Apa itu backlink? Backlink adalah sebuah link yang menuju atau mengarah kepada website Anda. Link tersebut bisa saja menuju langsung ke beranda atau ke salah satu artikel yang ada di blog Anda. Backlink sangatlah penting dan berpengaruh untuk suatu website untuk itu manfaat menanamkan backlink di blog yang berkualitas baik sangatlah bagus karena dapat memperbagus website Anda tetapi apabila backlink yang buruk malah akan membuat website menjadi tidak baik.

Manfaat dan Fungsi Backlink

Backlink pada dasarnya memang memiliki peran yang sangat penting apalagi dalam hal SEO, karena apabila memiliki atau mempunyai backlink yang baik serta berkualitas pasti akan dipandang baik juga. Untuk itu Arfadia adalah pilihan dan solusi yang terbaik yang dapat Anda pilih. Perusahaan yang bergerak di bidang internet marketing ini tidak perlu diragukan lagi, sudah banyak klien yang berkerja sama dengan perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, berikut ada beberapa manfaat menanamkan backlink di blog yang berkualitas baik yang dapat dilihat :

  1. Meningkatkan Posisi website Pada SERP
    SERP (search engine result page) yang apabila diartikan adalah halaman hasil mesin pencari. Untuk itu fungsi dari backlink tersebut disini sangatlah penting karena dapat menaikkan posisi rank sebuah website dalam mesin pencarian.
  2. Mempertahankan Posisi SERP Pada Blog
    Apabila posisi blog sudah berhasil meningkat pada SERP maka langkah selanjutnya adalah backlink tersebut harus dapat mempertahankan posisinya pada sebuah mesin pencarian misalnya di Google. Jadi jika Anda menanamkan backlink di sebuah blog yang memiliki kualitas yang terbaik maka hal tersebut dapat mempertahankan posisinya di mesin pencarian.
  3. Meningkatkan otoritas halaman maupun domain (page and domain authority)
    Salah satu pertimbangan yang digunakan Google untuk mengatur peringkat pada hasil pencarian sesuai dengan niche atau kata kunci tertentu adalah seberapa banyak inbound links yang mengarah pada halaman atau domain Anda. Tidak hanya jumlahnya saja namun juga kualitas dari konten yang melakukan backlink tersebut. Jadi makin banyak dan makin berkualitas konten yang melakukan backlink maka makin besar kemungkinannya Google akan memberikan peringkat yang tinggi untuk halaman atau domain Anda terutama untuk pencarian organik.
  4. Mendapatkan pengunjung dari referral traffic
    Tidak semua jumlah pengunjung yang masuk ke situs Anda adalah mereka yang masuk dari hasil pencarian. Banyak juga yang masuk ke sebuah situs atau halaman situs tertentu karena mereka melakukan klik pada tautan yang muncul pada konten yang sedang dibaca. Oleh karena itu manfaat menanamkan backlink di blog yang berkualitas baik adalah untuk meningkatkan jumlah referral traffic yang lebih banyak ke situs Anda yang salah satu dampak positifnya adalah Anda tidak harus mengalokasikan banyak dana untuk CPC.
  5. Visibilitas brand yang lebih luas
    Setiap blog atau media online yang Anda kontak untuk melakukan guest posting adalah peluang baru untuk mendapatkan lebih banyak eksposur mengenai produk dan juga brand Anda. Manfaat menanamkan backlink di blog yang berkualitas baik adalah mereka yang sudah menjadi pelanggan konten di blog tersebut akan melihat brand Anda yang tentunya akan membuat makin banyak orang tahu dan tertarik mengenai produk serta brand Anda bahkan mungkin dari kategori atau demografi yang belum pernah Anda pertimbangkan sebelumnya. Para pengelola/pemilik blog dan media online ini tentunya membutuhkan konten-konten baru untuk tetap menjaga relevansi platform-nya, jadi guest posting sebenarnya adalah strategi yang menguntungkan kedua belah pihak.
  6. Backlink bisa tahan selama mungkin
    Memang dibutuhkan waktu dan juga tenaga yang tidak sebentar untuk melakukan link building namun hasilnya bisa dibilang lebih permanen dibandingkan dengan iklan berbayar di mesin pencari seperti Google AdWord misalnya. Selama halaman yang mengandung tautan situs Anda masih aktif, maka selama itu pula Anda bisa mendapatkan keuntungan dari referral traffic, sementara untuk iklan berbayar hanya bersifat sementara sesuai dengan budget yang diberikan.

Nah, diatas dapat dilihat fungsi dan manfaat backlink. Untuk itu ada satu hal yang perlu diketahui lagi mengenai backlink. Dalam sebuah SEO sebenarnya bukan hanya jumlah backlink saja yang penting, tetapi kualitas pada link tersebut juga jauh lebih penting. Jadi, dalam mencari sebuah backlink sebenarnya sangat banyak sekali caranya yang dapat dilakukan oleh para blog bagi pemula misalnya seperti melakukan komentar pada blog orang lain atau bisa juga menanamkan backlink di forum yang kualitas rank nya sangat bagus dan baik.

Pada intinya adalah yang harus dilihat yaitu kualitas dari backlinknya tersebut, memang tidak masalah jika backlink-nya sedikit tetapi mempunyai kualitasnya yang sangat baik dibandingkan jika memiliki jumlah backlink yang banyak tetapi kualitasnya tidak baik atau spam. Untuk itu hal-hal yang seperti inilah yang harus dilihat dan diperhatikan agar posisi blog pada SERP tetap meningkat dan tidak menjadi buruk karena masalah backlink.

Ciri atau Kriteria Backlink di Blog (Website) Yang Berkualitas Baik

Seperti yang diketahui manfaat backlink adalah sebuah komponen yang berperan sangat penting karena dapat mempengaruhi rangking pada website. Walaupun begitu tidak semua backlink pada blog berkualitas dan bagus. Untuk itu sebelum membuat atau mencari backlink yang bagus sebaiknya Anda melihat terlebih dahulu ciri-ciri atau kriteria dalam membuat backlink yang berkualitas baik.

  1. Artikel atau Blog Yang Berkualitas
    Sebuah backlink yang baik atau bagus berasal dari artikel atau blog yang memiliki kualitas yang baik juga. Untuk itu dalam menanamkan backlink dalam sebuah artikel atau blog jangan pernah dari hasil copy paste. Cobalah mencari backlink yang terbaik serta berkualitas agar artikel atau blog tersebut bisa tetap bertahan pada posisinya di mesin pencarian.
  2. Berupa Backlink Yang Contextual
    Contextual backlink adalah link yang berada didalam artikel. Link yang bersifat seperti ini biasanya lebih kerkualitas di bandingkan jenis backlink lainnya. Backlink ini biasanya digunakan untuk artikel yang sejenis atau relevan sehingga dapat terlihat lebih natural dan pastinya sangat disukai di mesin pencari.
  3. Berasal dari Blog atau Artikel Yang Sangat Relevan
    Backlink yang berkualitas baik tentu akan memberikan link yang baik juga terhadap blog. Namun banyaknya backlink yang dimiliki dan tidak ada sama sekali kaitannya dengan blog tersebut maka dapat dikatakan kalau itu tidak baik. Mengapa begitu? Karena hal tersebut sangatlah wajar, backlink yang tidak sesuai maka dapat berdampak buruk dan berpengaruh pada blog terhadap posisinya di SERP serta pada mesin pencarian. Untuk itu sebaiknya carilah backlink yang berkualitas baik dan sesuai topik yang ada pada blog sehingga posisi blog pada SERP bisa tetap bertahan dan terus meningkat di mesin pencarian.
  4. Memiliki Sifat Yang Dofollow
    Dofollow adalah salah satu backlink yang saat ini masih dibilang jauh lebih baik dan sangat berkualitas dibandingkan dengan nofollow. Karena backlink dofollow ini merupakan sebuah tanda bahwa link tersebut merupakan link yang dapat dipercayai. Oleh karena itu robot search engine akan mengcrawl semua link-link yang ditanam serta menelusurinya mengenai posting tempat Anda menanamkannya, maka dari itu efek terhadap link tersebut bisa terasa lebih cepat.
  5. Bersifat Satu Arah
    Link yang memiliki sifat satu arah lebih baik dibandingkan dengan link yang memiliki dua arah. Mengapa begitu? Karena backlink yang menggunakan satu arah dapat terlihat lebih natural dan berkualitas sehingga jauh dari yang namanya manipulasi. Hal itu tentu sangat berbeda dengan backlink yang sifatnya dua arah karena jika sudah dua arah biasanya hanya digunakan untuk memanipulasikan pada rangking dalam sebuah situs atau yang lebih dikenal dengan sebuah nama link exchange.
  6. Berasal Dari IP Yang Berbeda
    Memiliki dua buah backlink yang tentunya mempunyai kualitas yang sangat baik dari IP yang berbeda memang jauh lebih berguna dibandingan dengan mempunyai banyak backlink yang berasal dari IP yang sama. Karena hal yang seperti ini sangatlah wajar, apabila backlink yang berasal dari IP yang berbeda lebih mengindikasikan kalau backlink yang Anda gunakan tersebut jauh dari yang namanya manipulasi. Untuk itu ciri atau kriteria backlink yang memiliki kualitas yang baik adalah yang seperti ini cukup memiliki dua backlink dari IP yang berbeda dibandingkan seribu backlink dari IP yang sama.
  7. Berasal Dari Domain Yang Lama
    Mempunyai backlink yang berasal dari domain lama jauh lebih dipercaya. Karena apabila domain yang sudah lama atau tua tentu sudah diakui keberadaannya dan hampir dikenal lebih di semua mesin pencarian. Tak hanya itu saja domain yang sudah lama tentu cukup mudah terindeks backlink-nya serta memiliki kualitas yang sangat baik.
  8. Berasal dari Blog Yang Memiliki Traffic Yang Tinggi
    Tentu tidak dapat dipungkiri lagi bahwa backlink yang berasal dari sebuah situs yang mempunyai traffic yang tinggi sudah pasti sangatlah baik, terlebih lagi kesempatan untuk menanamkan link untuk diklik tentu akan berdampak dan berpengaruh sangat besar.

Jika berbicara mengenai masalah backlink tentu tidak akan ada abis-abisnya, karena manfaat dan ciri-ciri serta kriteria backlink tersebut sangatlah banyak. Untuk itu seperti yang Anda lihat Arfadia merupakan sebuah perusahaan yang dapat membantu menanamkan backlink di blog yang berkualitas baik. Bekerja sama dengan agen yang sudah profesional, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sumber daya pendukung yang sudah diuji performanya, dan tentunya dengan pengalaman di dunia pemasaran online yang lebih mapan.