Tren Desain Visual & Grafis untuk Website di 2019!
Graphic Design

Tren Desain Visual & Grafis untuk Website di 2019!

Berikut ini beberapa desain atau layout website terkini yang akan menarik untuk diterapkan pada sebuah website yang memberikan hasil yang lebih maksimal di tahun 2019 ini.

Sebuah website yang menarik tidak lepas dari desain yang menarik pula. Desain yang menarik juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Tidak mengherankan jika para pemilik website berlomba-lomba untuk membuat website dengan desain atau layout yang unik. Desain atau layout pun bisa digunakan untuk menyampaikan sesuatu kepada pengunjung website. Berikut ini beberapa desain atau layout website terkini yang akan menarik untuk diterapkan pada sebuah website yang memberikan hasil yang lebih maksimal di tahun 2019 ini.

Penggunaan Desain yang Tidak Simetris

Penggunaan desain website yang terlalu simetris akan terkesan membosankan. Karena itu, ada baiknya jika Anda menggunakan desain yang berbeda dari biasanya. Ketimbang menggunakan desain yang simetris, Anda bisa mencoba menerapkan desain website yang tidak simetris atau asimetris. Desain unik ini akan menjadi gaya desain yang akan banyak digunakan karena memberikan kesan segar dan unik pada website. Tentu saja para pengunjung website akan lebih tertarik dengan desain yang lebih segar dan unik. Desain ini juga memberikan kesempatan bagi para designer untuk lebih ber-kreasi membuat desain yang tidak biasa. Biasanya desain ini akan dipadukan dengan fitur-fitur yang ditempatkan di lokasi yang juga tidak biasa. Akhirnya, para pengunjung akan lebih penasaran dan mencoba menelusuri website tersebut.

Desain dengan Menggunakan Gradasi Warna

Gradasi warna mungkin tidak terlalu asing baik desainer grafis. Gaya desain ini banyak digunakan karena pengaruhnya yang luar biasa untuk website. Dengan pemilihan gradasi warna yang tepat, website akan tampak lebih indah sekaligus menguatkan brand yang ingin ditonjolkan. Jika sebelumnya gradasi warna lebih sering diaplikasikan pada huruf dan elemen-elemen kecil saja, maka saat ini desainer lebih berani dengan mengaplikasikan gaya gradasi warna untuk latar belakang halaman website. Cara ini nyatanya sangat efektif untuk menarik perh

atian para pengunjung website serta meningkatkan perhatian mereka terhadap brand atau merk yang ditampilkan. Metode gradasi warna juga lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan termasuk untuk kebutuhan pengembangan website bisnis.

Desain 3D

Desain 3D umumnya digunakan pada produk padat atau prototype. Saat ini penggunaan desain ini tidak terbatas bahkan bisa digunakan pada sebuah website. Kesan yang ditampilkan pun akan terasa lebih kuat sehingga para pengunjung website pun akan lebih memahami pesan dari website tersebut. Tidak mengherankan jika beberapa brand terkenal dunia seperti Huawei dan Apple menggunakan website dengan gaya desain 3D.

Desain dengan Gaya Anti Gravitasi

Satu lagi gaya desain website yang bisa dikatakan unik dan menarik yaitu desain dengan gaya anti gravitasi. Jika sebuah website umumnya menggunakan layout diam atau tidak bergerak maka tidak dengan gaya anti gravitasi. Justru, desain halaman website tersebut dipadukan dengan objek bergerak. Gaya desain website ini tidak saja unik tetapi juga mampu menarik minat pengunjung untuk menjelajahi website tersebut lebih dalam lagi. Yang paling penting lagi, gambar bergerak tersebut akan lebih menarik perhatian pengunjung website sehingga mereka pun akan lebih paham terhadap pesan yang disampaikan oleh pemilik website.

Tipografi

Membuat desain website tidak harus selalu rumit. Dengan memainkan jenis huruf saja sebuah website bisa menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Seorang desainer harus pintar dalam memilih jenis dan desain huruf termasuk memilih frasa atau paragraf yang akan digunakan. Ada baiknya menggunakan frasa atau paragraf pendek namun tetap mewakili keseluruhan isi dari website tersebut. Sehingga, saat pengunjung membaca frasa dan paragraf tersebut mereka akan langsung memahami isi dari website tersebut. Perpaduan antara pemilihan frasa dan jenis huruf yang tepat akan memberikan dampak yang luar biasa bagi perkembangan sebuah website. Salah satu trik adalah dengan memilih huruf dengan ukuran yang lebih tebal namun dengan desain yang sederhana. Perpaduan ini justru memberikan kesan tegas dan lugas sehingga pesan pun lebih cepat tersampaikan. Beberapa perusahaan dan brand besar dunia pun menerapkan desain ini karena relatif lebih sederhana namun dampaknya sangat kuat.

Glitch

Sebuah desain website tidak hanya dibuat untuk menyampaikan pesan tertentu tetapi juga dibuat agar modern (kekinian). Salah satu cara agar desain website tampak lebih indah dan modern adalah dengan menggunakan metode Glitch.

Menurut Wikipedia, Pengertian Glitch adalah sebuah kesalahan (fault) jangka pendek dalam sebuah sistem, seperti kesalahan transien yang mengkoreksi dirinya sendiri, menjadikannya sulit atau tegang. Istilah tersebut umum terjadi dalam industri komputer dan elektronik, dalam kemampuan sirkuit (circuit bending), serta di kalangan pemain permainan video. Secara umum, seluruh jenis sistem termasuk organisasi manusia dan alam mengalami glitch.

Gaya desain seperti ini menekankan pada perpaduan warna dan objek tertentu yang mewakili brand tersebut. Desainer dituntut mampu menyeimbangkan warna dan objek sehingga menghasilkan sebuah desain website yang sederhana namun berkelas dan modern. Beberapa contoh website yang menggunakan metode ini adalah website milik NatGeo, The Techno, The Alienate, The Science Fiction, atau the Space. Desain website mereka tampak sangat modern, menarik dan menguatkan brand mereka, bukan?

Metode Gradasi Warna

Pemilihan warna untuk sebuah desain website memang tidak bisa disepelekan begitu saja. Pemilihan warna akan menentukan sampai tidaknya pesan yang ingin disampaikan pemilik website kepada pengunjungnya. Karena itu, pemilihan warna harus disesuaikan dengan logo dan karakter brand tersebut. Biasanya, desainer akan bermain dengan metode gradasi warna. Warna-warna neon dan lebih jelas dan terang bisa menjadi pilihan gradasi warna. Penggunakan warna neon dan terang akan membuat desain website tersebut lebih tampak nyata dan tegas. Selain itu, metode ini juga menonjolkan sisi keindahan dan keunikan dari desain tersebut. Dengan perpaduan antara desain yang indah dan tampak nyata, maka pesan kepada pengunjung pun akan lebih mudah tersampaikan. Metode ini juga lebih fleksibel dengan teknologi layar terkini seperti layar 4k, atau 5k.

Gambar Cinematik dan Bergerak

Desain website unik lainnya adalah menggunakan gambar yang bergerak dan terkesan sinematik. Metode ini bisa dikatakan metode yang berbeda dari metode yang sudah disebutkan di atas. Desainer dituntut untuk membuat atau memilih gambar atau foto yang nantinya bisa merepresentasikan pesan brand pada website tersebut. Biasanya, metode ini sangat mengandalkan rasa keindahan sang desainer. Bisa dikatakan bahwa hasil desainnya lebih dari sekedar desain layout website biasa dan lebih kepada karya seni. Desainer harus pintar dan kreatif dan menampilkan sesuatu yang sederhana dalam sebuah foto atau gambar bergerak namun tetap bisa menyampaikan pesan dengan baik. Mereka pun harus punya alasan yang kuat mengapa memilih menampilkan foto atau gambar bergerak tersebut dalam layout website.

Intinya, membuat desain website memerlukan proses dan digarap dengan metode yang tepat. Dengan menggunakan metode desain yang tepat, maka desain website akan lebih menarik. Tentu saja, pesan dari website tersebut akan lebih tersampaikan kepada para pengunjung. Sebaliknya, para pengunjung website pun akan dengan mudah memahami pesan dibalik desain website tersebut. Karena itu, Anda harus memahami terlebih dahulu tujuan dari dibuatnya website sehingga desainer bisa menentukan gaya desain yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan untuk mencapai hasil yang maksimal.  

0 Comments 0 Comments
0 Comments 0 Comments