Social Media Marketing

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Bagi Anda yang bingung dengan bagaimana cara membuat stiker WhatsApp maka di sini akan dibahas mengenai cara membuat stiker WA. Berikut informasinya.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Saat ini teknologi informasi semakin hari semakin berkembang, kita tidak perlu bertemu dengan orang untuk melakukan komunikasi. Banyak sekali aplikasi yang bisa menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya hanya dengan bermodalkan internet dan ponsel pintar. Komunikasi memang menjadi kunci dari setiap kegiatan dalam kehidupan, tanpa komunikasi mungkin Anda akan ketinggalan banyak informasi.

Selain sosial media yang sering digunakan untuk melakukan kegiatan sosial, tetapi banyak juga aplikasi yang bisa digunakan untuk bersosial dengan basis chat. Salah satu aplikasi tersebut adalah WhatsApp. Saat ini banyak yang menggunakan aplikasi ini karena memiliki banyak fitur menarik dan memiliki kemudahan dalam pengoperasiannya.

Bahkan saat ini aplikasi  WhatsApp menjadi aplikasi chatting yang banyak digunakan oleh warga dunia khususnya Indonesia. Dari anak-anak sampai orang tua saat ini lebih memilih WhatsApp dibandingkan dengan aplikasi lain. Aplikasi ini lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi chating yang lain, sehingga tidak banyak memakan tempat pada ponsel pintar Anda.

Salah satu fitur WhatsApp yang sangat digemari akhir-akhir ini adalah stiker. Saat Anda kehabisan kata-kata, stiker bisa mewakili bagaimana perasaan Anda. Memang di aplikasi ini telah memiliki emoji sebelumnya, namun emoji sangat kecil dan kurang bisa mengekspresikan perasaan.

Bagi Anda yang masih bingung dalam penggunaan stiker WhatsApp ini maka perlu belajar lebih lanjut agar tetap update dan tidak ketinggalan perkembangan teknologi dan informasi. Berikut beberapa hal yang bisa Anda pahami mengenai aplikasi WhatsApp dan juga satu fitur stiker yang saat ini sering dibicarakan dan sering digunakan oleh para masyarakat pada umumnya :

Mengenal Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan singkat dari Facebook. Aplikasi ini diklaim memiliki kelebihan dibandingkan dengan aplikasi pesan singkat lainnya karena lebih privat, sederhana dan juga sangat aman.

Aplikasi ini juga semakin hari selalu mengalami perkembangan sehingga banyak dipilih, fiturnya menjadi lebih lengkap dan sangat menunjang komunikasi antar manusia. Aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi multimedia sehingga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seperti mengirim foto, video, pesan suara, dan juga file. Bisa juga digunakan untuk telepon dan video call.

Aplikasi ini juga sangat mendukung proses komunikasi dengan menyediakan emoji, gif, dan stiker. Stiker ini lah yang menjadi fitur paling favorit pengguna aplikasi ini karena bisa mengekspresikan perasaan tanpa menggunakan kata-kata.

Apa Itu Stiker WhatsApp ?

Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 miliar orang ini memiliki fituryang baru yaitu stiker. Stiker ini baru muncul sekitar 2 tahun yang lalu sehingga fitur ini termasuk fitur yang baru. Stiker merupakan suatu gambar yang bisa mengekspresikan perasaan seseorang dengan berbagai karakter atau tulisan yang beraneka ragam.

Stiker berbeda dengan emoji, emoji merupakan gambar yang juga bisa mengekspresikan perasaan akan tetapi ukurannya kecil dan bisa masuk dalam teks pesan singkat sedangkan stiker berdiri sendiri dan ukurannya cukup besar dan beragam. Berbagai karakter yang unik dengan tulisan-tulisan yang mendukung membuat stiker banyak digemari.

Dari Mana Stiker WhatsApp Didapatkan ?

Aplikasi WhatsApp sendiri menyediakan stiker bawaan yang sudah cukup banyak, jadi saat Anda melakukan upgrade aplikasi maka bisa langsung mendapatkan stiker bawaan tersebut. Berbagai karakter yang lucu sudah tersedia di kolom stiker Anda.

Anda bisa menemukan contoh stiker WA di bagian simbol muka bulat tersenyum untuk mencari emoji, selanjutnya cari di bagian bawah yang simbolnya seperti kertas dengan bentuk kotak dengan lipatannya di pojok kanan bawah.

Di situ, Anda akan menemukan banyak sekali emoji yang bisa Anda gunakan. Namun, apakah Anda sering melihat teman-teman Anda mendapatkan stiker yang berbeda dengan stiker bawaan tersebut ? Mungkin bisa dengan karakter yang lain atau malah dengan menggunakan muka seseorang dan ada juga yang ditambahkan lata-kata.

Anda pasti juga penasaran bagaimana cara membuatnya, pasti sangat asyik jika memiliki stiker WA pribadi menggunakan wajah Anda atau orang terdekat Anda sendiri sekaligus bisa dijadikan meme dan bahan bercandaan. Saat ini bukan mimpi lagi, Anda bisa melakukannya dengan mudah karena caranya pun juga sangat mudah. Namun Anda harus mengikuti beberapa tahapan.

Bagaimana Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Bagi Anda yang bingung dengan bagaimana cara membuat stiker WhatsApp maka di sini akan dibahas mengenai cara membuat stiker WA. Untuk lebih jelasnya simak beberapa langkah cara bikin stiker WA sendiri berikut ini :

1. Unduh Aplikasi Pihak Ketiga

WhatsApp sendiri tidak menyediakan fitur untuk membuat stiker pribadi dengan menggunakan foto atau gambar pribadi, sehingga jika Anda ingin membuat berbagai jenis stiker dengan menggunakan foto atau gambar pribadi maka bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki kemampuan menghubungkan stiker Anda ke dalam aplikasi WhatsApp.

Personal Sticker for WhatsApp
Personal Sticker for WhatsApp

Aplikasi ini yaitu Personal Sticker for WhatsApp, aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa menghubungkan stiker Anda ke dalam stiker WhatsApp. Selanjutnya unduh juga beberapa aplikasi pendukung sekaligus yaitu aplikasi Background Eraser.

Aplikasi tersebut sangat berguna untuk menghapus latar belakang foto Anda sehingga terlihat seperti manusia stiker. Fitur-nya cukup lengkap dan mudah digunakan sehingga wajib Anda coba. Anda bisa menggunakan aplikasi yang lain yang memiliki fungsi sama.

Selain itu, Anda juga bisa memilih aplikasi edit foto yang lain seperti PicsArt atau yang lainnya untuk membuat foto stiker Anda akan terlihat lebih memiliki nilai estetika dan kreativitas yang cukup tinggi.

2. Tentukan Gambar atau Foto yang akan Anda Gunakan untuk Stiker

Yang selanjutnya, tentukan gambar atau foto yang akan Anda gunakan untuk membuat stiker tersebut. Anda bisa menggunakan foto Anda pribadi, menggunakan gambar dari Google, atau yang lainnya. Namun, jangan siapkan satu atau dua foto saja karena dalam membuat stiker Anda masuk di WhatsApp maka harus dalam jumlah 3 atau lebih.

Jadi , persiapkan minimal 3 foto yang ingin Anda masukkan dalam aplikasi WhatsApp. Jika sudah siap maka selanjutnya adalah tahap penyuntingan agar stiker terlihat menjadi lebih maksimal.

3. Hapus Background Foto dan Gambar

Yang selanjutnya Anda lakukan adalah dengan menghapus background foto atau gambar yang diinginkan. sebenarnya ini merupakan opsi pilihan saja sehingga jika Anda ingin gunakan tidak masalah dan jika tidak pun juga tidak masalah. Akan tetapi saat menjadi stiker foto atau gambar Anda akan terlihat latar belakangnya dan akan terlihat seperti foto pada umumnya namun dalam bentuk stiker.

Anda bisa menggunakan aplikasi Background Eraser yang sudah disebutkan di atas yang sudah Anda unduh sebelumnya. Masukkan foto atau gambar Anda, lalu cropbagian yang tidak penting sebanyak mungkin, lalu hapus bagian background baik secara manual atau menggunakan cara yang otomatis.

Anda bisa menghapusnya dengan mode magic sehingga sistem aplikasi tersebut bisa langsung mendeteksi menggunakan perbedaan warna. Jadi akan lebih mudah menghapus latar belakang Anda.

Jangan lupa untuk menambah kelembutan agar garis-garis pada potongan gambar atau foto Anda bisa terlihat lebih rapi dan terlihat seperti stiker yang benar-benar berkualitas. Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang lain.

4. Tambahkan Kata-kata

Selanjutnya, Anda bisa menambahkan kata-kata pada karakter stiker Anda baik dengan menggunakan foto atau gambar. Anda bisa menyunting gambar Anda pada aplikasi PicsArt. Anda bisa memasukkan gambar atau foto Anda yang sudah tidak memiliki background lalu beri kata-kata yang pas dan menarik perhatian. Gunakan font yang cukup besar dan kontras agar terlihat lebih jelas oleh orang yang melihatnya.

Sumber : https://techbigs.com/picsart.html
Sumber : https://techbigs.com/picsart.html

5. Masukkan Foto atau Gambar ke dalam Aplikasi Pihak Ketiga

Jika foto Anda semuanya sudah siap, maka Anda juga siap untuk memasukkannya ke dalam aplikasi ketiga yang telah Anda unduh sebelumnya yaitu Personal Sticker for WhatsApp. Namun, sebelumnya pastikan terlebih dahulu stiker Anda telah berada pada satu folder yang sama sehingga bisa langsung dimasukkan semuanya. Namun, dalam folder tersebut juga jangan sampai ada foto yang lain yang bukan stiker karena akan masuk ke kolom stiker dalam satu folder.

Buka aplikasi Personal Sticker for WhatsApp, lalu disana akan langsung masuk beberapa foto yang telah Anda edit dari berbagai folder galeri Anda. lalu pilih folder yang ingin Anda masukkan ke dalam stiker WhatsApp, selanjutnya klik tombol add dan maka otomatis semua foto yang ada di dalam folder tersebut masuk ke dalam stiker WhatsApp Anda.

Personal Sticker for WhatsApp
Personal Sticker for WhatsApp

6. Gunakan Stiker Anda dengan Teman-teman

Buka aplikasi WhatsApp Anda, buka pada kolom stiker dan buka pada  tab stiker foto atau gambar yang telah Anda masukkan. Anda bisa mulai menggunakannya dengan teman-teman Anda. Anda bisa membuat kembali dan bisa menjadi satu paket stiker kembali sehingga koleksi stiker Anda bisa bertambah dan membuat percakapan Anda semakin seru.

Kesimpulan dan Penutup

Dari beberapa poin di atas maka bisa disimpulkan bahwa aplikasi WhatsApp merupakan salah satu aplikasi untuk berkirim pesan yang memiliki fitur untuk lebih meningkatkan kualitas chat yaitu dengan menggunakan stiker. Stiker ini menjadi hal yang sangat segar di aplikasi pesan singkat ini.

Stiker memang menjadi salah satu fitur yang sangat asyik digunakan. Stiker bisa mengekspresikan apa yang Anda rasakan dengan berbagai karakter yang sangat beragam sehingga sangat disukai oleh para pengguna aplikasi yang satu ini. bisa mengekspresikan kesedihan kegembiraan dan masih banyak lagi dengan menggunakan berbagai karakter yang sangat beraneka ragam,

Stiker ini memang muncul baru beberapa waktu belakangan ini, jadi fitur stiker merupakan fitur yang terbilang cukup baru. Jadi tidak salah apabila masih banyak orang yang belum terlalu familiar dengan fitur yang satu ini, khususnya bagi orang-orang tua yang sebelumnya masih kurang menguasai teknologi, stiker masih dianggap terlalu sulit bagi mereka, apalagi membuat stiker sendiri menggunakan foto, gambar, dan tulisan sendiri.

Bagi orang muda pun cara ini terbilang masih banyak yang tidak tahu, apalagi bagi orang tua. Namun, dari beberapa hal di atas maka diharapkan setelah ini Anda bisa membuat stiker WhatsApp sendiri sehingga bisa menambah kreativitas dan juga keseruan dalam melakukan obrolan dengan teman Anda.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments