar biasa baik itu product photography, company profile, model photography, dan commercial photography lainnya.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments