Web Development & Programming

Website Redesign : Pedoman Utama untuk 2019

Ulasan Website Redesign : Pedoman Utama untuk 2019. Melakukan desain ulang situs memerlukan keahlian teknis. Anda harus lebih maju terhadap perubahan tren

Apakah Anda tahu bahwa desain web yang tidak tepat dapat berdampak buruk terhadap bisnis online? Untuk itu, situs yang tidak menarik perlu mendapatkan desain ulang. Apapun industri atau bisnis yang dijalankan, entah itu besar maupun kecil, sangat penting untuk mencari pendekatan strategis terhadap desain ulang web tersebut. Namun Anda juga perlu mengetahui bagaimana Anda ingin mendapatkan manfaat dari  traffic web saat ini.

Jika Anda berniat melakukan desain ulang web, berikut ini adalah beberapa langkah untuk melakukan desain ulang web tanpa mengacaukan SEO (Search Engine Optimization) atau rasio konversinya. Pelajari prediksi desain dan rekomendasi untuk tahun 2019 ini karena di tahun ini mungkin dapat menjadi momen untuk web Anda mencapai rekor baru. Berikut ini adalah ulasan lengkap Website Redesign : Pedoman Utama untuk 2019

Audit Website Anda

Melakukan desain ulang web dimulai dari situs Anda saat ini. Mungkin ada beberapa bagian dari web yang sudah cukup baik sedangkan bagian lainnya perlu diperbaiki. Periksa indikator-indikator web tersebut untuk melihat performanya selama ini. Anda dapat memusatkan perhatian pada beberapa hal seperti bounce rate, pembatalan pembelian, mencari tahu di mana Anda kehilangan pelanggan, dan rasio konversi.

Jika Anda masih belum tahu bagaimana cara menganalisis web tersebut, cobalah untuk meminta bantuan jasa professional. Pasalnya, audit website merupakan langkah yang penting sebelum melakukan tahap desain ulang karena Anda perlu mengetahui di mana letak kesalahan elemen web tersebut dan mencari cara untuk melihat trend

Membuat URL Sementara

Langkah Website Redesign : Pedoman Utama untuk 2019 yang sebelumnya adalah membuat URL sementara. sebelum Anda larut dalam proses desain ulang, Anda perlu memastikan bahwa situs Anda saat ini masih aktif dan terus berjalan. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerugian bisnis dan masalah terhadap SEO yang selama ini dibangun. Untuk membuat situs sementara, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah menyalin website saat ini dan memasukkannya ke website sementara,

Setelah itu, Anda baru dapat melakukan perubahan dan pembaharuan terhadap situs Anda dari situs sementara tersebut. Ketika Anda sudah selesai, Anda dapat mengubah domain dan menjadikan situs baru tersebut sebagai pengganti situs lama. Jika Anda terlalu sibuk dengan urusan bisnis, Anda juga dapat mencari developer untuk membantu proses desain ulang tersebut

Menentukan Tujuan

Langkah berikutnya, cari tahu tujuan dari proyek Anda. Cari alasan mengapa Anda ingin mendesain ulang web tersebut. Mengidentifikasi tujuan juga dapat memastikan bahwa tujuan yang ingin Anda capai selama ini tetap terkontrol dan realistis. Saat ini Anda mungkin merasa bahwa web tersebut sudah cukup baik tetapi ingin membuat web tersebut mengikuti tren di 2019, atau terjadi bugs pada beberapa menu / halaman yang ingin diperbaiki.

Untuk memperbaikinya, Anda mungkin akan lebih memprioritaskan pengalaman pengunjung untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan hubungan yang lebih baik. Untuk itu, buatlah peta tujuan dari proyek sehingga nanti proses desain ulang akan lebih mudah dan tidak ada aspek-aspek penting yang terlewatkan. Ketika Anda mulai memetakan tujuan – tujuan yang penting untuk situs tersebut, Anda akan menemukan bagian – bagian yang perlu diperhatikan dan menghindari berbagai masalah yang dapat menyulitkan di masa depan.

Cari Inspirasi dari Kompetitor

Ketika Anda sudah siap untuk memodifikasi situs saat ini untuk menjadi sesuatu yang baru, Anda perlu melakukan brainstorming untuk web yang diinginkan. Mulailah dengan riset trend digital di tahun 2019. Cari informasi apa yang diminati dan diinginkan oleh konsumen terhadap perusahaan dan situs web. Anda juga perlu mencari teknik marketing yang lebih inovatif, kata kunci baru untuk inspirasi desain ulang, dan daftar update algoritma Google.

Hal yang tidak kalah penting adalah memeriksa situs milik para kompetitor. Cari 10 pesaing terberat dalam bisnis Anda. Dalam mengamati situs milik kompetitor, buat daftar apa yang disukai dan tidak disukai. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan analisis kompetitif untuk mengetahui hal-hal yang diperlukan dan mendesain ulang web tersebut lebih baik dibandingkan milik para kompetitor. Kemudian, cari developer yang dapat mewujudkan keinginan Anda.

Walaupun menjaga website tetap kompetitif dan relevan, sebaiknya hindari website tersebut sama dengan website pada umumnya. Perlu diingat bahwa konsumen modern lebih memilih sesuatu yang lebih otentik dibandingkan yang lain. Jadi jangan biarkan brand Anda kehilangan identitasnya karena pengaruh tren desain terbaru. Dalam beberapa hal, simpel justru lebih baik. Konsumen yang loyal akan tetap nyaman dan justru lebih perhatian terhadap brand Anda terhadap perubahan kecil atau fungsional yang menawarkan nilai berbeda dibandingkan website lainnya. Yang terpenting, desain ulang web Anda agar lebih cepat diakses, menawarkan navigasi yang lebih intuitif, dan memberikan penawaran yang lebih baik.

Desain Responsif Akan Populer di 2019

Sekarang Anda sudah siap untuk melakukan proses desain ulang. Hal ini mungkin termasuk memberikan perubahan estetika, memperbarui kata kunci, memperbarui konten yang sudah kadaluwarsa, mengganti gambar-gambar lama, mengubah link, dan memberikan perubahan besar seperti migrasi ke host lain atau re-branding.

Desain responsif menjadi pilihan utama bagi para pengembang dan perancang website selama bertahun- tahun. Jadi Anda perlu memastikan bahwa respons yang cepat juga menjadi perhatian utama dalam mendesain ulang web di tahun 2019 ini. Sesuai dengan namanya, desain responsif memberikan peningkatan respon terhadap elemen-elemen yang digunakan untuk menampilkan website.

Tata letak, teks, skala gambar, dan penempatan iklan perlu diperhatikan untuk mendapatkan tampilan yang bagus di layar monitor desktop, smartphone, dan tablet. Saat ini, pasar perangkat mobile terus mengalami perkembangan. Jika di tahun lalu Anda masih kesulitan mendapatkan pengunjung dari perangkat mobile, tahun ini mungkin adalah waktunya untuk menemukan solusi atas masalah tersebut.

Desain ulang web secara total mungkin merupakan perubahan yang menarik dan melegakan. Anda perlu memastikan desain web baru tersebut tidak mengganggu ekspektasi konsumen terhadap produk Anda. Tetapi buatlah website yang memberikan perubahan yang bernilai. Prioritaskan pada perubahan fungsional yang meningkatkan pengalaman pengguna sebelum melakukan perubahan pada aspek – aspek lain dan sisi estetika.

Selain itu, Anda juga perlu menghadirkan unsur identitas brand di dalam desain tersebut. Coba pertimbangkan bagaimana Anda dapat berkomunikasi dengan pengguna misalnya suara latar atau nada yang ditampilkan di unggahan media sosial atau artikel Anda. Selain itu, gunakan huruf dan warna yang sesuai dengan identitas brand. Selalu buat unggahan dengan suara yang konsiten agar pengguna segera mengetahui bahwa itu adalah konten Anda.

Mempelajari Kinerja Mesin Pencari

Perusahaan teknologi kenamaan sekelas Google saat ini telah menjadi pemimpin di bidang mesin pencari dan sektor intelegensi. Tetapi, bukan berarti situs Anda tidak dapat memperoleh keuntungan dari konsep mereka. Data menjadi hal yang vital di bisnis modern seperti saat ini. Data yang telah dikumpulkan oleh situs Anda dari para pengguna jauh lebih berharga dibandingkan yang Anda kira selama ini.

Bekerjasama dengan desainer web professional merupakan cara untuk mempelajari bahwa data sangat bermanfaat untuk kesuksesan produk Anda di masa mendatang. Layanan desain web modern biasanya sudah memiliki kemampuan analisis mesin pencari yang lebih baik. Mesin analisis memungkinkan Anda menemukan tren data yang paling signifikan dari data pengguna secara lebih cepat dibandingkan analisis secara manual

Optimasi Situs Anda

Selama proses desain ulang berlangsung, Anda tetap perlu memperhatikan optimasi website. Pasalnya ketika Anda sudah mengganti atau merenovasi elemen – elemen yang ada di situs saat ini, Anda perlu melakukan optimasi untuk setiap perubahan yang diberikan. Riset prediksi SEO di tahun 2019 untuk memastikan upaya Anda akan membuahkan hasil yang tepat. Hal ini mencakup konten, desain yang ramah terhadap mobile, integrasi video, dan mengoptimasi pencarian berbasis suara.

Usahakan untuk menguasai SEO terbaru untuk mengalahkan para kompetitor dan mendapatkan posisi strategis di SERP (Search Engine Results Pages). Setelah itu, Anda pun siap untuk melakukan uji coba. Tetapi perlu diingat bahwa SEO bukan langkah instan karena ini merupakan sebuah proses. Anda perlu memeriksanya secara konstan dan melihat seberapa efektif kinerja SEO tersebut dan melakukan pengaturan sesuai kebutuhan.

Anda dapat melakukan rangkaian uji coba dengan beberapa pengaturan parameter SEO untuk menemukan SEO yang paling efektif. Tetapi ingat bahwa SEO tersebut mungkin hanya efektif untuk saat ini. Jadi perhatikan perubahan tren untuk menjaga agar posisi web tetap berada di ranking atas mesin pencari

Website yang Mobile Friendly

AMP atau Accelerated Mobile Pages menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan saat ini. Bahkan di tahun 2019, AMP menjadi suatu kewajiban untuk setiap website. AMP sangat berperan dalam Mobile First Indexing. Selain itu, AMP juga berpengaruh terhadap ranking untuk pencarian dari perangkat mobile

Uji coba Website yang Telah Didesain Ulang

Jika Anda sudah selesai melakukan desain ulang, uji coba website tersebut. Lakukan uji coba setelah diluncurkan dan beberapa bulan untuk memberikan sedikit perubahan untuk optimasi

Mendesain ulang website di tahun 2019 memerlukan kemampuan teknis. Untuk itu, Anda harus lebih unggul terhadap trend perubahan ini, melihat kompetisi yang ada, dan memperbaiki website Anda agar dapat memberikan hasil yang lebih baik untuk bisnis Anda.

Website developer dapat membantu Anda dengan memberikan uji coba yang lebih baik. Pasalnya dalam tahap uji coba ini Anda harus menyelesaikan tugas-tugas desain ulang, memeriksa semua aspek, dan menyiapkan staf teknis agar dapat segera memperbaiki berbagai masalah setelah diluncurkan.

Ketika Anda meluncurkan website baru tersebut, cobalah menggunakan metode tracking untuk melihat performanya. Berikan kesempatan bagi para pengguna agar dapat dengan mudah melaporkan masalah yang mereka jumpai saat menggunakan situs Anda. Lihat kebiasaan para pengguna di situs baru tersebut, lihat di mana Anda kehilangan pengunjung potensial, buat perubahan, dan ulangi lagi langkah tersebut.

Minta Bantuan Profesional

Melakukan desain ulang situs di tahun 2019 memerlukan keahlian teknis. Anda harus selangkah lebih maju terhadap perubahan tren, melihat kompetisi yang ada saat ini, dan merancang situs yang mampu meningkatkan traffic ke situs secara signifikan.

Demikian ulasan Website Redesign : Pedoman Utama untuk 2019. Ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bekerjasama dengan perancang web professional. Selain itu, Anda juga dapat mengatur pengeluaran untuk layanan professional tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan. Layanan desain web yang professional biasanya menawarkan banyak pilihan layanan untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments